Halaman Facebook

Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci




Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Posts in category pakan kelinci

MACAM DAN JENIS RUMPUT UNTUK PAKAN KELINCI

Kelinci adalah  hewan yang makan rumput dan rumput atau hijauan sebagai bahan-bahan makanan utama tetapi tidak berarti dapat menggunakan segala macam rumput untuk  makanan kelinci. Ada banyak pertimbangan akan diperkenalkan pada saat memberikan kelinci Anda makanan, misalnya tekstur rumput serta pertimbangan selera. Beberapa melihat bahwa kelinci selai seluruh kelinci bisa makan sama jenis rumput. Sebagai contoh rumput yg direkomendasikan untuk sapi ini juga baik untuk kelinci, kambing dan domba sementara sistem pencernaan untuk masing-masing hewan yang tidak selalu sama.

untuk beberapa saran rumput yang dapat diberikan untuk kelinci, sesuai  data yang dikumpulkan dari Peternak di Jawa  menyarankan bahwa pakan kelinci yang diusulkan adalah jenis Patikan kebo, Patikan Cina, gulma dll. . Selain rumput jenis gulma  dapat digunakan sebagai makanan seperti jenis rumput Sintrang dll

Khusus untuk jenis legetan  adalah jenis rumput yang sangat disukai oleh kelinci. Jenis rumput ini diberikan dalam jumlah besar karena jenis rumput yang sangat cocok untuk pakan kelinci. Rumput ini biasanya tumbuh di jalan dengan bunga kuning kecil. Tetapi jika diminta untuk yang terbaik jenis rumput untuk kelinci. Thimoty adalah jenis rumput yg terbagus.

Jenis rumput dan pakan kelinci yang alami.

Jenis Rumput sebagai Pakan Alami Kelinci


Beberapa peternak kelinci sangat tidak dianjurkan untuk memberikan rumput gajah pada kelinci. Itu juga direncanakan untuk menghindari rumput alang-alang  karena  rumput sangat keras. 


4 JENIS MAKANAN YANG KURANG BAIK UNTUK KELINCI DIUSIA DIBAWAH 2 BULAN

Ketika kita sudah berhasil membuat kelinci yang kita pelihara melahirkan anak2nya. Maka tugas kitaq selanjutnya adalah menjaga agar anaknya dapat disusui dan mampu hidup lepas sapih sampai dewasa. Biasanya kelinci yang belum memasuki masa sapih maka kelinci akan mulai belajar makan dengan memakan apa yang dimakan induknya. Apa saja yang diamakan induknya semisal pellet atau hijau lainya akan tetap aman  selama anakannya masih mendapat asupan susu induknya. Pada susu kelinci terdapat colostrums yang sangat banyak melebilhi jumlah clostrum pada ASI manusia, pada susu induk kelinci juga terdapat anti microba jadi kta akan jarang sekali menemui kelinci yang terserang mencret ketika masih menyusui induknya.
anakan kelinci
Yang jadi permasalahanya sekarang adalah ketika kelinci memasuki masa sapih dan dalam kondisi asupan susu induk sudah mulai berangsur2 dikurangi, maka ini yang jadi perhatian kita.. makanan yang paling bagus kelinci kondisi ini adalah makanan dengan kadar nutrisi rendah dengan serat yang baik. Berikan terus sampai pencernaan kelinci benar2 siap, enzim2 pada perut kelinci sudah siap. 
Baru bisa kita berikan pakan dengan nutrisi yang bagus untuk mengenjot pertumbuhannya. Ingat juga pakan untuk konsep pedaging, protein tinggi diawal untuk membentuk postur yang ideal kemudian di akhir kita genjot dengan pakan yang berenergi tinggi untuk percapaian bobotnya.
Kebanyakan peternak banyak yang mengenjot kelinci diwal dengan pakan bernutrisi tinggi yang sangat banyak, pellet habis ditambah lagi dan habis lagi ditambah lagi. Memang kondisi ini kelinci sangat rakus2nya, Biasanya individu yang paling rakus yang akan mati duluan, karena apa?? Kelinci makan banyak akan tetapi belum dimbangi enzim2 yang ada dipercernaanya belum maksimal.
Jangan lantas kemudian kalian akali dengan menembah dengan bakteri dari SOC untuk ternak kelinci. Percalah tidak ada bakteri pada SOC yang cocok dengan apa yang ada di pencernakan kelinci. Hampir semua bakteri pada SOC kelinci tidak ada yang mampu menembus asamnya perut kelinci. Dan bakteri pada pencernaan kelinci akan ada dengan sendirinya tanpa penambahan bakteri pada SOC.
Jadi kapan kiranya kelinci itu sudah memiliki pencernaan yang baik. Cirinya ya ketika anakan kelinci sudah bisa memproduksi caecrotop sendiri. Banyak sekali gizi dan juga bakteri yang bermanfaat untuk kelinci pada caecrotopnya.
Jenis makan yang kurang baik untuk kelinci dibawah 2 bulan

Sayuran hijau

Lha kok bisa sayuran hijau bisa berbahaya buat kelinci, bukan masalah pada sayurannya tapi yang jadi masalah bagaimana kondisi sayuran saat kita memberikan ke kelinci. Apakah pada saat kondisi segar ataukah sudah dalam kondisi layu. Ini sangat penting sayuran dalam kondisi layu jauh lebih aman untuk pencernaan kelinci, ingat sayuran segar masih bisa menghasilkan gas  yang ini sangat berbahaya bagi percernaan kelinci. Lihat penjelasa lebih detail tentang gas ini di artikel mengobati kelinci yang terserang kembung. Biasanya sayuran yang diberikan kekelinci adalah kangkung, sawi putih, kol, dan sawi hijau.
Kemudian dedak padi atau bekatul. 

Dedak padi ini mengandung kadar serat yang cukup baik akan tetapi jangan samapai terlalu over pemberian pada kelinci muda harus dibatasi, ingat kelinci muda lebih baik pakan yang diberikan dalam jumlah yang terbatas. Ini lebih baik dari pada kelinci kekenyangan.
poer ayam/ pakan ayam.
Ini juga salah, mau kelinci anakan atau dewasa pakan ayam saangat tidak disarankan untuk kelinci. Karena kandungna serat pada pakan ayam yang sangat rendah. Kelinci akan kekurangan serat dan ini akan mempengaruhi pencernaannya. Pemberian poer ayam /pakan ayam pada kelinci akan membuat kelinci mengalami diare. Ampas tahu, polar, nasi, umbi2an dll sebaiknya dihindari untuk eklinci masa lepas sapih pun begitu dengan pellet. Kecuali jika kita bikin sendiri dengan kadar pellet yang rendah mutrisi.
Dah itu saja saya lagi males nulis intinya adalah rumput kering adalah makanan yang paling aman untuk kelinci masa lepas sapih sampai kondisi pencernaanya sudah benar2 siap. Masa ini cuman sebantar jadi sabar saja dan jangan buru2 nafsu mengenjot kelinci dengan pakan yang bernutrisi tinggi jika kondisi pencernaanya belum benar2 siap.

PENGGUNAAN PROBIOTIK PADA KELINCI

Bolehkah Probiotik Diberikan Pada Kelinci?

Ketika kita memberikan probiotik kepada kelinci kesayangan kita, banyak yang bertanya apakah bakteri yang terdapat pada prebiotik  bisa beradaptasi pada keadaan lingkungan  pencernaan pada usus kelinci?
bakteri

Sebagian besar produk probiotik kelinci mengandung berbagai macam bakteri baik yaitu:
Lactobacilli
Bifidobakteri ,
Lactococcus
Pediococcus
Dan anehnya dari semua bakteri tersebut tidak ditemukan berada pada saluran pencernaan kelinci, nah jika tidak ada di pencernaan kelinci yang sehat, maka khasiat saat kita memberikannya kepada kelinci perlu kita pertanyakan? Iya tho…? Bisa jadi kondisi lingkungan pada pencernaan kelinci tidak cocok untuk kelangsungan bakteri tersebut.

Ada beberapa pertanyaan lagi yang harus dijawab:
1. apakah bakteri yang diberikan kepada kelinci dalam bentuk prebiotik dapat bertahan melewati asam lambung kelinci yang sangat asam?
2. kemudian pertanyaan yang kedua, jika lambung atau perut sudah terlewati apakah bakteri dapat bertahan dalam kondisi anaerobic dari sekum kelinci?
3. ada sebuah penelitiyang yang dilakukan terhadap probiotik untuk kuda.. ya system pencernaan kelinci dengan kuda hampir sama, mereka mempelajari berbagai merk dari probiotik yang ada dipasaran. Para peneliti  menunjukkkan bahwa tidak ada satupun bakteri probiotik pada kuda yang mampu mencapai usus,, dan  ternyata banyak probiotik dipasaran yang mengandung bakteri lebih sedikit dari pada yang tercantum pada label kemasan.
4. dan adakah yang tahu bahwa bakteri yang baik untuk pencernaan kelinci adalah bakteri yang berasal dari caecrotop/cecals kelinci yang sehat. Tapi masalahnya ketika selaput caecrotop pecah besar kemungkinan bakteri yang terkandung didalam caecrotop akan mati ketika melewati perjalanan diperut kelinci.  jadi jangan menganggu ketika kelinci kita sedang memakan caecrotop.
5. walaupun begitu produk probiotik tidak akan menimbulkan masalah penyakit, dan pada beberapa kasus nampaknya memiliki efek yang positif, maka secara rutin probiotik boleh diberikan kepada kelinci yang sedang sakit.

Memang topic pemberian probiotik pada kelinci ini sangat controversial, namun karena penggunaanya tidak  berbahaya dan juga tudak ada efek samping yang diketahui maka pemberiaan probiotik pada kelinci boleh diberikan juga bisa diberiakan kepada kelinci yang sedang disuntik antibiotik 

KELINCI MAKAN SEMANGKA

KELINCI MAKAN SEMANGKA

Kelinci makan semangka beloh enggak mass
Ada yang bertanya, kelinci jika dikasih makan semangka boleh enggak sih…

Jawabanya ya enggak boleh

Lha kenapa….enak aja…. mendingan buat gua semangkanya…

Kok masih tetep ngeyel… ya udah deh boleh terserah panjenengan…

Lha nanti efeknya apa mas.. jika tak kasih kekelinci..

(Haduh sabarrrrr)….

Boleh deh semangka itu kan manis  atau memiliki banyak kandungan gula dan akan mejadi makanan yang bergizi buat kelinci..

Efeknya apa  mas nantinya…

Kalo takut kelincinya kenapa2 ya kagak usah dikasih semangka…

Tapi dah terlajur tak kasihkan mas….

(Lhadalah…mblegedes tenan…)

Palingo yo fasese lembek mas..trus mencret..

Beberapa hari setelah itu..

Iyo mas kelinciku mncret trus gimana ini mas..

Ya udah kembalikan ke makannaya awal.. pellet dan air….


ASAL BAHAN TEPUNG IKAN

ASAL BAHAN TEPUNG IKAN


membedakan tepung ikan dari harganya ndak bisa mas….
hanya bisa di bedakan dengan hasil LAB….

tak kasih tahu tingkatan kualitas tepung ikan di lihat dari asal bahannya ya, dari yang paling jelek hingga paling bagus…

1. tepung ikan berasal dari kepala, sirip, tulang ikan dan ekor+jeroan
2. tepung ikan berasal dari campuran 1/2 kepala sirik ekor tulang di oplos dengan ikan utuh
3. tepung ikan berasal dari ikan utuh tapi kecil kecil
4. tepung ikan berasal dari ikan utuh besar dan kecil
5. tepung ikan berasal dari ikan besar saja

dari bahan asal tepung ikan sudah bisa di perkirakan berapa nilai CP (crude protein) dab EM (energi metabolis tepung ikan tersebut….

jika tepung ikan asal dari kepala ekor sirip tulang dan jeroan di bilang prtein 40%- 60%, maka di mungkinkan pada saat pembuatannya di tambahkan urea…sebagai boom protein..

maka saat di LAB kan protein tinggi, tapi berasal dari protein nitrogen urea padahal kelinci dan hewan lain tidak bisa mencernak prtein urea….

untuk memastikan kualitas tepung ikan kudu di LAB kan dan tanya kejujuran pembuatnya berasal dari bahan apa tepung ikannya..
hanya itu yg bisa kita lakukan…