Halaman Facebook

Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci




Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Posts by kebunkelinci

4 JENIS MAKANAN YANG KURANG BAIK UNTUK KELINCI DIUSIA DIBAWAH 2 BULAN

Ketika kita sudah berhasil membuat kelinci yang kita pelihara melahirkan anak2nya. Maka tugas kitaq selanjutnya adalah menjaga agar anaknya dapat disusui dan mampu hidup lepas sapih sampai dewasa. Biasanya kelinci yang belum memasuki masa sapih maka kelinci akan mulai belajar makan dengan memakan apa yang dimakan induknya. Apa saja yang diamakan induknya semisal pellet atau hijau lainya akan tetap aman  selama anakannya masih mendapat asupan susu induknya. Pada susu kelinci terdapat colostrums yang sangat banyak melebilhi jumlah clostrum pada ASI manusia, pada susu induk kelinci juga terdapat anti microba jadi kta akan jarang sekali menemui kelinci yang terserang mencret ketika masih menyusui induknya.
anakan kelinci
Yang jadi permasalahanya sekarang adalah ketika kelinci memasuki masa sapih dan dalam kondisi asupan susu induk sudah mulai berangsur2 dikurangi, maka ini yang jadi perhatian kita.. makanan yang paling bagus kelinci kondisi ini adalah makanan dengan kadar nutrisi rendah dengan serat yang baik. Berikan terus sampai pencernaan kelinci benar2 siap, enzim2 pada perut kelinci sudah siap. 
Baru bisa kita berikan pakan dengan nutrisi yang bagus untuk mengenjot pertumbuhannya. Ingat juga pakan untuk konsep pedaging, protein tinggi diawal untuk membentuk postur yang ideal kemudian di akhir kita genjot dengan pakan yang berenergi tinggi untuk percapaian bobotnya.
Kebanyakan peternak banyak yang mengenjot kelinci diwal dengan pakan bernutrisi tinggi yang sangat banyak, pellet habis ditambah lagi dan habis lagi ditambah lagi. Memang kondisi ini kelinci sangat rakus2nya, Biasanya individu yang paling rakus yang akan mati duluan, karena apa?? Kelinci makan banyak akan tetapi belum dimbangi enzim2 yang ada dipercernaanya belum maksimal.
Jangan lantas kemudian kalian akali dengan menembah dengan bakteri dari SOC untuk ternak kelinci. Percalah tidak ada bakteri pada SOC yang cocok dengan apa yang ada di pencernakan kelinci. Hampir semua bakteri pada SOC kelinci tidak ada yang mampu menembus asamnya perut kelinci. Dan bakteri pada pencernaan kelinci akan ada dengan sendirinya tanpa penambahan bakteri pada SOC.
Jadi kapan kiranya kelinci itu sudah memiliki pencernaan yang baik. Cirinya ya ketika anakan kelinci sudah bisa memproduksi caecrotop sendiri. Banyak sekali gizi dan juga bakteri yang bermanfaat untuk kelinci pada caecrotopnya.
Jenis makan yang kurang baik untuk kelinci dibawah 2 bulan

Sayuran hijau

Lha kok bisa sayuran hijau bisa berbahaya buat kelinci, bukan masalah pada sayurannya tapi yang jadi masalah bagaimana kondisi sayuran saat kita memberikan ke kelinci. Apakah pada saat kondisi segar ataukah sudah dalam kondisi layu. Ini sangat penting sayuran dalam kondisi layu jauh lebih aman untuk pencernaan kelinci, ingat sayuran segar masih bisa menghasilkan gas  yang ini sangat berbahaya bagi percernaan kelinci. Lihat penjelasa lebih detail tentang gas ini di artikel mengobati kelinci yang terserang kembung. Biasanya sayuran yang diberikan kekelinci adalah kangkung, sawi putih, kol, dan sawi hijau.
Kemudian dedak padi atau bekatul. 

Dedak padi ini mengandung kadar serat yang cukup baik akan tetapi jangan samapai terlalu over pemberian pada kelinci muda harus dibatasi, ingat kelinci muda lebih baik pakan yang diberikan dalam jumlah yang terbatas. Ini lebih baik dari pada kelinci kekenyangan.
poer ayam/ pakan ayam.
Ini juga salah, mau kelinci anakan atau dewasa pakan ayam saangat tidak disarankan untuk kelinci. Karena kandungna serat pada pakan ayam yang sangat rendah. Kelinci akan kekurangan serat dan ini akan mempengaruhi pencernaannya. Pemberian poer ayam /pakan ayam pada kelinci akan membuat kelinci mengalami diare. Ampas tahu, polar, nasi, umbi2an dll sebaiknya dihindari untuk eklinci masa lepas sapih pun begitu dengan pellet. Kecuali jika kita bikin sendiri dengan kadar pellet yang rendah mutrisi.
Dah itu saja saya lagi males nulis intinya adalah rumput kering adalah makanan yang paling aman untuk kelinci masa lepas sapih sampai kondisi pencernaanya sudah benar2 siap. Masa ini cuman sebantar jadi sabar saja dan jangan buru2 nafsu mengenjot kelinci dengan pakan yang bernutrisi tinggi jika kondisi pencernaanya belum benar2 siap.

INGAT JANGAN SAMPAI KITA TERTIPU SEBELUM KITA MEMBELI KENALI CIRI CIRI DARI KELINCI DUTCH

Buat para pecinta kelinci diseluruh Indonesia dan dunia , mungkin para bule juga baca blog di artikel ini. Tidak sedikit mungkin diantara kita yang pernah tertipu ketika membeli kelinci, saat bertransaksi ternyata kelinci yang kita beli jenisnya bukan apa yang dikatakan penjual, kita terkena bujuk rayu, mulut manis penjual kelinci. Pas sampai dirumah kita baru menyesali apa yang sudah terjadi..nasi telah menjadi bubur kacang ijo..
Beda lagi kalo kita sebagai calon pembeli sudah memiliki bekal informasi dan pengetahuan tentang sesuatu yang akan kita beli, tentu hal ini tidak akan terjadi. Coba deh kita belajar dulu ras2 kelinci yang ada diindonesia.
Ane bakal mencoba untuk mencari informasi mengenai jenis-jenis kelinci yang saat ini sangat banyak kita kenal dalam ras perkelincian di Indonesia.
Kita mulai dari kelinci jenis DUTCH
kelinci dutch
Kelinci jenis ini dulunya dikenal dengan nama nenek moyangnya holander rabbit. Kok ada kata holandnya kayak nama toko kue holand bakery haha. Ya karena memang  kelinci dutch ini di temukan oleh penemunya pastinya dinegara holand sono. Holand itu dimana ya..dieropa mblo…
Kelinci ini populer dinegara asalnya pada tahun sekitar 1864.  Tahun segitu dinegara kita mungkin masih dalam penjajahan VOC. Nah setelah tahun2 tersebut kelinci dutch ini mulai menyebar keseluruh dunia. Kelinci dutch ini jenis kelinci yang mudah untuk dipelihara. Para peternak atau breeder banyak memperhatikan dan mulai menjaga dan menyempurnakan bentuk tubuh kelinci  agar keindahanya semakin terjaga.
Kelinci dutch mempunyai ciri2 fisik diantaranya

kelinci dengan kaki belakang yang sangat kuat, memiliki telingga yang berdiri tegak seta bentuk postur tubuh yang tidak terlalu kecil, itulah jenis kelinci dutch. Ciri yang paling utama adalah kelinci ini memiliki warna putih yang menutupi area sekitaran leher sebagai warna dasar kelinci itu sendiri. Kelinci ini sangat populer dikalangan pecinta kelinci.
Lama hidup kelinci ini sekitar 5 tahunan jika kita pelihara dengan baik serta memiliki bobot tubuh antara 2- 2,5 kg. sama seperti kelinci lainnya kelinci ini memiliki masa bunting selama 30 hari.  Dan masa untuk penyapihan anaknya paling baik kira 2 umur 45 hari.
Tentu saja kelinci dutch ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai hewan peliharaan. Memiliki tingkat social yang tinggi dan mempunyai kelincahan yang sangat energik. Dan gampang untuk kita latih.
Pada saat kita ingin menangkap kelinci, kelinci memiliki rasa ketakutan secara alami, tidak sama seperti anjing dan juga kucing. Jadi agar bisa menyesuakan diri maka berikan beberapa waktu untuk beradaptasi  dengan lingkungan sekitar.
Kelinci sangat gampang sekali untuk terkejut. Ya ini merupakan respons alamai kelinci, karena memang kelinci pada habitat liarnya merupakan makanan bagi hewan pemangsa, jadi posisikan dengan betul saat kita hendak mengangkat kelinci jadi kelinci akan merasa aman tidak kaget kemudian berontak yang mengakibatkan cidera.
Cirri cirri umum kelinci dutch

Maksudnya tipe adalah dikenal sebagai perpaduan kesempurnaan dari bentuk tubuh dengan kombinasi penampilan bagian-bagian tubuh yang lain yang mempunyai keharmonisan dan keseimbangan yang baik. Dan biasanya yang sungguh terperhatikan adalah dari kesempurnaan bulu dan mata.
Bentuk badan kelinci dutch

Bentuk tubuh kelinci ini dibagian belakang  seperti berbentuk membulat, dengan tubuh yang padat
Jika kita melihat bagian belakangnya maka bagian punggung mempunyai  bagian yang agak meninggi jika kita lihat dari pinggang.
Pada bagian atas. Punggung kelinci akan berbentuk seperti membulat dan ukurannya sangat besar dan meluasa pada bagian paha. Pada bagian pinggulnya kelinci ini kaki belakangnya dan juga pinggang bisa menyentuh alas kandang, serta tidak ada tulang yang menonjol yang akan merusak keindahan pada kelinci dutch ini.
Kepala pada kelinci dutch

Kalo kita bisa melihat bentuk kepala kelinci yang bagus adalah kepalanya berbentuk bulat penuh, dan tidak berbentuk seperti pada buah pir. Yang mana ada sedikit monyong di area mulutnya. Bentuk ukuran lehernya pendek seolah2 sedang menyatu dengan punggungnya.
Bentuk telingga pada kelinci dutch

Daun telinga kelinci ini yang baik harus pendek gemuk yang ditumbuhi bulu halus yang merata pada bagian telingga serta berdiri tegak. Telinga kelinci harus meiliki ukuran yang proporsional dengan kepala dan juga badan kelinci tersebut.
Pada bagian mata kelinci.
mata kelinci harus telihat jernih dan juga bersih, warna kornea pada mata kelinci harus sama pada kedua bola matanya, coklat usang merupakan warna yang umum pada bola mata kelinci ini. Tapi untuk kelinci dutch yang berwarna biru makan bola matanya kan mengikuti warna seperti warna biru keabu2an. Akan tetapi yang lebih penting mata kelinci harus terlihat tidak gelap.
Pada bagian kaki kelinci
kaki kelinci harus meiliki bentuk yang lurus serta ukuran harus seimbang dengan bentuk tubuhnya, tungkai kaki juga harus sama seperti itu. Dan yang paling penting adalah kukunya harus putih bersih.
Pada bagian bulu kelinci dutch

padat dan pendek mencirikan jenis bulu pada  kelinci ini. Jika kita usap maka jika bulu kelinci dutch bagus posisinya akan kembali seperti semula. Bulu ini harus menutupi semua bagian pada tubuh kelinci.  Kita juga harus melihat garis batas, warnanya pasti bersih kecerahan.
Semoga temen2 akan terbantu setelah membaca artikel ini. semoga kalian bisa berpikir kembali dan mempertimbangkan jika ada penjual yang menawari kelinci jenis ini, sehingga mendapatkan harga kelinci yang pas sesuai dengan kualitas.

KESUKSESAN BETERNAK KELINCI OLEH SEORANG MANTAN PENGGUNA N4RKOB4

Siang itu, tepatnya hari Jumat, 4 November 2016, panas terik matahari menerangi pria bercelana pendek dan telanjang dada. Itulah jenis pakaian yang sehari hari ia gunakan. Bukan ia tak mampu membeli baju, namun memang cuaca di Jakarta yang sungguh sangat panas.

Laki-laki dengan senyuman khas yang dihiasi gigi yang agak renggang di bagian kanan bawah itu mengangkat kandang burung peliharaannya. Seraya menggantung kandang tersebut dan mengambil kandang yang lain untuk dibersihkan dia berkata, “Ambil minum saja sendiri. Anggap saja rumah gue. Hehehehe,” candaan seperti ini selalu dilakukan. Karena dia menganggap semua orang yang sudah masuk atau bertamu ke rumahnya adalah saudara.

Siang itu sekitar pukul 14.00,  dia selesai membersihkan semua kandang peliharaannya. Laki-laki itu duduk menyandarkan badannya, menaruh tengkuknya di ujung bangku yang sedikit memiliki busa. “Aduh cape ya. Padahal cuma begitu doang, pinggang gue kayak mau meledak,” keluhnya.

Laki-laki paruh baya ini memiliki 3 anak dan seorang istri yang tercantik di hidupnya. Dia juga tinggal bersama ibunya. Edwyn Kertawinnta, itulah nama laki-laki tersebut. “Ayah!” teriak seorang anak perempuan kecil yang terlihat lucu dan cerewet. “Eh, anak Ayah yang cantik. Apa Nak?” sahutnya. “Colat dulu, Yah!” ucapnya sambil menggenggam tangan ayahnya dan bermanja-manja. “Iya, Nak. Yuk, salat sama Ayah.” ajak Kang Edwyn.

Rumah yang memiliki lebar halaman 20 langkah dan panjang 80 langkah ini dihiasi pohon jambu, belimbing wuluh, bonsai, dan banyak tanaman lain. Ada pula kelinci-kelinci lucu di dalam kandang yang juga sedang merasakan panasnya matahari. Terlihat pula banyak kandang kosong di sana. Kandang yang dibuat dengan bahan dasar kawat galvanis ini mempunyai jumlah sekitar 54 kandang dan berisikan 40 ekor kelinci. Usaha inilah yang dijalankan Kang Edwyn selama 9 tahun terakhir.

Awal mula dia beternak kelinci ialah saat ia membeli kelinci biasa yang harganya hanya sekitar 15,000 rupiah. Bermodalkan ketekunan, sedikit demi sedikit kelincinya semakin banyak dan ia mulai menjualnya ke tukang-tukang pinggir jalan atau dia sendiri yang menjualnya secara langsung. Hasil dari penjualan tersebut ia kumpulkan untuk membuat kandang kayu.

Setiap bulan dia mulai mendapatkan hasil yang meningkat, yang pada akhirnya dia mulai mencari tahu apa dan seperti apa berternak kelinci yang benar. Dia mulai belajar dan akhirnya tahu bahwa yang dia lakukan adalah salah. Karena dia beternak dan menjual kelinci yang asal usul atau ras-nya tak jelas.

“Saya belajar ke sana ke sini. Akhirnya kelinci yang saya punya saya jual semua, dan mulai membeli kelinci-kelinci yang memiliki asal-usul yang jelas atau ras yang memang ada dan sudah ditentukan oleh ARBA dan Balitnak,” jelasnya. ARBA sendiri adalah American Rabbit Breeders Association dan Balitnak adalah Balai Penelitian Ternak.

“Kelinci yang saya beli saat itu sangat banyak. Dari mulai Dutch, Himalayan, Satin, Rex, English Anggora, dan Fuzzy Lop. Wah, pokoknya banyak. Sampai 13 ras semuanya gue punya. Sampai akhirnya saya kepikiran membuat Daniels Rabbit ini menjadi rabbitry yang lebih spesialisasi. Dokter saja ada spesialisnya, masa tukang kelinci enggak ada,” candanya.

Akhirnya dia mencari 4 ras yang kira-kira akan menjadi ladang emasnya Daniels Rabbit. Daniels Rabbit sendiri adalah nama peternakan kelinci miliknya. Nama Daniel diambil dari nama anak pertamanya. “Anak yang bandel, anak yang susah pokoknya,” tegasnya. Jadi dia berharap bahwa rabbitry-nya pun bandel dan susah untuk dijatuhkan atau bangkrut.

Ras yang dijadikan spesialis adalah Rex, Rexa, English Anggora, dan Fuzzy Lop. Dimulai dari 4 jenis itulah saya menjalankan dengan tekun peternakan ini hingga menjadi peternakan kelinci terbesar di DKI Jakarta. Dan melakukan jual beli sekaligus mensosialisasikan perawatan kelinci yang benar kepada setiap pembelinya. “Be a smart buyer and be a recommended seller, kalau kata orang kampung mah begitulah kira-kira Om,” candanya.

Lambat laun dia mulai menjalankan usahanya itu. Dia mendapatkan bantuan dari tempat yang bisa dibilang telah menyelamatkan hidupnya dari n4rkob4. Tempat ia ketika itu direhabilitasi. Tempat itu memberikan uang sekitar 15 juta untuk membantu usahanya. “Memang semua orang yang sudah lulus rehab akan dikasih bantuan, Om. Ada yang usahanya bengkel, macam-macamlah usaha yang dibantu. Alhamdulillah, pas waktu itu saya langsung impor kelinci 2 ekor seharga 12 juta. Dan dari hasil usaha itu bisa buat tambahan jajannya Daniel,” ungkapnya.

Pada 2014, tahun titik kesuksesan tertingginya sedikit lagi bisa ia gapai dengan membuka peternakan di daerah Cipanas, tepatnya di Baliti. Ia bersama temannya membuka dan mencoba menernakkan kelinci jenis New Zealand. Mencari investor adalah langkah pertama yang dia lakukan demi melancarkan keinginannya. Target dia dan temannya adalah menjadikan peternakan itu menjadi peternakan kelinci terbesar se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.

Fery Item, begitulah dia memanggil temannya. Pada saat itu, dia mendapatkan bantuan dari sebuah bank. Seiring berjalannya waktu, peternakan itu akhirnya memiliki sekitar 3,000 ekor indukan. Saat itu masih proses pembangunan kandang dan tempat pembuatan pelet atau pakan kelinci. Dan kini, dia juga sudah berhasil mendapatkan pelanggan kelinci pedaging.

Jadi kita penginnya daging kelinci ada di semua rumah sakit di seluruh Indonesia. Karena daging kelinci tidak memliki lemak dan hanya memiliki serat, mineral, dan protein saja. Jadi sehat banget buat orang-orang yang sakit. Dan juga, daging kelinci ini juga bisa sebagai pengganti daging sapi sebagai bahan baku pembuatan bakso dan macam macam,” tegasnya.

“Banyak memang pertanyaan kenapa pilih kelinci yang dijadikan usaha atau dipilih untuk diternakkan? Jawabnya, ya memang rezekinya di situ. Padahal peluang usaha yang besar itu justru kelinci. Orang jarang ada yang bisa berternak dan memelihara kelinci. Nah, kita baca pasarnya dari situ saja. Coba bayangkan, 1 ekor anakan di setiap ras itu berbeda. Misalnya Rex anakan impor atau pure breed dengan kualitas show (untuk kontes) harganya sekitar 1-1,5 juta, Fuzzy Lop anakan harganya 150-200 ribu, English Angora 250-500 ribu, Rexa harganya 300-400 ribu, dan Holland Lop harganya 1,5-2,5 juta rupiah. Semua itu harga anakan per ekornya, dan jarang kelinci melahirkan anakan cuma 1. Minimal sekali 3 atau 4 ekor setiap melahirkan,” lanjutnya.

“Hitung sendiri saja harga anakannya di setiap kelahiran. Kita jual anakan di umur 2 bulan atau lebih, tidak akan kurang dari itu karena itu umur yang baik untuk lepas sapih. Dan daya tahan tubuhnya juga sudah kuat. Kalau harga New Zealand yang pure breed hampir sama seperti harga Rex. Tapi kita jualnya tidak sampai segitu, dan juga tidak kita kawinkan dengan yang pure breed. Jadi kita mainkan genetiknya sehingga bisa menekan biaya juga. Sehingga bisa dijual di harga sekitar 300-400 ribu. Tergantung bobot anakan kelinci saat di umur 3 bulan,” terangnya.

“Jadi, sudah tahu kan kenapa saya pilih kelinci? Sudah tahu juga kenapa saya masih bertahan untuk ternak kelinci?” Begitulah pertanyaan yang seakan meyakinkan bahwa dirinya tak akan pindah ke lain hati dan terus akan berternak kelinci. (Tulisan ini dikirim oleh Pareng Adi Prasetyo, mahasiswa Universitas Nasional, Jakarta)

sumber viva.com

MEMELIHARA KELINCI SAAT SEDANG HAMIL BOLEHKAH

Selamat sore dok, saya sedang hamil 3 minggu.. suami saya memelihara 2 ekor kelinci dirumah, apakah bisa mempengaruhi janin saya? Terimakasih

Dijawab Oleh:
dr. Ayutika Saraswati Adisasmito, M.Res

Terima kasih telah bertanya seputar memelihara kelinci saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.
Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Kelinci juga dapat menjadi “sarang” parasit Toxoplasma gondii. Parasit toksoplasma juga dapat menjangkiti dan terbawa oleh manusia dan hewan lain seperti anjing, kambing, babi, burung, serta kucing. Toksoplasma memiliki beberapa cara untuk masuk ke dalam tubuh Anda, yaitu :


Secara tidak sengaja menelan tinja kucing yang mengandung telur toxoplasma. Umumnya cara ini tidak disadari, misalnya makan dengan tangan yang telah terkontaminasi sehabis berkebun, membersihkan tempat makan kucing atau barang-barang lain yang sudah terkontaminasi

Mengonsumsi daging hewan yang terlah terkontaminasi dan tidak dimasak secara matang

Mengonsumsi air yang telah terkontaminasi

Untuk menghindari faktor risiko tertular toksoplasma, yang dapat anda lakukan adalah :

Hindari konsumsi daging mentah atau setengah matang

Cuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi

Hindari kontak tangan dengan tanah atau gunakan sarung tangan karet bila akan berkebun

Cuci tangan segera setelah berkebun atau berkontak dengan tanah

Jika Anda memelihara kucing / kelinci, jaga kebersihannya, jangan biarkan kucing / kelinci anda berkeliaran di luar rumah

Apabila anda merencanakan kehamilan, mintalah anggota keluarga lain untuk membantu Anda membersihkan kucing / kelinci Anda termasuk memandikannya, mencuci kandang, tempat makannya, dan menggunakan sarung tangan plastik untuk membersihkan kotorannya.

Pemeriksaan toksoplasma dapat dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes). Sebaiknya toksoplasma diperiksa pada kehamilan trimester pertama agar apabila terdeteksi terdapat TORCH dapat segera ditangani. TORCH dapat menyebabkan kecacatan pada janin. Tidak ada salahnya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda sebelum melakukan tes TORCH.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai memelihara kelinci saat hamil. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

Sumber kliksehat.com

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMILIH BIBIT KELINCI YANG BAIK DAN BENAR

Pemilihan induk kelinci yang baik merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam peternak kelinci. Jadi, kita Jangan sampai salah dalam hal ini, kesalahan dalam memilih bibit Kelinci akan mendatangkan kerugian di kemudian hari tidak hanya itu saja penentuan bibit yang baik juga harus kita dukung dengan tata kelola kandang yang baik pula, kandang, saung kelinci dan lain sebagainya.



tujuan kita mengembangkan ternak kelinci adalah agar tercapai bibit ternak kelinci yang unggul dan mampu berkembang biak serta tidak kalah pentingnya berkembang biak dengan cepat agar bisa segera memproduksi daging untuk kebutuhan protein bagi masyarakat.
selain itu hasil bibit yang diseleksi akan mempunyai daya tahan terhadap perubahan cuaca Serta percepatan berat badan atau pertumbuhannya baik.

Bibit kelinci yang baik memiliki beberapa kriteria diantaranya
Ini adalah suatu kebiasaan, jika kita sudah terbiasa maka memilih bibit kelinci yang baik akan terasa mudah.

cara pertama kita lihat penampilan fisik kelinci.

Ciri-ciri fisik kelinci sebagai berikut Harus mempunyai bentuk yang seimbang dengan badan kelinci harus proporsional tidak boleh terlalu besar dan tidak boleh terlalu kecil.
Pada bagian telinga kelinci terutama yang pedaging harus memiliki dan daun telinga yang panjang besar dan lebar
pada mata kelinci harus memiliki ciri seperti mata yang bersih tidak ada selaput dan tidak ada  yang matanya berair yang seperti ini jangan kita pilih.

Pada bagian hidung kelinci harus terlihat bersih tidak boleh ada ingus yang menandakan kelinci pilek,  lihat apakah ada gudik karena biasanya kudis menyerang bagian hidung kelinci.

Badan kelinci pedaging yang dijadikan indukan harus berbentuk punggung memanjang supaya nanti ke depannya bisa memproduksi anakan yang banyak, lihat penjelasan kelinci beranak banyak di post sebelumnya.

Pada bagian ekor harus terlihat bersih dan tidak ada kotoran bekas kotoran mencret dan sebagainya. arah ekor harus ke atas lurus dengan punggung dan tulang belakang.
Pada bagian kaki kelinci harus berbentuk simetris sejajar sesuai dengan badan kelinci.
bulu pada kelinci yang baik berwarna cerah tidak ada bulu yang rontok.

Ada beberapa ciri lain selain yang diterangkan di atas dan ciri ini harus dipenuhi supaya nantinya peternakan kelinci berkembang dengan baik,  Untuk induk kelinci minimal harus beranak 8 ekor keatas ini wajib untuk jenis kelinci pedaging paling tidak jumlah anaknya sama dengan jumlah susunya.

Calon pejantan dan induk kelinci

  • untuk indukan tidak boleh terlalu gemuk atau obesitas.


  • Aktif dan lincah.


  • Tidak mempunyai riwayat kanibal, jika sudah pernah melahirkan kali penjual bibit.


untuk pejantan juga tidak boleh terlalu gemuk Alasannya karena kelinci gemuk susah untuk tidak semangat ketika dijodohkan atau dikawinkan  alias letoy