Halaman Facebook

Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci




Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Monthly archives for August, 2017

PRODUKSI DAN PENGELOLAAN KELINCI PEDAGING

Produksi dan Pengelolaan kelinci Pedaging

 Ada kebiasaan yang berubah seiring dengan meningkatnya akan konsumsi protein hewani. terutama karena adanya peningkatan standar hidup.Ini terjadi karean adanya peningkatan stadart hidup.Daging yang digasilkan dari hewan ternak seperti domba , sapi kambing dan unggas tidak akan mampu memenuhi permintaan konsumsi daging yang terus meningkat. Mengingat banyaknya permintaan daging dan produk dari budidaya kelinci, serta memiliki cakupan yang sangat luas diindonesia, daging kelinci bisa dijadikan sebagai sumber daging alternative.


Keunggulan daging kelinci

Daging kelinci hampir bebas kolesterol (50mg / 100 gm) dan mengandung lemak paling rendah di antara semua daging yang ada. Makanya, penderita jantung juga bisa mengkonsumsi daging kelinci.  Daging kelinciadalah daging berwarna putih sama seperti daging pada unggas. Dagingnya sangat lembut, juicy dan lezat.  Kandungan kalsium dan fosfor lebih banyak yaitu 20 mg / 100 gm dan 350mg / 100gm daging, dan  kandungan natrium (40mg / 100 gm daging). 

Daging kelinci memiliki nilai kalori yang sedikit dan asam nikotinat tertinggi (13mg / kg daging) yang terkandung didalam daging, protein pada daging kelinci mudah dicerna dan bergizi tinggi. Persentase daging yaitu 60 sampai 65% dan rasio tulang-tulang adalah 5: 1,2.Daging kelinci tidak memiliki aroma yang amis, mudah dicerna dan cocok untuk dikonsumsi baik dalam kondisi iklim panas maupun dingin.

Kenapa harus beternak kelinci???

Saat ini peternakan kelinci mendapatkan keunggulan untuk daging, kulit dan bisa mengimbangi produksi daging sapi di dalam negeri. Mudah dipelihara,karena ukuran tubuh kelinci pedaging  yang kecil, membutuhkan sedikit ruang untuk akomodasi dan makan. Pakan kelinci tidak bersaing dengan manusia, tidak seperti biji-bijian makanan seperti untuk unggas. 

Seekor kelincidapat dibudidayakan di halaman belakang rumah dengan limbah sayuran atau limbah dari dapur, pakan ternak hijau dan daun pepohonn. Potensi reproduksinya sangat tinggi. kelinci dapat dibesarkan sepanjang tahun,  Dan kelinci bisa mulai dikawinkan ketika usia 5 sampai 7 bulan dan masa kebuntingan hanya 30 hari. kelinci juga  mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi iklim yaitu panas lembab sampai cuaca dingin. Laju pertumbuhan sangat cepat. kelincipedaging bisa mencapai berat 1,5 sampai 2,0 kg dalam 90 hari dan bisa dipasarkan untuk disembelih. Relatif tahan terhadap penyakit dibanding hewan lain dan burung unggas.


Selain daging, kelinci  juga menghasilkan kulit bulu sebagai produk sampingan yang bisa dimanfaatkan untuk persiapan kerajinan barang mewah seperti topi, sarung tangan, dompet, jaket anak dll. kelinci sangat cocok dalam sistem peternakan terpadu dan bisa dipelihara di halaman belakang dengan ruang terbatas. Peternakan kelinci tidak memerlukan investasi besar seperti usaha ternak lainnya. Kebutuhan perawatan untuk memelihara kelinci sangat minim. Peternakan kelinci bisa menghasilkan potensi besar bagi ratusan pemuda pengangguran dan wanita negeri ini. Bahkan pemeliharaan kelinci halaman belakang skala kecil secara substansial dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga.


Tata kelola peternakan kelinci

Untuk mendapatkan  produksi  kelinci yang optimal dari  daging dan keuntungan keseluruhan peternakan kelinci, kelinci  harus dikelola dengan pengetahuan ilmiah modern. Praktek pengelolaan yang penting meliputi pemilihan bibit , kandang , pakan , pembibitan dan manajemen kesehatan kelinci.

 Seleksi bibit  untuk peternakan krlinci ras pedaging

Memilih bibit kelinci pedaging  yang tepat sangat penting untuk keberhasilan budidaya kelinci pedaging. Ada sekitar 89 kelinciyang diakui secara internasional.  Jenis penting yang dapat dipilih untuk peternakan kelinci pedaging  adalah Chinchilla Soviet, Newzealand White, Grey Giant, White Giant, Flemish Giant, California, Silver Fox,Newzealand White rabbit,Soviet Chinchilla rabbit dll

Persiapan kandang

Kandang memainkan peran penting bagi keberhasilan peternakan kelinci. Tujuan utama dari kandang yang tepat adalah untuk melindungi hewan dari hujan, angin, sinar matahari dll. Ini semua tergantung pada wilayah, kondisi iklim dan ukuran peternakan kelinci, Ada tiga jenis model kandang yang umumnya diberikan pada peternakan kelinci. sistem kandang, sistem hutch dan sistem lantai.

Sistem kandang batrai

Kandang dapat diatur di dalam saung permanen atau semi permanen. Kandang bisa satu tingkat, dua tingkat, atau bahkan disusun sampai 3 tingkat. Kandangnya harus memiliki panjang 60cm, lebar 80 cm dan tinggi 45 cm untuk kelinci betina. Ukuran lubang kawat galvanis harus 1,0 cm di bagian bawah dan 2,5 cm di samping bagian kandang. Anakan kelinci  setelah disapih masuk kedalam kandang pembesaran dengan ukuran kandang 35 cm X 35 cm. Setelah mencapai masa kawin  mereka harus ditempatkan terpisah. Kotak sarang dibuat dengan dimensi 50 cm X 30 cm X 20 cm dengan beberapa lubang di bagian bawah dan samping untuk drainase dan ventilasi.

Di dalam kandang sistem tier umumnya diletakkan pada tiang logam atau pilar semen sekitar 2 sampai 3 kaki di atas permukaan tanah. Tidak harus pakai kawat kandang juga bisa dibuat dari bamboo dan kayu.

Kandang induk

Kandang indukan  digunakan untuk keperluan perkembangbiakan dan untuk proses beranak indukan kelinci, tapi untuk kelincilainnya seperti kelinci remaja juga dapat dimasukkan kekandang ini. Kandangnya bisa dibuat dengan besi, wire mesh, kayu atau bambu dan atapnya dengan lembaran talang karpet  Lantai bisa pakai  wire mesh agar mudah dibersihkan.

System umbaran

kelinci juga bisa dipelihara dengan system umbaran seperti ayam. Lantai harus tanah seperti kelinciyang menggali lubang  di alam liar. Sistem ini direkomendasikan untuk dataran tinggi dan daerah curah hujan yang tinggi.

Pakan kelinci

Pakan kelincibiasanya  menghabiskan 70 sampai 80 persen dari total biaya produksi pada peternakan kelinci. Hasil sampingan dari peternakan kelinci seperti urine, kotoran, kulit dll bisa untuk mengurangi biaya pakan yang besar ini. kelinci adalah hewan herbivora. Mereka mengkonsumsi berbagai macam pakan termasuk rumput, jerami, hijauan hijau, akar dan daun pohon. 

Rumput segar dan kering juga bisa diberi makan. tanaman akar seperti ubi jalar,  dll, pakan ternak jagung, dedaunan ubi jalar dan tanaman merambat merupakan sumber pakan hijau yang baik. Tapi yang perlu diingat pakan denga sumber seret kasar yang tinggi, membuat produksi daging tidak akan optimal,karena itu campuran konsentrat juga dapat diberikan pada kelinci. Konsentrat pakan/pellet  meliputi sereal (Jagung, gandum, dll). Produk sampingan seperti dedak gandum, dedak padi, dedak gandum dll. Ampas tahu, ampas kecap dan lain-lain merupakan komponen protein penting dalam ransum rabbit.

Tepung ikan juga bisa dicampur sebagai sumber protein dalam campuran konsentrat. Ransum yang sesuai dapat disusun dengan menambahkan bahan yang disebutkan di atas dengan setidaknya 16% protein kasar yang dapat dicerna dan 70% nutrisi yang dapat dicerna untuk kelinci.



Komposisi campuran konsentrat ideal diberikan di bawah ini:
Contoh komposisi campuran konsentrat yang di berikan untuk kelinci:
Jagung (43%), polard (15%), dedak padi (15%), bungkil kacang kedelai (10%), kulit kacang tanah (7%), , tepung ikan (2%), Campuran Mineral (2%), Garam  (1%)
Campuran konsentrat dapat diberikan dalam bentuk  pelet dengan mencampur konsentrat dengan air karena biasanya kelinci biasa mencakar2 pakan sehingga pemborosan pakan bisa diminimalisir.Daun  hijau / pohon atau serat dapat diberikan ad libitum. Umumnya konsentrat ditawarkan di pagi hari dan rumput di malam hari. Air minum bersih harus disediakan ad libitum sepanjang hari dan malam.

Usia kawin

Bergantung pada jenis, pakan dan kelamin  jantan dan betina umumnya matang pada usia 5 sampai 7 bulan. Perbandingan jantan dan betina  mungkin 1: 10. Tanda merah pada  kelamin betian  menunjukkan birahi, menggosok2kan dagu didinding kandang, duduk dalam postur kawin yang mengangkat ekor dan vulva akanberwarna merah darah.
Bila seperti ini langsung masukkan kekandang pejantan untuk kawin. Tanda perkawinan berhasil kelinci akan membuat suara mengerang yang disebut ‘lordosis’. Waktu kawin yang ideal adalah pagi atau sore hari. 

Periode kehamilan  pada kelinci rata-rata 30 hari. Sebelum melahirkan induk kelinci doe akan mencabuti  bulu dari bagian perutnya dan akan menyiapkan tempat untuk anak2nya. Namun,segeta masukkkan nestbox kedalam kandang induk. Seekor induk kelinci  biasanya melahirkan 5 sampai 8 anakan kelincisatu per satu. Anakan yang baru lahir tidak berbulu dan mata tertutup. Setelah 9 sampai 10 hari mereka membuka mata dan secara bertahap bulu mulai tumbuh. 

Segera setelah lahir dan sampai membuka mata mereka hanya bergantung pada makanan susu indukan. Pada usia 21 sampai 23 hari mereka mulai menggigit pakan yang diberikan kepada induk . Pada usia 42 sampai 47 hari anakan kelinci dapat dipisahkan dari induk mereka, prosesnya disebut penyapihan. Perkawinan indukan lagi dapat dilakukan pada saat penyapihan.

Manajemen kesehatan


Beberapa penyakit yang sering ditemui dan infestasi parasit adalah koksidiosis yang disebabkan oleh kelompok protozoa Eimeria. Gejalanya meliputi sedikit gerak, kehilangan nafsu makan, bulu kasar, lemas dan kelinci akan berbaring dengan mata mengantuk. Pengobatan dengan ‘sulmet’ @ 1,5 ml / kg berat badan selama 2 hari diikuti dengan 0,7 ml / kg berat badan selama 4 hari dianjurkan.

Aflatoksikosis terjadi karena pakan terkontaminasi jamur Aspergillus. Toksin jamur yang disebut aflatoksin dapat menyebabkan kematian hingga 30 persen. Gejalanya meliputi perut buncit, aborsi pada indukan kelinci hamil, kehilangan nafsu makan dan kematian.
scabies disebabkan oleh ektoparasit yang disebut tungau Psoroptes. Gejalanya adalah gatal dan iritasi pada telinga kelinci.

Kebersihan dan sanitasi kandang  sangat penting bagi keberhasilan peternakan kelinci. Air minum bersih, pakan bebas jamur, cukup ventilasi, sinar matahari dan perlindungan dari hujan sangat diperlukan. 

BACA JUGA : RESEP MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR DARI URINE 

LIKE  FANS PAGE KAMI…===>>untuk update artikel baru blog ini klik saja
Gabung  GROUP INDUSTRI KELINCI
Rugi kalau gak JOIN, tinggal KLIK saja ===>>>

Group tempat berkumpulnya para SESEPUH KELINCI

belajar dan sharing tentangKELINCI PEDAGING, produk olahannya dan usaha turunan dari ternak kelinci

TERNAK KELINCI TIDAK BUTUH MINUM

Beberapa tahun yang lalu ada perdebatan ini disosial media, ternak kelinci itu sebenarnya butuh minum enggak sih..?? Kelompok A menjawab : “ ternak Kelinci itu ya harus minum, kita aja manusia kalo habismakan ya juga harus minum, kalo kita makan soto, nasi goreng, pasti lengkap dengan minumnya, begitu juga dengan ternak Kelinci , ya harus minum juga”.( aduh.. soto sama nasi goreng segala dibawa- bawa..wkwk, mungkin si dia  jualan nipple untuk minum kelinci, jadi tetep keukeh berpendapat ternak Kelinci tetap butuh minum.)

peternakan kelinci modern di Eropa

peternakan kelinci modern di Eropa

Kemudian kelompok B : “terna kelinci itu gak butuh minum, orang ternak Kelinci saya makan hijauan , gak dikasih minum  selama 3 bulan juga gak apa 2 kok,, sehat- sehat aja..”

Udah jangan debat terusss Brooo….!!!!!

nah… coba sekarang kita membuktikan apa yg di utarakan diatas …. yg memperdebatkan apakah kelinci perlu diberi minum ??? padahal secara umum teorinya :”semua mahluk hidup perlu minum”…. tapi ada bantahan dari kelompok B :”saya ternak Kelinci udah tiga bulan ngga dikasih minum koq ya ngga apa-apa”…

nah ini yang disebut praktek tidak sesuai dengan teori…. Jadi… bagaimana kita harus menjawab masalah ini? Adakah teori lain selain “semua mahluk hidup perlu minum” yg bisa menjawab kenyataan bahwa kelinci saya ngga dikasih minum koq ngga apa-apa… sehat sehat saja ????

Maka statement “semua mahluk hidup butuh minum” menjadi kurang tepat… dan yang benar adalah “semua mahluk hidup butuh air”…. artinya ada kebutuhan cairan untuk kelangsungan hidup dan untuk memenuhi kebutuhan air tadi bisa melalui mekanisme “minum”… ataupun melalui mekanisme “makan”.

Lalu makanan yg bagaimana yg bisa memenuhi kebutuhan airnya ? … tentunya makanan yg banyak mengandung air, dalam hal ini tentunya berbentuk hijauan. Jadi kalau ada pertanyaan kelinci butuh minum atau tidak … maka jawaban yg tepat adalah “tergantung pakan yg diberikan dalam kesehariannya”….

kalau pakannya berupa pelet ya otomatis dia butuh minum, karena melalui mekanisme minumlah kelinci bisa memenuhi kebutuhan air untuk hidupnya. Kalau konsumsi pakannya berupa full rumput maka bisa saja dia tidak butuh minum… karena untuk memenuhi kebutuhan airnya dia bisa melalui mekanisme makan rumput yg notabene banyak mengandung air tadi.

Jadi inilah teori-teori yg harus kita pahami agar dalam menjawab pertanyaan seperti diatas dan tidak menimbulkan kebinggungan dan perdebatan. Air ini juga sangat berpengaruh pada penyerapan kalsium, dibanyak kasus terjadi kelinci lumpuh karena kekuranga air minum.. Absorpsi calsium itu terjadi dibagian usus halus dan banyak faktor yg mempengaruhi absorpsi ini. Yg utama adalah calsium harus dalam bentuk larut air. Oleh sebab itu ketersediaan air minum sangatlah berpengaruh.

 

Incoming search terms:

  • kelinci perlu minum atau tidak

Merawat Kelinci Bayi yang Baru Lahir bagi penghobies kelinci

Kelinci yang diliarkan/ umbaran menyembunyikan sarangnya tanpa diketahui , disemak-semak, dll. Jika kita menemukan sarang yang telah rusak karena predator, perbaiki sarangnya dan kembalikan bayi kelincinya kedalam sarangnya. Misalnya saja ada anjing yang menemukan sarangnya, tutup kembali sarangnya dengan rumput, daun atau apapun yang telah digunakan induknya untuk menutupi sarangnya. Pastikan induknya ada disana, dari cari cara untuk menjauhkan anjing dari arangnya. Induk kelinci akan kembali untuk mencari bayinya dan membawa bayi kelinci pergi akan mengurangikesempatan bertahan hidup mereka.

Jika kita tidak melihat induknya datang, atau terlihat cuek saja, gak usah khawatir,induk kelinci hanya merawat bayinya beberapa menit dalam sehari, kemudian induk akan menjauh sehingga tidak menarik predator ke sarangnya. Jika bayi kelincinya sudah dalam keadaan terluka , kemungkinan untuk hidup tipis. Kebanyakan jika sudah terlukan akan mati.

 

merawat bayi kelinci

 

Hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk bayi kelinci liar adalah dengan membiarkannya sendiri(dikembalikan ke sarangnya)

Oke mungkin itu tipsnya…

Jika didalam kotak beranak bagaimana…ya gak gimana2, induknya akan merawatnya sendiri, asal nutrisi yang kita berikan cukup baik. Tapi terkadang ada saja penghobis yang menemukan induk kelinci yang tidak mau menyusui, solusinya ya dititipkan keinduk lain, Tapi kebanyakan juga tidak bisa, karena induk lain juga tidak dalam keadaan menyusui, apalgi jika kelincinya cuman 1 ekor.

Kalo seperti itu ya kita coba saja berikan makan dari susu kambing, banyak tersedia di toke hewan peliharaan, sus kelinci itu paling tinggi kdar kalorinya dari semua jenis mamalia. Ya bisa kita tambahkan kalori kedalam susu kambing, sebagai alat untuk menyusui gunakan jarum suntik streril yang bisa dibeli di apotik.

Cukup memberinya makan 2 kali sehari, pagi dan sore..Berapa banyak pakan yang sangat bervariasi untuk jenis kelinci yang kita pelihara, Tingkatkan  jumlah pakan untuk jenis kelinci yang lebih besar. Untuk membantu anakan  kelinci menjaga bakteri usus yang sehat, pergilah ke toko  hewan peliharaan, untuk membeli probiotik,, atau bisa memakai prolinci…heheh promosi…

Uraian dibawah inimungkin bisa menjadi takarannya :

Baru lahir – 1 minggu

Susu kambing 4-5 cc

1-2 minggu

Susu kambing 10-15 cc

2-3 minggu

Susu kambing 15-30 cc

3-6 minggu, sampai disapih

Susu kambing 30 cc

Mata anakan kelinci akan terbuka biasanya pad umur 10 hari, pada umur ini mungkin bisa dikenalkan  rumput atau pellet , kasih saja rumput kering dalam kotak beranak, oh iya pastikan pellet yang kamu berikan memputai kadar serat yang tinggi. Mungkin itu saja tips merawat bayi kelinci bagi penghobbies

 

RESEP PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR URINE KELINCI

RESEP PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR URINE KELINCI

BAHAN:
1.Keong Mas 10 kg (ditumbuk)
2. Gula merah 10 kg(direbus dgn 5 liter air biar hancur).
3. Susu 1 kaleng
4. Air Kelapa 5 liter
5.PGPR 1 liter
6. Nutri pepaya,nanas,pisang matang masing2 100 cc.
7. Abu Dapur 1 kg.
8. Urine kelinci 5 liter
9.Umbi rumput teki(di tumbuk) 1 kg.
10.Imo-3 ..1 kg.

Semua bahan di masukan ke wadah..
Encerkan Susu dgn air kelapa,bru di masukan ke wadah.
Tutup wadah dgn kertas koran.

Kalau tertutup rapat tiap hari harus di aduk2..

Aroma POC tak berbau busuk..tapi wangi tape..
Jadi ditutup pakai bahan berpori saja.
Fermentasi 7 s/d 21 hari.

Aplikasi: 40 cc s/d 80 cc per tangki..

SOP ini saya buat dgn jalan Musyawarah dgn Anggota kelompok lain.

Tiada gading yang tak retak..
Cara pembuatan POC di atas bukanlah yang paling sempurna..
Ini hanyalah salah satu cara dari sekian banyak cara membuat POC.

POC di atas belum di uji Lab..
Biar tanaman yang akan menjawabnya…


BACA JUGA : NUTRISI PENYUBUR TANAMAN

LIKE  FANS PAGE KAMI…===>>untuk update artikel baru blog ini klik saja
Gabung  GROUP INDUSTRI KELINCI
Rugi kalau gak JOIN, tinggal KLIK saja ===>>>

Group tempat berkumpulnya para SESEPUH KELINCI

belajar dan sharing tentangKELINCI PEDAGING, produk olahannya dan usaha turunan dari ternak kelinci

APA ITU CECOTROPES

APA ITU CECOTROPES

Jangan panic ketika melihat kelinci memakan kotorannya sendiri, karena yang dimakan kelinci adalah kemungkinan besar cecotropes.  Kelinci sebagaimana beberapa hewan lainnya memiliki keunikan tersendiri dalam sistem pencernaannya.. untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mengapa kelinci memakan kotorannya sendiri, simak penjelasan berikut ini

Cecotropes, juga disebut ‘night feces’ atau ‘soft feces,’  yaitu kotoran yang berbentuk seperti jelly. sejatinya Cecotropes memang merupakan kotoran, namun Cercotropes adalah bahan yang dihasilkan dari fermentasi makanan dalam bagian dari sistem pencernaan yang disebut ‘ sekum . ” Cecotropes yang kaya nutrisi yang belum terserap langsung dalam tubuh kelinci. Cecotropes ini mengandung protein yang sangat tinggi dan juga mengandung kadar vitamin K dan vitamin B yang juga tinggi

Bagaimana cecotropes diproduksi?
 

Untuk membantu memahami cecotropes, sebagaiknya terlebih dahulu kita mengetahui sistem pencernaan yang ada pada kelinci. Sama seperti manusia makanan akan masuk melalui kerongkongan untuk mengarah kedalam perut. Disana pencernaan memiliki usus kecil yang merupakan penyerap nutrisi yang handal, selanjutnya setelah diserap usus kecil, makanan lolos ke dalam usus besar, pada usus besar memang terjadi penyerapan nutrisi namun tidak terlalu besar. Perbedaan dengan manusia adalah, kelinci memiliki Coprophagy, yaitu partikel serat besar. Nah kotoran yang masih kaya nutrisi yang belum terserap sepenuhnya pada usus halus dan usus besar ini terkontraksi pada otot (reverse peristalsis) yang dipindahkan  ke dalam sekum. Didalam sekum makanan yang kaya gizi ini di urai oleh bakteri dan menjadi unsur yang mengandung unsure gula sederhana, pati dan asam amino. Dari proses itulah kemudian menjadi kotoran yang kaya gizi yang sewaktu-waktu  dipindahkan dari sekum ke Usus besar dan berakhir pada anus.. beberapa ahli berkata bahwa Cecotropes amat sangat penting untuk kelinci, bahkan di klaim tanpa Cecotropes kelinci dapat mengalami malnutrisi.
Sebenarnya proses ini mirip dengan hewan memamah biak, ketika rumput dimakan disimpan ke rumen, apabila hewan itu butuh selanjutnya makanan  yang dari rumen masuk ke kerongkongan kemudian dikunyah lagi. Yang berbeda adalah pada hewan memamah biak makanan disimpan pada bagian lambung, sedangkan pada kelinci dibagian sekum yang berada dekat pada Usus besar. Sehingga pada kelinci, nutrisi dari makanan dikeluarkan dulu dalam bentuk kotoran selanjutnya nutrisi dimakan kembali.
 Bentuk cecotropes
Cecotropes lebih kecil, lebih lembut, dan lebih basah dibanding tinja keras. Mereka tertutup dengan lendir kehijauan, yang membuat mereka tetap bersatu.
 Kapan cecotropes keluar ?

Pada kelinci Cecotropes Biasanya keluar pada malam hari maupun Fajar Tapi tidak mutlak..

BACA JUGA : RESEP PESTISIDA ORGANIK

LIKE  FANS PAGE KAMI…===>>untuk update artikel baru blog ini klik saja
Gabung  GROUP INDUSTRI KELINCI
Rugi kalau gak JOIN, tinggal KLIK saja ===>>>

Group tempat berkumpulnya para SESEPUH KELINCI

belajar dan sharing tentangKELINCI PEDAGING, produk olahannya dan usaha turunan dari ternak kelinci