Halaman Facebook

Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci




Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Monthly archives for April, 2016

10 ALASAN KENAPA ANDA GAGAL DALAM BETERNAK KELINCI


Artikel yang saya tulis ini adalah pengalaman dikomunitas kami,  dari sekian post di group mercy saya ambil yang penting saja , jika tulisan ini tidak sesuai atau tidak cocok dengan yang anda alami,saya mohon maaf sebelumnya, dan mohon kritik dan sarannya dikomentar..atau dimana artikel ini dishare nantinya.. untuk perbaikan blog ini kedepannya agar lebih bermanfaat bagi para pembaca .

1.     Buta  Tentang ternak kelinci.


SILAHTURAHMI PETERNAK KELINCI
Seperti slogan di komunitas kami slogan yang sering dibahas di group mercy yaitu “GET INTO THE RABBIT HABIT”, kembalikan kelinci kekehidupan/ kebiasanya dialam liar. Ini adalah pelajaran paling dasar dalam ternak kelinci

, pelajaran yang menurut kami paling sulit, dan ruwet. Butuh kecerdasan dalam berfikir, yaitu
mengembalikan ternak kelinci ke habitnya dialam liar.yaitu ketika kita ternak kelinci, apa yang dibutuhkan ternak kelinci dialam liar, kita pindahkan kedalam kandang.Apakah mungkin?? Ya inilah yang saya maksud pelajaran yang paling njlimet,tapi kunci dari budidaya ini adalah  ketika  kita berhasil menterjemahkan habit ini, karena semuanya mulai dari pakan, bentuk kandan, model saung, bahkan pengankutan ternak kelinci pun semuanya harus sesuai dnangan habit ini.

Sebagai contoh :
Kelinci itu dialam liarnya bebas bisa belari- lari dan sembunyi dan mencari makan sendiri, nah ketika mau ternak kelinci

, pakan dan minum sudah kita sediakan , lalu bagaimana dengan habit lari2 dan sembunyi,apakah kita harus menyediakan lahan yang luas?? Tentulah ini butuh biaya yang sangat besar. Nah disinilah kita dituntut untuk menterjemahkan habit ternak kelinci, nah ketika pakan dan minumnya sudah kita sediakan didalam kandang, nah bagaimana dengan lari dan sembunyi.

Kelinci dialam liar, mereka diberi kemampuan berlari dengan cepat, zig-zag, kemudian bersembunyi semuanya dilakukan untuk menghindari predator, nah ketika ternak kelinci

  masuk kedalam kandang,dia sudah tidak bisa lari dan sembunyi lagi, maka predatornyalah yang kita hilangkan. Ketika dikandang dia  tidak bisa lari dan sembunyi tapi yang dianggap predator masih ada, tentunya akan membuat stress  pada ternak kelinci dan pada akhirnya mati., yang termasuk predator banyak sekali tidak hanya hewan pemangsa,salah satu contohnya yang dianggap predator dan membuat ternak kelinci stress adalah petasan, seperti post sebelumnya

2.     Asal action

Saya dulu mengawaali ternak kelinci

  juga asal action… ah.. beternak aja dulu.. action aja dulu…sambil belajar….

Banyak action itu bagus, tapi jikalau langsung eksekusi tanpa dasar keilmuan ternak kelinci

 sama saja gantung diri. Banyak terjadi kegagalan sama dengan banyak sekali pelajaran yang bisa diambil atau kata orang pastilah ada hikmahnya.. itu betul sekali…!!! Tapi supaya anda tidak gagal terus-terusan maka belajarlah dulu.



3.     Asal ikut-ikutan

Saya dulu ternak kelinci

 juga Karena ikut2tan, mebaca sebuat blog, punya ratusan ekorternak kelinci, kepengin jadi pengusaha, kepengen bebas financial, dll

Saya sudah lakukan, saya sudah action seperti yang beliau lakukan dalam ternak kelinci

, ATP ( amati , tiru, plek), tapi kenapa masih gagal?? Beliau ternak kelinci bisa sukses dan benar2 benar sukses karena  sangat berhasrat dengan ternak kelinci, mimpi2 yang besar dengan ternak kelinci, totalitas perjuangan yang sangat luar biasa. Nah kalo saya ternak trowelu  hanya karna ikut-ikutan. Gak punya hasrat dan totalitas.. jadi sekarang cek niat masing- masing ya…


4.     Tidak punya laporan keuangan.

Dulu ketika habis panen, jaul anakan atau jual pedaging, ah rasanya senang sekali…, tapi uangnya gak ada hanya mampir sebentar ditangan, dibelanjakan pakan, dan kebutuhan operasional selanjutnya sudah habis. Berapa jumlah pakan, berapa total pengeluaran, berapa total pemasukan, berapa keuntungan, semua tidak ada catatannya, jadi ya amblas akhirnya .
Jadi mulai sekarang jangan lupa membuat laporan keuangan( neraca,, aruskas , labarugi). Jika yang sudah ada laporan keungannya ya.. Alhamdulillah…,jika belum ..ayo segera. Beternak itu berbeda dengan memelihara.

5.     Campur- campur uang

Mana uang yang untuk bisnis (kelinci), mana yang uang pribadi sebaiknya memang  harusnya dipisah.  Ketika bisnis ternak kelinci 

kita mendapat keuntungan.. nah keuntungan itulah yang masuk kantong dan jadi milik kita. Yang uang bisnis sebetulnya bukan milik kita. Sebetulnya itu adalah uang jatah untuk ternak kelinci, untuk operasional ternak kelinci, untuk beli pakan, obat2an dsbnya.


Ini ada cerita, sedikit pengalaman, Karena seringnya campur-campur uang, habis panen kelinci langsung ajak  pacar jalan2, makan ini itu traktir pacar, lha habis pulang sampai rumah duit dah habis, jatah pakan ternak kelinci

 juga udah habis, duit buat beli pakannya pun dah habis buat jajan traktir pacar. Wkwkw…. Bingung deh kelimpungan, akhirnya utang temen…


Tapi sekarang udah taubat..udah kagak pacaran…jomblo sampai halal…hidup jomblooo… hidup Jones ( jomblo happiness) wkwkwkw.. semoga sang mantan gak baca artikel ini wkwkwkw


Yang sekarang ternak kelinci

 tapi masih pacaran, pacarnya segera dinikah, nanti nasibnya seperti temen kita yang dari nganjuk,ternak kelinci gagal melulu, akhirnya patah semangat. Ditanya camer kapan mau melamar anaknya malah gak bisa ngasih kepastian , dan akhirnya pacarnya dilamar orang, aduh nelongso tenan nasibmu broo.. hahaha.. pish broo… moga 2 dia gak baca tulisan ini wkwkwk..



6.     Mengawali dengan berhutang


 diawali dengan berhutang, biasanya mau ternak kelinci tapi gak ada modal, banyak yang melakukan alternative hutang, berhutang itu boleh2 aja, tapi biasanya jadi masalah, ternak kelinci itu jika masih awal2 penuh ketidak pastian, semua serba tidak pasti jika diawal2, dan hutang itu bayarnya wajib (pasti), perbulan ada cicilan, ada denda jika telat dan sebagainya..


7.     Gampang percaya

 Bukan maksud saya membuka luka lama, tapi supaya ini menjadi pelajaran  rekan rekan semuanya  agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.
 Tahun 2013 dikomunitas kami ada  kemitraan kelinci yang sangat luar biasa konsepnya ( konsep abal-abal maksudnya). Vocal orang tersebut sangat luar biasa.. sama seperti leader leader MLM kalo lagi ngomong.., sehingga banyak sekali yang menjadi korban penipuan dengan harus menyetor sejumlah uang. Kamipun yang guyub rukun sesama peternak kelinci akhirnya terjadi perpecahan, saling caci maki dan saling benci, tapi sekarang insyaaloh silahturahmi sudah baik lagi, komunikasi sudah baik lagi,

 Program kemitraan abal- abalnya kira kira seperti ini :


POINT 1 BREEDING TIME 
Kandang dan perlengkapannya. 
Sebenarnya kalau memungkinkan saya maunya memakai kontainer 40 feet bekas yg telah dimodifikasi utk kandang saung. Kandang ternak kelinci

 akan dibuat dari kayu jati jika aluminium tidak sempat dg kawat galvanis. Peralatan kandang berupa nipel selang, nipel botol, tandon air, pipa paralon, selang, mesin air, tempat pakan, tempat feses dan urine, jerigen, lampu emergency, exhaust fan, desinfektan, tandon pelet, papan tulis putih, dll

POINT 2 BREEDING TIME 
Jatah pelet selama 12 bulan. 
Pelet akan didistribusikan ke mitra tiap 1 bulan. Pelet tidak perlu disimpan dg tumpukan karung, ketika pelet datang maka pelet tsb langsung disimpan di dalam sebuah tandon anti jamur dan lumut, dan di dalam tandon tsb akan diberikan silica untuk menyerap kelembaban yg bisa saja terjadi, ketika mitra ingin memberi makan ternak kelinci

 tidak perlu repot krn secara otomatis sudah diatur jadi bisa ditinggal pergi tanpa khawatir ternak kelinci akan kelaparan

POINT 3 BREEDING TIME 
Kamera CCTV dengan recording box dan monitor 
Tujuannya adalah mitra dapat memantau yg terjadi dg ternak kelinci

 pakan, kandang, pemangsa, dan semua hal yg akan dicatat dalam buku data. Rekaman adalah data penting jika terjadi kesulitan pada mitra utk berkonsultasi dg MTI.

POINT 4 BREEDING TIME 
Probiotik dan obat-obatan 
Penggunaan probiotik adalah wajib untuk mencegah penyakit pembunuh no 1 ternak kelinci

yaitu kembung, di samping itu juga memperlancar pencernaan kelinci dg adanya bakteri baik menekan populasi bakteri jahat di usus, dan menambah nafsu makan serta manfaat lainnya. Air minum dari tandon akan dicampur probiotik. Untuk obat-obatan hanya sebagai jaga-jaga dan akan kecil sekali penggunaannya apabila sistem peternakan ditata sesuai manajemen kandang yg baik.

POINT 5 BREEDING TIME 
Plang dan logo peternakan 
Plang dan logo peternakan akan dibuat oleh MTI. Diharapkan para mitra sudah memiliki nama dan logo peternakan sbg identitas nama perusahaan mitra di masa depan. Pilihlah nama dengan bahasa Indonesia karena jika memakai bahasa asing akan dianggap perusahaan investor asing dan makin mempersulit proses legalisasi pendirian perusahaan kelak. Pilihlah logo sederhana agar mudah membuat stempel dan administrasi surat nantinya.
POINT 6 BREEDING TIME 
Blackberry OS 10 
Kegunaan para mitra memakai blackberry agar tidak ketinggalan berita dan bisa komunikasi dg pusat MTI, dengan saya, dengan sesama mitra dalam satu area dan seluruh mitra dapat serentak dan mudah. Menggunakan blackberry OS 10 karena jika menggunakan blackberry ini tidak perlu lagi berlangganan paket blackberry, cukup berlangganan paket data saja maka komunikasi melalui blackberry messenger sudah tersedia, jika menggunakan OS 10 ke bawah repot daftar paket. Yang diberikan ke mitra adalah: 
1. Kandang Saung, Kandang Galvanis aluminium atau kayu jati beserta semua peralatannya.
2. Stock pelet selama 12 bulan. 
3. Kamera CCTV beserta Recording Box dan Monitor. 
4. Probiotik dan obat-obatan. 
5. Plang dan logo nama peternakan. 
6. Handphone Blackberry OS 10.
7. Tunjangan 5,5 juta tiap bulan selama 12 bulan. 
8. Asuransi kesehatan untuk mitra. 
9. AC Plasma Cluster 2 buah. 
10. Indukan kelinci (jumlah menunggu kabar lebih lanjut).
POINT 7 BREEDING TIME 
Tunjangan operasional 5,5 juta selama 12 bulan 
Tunjangan ini hanya diberikan di tahap 1 agar para mitra fokus breeding. Sebagian bisa dipakai untuk biaya operasional listrik, gaji anak kandang – kalau bisa calon submitra secara bergantian sbg anak kandang untuk training- untuk langganan paket data penggunaan blackberry dan telepon, biaya sewa lahan jika diperlukan dan sebagainya. Tunjangan operasional akan ditransfer setiap bulan sesuai tgl yg ditentukan nanti.
POINT 8 BREEDING TIME 
Asuransi kesehatan untuk mitra 
Asuransi kesehatan diberikan untuk menjaga mitra dari dimiskinkannya mitra karena sakit atau penyakit kritis. Asuransi kesehatan ini dibayarkan gratis preminya selama 2 tahun. Utk premi tahun ketiga hingga tahun kesepuluh mitra sendiri yg meneruskan pembayaran preminya dan di tahun kesebelas dst tidak perlu membayar lagi seumur hidup tetapi asuransi tetap berlaku utk seumur hidup. Penjelasan rinci mengenai ini akan dijelaskan langsung nanti.
POINT 9 BREEDING TIME 
AC Plasmacluster 2 buah 
AC Plasmacluster di dalam kandang tujuan utamanya bukan hanya utk membuat sejuk kandang, meskipun utk ternak kelinci

 yg diambil bulu dan kulit kandang wajib sejuk, tapi utk menstabilkan suhu di kondisi cuaca tak menentu dan yg utama adalah fungsi ion plasmacluster tsb membunuh virus, bakteri di udara serta menetralkan bau amoniak kotoran meskipun bau tsb sudah teratasi oleh probiotik. Kandang yg super bersih akan meminimalkan biaya pengobatan ternak kelinci
POINT 10 BREEDING TIME 
Mitra diberikan indukan REX betina 35 ekor bulan pertama dan keempat. Indukan NZW di tahap 2. Menurut kep. menteri pertanian no 404/kpts/OT.210/6/2002 ternak kelinci dg populasi 1.500 ekor harus memiliki ijin maka mitra harus menjaga populasi kurang dari aturan tsb yaitu dg mulai dibeli di tahap 1 hasil panen oleh MTI, diberi ke submitra, dijual sbg kuliner dan membentuk wadah penampung ternak kelinci afkir di area sesama mitra. Tahap 2 ijin akan diurus ke dinas setempat.

8.     Udah sampai 7 aja ya.. gua capek ngetiknya kalo ada yang mau nambahi silahkan…wkwkw..


Kelinci Belang Sumatera Asli dari Indonesia

kelinci belang sumatra

kelinci belang sumatra

Kelinci Belang Sumatera atau Kelinci Sumatera atau Kelinci Sumatera Telinga Pendek yang dalam bahasa latin disebut Nesolagus netscheri adalah salah satu jenis kelinci liar yang merupakan satwa endemik Sumatera. Binatang ini diyakini sebagai satu-satunya ras kelinci yang asli Indonesia.

Kelinci Belang Sumatera (Nesolagus netscheri) yang asli Indonesia ini sangat langka dan hanya ditemukan di beberapa kawasan di pulau Sumatera. Saking langkanya, sejak teramati secara langsung pada tahun 1972, kelinci belang sumatera baru dua kali teramati kembali yakni READ MORE »

Incoming search terms:

  • jual kelinci sumatera
  • kelinci asli indonesia
  • kelinci belang
  • harga kelinci hutan
  • jenis kelinci di sumatra
  • kelinci hutan sumatera

Kapan Kelinci di Kawinkan ?

kelinci kawin

kelinci kawin

Pada kelinci jantan dewasa masa birahinya setiap hari maksudnya bisa mengawini kelinci betina setiap hari. Berbeda dengan betina yang ada masa birahi tertentu. Masa birahi kelinci betina tergantung masing- masing individu, rata- rata antara 4 sampai 11 hari. Jika lebih dari 14 hari ini berarti ada yang salah dengan gizi dan pola pakan. Tanda-tanda kelinci betina birahi antara lain : READ MORE »

Incoming search terms:

  • kelinci siap kawin

Bolehkah kelinci makan kangkung dan bayam ?

kelinci makan kangkung

kelinci makan kangkung

Sudah tidak dipungkiri kalau hampir semua yang memiliki kelinci pernah memberi pakan kelinci kesayangannya dengan kangkung maupun bayam. Ada yang diberikan hanya sedikit dan ada juga yang banyak. Ada yang mencarinya di pekarangan, di tegalan, di pinggir-pinggir sawah dan ada pula yang mencari di pasar, baik itu beli maupun sisa dari kangkung yang tidak laku. READ MORE »

Incoming search terms:

  • makanan yang tidak boleh dimakan kelinci
  • kangkung untuk kelinci
  • bolehkah kelinci makan nasi
  • bayam untuk kelinci
  • manfaat kangkung untuk kelinci
  • bolehkah kelinci makan bayam
  • Kelinci makan kangkung
  • bayam buat kelinci
  • pemberian nasi pada kelinci
  • apakah kelinci tidak sakit jika terlalu sering makan kangkung

INDUK KELINCI ITU TIDAK PUNYA RAHIM


INDUK KELINCI  TAK ADA RAHIM

Judul post kali ini rada sedikit spektakuler….wwkw.., karena judul diatas saya jadi diomelin orang  pas kopdar di Sidoarjo, jatim. kata beliau  begini ” mas… yang namanya hewan menyusui itu berkembangbiaknya pasti melahirkan dan pasti ada rahim”….


sebenarnya niat awal cuma becanda tapi Btw…. anyway……. busway…., beliau sudah terlanjur nada tinggi jadi saya males mau ngejelasin,
Jadinya ya diem aja.. padahal mah  Cuma beda sedikit doank…semoga beliau baca post ini hahahaha…

Sistem reproduksi ternak kelinci

EMBRIO KELINCI





·        
kalau bicara soal peranakan kelinci jangan sekali kali membayangkan seperti peranakan pada manusia. Itu beda banget. Yg disebut uterus pada  ternak kelinci itu berupa selongsong/saluran yg awalnya hanya sebesar sedotan. Jadi sijabang bayi ini akan berkembang didalam kantung2/balon yg letaknya didalam selongsong.

uterus /sedotan tadi tadi. Nah uterus ini akan berkembang, membesar seiring dengan membesarnya si balon yg berisi janin kelinci tapi tidak melekat.
Dengan demikian pada waktu melahirkan, selongsong ini tidak mengalami perlukaan hanya memang mengalami pembesaran. Justru pada saat inilah kalau  ternak kelinci  dikawinkan kembali dia akan mempunyai kecenderungan beranak lebih banyak karena si selongsong cukup longgar (belum kembali mengecil) sehingga perkembangan zygote, embrio dan janin menjadi leluasa, tidak berdesakan. Jadi janin akan berkembang didalam uterus sampai lahir, tapi dia tidak melekat pada uterus sehingga uterus tidak mengalami luka apapun sehingga tidak ada istilah nifas pada kelinci.




SISTEM REPRODUKSI KELINCI


uterus disini adalah oviduct berupa saluran jalan masuknya  sel jantan… bukan rahim tempat menempelnya jabang bayi seperti pada rahim manusia. Jadi gamblangnya begini : kalau pada manusia/wanita dalam keadaan tidak hamil… kalau diadakan tindakan operasi pengangkatan rahim … itu bisa karena memang rahimnya ada, tapi pada  ternak kelinci tidak bisa dilakukan karena rahimnya tidakada. Rahim itu akan ada bersamaan dengan terjadi pembuahan, pembentukan zygote, embrio kemudian berkembang menjadi janin. Jadi rahim itu terbentuk didalam oviduct tadi.
·        
Oviduct itu disebut uterus tapi pengertiannya berbeda dengan rahim pada manusia. Jadi jabang bayi tidak melekat pada uterus sehingga memang tidak ada perlukaan disana. Pada perkembangan janin tadi uterus memang ikut membesar dan setelah melahirkan uterus akan mengecil itu benar… tapi sekali lagi uterus disini tidak sama dengan kondisi rahim manusia dimana kantung placenta dan ari2 menempel pada dinding rahim sehingga pada saat melahirkan terjadi perlukaan disana. Ini yg membedakan manusia dengan  ternak kelinci.


pada manusia setelah melahirkan dan hamil berikutnya memakai rahim yg sama, dikelinci tidak. Jadi pada  ternak kelinci pada saat lahir dan bunting berikutnya dia tidak lagi memakai rahim yg sama karena sudah gugur,keluar bersama placenta dan jabang bayinya. Bahkan dalam keadaan buntingpun  ternak kelinci bisa kita kawinkan (kalau dia birahi) dan bisa terjadi pembuahan. Yg artinya dia bisa bunting dengan rahim yg lain lagi. Jadi rahim disini jangan dibayangkan sama persis dengan rahim manusia. Kalau rahim di manusia ya yg itu2 juga, sehingga kalau terjadi operasi pengangkatan rahim wanita tsb sudah tidak bisa hamil lagi, sedangkan pada kelinci rahim itu berkembang bersama sama dengan perkembangan zygotenya. 
Sistim hormonal  ternak kelinci itu berbeda dengan sistim hormonal manusia. Hormonnya sama tapi cara bekerjanya tidak persis sama. Pada manusia .. setelah melahirkan akan terbentuk hormon prolaktin yaitu hormon untuk menyusui. Adanya hormon prolaktin ini akan menekan kerja hormon esterogen dan hormon progesteron. Padahal hormon ini hormon yg mempengaruhi pelepasan sel telur. Jadi Apabila hormon prolakti aktif maka pelepasan sel telur dari indung telur tidak akan terjadi sehingga dalam keadaan menyusui wanita tidak mungkin bisa hamil karena tidak ada sel telur yg bisa siap untuk dibuahi. Berbeda banget sama  ternak kelinci . ini hewan yg mempunyai keistimewaan dalam hal reproduksinya. Hormon menyusui dan hormon bunting bisa ada dalam waktu yg bersamaan. Jadi dalam kondisi menyusui yg artinya hormon prolaktin sedang tinggi2nya, tetapi hormon esterogen dan progesteronpun selalu siap untuk mendorong sel telur berovulasi. Itulah kehebatan hewan yg satu ini… jadi semua tergantung pada kita, apakah kita mau memanfaatkan kelebihannya atau tidak.
· 
       
Kalau manusia melahirkan rahimnya tetap dan terjadi perlukaan pada tempat dimana kantung placenta menempel. Tapi pada  ternak kelinci rahimnya gugur bersama dengan placentanya, Jadi perlukaan bukan pada rahim tetapi pada gantungan rahim tadi. Pada manusia sel telur diproduksi di indung telur, dan akan turun kerahim kemudian menempel didinding rahim sampai siap dibuahi. Apabila tidak terjadi pembuahan maka akan gugur dan biasa disebut menstruasi. Pada peristiwa ini terjadi pengelupasan dinding rahim sehingga terjadi pendarahan. Besar kecilnya pendarahan tergantung pada besar kecilnya pengelupasan tadi. Apa bila terjadi pembuahan, maka sel telur yg telah dibuahi tadi akan membentuk Zygote.. 
·        
berkembang menjadi Embrio selanjutnya menjadi Janin dengan tetap menempel pada dinding rahim karena dari sanalah aliran makanan dari si ibu ke jabang bayi berlangsung yaitu melalui tali pusat dan cairan placenta. Pada saat melahirkan semua akan gugur dengan meninggalkan perlukaan bekas menempelnya kantung placenta tadi. Berbeda dengan  ternak kelinci. Kelinci sel telurnya ada setiap saat dan setiap saat pula siap untuk dibuahi oleh sel jantan. Akan tetapi sel telur ini hanya bisa dibuahi kalau folikel atau pembungkus sel telur tadi pecah. Nah pecahnya folikel tadi bisa terjadi kalau ada rangsangan. Rangsangan tadi akan mengaktifkan kelenjar Gonad dan akan mengeluarkan hormon GnRH serta hormon FSH untuk memecah folikel sehingga sel telur bisa dibuahi. Setelah dibuahi maka terbentuk Zygote dan berkembang menjadi Embrio. Pada umur kebuntingan 14 hari apabila  ternak kelinci kita potong maka akan tampak embrio yg bergelantungan berbentuk seperti buah anggur. Nah embrio itu ada didalam rahim dan akan keluar bersama si jabang bayi tadi. Perlukaan hanya terjadi sebesar gantungan tadi. Pada manusia rahim yg tadinya hanya sebesar telur ayam akan ikut berkembang menjadi besar menyesuaikan dengan besar/tumbuhnya si jabang bayi. Pada saat melahirkan rahim yg telah membesar tadi akan mengecil kembali sambil memperbaiki kerusakan sel dinding rahim, nah inilah yg disebut masa nifas.. dikelinci peristiwa ini tidak ada… itulah sebabnya ternak kelinci begitu melahirkan bisa langsung dikawinkan dan bisa terjadi pembuahan.


seperti yg di jelaskan diatas..  ternak kelinci dalam keadaan buntingpun bisa terjadi pembuahan berikut dengan selisih waktu, karena sistim reproduksi yg sangat berbeda dengan mamalia lain. Jadi jangan heran kalau ada kelinci beranak dan selang seminggu atau dua minggu kemudian beranak kembali, karena memang rahimnya berbeda sama manusia atau mamalia lain yg menggunakan rahim ya itu2 juga. 

Jadi kalo  ternak kelinci pas bunting rahimnya ada kalo pas tidak bunting rahimnya ya tidak ada..rahimnya terbentuk bersama2 dengan janin..
nah udah pahamkan kelinci itu tidak mempunyai siklus haid juga nifas

pas nanti saya shere di group2  facebook jangan – jangan nanti ada yang protes..apa gak kasihan sama  ternak kelinci kita..habis beranak kok dikawinkan..
 yang protes itu gak ngerti kelinci.. kalo yang tau sistem reproduksi kelinci, kelinci itu adalah hewan  yang mempunyai  sistem reproduksi yang sangat luar biasa yang tidak dipunyai oleh hewan lain, jadi kalo  ternak kelinci itu kita perlakukan sebagai hewan produksi, ya kemampuannya itu harus kita berdayakan seoptimal mungkin. sekarang apa bedanya sama ayam broiler…kenapa gak ada yang kasihan sama ayam-ayam broiler,, kok tidak ada yang protes… padahal ayam itu yang jantannya diambil sel jantannya buat IB si betina, jadi betinanya setiap hari betelur tanpa henti..karena memang gen mengeramnya sudah hilang, jadi betinanya sanggup bertelur sepangjang masa tanpa keinginan mengeram, dan telurnya ditetaskan untuk suplai DOC dipeternakan ayam potong.. dan kemampuan itu yang dimanfaatkan secara maksimal..

(Arsip Mercy)
masih banyak sekali ilmu2 yang bermanfaat diblog ini, silahkan telusuri semua/jelajahi semua yang ada di blog ini….semoga blog ini bisa mencerdaskan pelaku  ternak kelinci seindonesia…


BACA JUGA : KELINCI TIDAK BUTUH MINUM