Halaman Facebook




Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Posts by kebunkelinci

TERNAK KELINCI TIDAK BUTUH MINUM

Beberapa tahun yang lalu ada perdebatan ini disosial media, ternak kelinci itu sebenarnya butuh minum enggak sih..?? Kelompok A menjawab : “ ternak Kelinci itu ya harus minum, kita aja manusia kalo habismakan ya juga harus minum, kalo kita makan soto, nasi goreng, pasti lengkap dengan minumnya, begitu juga dengan ternak Kelinci , ya harus minum juga”.( aduh.. soto sama nasi goreng segala dibawa- bawa..wkwk, mungkin si dia  jualan nipple untuk minum kelinci, jadi tetep keukeh berpendapat ternak Kelinci tetap butuh minum.)

peternakan kelinci modern di Eropa

peternakan kelinci modern di Eropa

Kemudian kelompok B : “terna kelinci itu gak butuh minum, orang ternak Kelinci saya makan hijauan , gak dikasih minum  selama 3 bulan juga gak apa 2 kok,, sehat- sehat aja..”

Udah jangan debat terusss Brooo….!!!!!

nah… coba sekarang kita membuktikan apa yg di utarakan diatas …. yg memperdebatkan apakah kelinci perlu diberi minum ??? padahal secara umum teorinya :”semua mahluk hidup perlu minum”…. tapi ada bantahan dari kelompok B :”saya ternak Kelinci udah tiga bulan ngga dikasih minum koq ya ngga apa-apa”…

nah ini yang disebut praktek tidak sesuai dengan teori…. Jadi… bagaimana kita harus menjawab masalah ini? Adakah teori lain selain “semua mahluk hidup perlu minum” yg bisa menjawab kenyataan bahwa kelinci saya ngga dikasih minum koq ngga apa-apa… sehat sehat saja ????

Maka statement “semua mahluk hidup butuh minum” menjadi kurang tepat… dan yang benar adalah “semua mahluk hidup butuh air”…. artinya ada kebutuhan cairan untuk kelangsungan hidup dan untuk memenuhi kebutuhan air tadi bisa melalui mekanisme “minum”… ataupun melalui mekanisme “makan”.

Lalu makanan yg bagaimana yg bisa memenuhi kebutuhan airnya ? … tentunya makanan yg banyak mengandung air, dalam hal ini tentunya berbentuk hijauan. Jadi kalau ada pertanyaan kelinci butuh minum atau tidak … maka jawaban yg tepat adalah “tergantung pakan yg diberikan dalam kesehariannya”….

kalau pakannya berupa pelet ya otomatis dia butuh minum, karena melalui mekanisme minumlah kelinci bisa memenuhi kebutuhan air untuk hidupnya. Kalau konsumsi pakannya berupa full rumput maka bisa saja dia tidak butuh minum… karena untuk memenuhi kebutuhan airnya dia bisa melalui mekanisme makan rumput yg notabene banyak mengandung air tadi.

Jadi inilah teori-teori yg harus kita pahami agar dalam menjawab pertanyaan seperti diatas dan tidak menimbulkan kebinggungan dan perdebatan. Air ini juga sangat berpengaruh pada penyerapan kalsium, dibanyak kasus terjadi kelinci lumpuh karena kekuranga air minum.. Absorpsi calsium itu terjadi dibagian usus halus dan banyak faktor yg mempengaruhi absorpsi ini. Yg utama adalah calsium harus dalam bentuk larut air. Oleh sebab itu ketersediaan air minum sangatlah berpengaruh.

 

Merawat Kelinci Bayi yang Baru Lahir bagi penghobies kelinci

Kelinci yang diliarkan/ umbaran menyembunyikan sarangnya tanpa diketahui , disemak-semak, dll. Jika kita menemukan sarang yang telah rusak karena predator, perbaiki sarangnya dan kembalikan bayi kelincinya kedalam sarangnya. Misalnya saja ada anjing yang menemukan sarangnya, tutup kembali sarangnya dengan rumput, daun atau apapun yang telah digunakan induknya untuk menutupi sarangnya. Pastikan induknya ada disana, dari cari cara untuk menjauhkan anjing dari arangnya. Induk kelinci akan kembali untuk mencari bayinya dan membawa bayi kelinci pergi akan mengurangikesempatan bertahan hidup mereka.

Jika kita tidak melihat induknya datang, atau terlihat cuek saja, gak usah khawatir,induk kelinci hanya merawat bayinya beberapa menit dalam sehari, kemudian induk akan menjauh sehingga tidak menarik predator ke sarangnya. Jika bayi kelincinya sudah dalam keadaan terluka , kemungkinan untuk hidup tipis. Kebanyakan jika sudah terlukan akan mati.

 

merawat bayi kelinci

 

Hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk bayi kelinci liar adalah dengan membiarkannya sendiri(dikembalikan ke sarangnya)

Oke mungkin itu tipsnya…

Jika didalam kotak beranak bagaimana…ya gak gimana2, induknya akan merawatnya sendiri, asal nutrisi yang kita berikan cukup baik. Tapi terkadang ada saja penghobis yang menemukan induk kelinci yang tidak mau menyusui, solusinya ya dititipkan keinduk lain, Tapi kebanyakan juga tidak bisa, karena induk lain juga tidak dalam keadaan menyusui, apalgi jika kelincinya cuman 1 ekor.

Kalo seperti itu ya kita coba saja berikan makan dari susu kambing, banyak tersedia di toke hewan peliharaan, sus kelinci itu paling tinggi kdar kalorinya dari semua jenis mamalia. Ya bisa kita tambahkan kalori kedalam susu kambing, sebagai alat untuk menyusui gunakan jarum suntik streril yang bisa dibeli di apotik.

Cukup memberinya makan 2 kali sehari, pagi dan sore..Berapa banyak pakan yang sangat bervariasi untuk jenis kelinci yang kita pelihara, Tingkatkan  jumlah pakan untuk jenis kelinci yang lebih besar. Untuk membantu anakan  kelinci menjaga bakteri usus yang sehat, pergilah ke toko  hewan peliharaan, untuk membeli probiotik,, atau bisa memakai prolinci…heheh promosi…

Uraian dibawah inimungkin bisa menjadi takarannya :

Baru lahir – 1 minggu

Susu kambing 4-5 cc

1-2 minggu

Susu kambing 10-15 cc

2-3 minggu

Susu kambing 15-30 cc

3-6 minggu, sampai disapih

Susu kambing 30 cc

Mata anakan kelinci akan terbuka biasanya pad umur 10 hari, pada umur ini mungkin bisa dikenalkan  rumput atau pellet , kasih saja rumput kering dalam kotak beranak, oh iya pastikan pellet yang kamu berikan memputai kadar serat yang tinggi. Mungkin itu saja tips merawat bayi kelinci bagi penghobbies

 

Berbagai Faktor Anakan Kelinci Cepat Mati

anak kelinci mati

anak kelinci mati

Berikut adalah berbagai faktor anakan kelinci cepat mati

  • Kurang ASI jadi kelinci semakin hari semakin lemas
  • Induk tidak mau menyusui anaknya karena induk stress
  • Nafsu makan yang terlalu tinggi karena sistem pencernaan anak kelinci belum mampu mencerna pakan dalam jumlah banyak
  • Sifat mengalah pada kelinci yang berkelanjutkan dapat menghambat pertumbuhan kelinci dan lama-kelamaan kelinci tidak bertumbuh/berkembang karena pakan yang kurang baik secara volume maupun gizi
  • Stress karena predator baik berupa hewan pemangsa maupun kunjungan dari manusia yang tidak pernah bertemu dengan kelinci anakan tersebut
  • Stress karena pindah kandang dan juga pindah lingkungan
  • Stress dipisah dengan induknya terlalu cepat ( sapih terlalu dini )
  • Kembung karena pakan rumput yang sedang berfotosintesis
  • Sembelit karena pakan kurang serat maupun karena makan bulu kelinci lainnya
  • Mencret karena pakan yang sering gonta ganti menu, bisa juga karena pakan kotor dan mengandung bakteri negatif/patogen
  • Keracunan kotoran tikus/kecoa yang termakan anak kelinci
  • Seleksi alam saat induk sengaja tidak mau menyusui salah satu anakan kelinci dari satu koloni

Penulis : Prehad Handoko

Incoming search terms:

  • cara menetralisir bakteri rumput pakan kelinci
  • ramuan sembelit untuk kelinci

Cara Mengobati Scabies / Gudig / Koreng pada Kelinci

Scabies adalah sejenis kutu yang ukurannya mikroskopik. Mereka bersarang di bawah lapisan kulit sehingga menyebabkan gatal.Kelinci yang terjangkit akan sering menggaruk bagian yang terjangkit (pada umumnya kuping, kaki, hidung kelinci) sampai bagian tersebut luka bahkan robek. Ciri-ciri kelinci yang terjangkit. Pada bagian yang terjangkit terdapat kerak seperti ketombe. Kalau di kaki, ditambah dengan pembengkakan sehingga kuku terlihat seperti mau copot. Pada bagian kuping bahkan pinggirannya hilang terpotong-potong oleh kutu. Seiring parahnya penyakit, pembengkakan akan semakin parah ditambah luka dan menyebabkan kelinci tidak nafsu makan dan tidur yang pada akhirnya bisa berdampak pada kematian.
Pemberian pakan berupa rumput-rumputan bisa merupakan sumber penyakit scabies. Tapi lebih dominan akibat kotornya kandang, karena akan terjadi rembetan penularan dari kandang satu kekandang yg lain, dari kelinci satu kekelinci yg lain atau infeksi secara berulang. Jadi pada saat kelinci diberi obat, kandang juga harus disucihamakan,

READ MORE »

Incoming search terms:

  • cara mengatasi kelinci korengan
  • obat kelinci koreng
  • obat koreng kelinci untuk di minum

HASIL MESIN MULTIFUNGSI GILING KULIT KACANG DAN CACAH RUMPUT GAJAH

Rendeng/ Kulit Kedelai yang telah digiling

Rendeng/ Kulit Kedelai yang telah digiling

READ MORE »

Incoming search terms:

  • bisakah janggel jagung untuk kelinci?
  • fermentasi kulit kedelai untuk kelinci
  • kelinci makan kulit kacang hijau
  • mesin pencacah rumput buat kelinci

Alamat Perusahaan

Kebun Kelinci
Desa Bukur rt.12 rw.04
Kec. Jiwan Kab.Madiun 63161
Jawa Timur. Indonesia

Hp.085649561319 (sms/whatsapp)
Bbm : 5536E126
Email : kebunkelinci@gmail.com

Jam kerja :
Senin-Sabtu
07.00-16.00

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Jual Mesin Pellet Horisontal

Mesin Pellet Horisontal

Jual Mesin Pelet Vertikal

Mesin Pellet Vertikal

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak