Halaman Facebook

Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci




Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Posts in category pakan kelinci

4 JENIS MAKANAN YANG KURANG BAIK UNTUK KELINCI DIUSIA DIBAWAH 2 BULAN


Ketika kita sudah berhasil membuat kelinci yang kita pelihara melahirkan anak2nya. Maka tugas kitaq selanjutnya adalah menjaga agar anaknya dapat disusui dan mampu hidup lepas sapih sampai dewasa. Biasanya kelinci yang belum memasuki masa sapih maka kelinci akan mulai belajar makan dengan memakan apa yang dimakan induknya. Apa saja yang diamakan induknya semisal pellet atau hijau lainya akan tetap aman  selama anakannya masih mendapat asupan susu induknya. Pada susu kelinci terdapat colostrums yang sangat banyak melebilhi jumlah clostrum pada ASI manusia, pada susu indukkelinci juga terdapat anti microba jadi kta akan jarang sekali menemui kelinci yang terserang mencret ketika masih menyusui induknya.
anakan kelinci
Yang jadi permasalahanya sekarang adalah ketika kelinci memasuki masa sapih dan dalam kondisi asupan susu induk sudah mulai berangsur2 dikurangi, maka ini yang jadi perhatian kita.. makanan yang paling bagus kelinci kondisi ini adalah makanan dengan kadar nutrisi rendah dengan serat yang baik. Berikan terus sampai pencernaan kelinci benar2 siap, enzim2 pada perut kelinci sudah siap. 

Baru bisa kita berikan pakan dengan nutrisi yang bagus untuk mengenjot pertumbuhannya. Ingat juga pakan untuk konsep pedaging, protein tinggi diawal untuk membentuk postur yang ideal kemudian di akhir kita genjot dengan pakan yang berenergi tinggi untuk percapaian bobotnya.
Kebanyakan peternak banyak yang mengenjot kelinci diwal dengan pakan bernutrisi tinggi yang sangat banyak, pellet habis ditambah lagi dan habis lagi ditambah lagi. Memang kondisi ini kelinci sangat rakus2nya, Biasanya individu yang paling rakus yang akan mati duluan, karena apa?? Kelinci makan banyak akan tetapi belum dimbangi enzim2 yang ada dipercernaanya belum maksimal.
Jangan lantas kemudian kalian akali dengan menembah dengan bakteri dari SOC untuk ternak kelinci. Percalah tidak ada bakteri pada SOC yang cocok dengan apa yang ada di pencernakan kelinci. Hampir semua bakteri pada SOC kelinci tidak ada yang mampu menembus asamnya perut kelinci. Dan bakteri pada pencernaan kelinci akan ada dengan sendirinya tanpa penambahan bakteri pada SOC.
Jadi kapan kiranya kelinci itu sudah memiliki pencernaan yang baik. Cirinya ya ketika anakan kelinci sudah bisa memproduksi caecrotop sendiri. Banyak sekali gizi dan juga bakteri yang bermanfaat untuk kelinci pada caecrotopnya.
Jenis makan yang kurang baik untuk kelinci dibawah 2 bulan

Sayuran hijau

Lha kok bisa sayuran hijau bisa berbahaya buat kelinci, bukan masalah pada sayurannya tapi yang jadi masalah bagaimana kondisi sayuran saat kita memberikan ke kelinci. Apakah pada saat kondisi segar ataukah sudah dalam kondisi layu. Ini sangat penting sayuran dalam kondisi layu jauh lebih aman untuk pencernaan kelinci, ingat sayuran segar masih bisa menghasilkan gas  yang ini sangat berbahaya bagi percernaankelinci. Lihat penjelasa lebih detail tentang gas ini di artikel mengobati kelinci yang terserang kembung. Biasanya sayuran yang diberikan kekelinci adalah kangkung, sawi putih, kol, dan sawi hijau.
Kemudian dedak padi atau bekatul. 

Dedak padi ini mengandung kadar serat yang cukup baik akan tetapi jangan samapai terlalu over pemberian pada kelinci muda harus dibatasi, ingat kelinci muda lebih baik pakan yang diberikan dalam jumlah yang terbatas. Ini lebih baik dari pada kelinci kekenyangan.
poer ayam/ pakan ayam.
Ini juga salah, mau kelinci anakan atau dewasa pakan ayam saangat tidak disarankan untuk kelinci. Karena kandungna serat pada pakan ayam yang sangat rendah. Kelinci akan kekurangan serat dan ini akan mempengaruhi pencernaannya. Pemberian poer ayam /pakan ayam pada kelinci akan membuat kelinci mengalami diare. Ampas tahu, polar, nasi, umbi2an dll sebaiknya dihindari untuk eklinci masa lepas sapih pun begitu dengan pellet. Kecuali jika kita bikin sendiri dengan kadar pellet yang rendah mutrisi.
Dah itu saja saya lagi males nulis intinya adalah rumput kering adalah makanan yang paling aman untuk kelinci masa lepas sapih sampai kondisi pencernaanya sudah benar2 siap. Masa ini cuman sebantar jadi sabar saja dan jangan buru2 nafsu mengenjot kelinci dengan pakan yang bernutrisi tinggi jika kondisi pencernaanya belum benar2 siap.

BACA JUGA : TIPS UNTUK MEMBELI KELINCI DUTCH


TIPS MEMBUAT PELET KELINCI SKALA RUMAHAN TIDAK UNTUK DIJUAL

TIPS DAN CARA MEMBUAT PELET KELINCI SENDIRI SKALA KECIL  UNTUK KONSUMSI KANDANG SENDIRI

Hallo mblo..lagi binggung ya..? cari2 referensi tentang cara pembuatan pellet kelinci atau ente lagi susah cari rumput, susah cari rumput karena kagak ada atau ente yang males, atau ente lagi ngeluh tentang harga pellet kelinci yang super duper mahal, kalo gua pikir mah, harga pellet kelinci di pasaran standartlah…..rata – rata hampir sama, mahal itu dilihat dari sudut pandang yang kagak ada duit..wkwkw..haha becande gue….ane dulu juga gitu, bongkar2 mbah google cari referensi buat bikin pellet kelinci sendiri..

Oke , kita mau pakai bahan baku apa nih..

Ampas tahu sama bekatul doang juga bisa, tapi nanti formulasinya radak susah sih kalo cuman pakai 2 bahan aja, Tapi intinya bisa. Dan gak harus bikin pellet yang pakai mesin yang harga jutaan, kalo ada duit ngangur ya silahkan beli aje deh…tapi gak usah ngoyo, pakek acara ngutang duit ke BRI segala, pakai mesin cetak manual gilingan daging juga bisa, manual dulu ajalah pakai tangan, biar lengan kita juga makin berotot haha…..siapa yang pernah bikin pellet pakai alat ginian cung!!!!

Trus kita ke bahan baku pellet.

Bahan apa sih yang akan kita pakai,  ya tinggal dilist aja, bahan baku apa yang ada disekitar kita.

Contoh Bahan-bahan:

 

1.      Ampas Tahu 20%

2.      Bekatul (dedak Halus), Bungkil kedelai 30%

3.      Tepung Jagung (jugung giling yang sudah berupa tepung) 10%

4.      Brand polar 30%

5.      bungkil kedelai 10%

6.      molase

7.     dll

 

Alat pengilingan daging bisa dibeli di toko peralatan dapur disekitar daerah kalian mbloo…harga paling yang kecil sekitar 150-200 ribu. Pakan kelinci ini, bisa untuk kelinci pedaging dan kelinci hias dan bisa lebih murah dibanding dengan pabrikan. ( katanya sih, gua juga kagak ngitung haha)

 

 

Cara buat pellet

 

1.       Campurkan semua bahan  dalam bak atau ember, kemudian tambahkan air agar basah dan jangan terlau lembek, komposisinya suka2 ente aje, yang pentingkan jadi pellet atau ngikuti presentase diatas.

2.       Masukkan adonan pellet, trus giling deh pakai tangan ya sampai adonan abis dan tangan mulai terasa pegel..kalo udah mulai pegal2 istirahat mbloo. Nanti jadinya seperti mie panjang.

3.       Masukkan oven atau jemur dibawah sinar leser…eh matahari maksudnya..

 

Kalo udah kering simpan dah diember atau plastic. Terus kasih deh ke ternak kelinci kita, beberapa hari berselang kelinci malah mencret dan kembung. Ya.. gampang itumah..

silahkan beli aja obat kembung dan mencret kesaya..

harga sekian ribu…

transfer ke rek 2537487489

pengiriman via pos dan jne

jika sudah transfer silahkan konfirmasi ke no hp 000898764647

barang akan akami segera kirim..

wkwkwkkw…….

 

Lalu bikin pellet lagi tambahi dengan daun jambu sebagai anti mencret. Arang, garam dan probiotik.  Diaduk seperti awal dan diproses lagi. Kok pakek areng segala mau bikin pellet apa sate kelinci. Pakai garam juga gak sekalian ditambahi royco supaya rasa pellet lebih sedap. Hahah…..

 

Memang sih ada sebagian yang radak pelit ilmu tentang perpeletan ini.. yaw ajar dah ..soalnya buat bikin pellet sesuai kebutuhan kelinci butuh trial dan error , dan ini membutuhkan waktu yang lama dan menghabiskan biaya berjuta2(katanya). Ya wajar kalo radak pelit ilmu..

 

Gua juga kalo mau nulis tutorial bikin pellet yang lengkap..sebulan juga kagak kelar2, emang prosesnya itu puanjang banget…kadang sebagian malah radah sussah untuk ditulis dan harus dipraktekkan langsung. Jadi sekarang gua ringkes aja deh.. gua kasih resepnya aja ya…

 

 

 

 

Sekarang ini semua peternak kelinci memang sudah pakai pellet, bukan karena malas atau engan mencari rumput,  tapi karena dengan pellet semua bisa dikontrol dengan mudah mulai dari kesehatan kelinci, populasi, bobot, harga pakan, harga jual dll. Yang pasti minimal semua pembaca blog ini bisa memiliki peneetahuan tentang pembuatan pellet kelinci, yang kemudian hari bisa menjadi bekal untuk terjun ke bisnis pellet.

 

Oke mbloo..

 

1.       Silahkan download filenya disini(jika linknya rusak..langsung aja download di group fb industri kelinci)

2.       Pasang aplikasi microsof excel di hpmu..download diplaystore

3.       Buka filenya

Jika ingin berkreasi, patuhi aturannya…tapi sebelum itu kalian harus tau dasar2 untuk membuat pellet kelinci baca di post membuat pellet kelinci

BAHAN KERING PADA PELET KELINCI INI MERUPAKAN ILMU PENTING AGAR PELET KELINCI AWET DAN TIDAK BERJAMUR

BAHAN KERING (BK)

 

Pasti sudah ada yang sering ketemu tulisan bahan kering ini di tabel2 nutrisi bahan baku ternak.

Apasih bahan kering itu?

kalau disebut bahan kering 90,55 % ya artinya 9,45 % nya air. Jadi kalau kita punya bungkil kopra seberat 100 kg…. maka kopranya seberat 90,55 kg…. 9,45 kg atau liter nya air.

untuk menghitung kadar air ya harus melalui proses fisika….

 

 

misalnya begini… kita mau tau berapa sih kadar air dari ampas tahu yg kita beli dari pabrik tahu ??? ya kita ambil saja satu ember ampas tahu basah lalu kita timbang misalnya ada 20 kg. Kemudian kita press sampai airnya ngga keluar lagi…. lalu kita timbang lagi … misalnya tinggal 7 kg… Maka akan didapat …. ampas tahu (setelah dipress) seberat 7 kg = 7/20 x 100 % = 35 %…. Jadi dari contoh tadi… sekali lagi ini contoh…. bisa disimpulkan ampas tahu yg kita beli dari pabrik tahu tadi hanya mengandung ampas tahu sebanyak 35 % … dan sisanya (65%) adalah air.

 

Nah kemudian dari ampas tahu yg sudah kita press tadi tentunya masih mengandung air… walaupun ketika dipress sudah ngga keluar airnya lagi…. tapi pasti masih mengadung air. Nah berapa kadar airnya ????? Prosesnya sama …..yang paling penting diperhatikan … dalam proses awal sampai akhir bahan ngga ngga boleh tercecer… jadi dalam penimbangan tidak boleh terjadi… berkurangnya penimbangan tidak hanya akibat berkurangnya zat cair tapi ketambahan hilangnya bahan… itu tidak boleh terjadi… karena perhitungan menjadi tidak akurat…

 

yang namanya bahan kering itu pasti masih masih mengandung air sekitar 9 sampai 11 %… itu normal. Itu yg disebut dengan istilah bahan kering. Tetapi kalau penyimpanan bahan itu ditempat yg lembab maka kandungan air bisa meningkat dan inilah yg menjadi penyebab bahan tadi jadi mudah berjamur.

INGIN MEMBUAT PELET KELINCI SENDIRI BERIKUT CARANYA

1.Bagaimna caranya menghitung jumlah nutrisipada ransum pakan ternak kelinci,?
2.bagaimana cara mendeteksi ternak  kelinci itu dalam kondisi sehat atau tidaknya?

kelinci siap makan pelet





Top of Form

Edy Ssntt Ok ngitung formulasi belakangan aj, kita ke nutrisi untk ternak kelinci dulu…semua tntang pemeliharaan ternak kelinci harus dikembalikan kealam liar mulai kandag saung dj trmasuk pakan/belajarnya harus dr alam liar kelinci, krni ini hanya tentang pelet/pakan,jadi kita belajarnya dr rumput pakan ternak kelinci..


Anton Setyawan Yg hrus kita pelajari kndungan yg ada dlam rumput dlu brarti mas?
Monggo mas jjur saja saya masih zonk mas ?
Edy Ssntt Sebenarnya hijauan saja udah cukup untuk ternak kelinci,gx usah dkash tmbahan apa2,wog kelinci dalam liarnya pakanya juga hijauan..rumput it nutrisinya dah paling komplit.ada protein,ad karbohidrat,lemah vitamin dan mineral serta serat kasar…tp ad kurangnya yait jmlah kandungannya trbatas/sedikit, jadi untk memenuhi kebutuhannya ternak kelinci harus makan banyak rumput,..kalo dialam liar kelinci bebas mau makan rumpt sbnyak apapun,smpai kira2 nutrisi harianya trcukupi,,lha karna dkandag dan ketidak sngupan kita menydiankan rumpt dlm jmlah bnyak,maka dmodifikasilah pakanya jd pelet, nah kandungan pelet ini kadunganya hrus komplit seperti rumput,,
Edy Ssntt Nah Hampir semua pnyakit ternak kelinci dr kembung,mencret,lumpuh,induk gx nyusui,anak dorat arit, bisul,ngesot..gak birahi hamil semu dll..yg pertama nyagkuty kehabit yg kedua kenutrisi,shrusya smpean blajar habit dulu br ke nutrisi bikin pelet…tp g pa2 smga nanti paham, biar ad yg produksi pelet dtrengalek..
Anton Setyawan nuwun sewu suhu2 tteseh nembe bles,,,mkst nya habbit disini kbiasaan hidup ternak kelinci ea mas  ,braarti disini kita ea mas yg hrus mnyesuaikan kebiasaan ternak kelinci tsb! Monggo lebih dperjelas maleh ?
Edy Ssntt Masuk k protein..protein ini fungsinya, pembentukan hormonal,pertumbuhan,regenerasi sel,sumber energi..jika ternak kelinci kekurngan protein maka pertmbuhanya akan trgangu..kuntet..juga mengangu jalanya sistem hormonal pd ternak kelinci, tidak birahi2, gagal bunting…
Anton Setyawan lalu bahaan yg kndungan proteinnya tinggi apa saja mas ?
Edy Ssntt Semua bhan baku megandug protein,tp yg paling tingi dbungkil kdele, tepung ikan (tp ini bikin perdebtan jd g ush dbhas dsini)
Edy Ssntt Azzola jg tingi protein tp max 15% dr total formulasi
Anton Setyawan ea mas sya pernah itu lihat jdi ramai krena tp.ikan ….oh ea mas btw bungkil kedelai iku apa cetem/kulit ari kedelai .
Anton Setyawan brarti protein dsni memiliki peran trpenting ea mas dalam kita membuat bahan pelet untuk kelinci ,,lalu bgaimna mas dngan kebutuhan yang lainnya?
Edy Ssntt Dsarankan jikalau sudah pakai pelet jangn dikasih rumput,krna bs bikin masalah pencernaan…bukan rumputnya yg masalah…tp kadar serat kasar yg tidak ajek (naik dan turun) yg bikin masalah…
Anton Setyawan Mas Edy Ssntt mhon mas djabarkan lagi fungsi dri masing2 kndungan yg ada dlam pelet itu sndri selain protein
Edy Ssntt Jagan salah tangkap, peternakan dbogor juga mash pakai pelet+rumput,dan g ad masalah..
Edy Ssntt Yg dbutuhkan kelinci cuma kadar serat yg ajeg..bukan yg naik turun krna yg naik turun bkin masalah…tak kash contoh..misal kadar serat pelet 15%,ini dah bkin pencernaan ternak kelinci nyaman,kemudian dtambah rumpt kadar seraty berubh jd mengkat misal jd 19%..,
Edy Ssntt Kadar serat yg meningkat akan membuat pencernaan ternak kelinci semakin nyaman,tp pngaruhnya penyerapan kandugan nutrisi yg lain dlam usus akan berkurang..
Edy Ssntt Jika pencernaan ternak kelinci sudah nyaman dgn kadar serat 19% (pelet+rumpt),, kemudian karena hujan spnjanghari ato karena peternak ad acara shga tdk bs ngarit,otomatis pakan hanya pelet saja,dan kdar seratnya anjlok lg ke angka 15%..nah ini yg bikin masalah..
Anton Setyawan Knpa mas dbogor kok bsa ndak ada masalah dngan pengggunaan rumput .?
Anton Setyawan Dan bagaimna jika yg kita berikan itu adlah rumput yg sdah dkeringkan ,dan andaikan kata dkasih djerami kering apakah buruk untuk si kelinci ?
Edy Ssntt kenapa dsarankan kalo pakai pelet ndak usah pakai rumput karena kebanyakan ndak pada istiqomah/ndak ajek, misalnya ternak kelincinya sudah dipakan pelet,kemudian si dia jalan2 kesawah dan melihat rumput yang begitu menggoda,akhirnya ngaritlah dia,sudah dimatikan proses fotosintesisnya dan sebagainya…,tentu sj ketika dikasihkan ternak  kelincinya seneng baget,pencernaanya akan smkin nyaman, tapi suatu ketika rumpunya habis, atau lagi males ngarit, yang tadinya misalnya serat pelet 15% kemudianketambahan rumput seratnya berubah menjadi 19 % msalnya….yang beberapa minggu ternak  kelincinya sudah nyaman dengan serat 19% kemudian turun drastis kerena rumputnya dihilangkan,ya sudah bersiaplah untuk segala masalah pencernaaan kelinci…
Anton Setyawan Dan bila kita berikan serat kasarnya berelebihan apa tidak mnyebabkan sembelit mas?


Edy Ssntt ayo kembali kehabitatnya…kelinci itu dialam makan rumput..dan hampir semua hijauan rata2 kadar seratnya hampi 30%,,(kalo pelet sekitar 14-16%)dan mereka makan dalam jumlah banyak..dan tetap sehat tidak ada yang sembelit…sembelit itu justru kekurangan serat…jika seratnya kurang kenyamanan pencernaannya mulai terganggu,,bahkan bisa mencret..mankanya dia suka krikit2 kandang..(diluar pembahasan tentang gigi)..di mencari sumber serat dikandang untuk kenyamanan pencernaan yaitu bambu…lha yang gak boleh dia cari sumber seratnya dari bulu temennya ..lha dengan makan itu pencernaannya akan nyaman kembali..tapi ujungnya si bulu ini akan menghambat diujung pencernaan…jadi dilihat aja pas pagi kalo pakan harianya tidak habis cek kotorannya jika tidak normal berubah jadi kecil2…kadang2 seperti untaian tasbih
terkadang ada campuran bulu, ternak kelinci biasa aktif tapi menjadi lesu wajar karena ada sumbatan di saluran pencernaan….nutrisi ini nyambungnya kemana2…
Edy Ssntt jangan tanya cara ngobati sembelit looo yaa…nanti aku dipentungi sama yang jualan obat2an ………..lebih baik mencegah daripada mengobati…jika sudah parah kelinci sm sekali g doyan makan,kepala sering ndogak keatas,bnyak minum sampai bawah dagunya basah,kemudian lari muter2 kandag krna kesakitan,kemudian jatuh…megeluarkan suara mlengking dan akhrnya mati
Anton Setyawan Brarti slma ini pemhaman saya salah kaprah ea mas….sya mikirnya bila serat kasar yg berlebihan jdi sembelit ,brarti serat kasar dsni jga sangat mempengruhi disistem pencernaanya ea mas,,,?
Edy Ssntt kadar serat ini tidak ada yang diserap oleh tubuh ternak kelinci..makan sebakul keluar ya sebakul..makan 10 gram keluar ya 10gram tidak ada yang dicerna…tapi walupun begitu serat ini tetap penting bagi pencernaan kelinci
Anton Setyawan Saya kira serat jga dserap mas oleh tbuh kelinci ,skrang mulai tau mas!
Lanjut mas ?
Smbil nyatet dbuku
Edy Ssntt memang ada yang dicerna..namanya (digestible fiber)/ serat tercerna..diserap usus masuk peredaran darah besama asam empedu mengikat kolesterol kemudian dibuang lagi lewat usus…jadi cuman lewt aja gak diserap sama kelinci…lha asam empedu akan berkurang akhirnya hati akan mengambil cadangan lemak didalam darah dan jaringan sel untuk diubah kembali menjadi asam empedu..kelinci pun jadi kurus2…dan ini gak cocok untuk ternak kelinci pedaging…makin njlimet dan ruwet haha
Hendrik Yuniarto Berarti serat yg tll tinggi tidak baik buat penggemukan kelinci pedaging pak Edy Ssntt?
Edy Ssntt betull…tapi jika diturunkan dibawah level nyaman (11%-12%)maka akan mencret…
Edy Ssntt Pernah ad formulator yg menurunkan kadar serat smpai minimal yaitu 11-12%,agar penyerapan nutrisi lebih maximal,dprntukan untk kelinci pedaging,.tp yg terjadi adalh kelinci bnyak yg makan bulu/hairbal dan kemudian sembelit,,tp ad lg y menurunkan serat dangka 11-12% tp kelinci tetap nyaman,tidak hairball,pnyerepan nutris bisa maksimal, dan bobot kg’nya bs tercapai,tp ad caranya,krana ternak kelinci pedaging ini bikin ribut dantara peternak,jd caranya msh dsimpat dlam brangkas mash dgembok,.kita lanjut ke kadar lemak
Edy Ssntt Mash dserat, inti dr serat jangan suka menaik turunkan kadar serat secara mendadak,akibatnya akan timbul masalah yg brhubugan dagn pncernaan klnci,entah kmbung,mencret,dan smbelit…kelinci it bukan manusia,kelinci itu tdak butuh makanan yg bervariasi,,terkadang banyak yg brngapan ternak  kelinci it seperti unggas..dikash makan apa2 ok,, nasi sisa slametan kadang2 dcmpur dgn adonan comboran,, udah pasti kadar serat akan brubah lg…bsoknya lgsug timbul masalah pd pncernaan.entah kembung/mencret.tp lucunya yg dsalahkan cuaca. Malah ad yg bilang kembug dan mencret ad musimnya….padahal cm salah pemberian pakan yg tdak ajek, masih banyak yg beraggapan kelinci it seperti ayam,sapi,kambin, padahal sistem pencernaannya jauh berbeda…
Edy Ssntt Kembali kealam lg,kalo dialam liar kelinci memang makan hijauan yg brvariasi,banyak ragam dan macam,tp mereka tdak megalami masalah pencernaan,y karna memag semua hjaun dialam liar memiliki kdar serat yg rata2 sama yaitu skitar 30%,,jd berapun jumlah variasi jenis rumpt dialam yg dmakan kelinci..kadarnya seratnya akan tetap ajeg diagka 30%.jd tdak akan tmbul masalah…
Edy Ssntt Lha dgn pgunaan pelet kadar serat ini bs akan tetap ajeg..dagka yg dinginkan,,jd tdak akan bnyak timbul masalah pencernaan…tp terkadag yg pakai peletpun jg brmasalah juga,y mugkin krna belum tau,smga stlah membca tulisan ini jd tau,,contohy penambahn pelet+rumpt kemudian rumpt dambil secara mendadak,sprti yg sudah djelaskan datas…lalu peternak yg gonta ganti pelet,mingu ini pakai pelet produsen A..mingu kedua pakai produsen B, Jika kandugannya sama silahkan,tp jika berbeda akan timbul masalah..dan msh bnyak lg contohnya.
Anton Setyawan Skrang sudàh mulai paham mas sdkit semi sdkit,,dan sudah mulai meraba2 gmna agar ternak kelinci kita bsa sehat n ndak mudah kena mencret,kembung n sembelit

PERLU KAMU TAHU BAHWA KELINCI ITU TIDAK BUTUH MINUM

Beberapa tahun yang lalu ada perdebatan ini disosial media, ternak kelinci itu sebenarnya butuh minum enggak sih..?? Kelompok A menjawab : “ ternak Kelinci itu ya harus minum, kita aja manusia kalo habismakan ya juga harus minum, kalo kita makan soto, nasi goreng, pasti lengkap dengan minumnya, begitu juga dengan ternak Kelinci , ya harus minum juga”.( aduh.. soto sama nasi goreng segala dibawa- bawa..wkwk, mungkin si dia  jualan nipple untuk minum kelinci, jadi tetep keukeh berpendapat ternak Kelinci tetap butuh minum.)

 
KEGIATAN DONOR DARAH MERCY
 
Kemudian kelompok B : “terna kelinci itu gak butuh minum, orang ternak Kelinci saya makan hijauan , gak dikasih minum  selama 3 bulan juga gak apa 2 kok,, sehat- sehat aja..”


 
Udah jangan debat terusss Brooo….!!!!!
nah… coba sekarang kita membuktikan apa yg di utarakan diatas …. yg memperdebatkan apakah kelinci perlu diberi minum ??? padahal secara umum teorinya :”semua mahluk hidup perlu minum”…. tapi ada bantahan dari kelompok B :”saya ternak Kelinci udah tiga bulan ngga dikasih minum koq ya ngga apa-apa”…

nah ini yang disebut praktek tidak sesuai dengan teori…. Jadi… bagaimana kita harus menjawab masalah ini? Adakah teori lain selain “semua mahluk hidup perlu minum” yg bisa menjawab kenyataan bahwa kelinci saya ngga dikasih minum koq ngga apa-apa… sehat sehat saja ????
Maka statement “semua mahluk hidup butuh minum” menjadi kurang tepat… dan yang benar adalah “semua mahluk hidup butuh air”…. artinya ada kebutuhan cairan untuk kelangsungan hidup dan untuk memenuhi kebutuhan air tadi bisa melalui mekanisme “minum”… ataupun melalui mekanisme “makan”.

Lalu makanan yg bagaimana yg bisa memenuhi kebutuhan airnya ? … tentunya makanan yg banyak mengandung air, dalam hal ini tentunya berbentuk hijauan. Jadi kalau ada pertanyaan kelinci butuh minum atau tidak … maka jawaban yg tepat adalah “tergantung pakan yg diberikan dalam kesehariannya”….



kalau pakannya berupa pelet ya otomatis dia butuh minum, karena melalui mekanisme minumlah kelinci bisa memenuhi kebutuhan air untuk hidupnya. Kalau konsumsi pakannya berupa full rumput maka bisa saja dia tidak butuh minum… karena untuk memenuhi kebutuhan airnya dia bisa melalui mekanisme makan rumput yg notabene banyak mengandung air tadi.
Jadi inilah teori-teori yg harus kita pahami agar dalam menjawab pertanyaan seperti diatas dan tidak menimbulkan kebinggungan dan perdebatan. Air ini juga sangat berpengaruh pada penyerapan kalsium, dibanyak kasus terjadi kelinci lumpuh karena kekuranga air minum.. Absorpsi calsium itu terjadi dibagian usus halus dan banyak faktor yg mempengaruhi absorpsi ini. Yg utama adalah calsium harus dalam bentuk larut air. Oleh sebab itu ketersediaan air minum sangatlah berpengaruh.