Halaman Facebook

Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci




Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Posts in category kebun kelinci

KESUKSESAN MERAWAT KELINCI OLEH SEORANG BEKAS PENGGUNA N4RKOBA

Pada siang kala itu, tepatnya hari Jumat, empat November 2016, panas terik matahari menerangi laki-laki bercelana pendek dan telanjang dada. Itulah jenis pakaian yang sehari hari dia gunakan. Bukan dia tak bisa membeli baju, tetapi memang cuaca di Jakarta yang sungguh panas sekali.

kelinci himalayan

kelinci himalayan

Pria dengan senyuman khas yang dihiasi gigi yang agak renggang di bagian kanan bawah itu mengangkat kandang burung peliharaannya. Seraya menggantung kandang itu dan mengambil kandang yang lain untuk dibersihkan ia berucap, “Ambil minum saja sendiri. Anggap saja rumah loe sendiri . Hehehehe,” candaan seperti ini selalu dilakukan. Karena ia menganggap semua orang yang telah masuk atau bertamu ke rumahnya adalah saudara.

Usai membersihkan semua kandang peliharaannya, dia Pria itu duduk menyandarkan badannya, menaruh tengkuknya di ujung bangku yang tidak banyak mempunyai busa. “Aduh cape ya. Padahal hanya begitu doang, pinggang gue kayak ingin meledak,” keluhnya.

 

Pria paruh baya ini memiliki tiga anak dan seorang istri yang tercantik di hidupnya. Dia juga tinggal bareng ibunya. Edwyn Kertawinnta, itulah nama laki-laki itu. “Papa!” teriak seorang anak perempuan tidak besar yang terlihat lucu dan cerewet. “Eh, anak Ayah yang cantik. Apa Nak?” sahutnya. Sambil menggenggam tangan ayahnya dan bermanja-manja, ucapnya “Iya, Nak. Yuk, salat sama Papa.” ajak Kang Edwyn.

 

Kediaman yang memiliki lebar halaman dua puluh m dan panjang delapan puluh m ini dihiasi pohon jambu, belimbing wuluh, bonsai, dan tidak sedikit tanaman lain. Panasnya mentari sedang dirasakan oleh ada juga kelinci-kelinci lucu di dalam kandang. Terlihat juga banyak kandang kosong di sana. Kandang yang dibuat dengan bahan dasar kawat galvanis ini mempunyai jumlah sekitar 54 kandang dan berisikan 40 ekor kelinci. Usaha inilah yang dijalankan Kang Edwyn selama sembilan tahun terakhir.

 

Awal mula ia beternak kelinci ialah saat ia membeli kelinci biasa yang harganya cuma sekitar15,000rupiah. kelincinya semakin banyak dan dia mulai menjualnya ke tukang-tukang pinggir jalan atau dia sendiri yang menjualnya secara langsung, sedikit Hasil dari penjualan tersebut dia kumpulkan untuk membuat kandang kayu.

 

Setiap bulan ia mulai mendapatkan hasil yang meningkat, yang pada alhasil dia mulai mencari tahu apa dan seperti apa berternak kelinci yang betul. Ia mulai belajar dan akhirnya tahu bahwa yang dia lakukan merupakan salah. Sebab ia beternak dan menjual kelinci yang asal usul atau ras-nya tidak jelas.

 

“Saya belajar ke sana ke sini. Alhasil kelinci yang saya punya saya jual seluruhnya, dan mulai membeli kelinci-kelinci yang memiliki asal-usul yang jelas atau ras yang memang ada dan sudah ditentukan oleh ARBA dan Balitnak,” jelasnya. ARBA sendiri merupakan American Rabbit Breeders Association dan Balitnak merupakan Balai Penelitian Ternak.

 

“Kelinci yang saya beli saat tersebut banyak sekali. Dari mulai Dutch, Himalayan, Satin, Rex, English Anggora, dan Fuzzy Lop. Wah, pokoknya tidak sedikit. Sampai 13 ras semuanya gue punya. Sampai akhirnya aku kepikiran membuat Daniels Rabbit ini menjadi rabbitry yang lebih spesialisasi. Dokter saja ada spesialisnya, masa tukang kelinci enggak ada,” candanya.

 

Akhirnya ia mencari 4 ras yang kira-kira akan menjadi ladang emasnya Daniels Rabbit. Daniels Rabbit sendiri adalah nama peternakan kelinci miliknya. Nama Daniel diambil dari nama anak pertamanya. “Anak yang bandel, anak yang susah pokoknya,” tegasnya. Jadi ia berharap bahwa rabbitry-nya pun bandel dan susah untuk dilengserkan atau bangkrut.

 

Ras yang dijadikan spesialis merupakan Rex, Rexa, English Anggora, dan Fuzzy Lop. Dengan tekun peternakan ini dijalankan dimulai dari empat jenis itulah saya hingga menjadi peternakan kelinci terbesar di DKI Jakarta. Perawatan kelinci yang betul kepada setiap pembelinya disosialisasikan dan melakukan jual beli sekaligus. “Be a smart buyer and be a recommended seller, kalau kata orang desa mah begitulah kira-kira Om,” candanya.

 

Lambat laun ia mulai menjalankan usahanya itu. Ia mendapatkan bantuan dari tempat yang bisa dibilang telah menyelamatkan hidupnya dari n4rkob4. Ketika tersebut direhabilitasi, tempat ia Tempat tersebut memberikan uang sekitar 15 juta untuk membantu usahanya. “Memang seluruh orang yang telah lulus rehab bakal dikasih bantuan, Om. Ada yang usahanya bengkel, macam-macamlah usaha yang dibantu. Alhamdulillah, pas kala itu saya langsung impor kelinci 2 ekor seharga dua belas juta. Dan dari hasil usaha itu bisa buat tambahan jajannya Daniel,” tandasnya.

 

Pada 2014, tahun titik kesuksesan tertingginya sedikit lagi bisa dia gapai dengan membuka peternakan di daerah Cipanas, tepatnya di Baliti. Kelinci jenis New Zealand diternakkan oleh dia bersama kawannya membuka dan mencoba. Demi melancarkan keinginannya, mencari investor merupakan langkah pertama yang ia lakukan Sasaran ia dan sahabatnya dikenal sebagai menjadikan peternakan tersebut menjadi peternakan kelinci terbesar se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.

 

Fery Item, begitulah ia memanggil kawannya. Pada saat tersebut, ia mendapatkan bantuan dari sebuah bank. Seiring berjalannya waktu, peternakan itu alhasil mempunyai sekitar tiga ribu ekor indukan. Saat itu masih proses pembangunan kandang dan tempat pembuatan pelet atau pakan kelinci. Dan kini, pelanggan kelinci pedaging didapatkan oleh ia juga telah berhasil.

 

Jadi kita penginnya daging kelinci ada di semua rumah sakit di seluruh Indonesia. Sebab daging kelinci tidak memliki lemak dan cuma memiliki serat, mineral, dan protein saja. Jadi bugar banget buat orang-orang yang sakit. Dan juga, daging kelinci ini juga bisa sebagai pengganti daging sapi sebagai bahan baku pembuatan bakso dan macam macam,” tekannya.

 

“Tidak sedikit memang pertanyaan kenapa pilih kelinci yang dijadikan usaha atau dipilih untuk diternakkan? Jawabnya, ya memang rezekinya di situ. Padahal peluang usaha yang gede itu justru kelinci. Orang jarang ada yang bisa berternak dan memelihara kelinci. Nah, kita baca pasarnya dari situ saja. Coba bayangkan, 1 ekor anakan di setiap ras tersebut berbeda. Contohnya Rex anakan impor atau pure breed dengan kualitas show (untuk kontes) harganya sekitar 1-1,5 juta, Fuzzy Lop anakan harganya 150-200 ribu, English Angora 250-500 ribu, Rexa harganya 300-400 ribu, dan Holland Lop harganya 1,5-2,5 juta rupiah. Semua itu harga anakan per ekornya, anakan cuma satu dilahirkan oleh dan jarang kelinci. sangat Minimal 3 atau 4 ekor setiap melahirkan,” lanjutnya.

 

“Hitung sendiri saja harga anakannya di setiap kelahiran. Kita jual anakan di umur dua bulan atau lebih, tak bakal kurang dari tersebut sebab itu umur yang baik untuk lepas sapih. Dan daya tahan tubuhnya juga telah kuat. Kalau harga New Zealand yang pure breed hampir sama seperti harga Rex. Tapi kita jualnya tidak sampai segitu, dan juga tidak kita kawinkan dengan yang pure breed. Biaya juga bisa ditekan jadi kita mainkan genetiknya sehingga. Sehingga bisa dijual di harga sekitar 300-400 ribu. Tergantung bobot anakan kelinci saat di umur 3 bulan,” terangnya.

 

“Jadi, telah tahu kan mengapa aku pilih kelinci? Sudah tahu juga mengapa saya masih bertahan untuk ternak kelinci?” Begitulah pertanyaan yang seakan meyakinkan bahwa dirinya tidak bakal pindah ke lain hati dan terus bakal berternak kelinci.

CARA SIMPLE DAN PRAKTIS UNTUK MERAWAT DAN MEMELIHARA ANAKAN KELINCI YANG BARU SAJA LAHIR

Cara Simple Dan Praktis  Untuk Merawat Dan Memelihara Anakan Kelinci Yang Baru Saja Lahir

Seperti hewan pengerat lain, kelinci termasuk hewan yang produktif perkembangbiakannya begitu  cepat. Dalam 1 tahun kelinci betina mampu bunting 5 kali dengan jumlah bayi kelinci yang cukup banyak yaitu antara 5 – 15 ekor pada satu kelahiran. Kelinci indukan tampaknya juga sangat berpengalaman dalam cara merawat bayi kelinci yang dilahirkan. Terbukti setiap kelahiran  jarang ada bayi kelinci itu mati.

Metode perawatan bayi kelinci  oleh indukan kelinci terjadi secara alami. induk kelinci  benar-benar mampu memberikan perlindungan sekaligus merawat anak kelinci tanpa campur tangan manusia. Namun untuk peternak juga harus memahami tips perawatan bayi kelinci untuk melakukan penyelamatan dalam kasus hal-hal yang tidak diinginkan.

Keunikan induk kelinci

Ada banyak hal-hal penting yang perlu Anda ketahui terkait sifat kelinci. Berbeda dari binatang lain yang selalu menjaga sarang setiap kali setelah melahirkan, dengan demikian memang kelinci tidak terlihat selalu dengan bayi mereka. Ini tidak berarti bahwa induk tidak peduli dengan bayinya namun bertujuan untuk menjaga anak sehingga tidak terlalu menarik perhatian predator.

pemangsa paling umum pada bayi kelinci adalah tikus. karena itu bagi peternak harus mencari bagaimana dapat membuat kandang kelinci  ditempatkan di lokasi yang aman. aman dari predator terutama tikus.

kelinci juga menyusui anak2nya,pola ini juga termasuk cara induk kelinci merawat anak2nya.induk  biasanya memberikan kelinci susu bayinya di tengah malam dan dini hari (sekitar jam 3) pada hari pertama. Proses yang unik dari menyusui bayi kelinci ini tidak lebih dari 5 menit. Malah hari-hari lain intensitas menyusui justru semakin berkurang. Induk kelinci tidak akan terganggu karena satu hal yang alami.

Binatang kelinci  termasuk  cinta kebersihan. Begitu juga dengan induk kelinci ini biasanya juga rajin membersihkan bayinya dengan cara menjilati bagian pusar ke bagian belakang tubuh bayi. Ini adalah stimulan cukup baik untuk perkembangan bayi.

perawatan bayi kelinci secara praktis

Untuk memastikan anak kelinci dirawat dengan benar kita bisa melakukan pengecekan. Bangun pagi dan kemudian lihat kelinci raba perut dan lembut. Jika perut kelinci bayi merasa hangat maka dipastikan induk mengurus bayi dengan benar.perut anakan kelinci baru disusui ibunya.

Jika tidak yakin kita bisa memastikan dengan menimbang anak kelinci. Tidak perlu khawatir tentang memegang kelinci, karena biasanya kelinci yang kurang peduli dengan bau-bauan yang tersisa setelah bayi dipegang.

Setelah selesai,catat berat bayi berat kelinci dan kemudian bandingkan dengan hasil timbangan hari berikutnya. Jika ada berat badan hingga 25 gram tentu bayi kelinci memang disusui ibunya.

Banyak orang berkata kelinci termasuk kanibal hewan yang suka makan anaknya sendiri. Asumsi ini kurang tepat. Kasus kanibalisme pada kelinci ini sangat jarang. Jika kasus induk kelinci makan anaknya, itu adalah karena anak kelinci dianggap tidak lagi mampu bertahan. Dan ini adalah kondisi alami.

Meskipun induk kelinci mampu mengurus bayi kelinci nya dengan cara alami, kita juga perlu untuk mengetahui bagaimana untuk merawat bayi kelinci, terutama jika induk kelinci masih stres pasca melahirkan. Perlu diingat, setelah induk kelinci melahirkan memang rentan stres. Dalam kondisi seperti itu, kita harus memberikan makanan yang dia suka sehingga agresifitasnya dapat ditekan.

Ketika anakan kelinci baru lahir, mereka tidak memiliki bulu sementara matanya juga belum mampu membuka. Salah satu fungsi bulu kelinci tersebut adalah memberikan kehangatan. Jadi karena bayi kelinci tidak memiliki bulu begitu kita harus memperhatikan kondisi suhu nestbox.

Kita tidakboleh menempatkan anakan kelincikelinci ditempat yang dingin dan basah. Jadi kandang atau kotak tempat kelinci diletakkan juga harus diperhatikan. Memberikan rumput di bagian bawah kotak sehingga kelinci bayi kondisi hangat. Alas dapat berupa kain, jerami atau bahan lain yang nyaman.

Cara merawat bayi kelinci ini tidaklah sulit. Selain itu, hingga usia 3 minggu bayi kelinci hanya mengkonsumsi susu induknya. Ketika memasuki usia 19-25 hari bayi kelinci baru mulai belajar menggigit dan mencari makan bersama induknya. Ketika kelinci berusia 35 hari kita sudah dapat memberikan makanan tambahan dalam bentuk konsentrat untuk memenuhi kebutuhan gizi kelinci.

TERNAK KELINCI TIDAK BUTUH MINUM

Beberapa tahun yang lalu ada perdebatan ini disosial media, ternak kelinci itu sebenarnya butuh minum enggak sih..?? Kelompok A menjawab : “ ternak Kelinci itu ya harus minum, kita aja manusia kalo habismakan ya juga harus minum, kalo kita makan soto, nasi goreng, pasti lengkap dengan minumnya, begitu juga dengan ternak Kelinci , ya harus minum juga”.( aduh.. soto sama nasi goreng segala dibawa- bawa..wkwk, mungkin si dia  jualan nipple untuk minum kelinci, jadi tetep keukeh berpendapat ternak Kelinci tetap butuh minum.)

peternakan kelinci modern di Eropa

peternakan kelinci modern di Eropa

Kemudian kelompok B : “terna kelinci itu gak butuh minum, orang ternak Kelinci saya makan hijauan , gak dikasih minum  selama 3 bulan juga gak apa 2 kok,, sehat- sehat aja..”

Udah jangan debat terusss Brooo….!!!!!

nah… coba sekarang kita membuktikan apa yg di utarakan diatas …. yg memperdebatkan apakah kelinci perlu diberi minum ??? padahal secara umum teorinya :”semua mahluk hidup perlu minum”…. tapi ada bantahan dari kelompok B :”saya ternak Kelinci udah tiga bulan ngga dikasih minum koq ya ngga apa-apa”…

nah ini yang disebut praktek tidak sesuai dengan teori…. Jadi… bagaimana kita harus menjawab masalah ini? Adakah teori lain selain “semua mahluk hidup perlu minum” yg bisa menjawab kenyataan bahwa kelinci saya ngga dikasih minum koq ngga apa-apa… sehat sehat saja ????

Maka statement “semua mahluk hidup butuh minum” menjadi kurang tepat… dan yang benar adalah “semua mahluk hidup butuh air”…. artinya ada kebutuhan cairan untuk kelangsungan hidup dan untuk memenuhi kebutuhan air tadi bisa melalui mekanisme “minum”… ataupun melalui mekanisme “makan”.

Lalu makanan yg bagaimana yg bisa memenuhi kebutuhan airnya ? … tentunya makanan yg banyak mengandung air, dalam hal ini tentunya berbentuk hijauan. Jadi kalau ada pertanyaan kelinci butuh minum atau tidak … maka jawaban yg tepat adalah “tergantung pakan yg diberikan dalam kesehariannya”….

kalau pakannya berupa pelet ya otomatis dia butuh minum, karena melalui mekanisme minumlah kelinci bisa memenuhi kebutuhan air untuk hidupnya. Kalau konsumsi pakannya berupa full rumput maka bisa saja dia tidak butuh minum… karena untuk memenuhi kebutuhan airnya dia bisa melalui mekanisme makan rumput yg notabene banyak mengandung air tadi.

Jadi inilah teori-teori yg harus kita pahami agar dalam menjawab pertanyaan seperti diatas dan tidak menimbulkan kebinggungan dan perdebatan. Air ini juga sangat berpengaruh pada penyerapan kalsium, dibanyak kasus terjadi kelinci lumpuh karena kekuranga air minum.. Absorpsi calsium itu terjadi dibagian usus halus dan banyak faktor yg mempengaruhi absorpsi ini. Yg utama adalah calsium harus dalam bentuk larut air. Oleh sebab itu ketersediaan air minum sangatlah berpengaruh.

 

Incoming search terms:

  • kelinci perlu minum atau tidak

Cara Mengobati Scabies / Gudig / Koreng pada Kelinci

Scabies adalah sejenis kutu yang ukurannya mikroskopik. Mereka bersarang di bawah lapisan kulit sehingga menyebabkan gatal.Kelinci yang terjangkit akan sering menggaruk bagian yang terjangkit (pada umumnya kuping, kaki, hidung kelinci) sampai bagian tersebut luka bahkan robek. Ciri-ciri kelinci yang terjangkit. Pada bagian yang terjangkit terdapat kerak seperti ketombe. Kalau di kaki, ditambah dengan pembengkakan sehingga kuku terlihat seperti mau copot. Pada bagian kuping bahkan pinggirannya hilang terpotong-potong oleh kutu. Seiring parahnya penyakit, pembengkakan akan semakin parah ditambah luka dan menyebabkan kelinci tidak nafsu makan dan tidur yang pada akhirnya bisa berdampak pada kematian.
Pemberian pakan berupa rumput-rumputan bisa merupakan sumber penyakit scabies. Tapi lebih dominan akibat kotornya kandang, karena akan terjadi rembetan penularan dari kandang satu kekandang yg lain, dari kelinci satu kekelinci yg lain atau infeksi secara berulang. Jadi pada saat kelinci diberi obat, kandang juga harus disucihamakan,

READ MORE »

Incoming search terms:

  • cara mengobati gudig kelinci
  • cara mengobati gudig pada kelinci

Jual Buku-Buku Kelinci

Sudah bertahun-tahun kami memelihara dan mengembangkan kelinci. Susah senang memiliki kelinci dan hidup dengan kelinci sudah menjadi rutinitas kami. Banyak hal yang kami dapat dari memelihara kelinci selain peningkatan ekonomi antara lain menambah teman baru, menambah ilmu baru, menambah peluang baru dan masih banyak lagi yang kami dapatkan ketika memelihara dan mengembangkan kelinci.

Keluarga Kebun Kelinci

Keluarga Kebun Kelinci

Dari pengalaman tersebut membuat kami “sedikit” memiliki dan menguasai ilmu dan pengetahuan khusus seputar permasalahan kelinci. READ MORE »