Alamat Perusahaan

Kebun Kelinci
Desa Bukur rt.12 rw.04
Kec. Jiwan Kab.Madiun 63161
Jawa Timur. Indonesia

Hp.085649561319 (sms/whatsapp)
Email : kebunkelinci@gmail.com

Jam kerja :
Senin-Sabtu
07.00-16.00

Halaman Facebook

Mesin Giling dan Cacah Multifungsi – Bisa untuk berbagai kegunaan Petani dan Peternak

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Jual Mesin Pellet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Jual Mesin Giling Pakan Ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak

Jual Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Posts by kebunkelinci

LAKUKAN CARA INI UNTUK MENGETAHUI KELINCI BUNTING ATAU TIDAK

MENDETEKSI KEBUNTINGAN PADA KELINCI  


Apa itu palpasi? Palpasi adalah suatu cara untuk memastikan induk kelinci hamil atau tidak, Untuk memastikan ternak kelinci hamil atau tidak, satu-satunya jalan ya harus dengan palpasi. Tidak bisa hanya mengandalkan cici-ciri. Karena apa? karena kelinci hamil semupun mempunya tanda tanda yg sama dengan kelinci hamil sungguhan.



Nah kalau kita hanya mengandalkan ciri-ciri tadi, kemudian ternyata hamil semu, kemudian karena prediksi kita dia hamil dan porsi pakan kita tambah, maka akan terjadi over konsumsi.Akibatnya ternak kelinci akan mengalami kelebihan energi yg otomatis akan terjadi penimbunan lemak. Penimbunan lemak ini kalau sudah terjadi di saluran reproduksi akan sulit dihilangkan. Ini berarti sudah terjadi kemajiran, yg artinya ternak  kelinci kita menjadi kelinci afkir…. Itu jeleknya kalau kita hanya mengandalkan ciri-ciri atau tanda-tanda. 


caranya palpasi, mudah-mudahan bisa dibayangkan dan dimengerti. Mula2 letakkan ternak kelinci diatas meja dengan kepala menghadap kearah kita. Tangan kanan memegang ternak kelinci dengan cara pegang telinganya dan disatukan dengan tengkuknya, dengan demikian ternak kelinci akan tenang dan tidak berontak. Pemeriksaan akan dilakukan dengan tangan kiri kita dengan memposisikan jari jempol dan keempat jari lainnya saling berhadapan dengan jarak 4 – 5 cm. Bentuk posisi jari2 ini dimaksudkan untuk memegang embryo dengan cara merapatkan jempol dengan keempat jari yg lain.

PALPASI PADA KELINCI


 Kemudian tangan kiri kita kita masukkan kebawah perut ternak kelinci kira2 diantara dua paha. Posisi jari jempol dan keempat jari lainnya kita sodokkan perlahan mengarah keatas sampai mentok, kemudian jari jempol dan keempat jari lainnya berusah mencari/memegang embryo dengan cara merapatkan jari2 tadi. Benjolan akan terasa
kira2 sebesar buah anggur dan kalau terpegang akan melejit, nggrunjel kesana kemari. Gerakan tangan kiri ini bisa kita gerakkan kearah depan atau belakang untuk mencari sambil berusaha memegang embryo tadi. Besarnya embryo pada umur 14 hari adalah sebesar buah anggur sehingga tidak mungkin keliru dengan faeces. Berbeda kalau kita palpasi pada umur 7- 8 hari. Embryo masih sebesar faeces. Tetapi dengan pengalaman kita bisa membedakan mana faeces, mana embryo. Kalau terpegang dan dia tidak lari2, maka itu artinya faeces. Tetapi kalau terpegang kemudian dia lari2, melejit kesana kesini maka itulah embryo. Demikian uraian saya semoga dimengerti, karena maklum lah penjelasan tanpa alat peraga memang agak sulit. Tetapi saya berharap masih bisa dimengerti.   
Kenapa kelinci bisa beranak diluar kotak? Kenapa kelinci tidak mencabuti bulu? Kenapa induk kelinci gak mau nyusuin anaknya? Kenapa anak kelinci hanya 2 atau 3 ekor?

Semua itu bersumber dari nutrisi yg tidak tercukupi, sehingga hormon bunting tidak muncul otomatis naluri sebagai calon ibupun ngga muncul. kesalahan mendasar yg hampir dijumpai dimana-mana. Setelah temen2 belajar tentang palpasi dan kemudian bisa mempraktikkan dikandang, 
kebanyakan peternak hanya beranggapan palpasi hanya sekedar kepengen tau apakah ternak kelinci kita positip bunting atau tidak. Atau mungkin tidak dipalpasi sama sekali dan kebanyakan peternak dalam pemberian pakan masih samarata antara bunting dan tidak bunting, menyusui dan pejantan tukang kawin
Padahal semua harus dibedakan porsinya dan ketika hasil palpasi positif kemudian  harus ada tindak lanjutnya. Kalau positip ya porsi pakan harus ditambah secara gradual/sedikit demi sedikit sampai kira-kira 1,5 kali porsi biasanya sampai waktu kelahiran, dan ditingkatkan sampai kira-kira 2 kali porsi biasa pada phase menyusui. Porsi pakan akan meningkat lagi sampai 3 kali porsi biasa pada saat anakan mulai ikut makan. 
Ini penting agar embryo yg akan berkembang menjadi janin tercukupi nutrisinya. Begitu juga si induk. Induk yangg tidak mendapat cukup nutrisi, dalam perkembangannya dia tidak akan merasa bunting sehingga secara naluri juga tidak akan siap. Ini juga yg menjadi sebab mengapa induk tidak mencabuti bulu untuk persiapan kelahiran, karena kelenjar susu juga tidak berkembang sehingga naluri keibuannya juga tidak muncul. Ini yg harus menjadi perhatian kita, mengapa palpasi penting karena bukan saja mengetahui positip bunting tidaknya kelinci, tetapi juga membantu memunculkan naluri keibuannya. Apabila hasil perkawinan negatip maka harus dilakukan pemantauan masa birahinya kembali, sebagai persiapan perkawinan berikutnya. 
Jika sudah terlanjur induk kelinci tidak mencabuti bulumaka kitalah yg harus merangsang pencabutan bulu itu. Ini jarang dilakukan oleh peternak. Kita harus “tega” mencabuti bulu siinduk, terutama yg didaerah perut/sekitar puting, ini gunanya merangsang pembuluh darah sekitar ambing agar kelenjar susu bisa berfungsi baik. Ilmu ini yg jarang dilakukan oleh pelaku ternak kelinci apabila menghadapi kendala siinduk tidak mencabuti bulu pada saat melahirkan…
BACA JUGA : CARA MENGOBATI TERNAK KELINCI YANG LUMPUH
Sampai ketemu dipost selanjutnya
Sumber..(arsip mercy)

KELINCI TIDAK PUNYA RAHIM LALU BAGIAMANA KELINCI BISA BERANAK SIMAK PENJELASAN BERIKUT

Judul post kali ini rada sedikit spektakuler….wwkw.., karena judul diatas saya jadi diomelin orang  pas kopdar di Sidoarjo, jatim. kata beliau  begini ” mas… yang namanya hewan menyusui itu berkembangbiaknya pasti melahirkan dan pasti ada rahim”….

sebenarnya niat awal cuma becanda tapi Btw…. anyway……. busway…., beliau sudah terlanjur nada tinggi jadi saya males mau ngejelasin,
Jadinya ya diem aja.. padahal mah  Cuma beda sedikit doank…semoga beliau baca post ini hahahaha…

Sistem reproduksi ternak kelinci

EMBRIO KELINCI





·        
kalau bicara soal peranakan kelinci jangan sekali kali membayangkan seperti peranakan pada manusia. Itu beda banget. Yg disebut uterus pada  ternak kelinci itu berupa selongsong/saluran yg awalnya hanya sebesar sedotan. Jadi sijabang bayi ini akan berkembang didalam kantung2/balon yg letaknya didalam selongsong.

uterus /sedotan tadi tadi. Nah uterus ini akan berkembang, membesar seiring dengan membesarnya si balon yg berisi janin kelinci tapi tidak melekat.
Dengan demikian pada waktu melahirkan, selongsong ini tidak mengalami perlukaan hanya memang mengalami pembesaran. Justru pada saat inilah kalau  ternak kelinci  dikawinkan kembali dia akan mempunyai kecenderungan beranak lebih banyak karena si selongsong cukup longgar (belum kembali mengecil) sehingga perkembangan zygote, embrio dan janin menjadi leluasa, tidak berdesakan. Jadi janin akan berkembang didalam uterus sampai lahir, tapi dia tidak melekat pada uterus sehingga uterus tidak mengalami luka apapun sehingga tidak ada istilah nifas pada kelinci.




SISTEM REPRODUKSI KELINCI


uterus disini adalah oviduct berupa saluran jalan masuknya  sel jantan… bukan rahim tempat menempelnya jabang bayi seperti pada rahim manusia. Jadi gamblangnya begini : kalau pada manusia/wanita dalam keadaan tidak hamil… kalau diadakan tindakan operasi pengangkatan rahim … itu bisa karena memang rahimnya ada, tapi pada  ternak kelinci tidak bisa dilakukan karena rahimnya tidakada. Rahim itu akan ada bersamaan dengan terjadi pembuahan, pembentukan zygote, embrio kemudian berkembang menjadi janin. Jadi rahim itu terbentuk didalam oviduct tadi.
·        
Oviduct itu disebut uterus tapi pengertiannya berbeda dengan rahim pada manusia. Jadi jabang bayi tidak melekat pada uterus sehingga memang tidak ada perlukaan disana. Pada perkembangan janin tadi uterus memang ikut membesar dan setelah melahirkan uterus akan mengecil itu benar… tapi sekali lagi uterus disini tidak sama dengan kondisi rahim manusia dimana kantung placenta dan ari2 menempel pada dinding rahim sehingga pada saat melahirkan terjadi perlukaan disana. Ini yg membedakan manusia dengan  ternak kelinci.


pada manusia setelah melahirkan dan hamil berikutnya memakai rahim yg sama, dikelinci tidak. Jadi pada  ternak kelinci pada saat lahir dan bunting berikutnya dia tidak lagi memakai rahim yg sama karena sudah gugur,keluar bersama placenta dan jabang bayinya. Bahkan dalam keadaan buntingpun  ternak kelinci bisa kita kawinkan (kalau dia birahi) dan bisa terjadi pembuahan. Yg artinya dia bisa bunting dengan rahim yg lain lagi. Jadi rahim disini jangan dibayangkan sama persis dengan rahim manusia. Kalau rahim di manusia ya yg itu2 juga, sehingga kalau terjadi operasi pengangkatan rahim wanita tsb sudah tidak bisa hamil lagi, sedangkan pada kelinci rahim itu berkembang bersama sama dengan perkembangan zygotenya. 
Sistim hormonal  ternak kelinci itu berbeda dengan sistim hormonal manusia. Hormonnya sama tapi cara bekerjanya tidak persis sama. Pada manusia .. setelah melahirkan akan terbentuk hormon prolaktin yaitu hormon untuk menyusui. Adanya hormon prolaktin ini akan menekan kerja hormon esterogen dan hormon progesteron. Padahal hormon ini hormon yg mempengaruhi pelepasan sel telur. Jadi Apabila hormon prolakti aktif maka pelepasan sel telur dari indung telur tidak akan terjadi sehingga dalam keadaan menyusui wanita tidak mungkin bisa hamil karena tidak ada sel telur yg bisa siap untuk dibuahi. Berbeda banget sama  ternak kelinci . ini hewan yg mempunyai keistimewaan dalam hal reproduksinya. Hormon menyusui dan hormon bunting bisa ada dalam waktu yg bersamaan. Jadi dalam kondisi menyusui yg artinya hormon prolaktin sedang tinggi2nya, tetapi hormon esterogen dan progesteronpun selalu siap untuk mendorong sel telur berovulasi. Itulah kehebatan hewan yg satu ini… jadi semua tergantung pada kita, apakah kita mau memanfaatkan kelebihannya atau tidak.
· 
       
Kalau manusia melahirkan rahimnya tetap dan terjadi perlukaan pada tempat dimana kantung placenta menempel. Tapi pada  ternak kelinci rahimnya gugur bersama dengan placentanya, Jadi perlukaan bukan pada rahim tetapi pada gantungan rahim tadi. Pada manusia sel telur diproduksi di indung telur, dan akan turun kerahim kemudian menempel didinding rahim sampai siap dibuahi. Apabila tidak terjadi pembuahan maka akan gugur dan biasa disebut menstruasi. Pada peristiwa ini terjadi pengelupasan dinding rahim sehingga terjadi pendarahan. Besar kecilnya pendarahan tergantung pada besar kecilnya pengelupasan tadi. Apa bila terjadi pembuahan, maka sel telur yg telah dibuahi tadi akan membentuk Zygote.. 
·        
berkembang menjadi Embrio selanjutnya menjadi Janin dengan tetap menempel pada dinding rahim karena dari sanalah aliran makanan dari si ibu ke jabang bayi berlangsung yaitu melalui tali pusat dan cairan placenta. Pada saat melahirkan semua akan gugur dengan meninggalkan perlukaan bekas menempelnya kantung placenta tadi. Berbeda dengan  ternak kelinci. Kelinci sel telurnya ada setiap saat dan setiap saat pula siap untuk dibuahi oleh sel jantan. Akan tetapi sel telur ini hanya bisa dibuahi kalau folikel atau pembungkus sel telur tadi pecah. Nah pecahnya folikel tadi bisa terjadi kalau ada rangsangan. Rangsangan tadi akan mengaktifkan kelenjar Gonad dan akan mengeluarkan hormon GnRH serta hormon FSH untuk memecah folikel sehingga sel telur bisa dibuahi. Setelah dibuahi maka terbentuk Zygote dan berkembang menjadi Embrio. Pada umur kebuntingan 14 hari apabila  ternak kelinci kita potong maka akan tampak embrio yg bergelantungan berbentuk seperti buah anggur. Nah embrio itu ada didalam rahim dan akan keluar bersama si jabang bayi tadi. Perlukaan hanya terjadi sebesar gantungan tadi. Pada manusia rahim yg tadinya hanya sebesar telur ayam akan ikut berkembang menjadi besar menyesuaikan dengan besar/tumbuhnya si jabang bayi. Pada saat melahirkan rahim yg telah membesar tadi akan mengecil kembali sambil memperbaiki kerusakan sel dinding rahim, nah inilah yg disebut masa nifas.. dikelinci peristiwa ini tidak ada… itulah sebabnya ternak kelinci begitu melahirkan bisa langsung dikawinkan dan bisa terjadi pembuahan.


seperti yg di jelaskan diatas..  ternak kelinci dalam keadaan buntingpun bisa terjadi pembuahan berikut dengan selisih waktu, karena sistim reproduksi yg sangat berbeda dengan mamalia lain. Jadi jangan heran kalau ada kelinci beranak dan selang seminggu atau dua minggu kemudian beranak kembali, karena memang rahimnya berbeda sama manusia atau mamalia lain yg menggunakan rahim ya itu2 juga.

Jadi kalo  ternak kelinci pas bunting rahimnya ada kalo pas tidak bunting rahimnya ya tidak ada..rahimnya terbentuk bersama2 dengan janin..
nah udah pahamkan kelinci itu tidak mempunyai siklus haid juga nifas

pas nanti saya shere di group2  facebook jangan – jangan nanti ada yang protes..apa gak kasihan sama  ternak kelinci kita..habis beranak kok dikawinkan..
 yang protes itu gak ngerti kelinci.. kalo yang tau sistem reproduksi kelinci, kelinci itu adalah hewan  yang mempunyai  sistem reproduksi yang sangat luar biasa yang tidak dipunyai oleh hewan lain, jadi kalo  ternak kelinci itu kita perlakukan sebagai hewan produksi, ya kemampuannya itu harus kita berdayakan seoptimal mungkin. sekarang apa bedanya sama ayam broiler…kenapa gak ada yang kasihan sama ayam-ayam broiler,, kok tidak ada yang protes… padahal ayam itu yang jantannya diambil sel jantannya buat IB si betina, jadi betinanya setiap hari betelur tanpa henti..karena memang gen mengeramnya sudah hilang, jadi betinanya sanggup bertelur sepangjang masa tanpa keinginan mengeram, dan telurnya ditetaskan untuk suplai DOC dipeternakan ayam potong.. dan kemampuan itu yang dimanfaatkan secara maksimal..
(Arsip Mercy)
masih banyak sekali ilmu2 yang bermanfaat diblog ini, silahkan telusuri semua/jelajahi semua yang ada di blog ini….semoga blog ini bisa mencerdaskan pelaku  ternak kelinci seindonesia…

LAKUKAN TIPS INI SUPAYA KELINCI BERANAK BANYAK

 
Jikalau kita ingin berkecimpung di ternak kelinci potong, maka kita harus belajar keayam potong kenapa? Karena  mereka sudah tertib sistemnya, dari mulai bibit DOC, pakan (starter, grower, finisher) panen dan pasca penen semua sudah berjalan tertib.
Syarat bibit untuk ayam potong adalah ada 2 kriteria yaitu

 
1.    Reproduksi
2.    Produksi
 
Reproduksi adalah ayam dari jenis yang beranak banyak, dan produksi adalah dipilih dari ayam yang percepatan tumbuhnya baik. Kenapa jenis ayam kampung tidak dipilih untuk  industry ayam potong, padahalkan tekstur dagingnya lebih enak, ya karena ayam kampung reproduksinya rendah,  dibanding dengan ayam broiler yang beranak lebih banyak, pun ayam broiler mempunyai percepatan tumbuh yang lebih baik.
 
 
 
KELINCI BERANAK BANYAK
 
 
maka syarat ternak kelinci

  potong pun juga sama seperti itu, reproduksi dan produksinya juga harus sama-sama bagus, jadi jenis ternak kelinci  apa yang digunakan??  Jika jenis kelinci sudah memenuhi criteria diatas, maka bisa kita gunakan untuk kelinci potong.

Kalo bisa ya jenis hybrid, persilangan dari beberapa ras, terutama California dan NZW diseleksi tingkat reproduksinya dan  tingkat produksinya. Ini adalah tugas para breeding kelinci di indonesia, kita percayakan saja pada ahlinya karena urusan persilangan dan perseleksian ini ribet sekali bikin pusing…..


 
OK kita kembali ke laptop, kembali kejudul post diatas yaitu kelinci yang beranak banyak, saya dulu juga sempet kebingungan dengan masalah ini, harga kelinci hybrid mahalnya luar biasa, jadi bagaimana nih, jika kita mau terjun dikelinci potong, ini yang menjadi dilemma, jadi pikiran saya berbulan- bulan, jadi GEGANA  (gelisah, galau , merana),
Soal produksi dan reproduksi pada ternak kelinci

  tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh gen, semuanya bisa kita usahakan, bisa kita modifikasi..

 Wahh… jawaban guru kami diatas buat kami jadi bersemangat lagi.. yang tadinya galau karna ditinggal nikah pujaan hati, jadi bersemangat lagi untuk ternak kelinci

 ..hahaha

 
Kunci beranak banyak pada kelinciadalah pembentukan postur kelinci sejak masa sapih, sampai dewasa dan siap kawin. Atau bahasa maduranya “long chassis”.
Seperti yang kita ketahui, ketika terjadi perkawinan pada ternak kelinci

, maka akan ada 60- 70 sel telur yang dibuahi, tapi karena berdesak-desakan, terseleksilah sehingga jumlah anaknya hanya dibawah 10 ekor, 5-6 atau 7. Jika dari awal kita bisa buat punggung kelinci lurus dan panjang maka otomatis tempat bergantungnya janin akan semakin banyak, dan jumlah anakannya pun akan semakin banyak.

 
 
Pada phase pembentukan phostur, kadar serat kasar yang tinggi otomatis akan memperpanjang masa transit diusus kelinci, kondisi ini akan membuat  ternak kelinci

terus menerus selonjoran dan akan membuat posturnya semakin panjang, tentunya harus ditunjang dengan kondisi kandang yang memadahi, karena  kelinci akan sering selonjoran. Disamping itu kita juga harus design pakan  dengan komposisi rendah nutrsi terutama kadar kalorinya sehingga ternak kelinci akan terus menerus lapar dan terus menerus makan, untuk memenuhi nutrisi hariannya, perutnya akan terus menerus penuh dengan makanan yang berserat.

Nah inilah kenapa kita harus canangkan mempunyai feedmill/ mesin pellet sendiri, kita bisa design pellet sesuai kebutuhan kita, karena ini adalah kunci keberhasilan, dengan mesin pellet semuanya akan terkendali,baik itu populasi, kesehatan atau yang lainnya.

 
“Tapi mesin pellet itukan harganya mahal broo…”
 
Kalo tidak kuat beli sendiri ya berdua, berdua gak kuat ya berlima, berlima gak kuat ya berbanyak, kita kan punya komunitas ditiap-tipa regional, jadi feedmillnya nanti milik bersama gabungan dari temen2. Maka nantinya ini akan berdiri sendiri dan akan mencukupi pellet para anggotannya….
 
 OK bisa dimengerti.
 
Masalah cara mendesign pakan dengan kadar serat tinggi dan rendah nutrisi nanti dipost selanjutnya..
 

APAKAH ANDA TAHU SEMUA BAGIAN DARI KELINCI BISA MENJADI UANG TERMASUK TULANGNYA BERIKUT PENJELASANYA

TERNAK KELINCI = TERNAK UANG



Kotoran kelinci pendulang uang

 
Pupuk organic yang sedang banyak dibutuhkan para petani dan pengusaha agribisnis adalah potensi yang sangat luar biasa.
Sebetulnya ane lebih suka dengan kandang yang single dengan tanpa penampung urine yang kotoran dan urine langsung jatuh ketanah.tapi karena urine kelinci mengadung nilai ekonomis juga sebagai pupuk cair organic maka  banyak peternaka kelinci yang mendesign kandang dengan penampung urine.


Tapi kalo ane lebih suka jika langsung jatuh  ketanah, kemudian kita tambahkan sodas/ serbuk gergaji/ limbah baglog jamur/ serbuk sabut kelapa/cocopiet.untuk ditaburkan diatas fases. Ini sanagat membantu mengurangi pengaruh bau pesing urine kelinci atau bau amoniak dari urine kelinci. 
 
Penggunaan serbuk kayu atau gergai kayu lebih murah karena limbah. Sedangkan cocopiet harus beli, tapi campuran cocopiet dengan  kotoran dan urine kelinci bisa kita packing lansung sebagai media tanam dan bisa kita jual langsung dalam bentuk kemasan ataupun karungan. 
Hasil penjualan ini bisa mengurangi bahkan juga bisa membiayai upah anak kandang, jika kita punya anak kandang.artinya kita sudah mengurangi 10% biaya , dan ini keuntungan buat kita peternak kelinci.
 
 
Lalu kemana harus memasarkan yang paling sip adalah ditempat penjual tanaman hias, buat kemasan yang menarik, pasarkan disosial media, mau dipost diblog ini juga boleh, memang blog ini digunakan untuk membantu para peternak kelinci diseluruh Indonesia. Termasuk untuk memasarkan produk turunan dari kelinci, baik itu olahan kelinci ataupun pupuk dari kelinci, kandang peralatan kelinci serta yang lainnya..
 
 
Ada idee yang lebih menarik lagi dengan kita menanam banyak jenis sayuran..jika punya banyak lahan kosong tanam berbagai jenis sayuran..salah seorang teman  di karanganyar..menanam sayuran dalam jumlah yang lumayan walaupun sebenarya tidak punya lahan, yang digunakan untuk bercocok tanah adalah pinggiran jalan2 desa dengan diberi berjajar polibag yang berisi sayuran..banyak tetangga yang ikut tertarik ternyata.. akhirnya semakain lama semakin banyak tidak hanya mencukupi kebutuhan dapur tiap2 rumah tangga, ternyata masih sisa untuk bisa dijual..akhirnya ya banyak tukang sayur, biasanya bapak2 tukang sayur pagi2 ambil sayuran di warga tersebut.  Dengan cara  satu rumah sebagai penampung  hasil sayuran dari tetangga tetangganya disetor ketempat pengepul sayuran tsb..
 
 
Potensi kulit dan bulu kelinci
 
 
Di komunitas kami belum ada yang menuju ke fur (bulu/wool)kebanyakan semua kejenis kelinci pedaging, dan bulu kelinci pedaging biasanya sangat kusam. Baru sekedar kerupuk kulit dari kulit kelinci. Rasanya yang luar biasa melebihi rasa kerupuk kulit sapi yang paling berkualitas sekalipun.
Ada lagi ekor kelinci yang digunakan sebagai kerajinan hiasan gantungan kunci, 
 
Potensi pakan kelinci atau pellet
 
Pangsa pasAr pellet kelinci sangat luas dan dicari banyak peternak kelinci.kebanyakan yang beredar sekarang adalah jenis pellet untuk kalangan penghobies kelinci yang diperuntukkan untuk jenis2 jenis kelinci kontes.
Untuk pasar pellet kelinci pedaging pasar pelEt sangat terbuaka luas seiring dengan perkembangnya peternak kelinci diindonesia. Juga karena kompor tulisan Saya tentang rumput dipost sebelumnya banyak sekarang peternak kelinci yang beralih kepelet hahahah..
 Ya buklan bermaksud untuk ngompori lha memang kenyataannya seperti itu, dengan pelet segalanya lebih mudah dikontrol. DengNa pelEt kita akan bisa menimbun peElt dalam jangka waktu yang lama.
 Pasar pellet kelinci pedaging terutama di jawa tengah dan jawa timur permintaan dari hari kehari terus meningkat. Coba lihat produsen pellet kelinci ernafeed. Tiap hari produksi pellet terus menerus, sepertinya pesanan pelet kelincinya terus menerus datang.
Gambar erna feed
Jika membutuhkan informasi tentang pellet. Silahkan hubungi ling fb yang ada dibawah gambar pellet keinci diatas. Atau mau membuat pellet kelici sendiri, kemudian mau dipromosikan disini juga boleh… aslkan peletnya satu keilmuan dengan komunitas kami…
 
 
Potensi kandang kelinci
 
 
Kalu kita bisa buat kandang kelinci yang bagus dari bahan kawat dan bamboo. Kenapa tidak kita jual saja?? Kandang kelinci adalah persoalan yang paling mendasar pagi para peternak kelinci, ingat perkembangan peternakan kelinci harus diawali dengan perkembangan kandangnya dulu baru kemudian kelincinya. Jangan sampai terbalik kalo sampAi terbalik maka celakalah kita. karena over populasi mengakibatkan tingkat kesehatan juga menurun dan ini berakibat  kerugian diambang mata, tadinya kita pikir akan untuk malah buntung.
 
 
Kandang yang terbuat dari besi kawat anti karat sangat banyak dicari peternak kelinci, karena biasanya bisa tahan sampai 3-7 tahun, walaupun harganya agak sedikit mahal. Yang membutuhkan kandang galvanis bisa mengontact fb teman saya. Bisa dikirim keseluruh wilayah Indonesia.
 
 
Potensi penjualan botol minum kelinci.
 

Dulu saya menggunakan wadah tempat minum dari batok kelapa yang diberi pengait kawat. Tapi karena seringnya kelinci minum maka sebentar2 habis dan harus mengisi ulang lagi, bikin kita jadi repot karena harus terus mengisi. Jika kelincinya banyak yang paling siip adalah dengan menggunakan nipple untuk minum kelinci, disambung pararel dengan selang dan 1 wadah besar untuk menampung air.ini sangat praktis dan memudahkan pekerjaan kita atau anak kandang. Segera hub produsen nipple untuk minum kelinci dan bisa kita jual didaerah kita masing2.
 
Potensi penjualan wadah pakan,
 
 
Saya biasanya mengunakan wadah pakan dari gerabah. Karena ditempat ane dekat dengan pengrajin gerabahnya jadi bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah.dulu saya juga ngurusi pesanan wadah pakan dari gerabah.tapi karena pekewoh sama anak perawan pengrajin  wadah pakannya sekarang udah enggak lagi..hahaha bisnis kok pekewoh…!!!!jadi jika mau pesan hubungi fb teman ane aje…wkwkw
 
Membicarakan kelinci dengan segala potensinya tak akn pernah sellesai apalagi diblog ini. Sampai ketemu dipost selanjutnya.

BERENCANA INGIN BETERNAK KELINCI BERIKUT TIPS UNTUK MEMILIH INDUK KELINCI YANG BAGUS

TIPS DAN CARA MEMILIH INDUK UNTUK KELINCI PEDAGING

Yang paling baik memang mencetak induk kelinci sendiri, mencetak kelinci yang beranak banyak, tapi jika belum bisa ya berikut ini tips memilih induk ternak kelinci pedaging.
Bagaimana cara seleksi bibit.bibit ternak kelinci pedaging yang baik adalahmempunyai postur yang memungkinkan beranak banyak. Jadi postur2 ternak kelinci hias untuk kontes harus kita hapus dari pikiran kita.


 
 
Kelinci berpostur panjang ( long body) cari saja pada peternak kelinci yang pakai pakan full rumput.. apa kelinci yang long body tidak ada di peternakan kelinci yang full pellet, ya tentu saja ada.. para peternak yang sudah paham dengan cara membentuk induk kelinci yang long body pastinya mereka sudah paham bagimana mendesign pellet yang sama seperti kadar kandungan rumput. 
 
Syukur2 ketemu kelinci yang suka selonjoran.pas kita angkat kita kembalikan kekandang lagi, langsung selonjoran..lebih baik lagi jika gak bisa possing.. bisa dipastikan pasti beranak banyak nantinya..
 
Yang berikutnya cek puting susunya minimal harus lengkap ada 8. Karena terkadang ada induk kelinci yang putting susunya dibawah 8. Tentunya induk ternak kelinci pedaging akan beranak banyak bisa diatas 8 ekor perkelahiran. jadi kesemuanya harus kita usahan untuk kebagian air susu induknya. 
 
Kemudian dari ras kelinci yang pertumbuhan bobotnya cepat. Kalo diibaratkan ayam maka yang akan kita gunakan untuk lari kepedaging adalah jenis ayam potong. Kelinci pun juga sama yang akan kita gunakan dari ras kelinci yang jepar besr pertumbuhan bobot badannya.
 
 
Kalau kita mau beternak kelinci pedaging, seharusnya kita buang jauh2 pikiran2 kita tentang kelinci2 kontes. Karena untuk ternak kelinci pedaging, hanya ada dua kriteria yg harus dipenuhi yaitu beranak banyak dan cepat besar. Jadi ngga usah mempersoalkan apakah jnis nz kek, fg kek, purebreed …silangan dsb…. karena hanya 2 kriteria itu tadi yg menjadi acuan.
Masih banyak yg beranggapan bahwa ternak kelinci pedaging harus purebreed… harus jenis tertentu. Anggapan demikian itu sudah kuno… karena di negara2 maju tidak ada satupun yg menggunakan satu jenis breed… semua sudah hybrid… persilangan dua atau tiga jenis kelinci…
Dan cirri lainya. Yang seperti ini kita akan lebih bisa mendalami lebih mendalam dari pengalaman.