Alamat Perusahaan

Kebun Kelinci
Desa Bukur rt.12 rw.04
Kec. Jiwan Kab.Madiun 63161
Jawa Timur. Indonesia

Hp.085649561319 (sms/whatsapp)
Email : kebunkelinci@gmail.com

Jam kerja :
Senin-Sabtu
07.00-16.00

Halaman Facebook

Mesin Giling dan Cacah Multifungsi – Bisa untuk berbagai kegunaan Petani dan Peternak

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Jual Mesin Pellet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Jual Mesin Giling Pakan Ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak

Jual Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Posts in category PENYAKIT KELINCI

KELINCI TIDAK MAU MAKAN MUNGKIN TERKENA SEMBELIT

sembelit diindikasikan oleh gejala susah buang kotoran pada ternak kelinci. Beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya sembelit diantaranya adalah kurang konsumsi Serat kasar.jika seratnya kurang kenyamanan pencernaannya mulai terganggu,,

bahkan bisa mencret..mangkanya dia suka krikit2 kandang..(diluar pembahasan tentang gigi)..di mencari sumber serat dikandang untuk kenyamanan pencernaan yaitu bambu…lha yang gak boleh dia cari sumber seratnya dari bulu temennya ..lha dengan makan itu pencernaannya akan nyaman kembali..tapi ujungnya si bulu ini akan menghambat diujung pencernaan. 

kelinci sehat

Untuk bulu yang termakan dalam jumlah kecil mungkin masih belum menimbulkan masalah karena masih terbawa (dibungkus dengan kotoran) dalam kotoran/feces.

Namun dalam jumlah banyak (dalam kasus Hairball/ ternak kelinci yang selalu memakan bulu) akan mempengaruhi proses pencernaan, karena bulu akan menghambat disaluran pencernaan.
Ya ..masalahnya ternak kelinci tidak bisa muntah sebagaimana kucing, sehingga hal inilah yang menjadi masalah.sembelit beda dengan kembung, kalau kembung adalah terjadinya timbunan gas dalam saluran pencernaan.

 


 
Gejala sembelit,
Penting untuk memahami gejala yang menjadi penyebab terjadinya sembelit pada ternak kelinci karena sembelit dapat menyebabkan kematian. Untuk itu selalu perhatikan kondisi ternak kelinci, minimal deteksi pakannya, kalau pakan yang diberi sesuai jatah hariannya tidak habis dimakan maka perhatikan fecesnya apakah normal (jumlahnya, besar dan bentuknya). 

Kalau lebih sedikit dari biasa, lebih kecil dari biasa terkadang seperti membuat untaian seperti untaian tasbih, dan terkadang ada campuran bulu, ternak kelinci biasa aktif tetapi menjadi lesu (wajar karena terjadi penyumbatan saluran pencernaan), maka dapat dicurigai sebagai gejala  sembelit.
 
Bagaimana Cara mengatasi Sembelit.
Hal yang terbaik sebenarnya dalah mencegah terjadinya sembelit dengan memberikan pakan yang benar dan sesuai dengan anjuran gizi ternak  kelinci, yaitu dengan pemberian serat kasar dalam kadar yang cukup.jangan sesuka hati menaik- turunkan kadar serat kasar pada pakan. 

Serat kasar dapat diperoleh dari rumput yang dikeringkan atau pellet yang mengandung serat kasar tinggi dikomposisinya.
 

Pengobatan sembelit disebabkan oleh hairball biasanya dapat diberikan  buah Nanas.atau papaya.Dikatakan bahwa pemberian perasan buah nenas atau papaya bisa melancarkan kembali pencernaan dan feces bisa keluar. 


Didalam buah Nenas terkandung enzym Bromelain dan pepaya mengandung enzym papain. Keduanya mempunyai fungsi membantu melembekkan feces dan menyebabkan metabolisme menjadi kembali lancar.

BACA JUGA : ATURAN MEMBUAT PELET TERNAK KELINCI SENDIRI

KEMATIAN KELINCI YANG MENINGKAT AKIBAT MUSIM HUJAN

Tidak ada yang salah dengan hujan, hujan itu adalah sebuah keberkahan. Semua kematian pada kelinci semuanya adalah ulah peternaknya sendiri. Tidak ada hubungannya dengan hujan, cuaca panas dan sebagainya. Kalo kelinci mati karena cuaca yang panas kenapa tidak buat kondisi kandangnya menjadi sejuk dan dingin. Jadi jangan egois dengan menyalahkan cuaca, semua kematian kelinci adalah salah peternaknya, titik!!!!! Sikapilah musim hujan dengan bijak.
Pada bulan agustus sampai bulan maret memang menjadi keluhan bagi peternak kelinci karena dimusim itulah musim hujan mulai masuk. Kasus kematian masal pada kelinci sering menyerang peternakan kelinci, masih masalah klasik yang dihadapi peternakan kelinci pada musim penghujan diantaranyya yaitu masalah kembung, diare, kelinci yang tidak mau makan, dan kelinci yang nafsu makannya berkurang dan pada akhirnya mati. Hal ini memang sangat memprihatinkan sekali apalagi dulu ada cerita peternakan kelinci di ponorogo, 60 ekor anakan kelinci mati secara missal, mari belajar dari pengalaman, hal ini adalah sesuatu yang paling baik menurut saya, selalu optimis dan ulet serta terus perhatikan keadaan sekitar kita, jika kita tidak melakukan yang demikian maka kematian masal pada kelinci akan terus terjadi ditiap tahunnya.
banyak komentar2 yang masuk periahal masalah kematian pada keinci pada musim hujan,diantaranya adalah
kelinci mudah terserang penyakit appda musim hujan yang nmengakibatkan kelinci mati secata tiba2
pada musim hujan sangat tidak dianjurkan untuk memelihara kelinci.
Air hujan menyebabkan kematian pada kelinci
Kelinci yang kedinginan karena cuaca yang sangat dingin pada musim hujan
Musim hujan banyak memebentuk tanaman yang membentuk pucuk daun hal ini yang banyak dijadikan alasan penyebab kelinci menjadi mencret.
Dan masih banyak lagi komentar lainnya yang ada dimedia social akan tetapi yang paling umum adalah masalah- maslah diatas. Yang jadi pertanyaan sekarang jika musim hujan terjadi lantas apakah kelinci diseluruh dunia akan mati  yang pasti tidak, justru kelinci akan banyak berkembang dialam bebas karena jumlah makan yang sangat melimpah dialam liar, bisa dilihat juga sangat banyak sekali peternak kelinci yang bisa bertahan ketika ada musim hujan, nah maka dari itu kita bisa mengambil kesimpulan hujan bukanlah penyebab kematian masal pada peternakan kelinci tapi yang jadi permasalahan adalah perbedaan pelakuan pada peternakna kelinci yang bisa dan gagal saat melewati musim penghujan.
Banyak pengalaman yang saya coba ambil dari pengalaman para peternak kelinci yang sukses melewati musim hujan. Banyak hal yang disepelekan oleh peternak kelinci jika musim penghujan telah tiba, masalah yang sangat sepela akan tetapi sangat jarang dipahami. Contohnya adalah.
 
Rumput yang tidak sehat dan pakan kelinci yang kurang baik.
 
Jika ada yang berpendapat musim hujan adalah musibah bagi peternakan kelinci, itu adalah sesuatu yang salah. Hijauan yang ada pada saat musim hujan terjadi, masih sama, tetapi jika kita memperhatikan rumput itu akan sedikit berbeda. Hal inilah yang jarang dicermati oleh peternak kelinci. Mereka menyamakan pencernaan kelinci sama dengan pencernaan yang ada pada pencernaan sapi, kambing dan juga domba.
Bisa kita lihat biasaya air hujan yang membasahi rumput membuat debu dan juga tanah menempel pada bagian rumput, dan biasanya para peternak kelinci lansung memberikan pada kelinci2nya. Hal ini yang akan menimbulkan pencernaan pada kelinci yang sangat serius. Oleh karennya jika kita mencari rumput pada musim hujan maka sebelum kita berikan kekelinci, cuci terlebih dahulu kemudian layukan agar aman untuk kelinci. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika kita sudah menggunakan pellet kelinci sebagai pakan utama ternak kelinci kita.
Jika sudah pakai pellet kelinci ngapain juga harus pakai rumput, jika ini tetap dilakukan maka ini akan menjadi sesuatu yang sangat merugikan dan akan menjadi boros. Nutrisi pada pellet tidak akan diserap secara sempurna karena akan didorong oleh rumput yang masuk, jadi kita hanya akan memanen kotoran kelinci saja.
Kadar asam yang sangat pada air hujan
 
Air hujan yang turun diarea industry atau pekotaaan yang banyak polusi udara maka air tersebut kemungkinan akan mengadung asam sulfat yang berasal dari polusi udara.
Masalah lainnya yang dihadapi oleh peternak kelinci adalah model kandang dan saung kandang walau ini peternakan kelinci tapi kita juga harus paham tentang tata ruang, ilmu tehnik sipil sangat berguna disini. Semua jenis keilmuan akan masuk kepeternakan kelinci. Teknik mesin, kimia, fisika dll semua bisa diterapkan pada peternakan kelinci. Kita harus benar2 memperhatikan dengan tata ruang yang menpengarusi sirkulasi udara. Ini yang akan mempengaruhi kondisi kandang kita ketika hujan.
Udara yang lembab akan lebih naik ketika terjadi musim hujan. Hal ini kan meningkatkan resiko scabies dan amoniak yang akan semakin meraja lela. Kelinci akan  mengalami anoreksia atau nafsu makan menurun. Oleh karena itu designlah kandang dengan baik agar sirkulasi udara berjalan dengan sangat baik.

 

KAKI MELEBAR PADA KELINCI DIKARENAKAN RENDAHNYA NILAI NUTRISI PADA PELET BERIKUT PENJELASANYA

KELINCI KAKI KURA- KURA

Mantaf  bener judulnya pakai kata-kata genetic udak kayak peneliti aja. Apa bener kelinci yang seperti itu karaena kelainan genetic. Ane gak punya fotonya, dilu pernah ngalami tapi udah terlanjur mati dan belum sempat difoto.
Dari kecil udah kaki kura2, makannya  kelinci itu normal, sehat kayak ternak kelinci umumnya. Pengobatan untuk kasus ini belum ada. Ya Cuma bisa disembelih.

Kembali ke laptop… apa betul ternak kelinci dengankaki melebar terjadi karena genetic. Kaki melebar itu akabat dari kandang yang licin dan kurangnya asupan kalsium pada masa pertumbuhan.
Jadi sebaiknya lanyai kandang yang pakai alas bambulebar bilah bamboo max hanya 2 cm saja, dengan demikian kaki ternak kelinci yang menapak pada bilah bamboo bisa rata dan bisa mendapatkan celah yang lebih banyak sebahgai penahan.
Kalau bilah terlalau lebar, maka kaki ternak kelinci akan menapak pada punggung bilah bamboo karena bilah bamboo lebih membulat. Bilah bambau yang seperti inipun jika dipaku sesah karena sering pecah, bahkan bilah bamboo yang  terlalu bulat dan tidak rata bisa menimbulkan sorehock pada kakai ternaka kelinci kita.
bilah bambu yang menghadap kedepan

Arah bilah bambau juga bisa mempengaruhi kemungkinan kelinci terpeleset. Jadi arah bilah bamboo sebaiknya mengarah kedepan sehingga pada waktu kelinci melompat kaki akan tertahan oleh celah bamboo dan tidak terpeleset kearah samping yang bisa mengakibatakankeluarnya bonggol dari tempurungnya.

 Kemudian penyerapan kalsium >>> pada tahap pembentukan, janin dibentuk matriks sebagai cikal bakal tulang tumbuh. Bentuknya sama dengan tulang tapi masih lunak dan lentur, karena sepertiga tulang ini terdiri dariserabut yang terbuat dari protein kolagen dan diselubungi oleh gelatin. Keadan ini berlangsung sampai beberapa hari setelah ternak kelinci  dilahirkan.
Gak percaya…ya pegang aja…lunak apa keras…pikiranmu ojo ngeres mbloo….cindil kelinci maksudnya…….!!!
Kemudian secara berangsur-angsur matrik tulang akan menguat  melalui proses kalsifikasi yaitu terbentuknya Kristal mineral yang terdiri dari kalsium fosfat dan akalsium hidroksida yang dinamakan hidroksiapatit rumus kimianya [(3Ca3(PO4)2.Ca(OH)2]. Pada fase inilah jika asupan kalsium dan fosfor kurang  atau tergangu maka proses pengerasan tulanag akan lebih lama.
Lagi-lagi ke ilmu nutrisi..memang ini bagian yang paling sulit..kira dulu butuh waktu 4 tahun untuk bisa memahami tenta nutrisi kelinci..mka dari itu formulasi pellet kelinci itu gak boleh ngawur..sak penek’e udel…..

Lha tadi tulangnya masih lunak karena asupan kalsiumnya kurang…eh kelincinya malah udah belajar jalan dan lompat-lompat. Trus lantai kandangnyalicin pisan,trus bilah bambunya dipasang menyamping. Kelinci akan berdiri dengan kondisi yang kurang sempurna, yaa… akibatnya tadi pas tulang masih lunak dan mau terbentuk menjadi keras, posisi tulang sudah tidak sempurnakarena lantai licin tadi.

 

BERBAGAI MACAM OBAT YANG HARUS DISIAPKAN DIKANDANG KELINCI APA SAJA KIRA KIRA BERIKUT INI PENJELASANYA

Lha buat apa bikin kotak obat. Kita mau jadi peternak atau jadi tukang jualan obat.obat yang harus ada di peternakan kelinci itu hanya ada 2 yaitu obat scabies atau gudik dan hormone oxytoxin. Udah cumin 2 itu thok…..


KANDANG KELINCI PEDAGING


Dengan semakin baiknya mutu pakan kita, masalah dengan kembunglah…mencretlah…anakan sedikit.. gak mau nyabutin bulu… nggak mau nyusuin anak…… lepas sapih pada mati…dsb. Itu semua hampir tidak akan pernak kita jumpai jikalu formula pakan kita yang sempurna sudah ketemu, kita tinggal running well tanpa ada hambatan apapun. 
 
Jadi mulai sekarang jangan banyak searching di search engine dengan mengetik kata “cara mengobati kelinci sakit”  lha ente itu kepengen jadi peternak kelinci atau dokter hewan.
 
Dipeternakan  bisanya obat-obatan berkisar antara 4-5% dari total biaya. Ini harus menjadi perhatian kita, perhatian bagaimana…? Apa obat kesemuanya harus dibeli..justru obat ini harus dihindari.. lha wong ini termasuk biaya pengeluaran..ya.. mendingan masuk kekantong pribadi kita.
 
caranya ya seperti diatas tadi. Semakin baik mutu pakan maka segala penyakit ternak kelinci tidak akan kita jumpai. Kalo masalah ternak kelinci pilek asalkan design kandang dan saung kita sirkulasi udaranya bagus. Pilek itu juga bisa kita minimalisir. Ane pernah borong obat obatan ternak kelinci. Tapi ujung2nya kebuang tidak kepakek karna menjadi barang kadaluarsa.
 
 
Jadi mulai sekarang !! kita harus focus bagaimana caranya memperbaiki kualitas pakan pellet ternak kelinci kita….

LAKUKAN INI JIKA KELINCI TIDAK MAU MENYUSUI ANAKNYA

 

 

Masih ingat post kami sebelumnya ketika induk kelinci tidakmau menyusui, kenapa dan mengapa produksi susunya bisa tergangu, silahkan dibaca ulang lagi ketika induk kelinci tidak mau menyusui. Setelah kita mengetahui penyebabnya, lantas apa yang harus dilakukan jika sudah terjadi, ini kadang yang membuat pelaku ternak kelinci jadi bingung.

 
 
KELINCI DIPAKSA MENYUSUI
 
 
 

Lihat gambar diatas kenapa saya beri tanda silang. Karena ini adalah sesuatu yang kurang pas. Karena susu yang diberikan biasanya susu formula untuk bayi manusia, yang kandungan nutrisinya tidak pas untuk ternak kelinci,  Apalagi susu kambing..ahduwwwh…



 

 

Berbeda lagi jika industry kelinci dieropa, Diprancis sudah ada peternak kelinci yang menjual DOR  (day old rabbit) anak kelinci  yang berumur sehari,atau jika dalam ayam potong namanya DOC, atau dalam peternakan bebek disebut DOD. Jadi dieropa ada spesifikasi peternak kelinci yang hanya breeding dan hanya menjual DOR dan satu lagi peternak yang hanya melakukan pembesaran ternak kelinci, jadi dia pelihara anakan kelinci dari umur sehari sampai usia potong. Jadi tidak memelihara indukan. Mereka menciptakan alat menyusui buatan seperti punya induk kelinci dengan susu formula yang diperuntukkan khusus untuk ternak kelinci. Ingat khusus untuk kelinci..broo…

 

 

Lalu yang jadi pertanyaan, “apakah tidak ada resiko kematian?”.

 Tentu ada, tapi dengan teknologi yang terus disempurnakan dan terus dikembangkan mereka bisa meminimalisir resiko itu, dan resiko itu tentu sudah dihitung dan dibandingkan dengan ternak kelinci  dengan indukan dan pejantan, dan akhirnya mereka memilih pilihan yang pertama.

Untuk menuju kesana peternak kita masih sangat jauh sekali.. lha wong pelihara pakai indukan saja masih pada ambuuurasut…haha..becanda

Tapi dengan kita lebih giat belajar , perbaikan sana-sini , nanti kedepannya pasti kita akan menuju kesana..amin.

 
KELINCI DIPAKSA MENYUSUI
 
 
 
 

Kemudian lihat gambar yang kedua. Gambar yang kedua ini juga kurang pas. Bagaimana jika yang tidak mau menyusui itu ada belasan induk atau puluhan induk tentu ini akan sangat merepotkan. Dan juga ini adalah sesuatu yang salah,jika induk tidak mau menyusui ya sudah otomatis air susu induk itu tidak ada karena memang produksi air susu induk sedang terganggu,  karena buruknya pakan pada saat kehamilan.seperti yang sudah dijelaskan dipost sebelumnya.Jadi bagaimana mungkin jika produksi susu tidak ada kemudian kita paksa induk kelinci untuk menyusui…saya ulangi lagi 

 
 “JADI BAGAIMANA MUNGKIN JIKA PRODUKSI SUSU TIDAK ADA KEMUDIAN KITA PAKSA INDUK KELINCI UNTUK MENYUSUI”..
 
Ini sesuatu yang aneh..atau sesuatu yang konyol..
 
 
Kelinci itu dialam liarnya menyusui anaknya tidak hanya sekali tapi berkali2, karena memang ambingnya selalu penuh dengan air susu. ternak kelinci

 bebas memilih makanannya dengan kualitas gizi yang baik nutrisinya/nutrisinya selalu terpenuhi,  dan akhirnya ambingnya akan selalu penuh dengan air susu induk.

Jika ambingnya penuh maka ternak kelinci

 akan otomatis merasa tidak nyaman pada ambingnya dan akan segera menyusui anak-anaknya. Coba deh Tanya para ibu yang lagi menyusui jikalau pay*d*ranya penuh dengan ASI pastilah merasa tidak nyaman dan kepengen segera menyusui buah hatinya. Hayo langsung Tanya sama istri masing2….yang jomblo Tanya siapa?? hahaha

Coba lihat kenapa populasi kelinci dialam liar sangat cepat sekali perkembangannya, bahkan disebagian Negara, kelinci malah dianggap sebagai hama. Kelinci dialam liar beranak sepuluh sampai 14 ekor, padahal ambingnya rata2 hanya ada 8. Maka inilah yang diupayakan kelinci dialam liar selalu berusaha agar ambingnya agar selalu terisi, habis disedot kloter pertama langsung diupayakan segera terisi dan giliran kloter kedua, sehingga anakan yang jumlahnya banyak semua rata kebagian air susu induk.
 Jika kita sebagai peternak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, maka ambing induk kelinci akan terus menerus terisi air susu tanpa kita paksapun ternak kelinci

 otomatis akan menyusui anak-anaknya.

 
 Kembali ke laptop!
Lantas jika sudah terlanjur induk tidak mau menyusui apa yang harus dilakukan?
Kita harus merangsang pembuluh darah disekitar ambing susu induk kelinci, caranya dengan mencabuti bulu disekitar ambingnya, kita harus tega mencabuti bulu siinduk, taruh bulunya kedalam nestbox. Dan segeralah pebaiki nutrisi pakan ternak kelinci

 , pakan dengan kandungan protein dengan asam amino yang seimbang agar air susu segera diproduksi…jika pakai rumput maka perbanyak jumlahnya.

 
 
Jikalau ada yang share seperti gambar kedua di group2 ternak kelinci

, kadang saya jadi GemeZZ..kalo dikasih tau malah marah2 gak terima…haduh bagaimana ya!!! gemes pooll..

 
Jika tulisan ini bermanfaat share digroup ternak kelinci 

sesuai wilayah masing2..Semoga yang sering maksa2 induk kelinci buat nyusuin anaknya segera taubat, dan diampuni dosa2nya.. dholim tu sama ternak kelinci..

Yang setelah baca artikel ini gak terima dan jadi marah2..biarin aja marah2 sendiri.. banting aja tu androidnya hahaha..
 


Sampai ketemu dipost selanjutnya insyaAlloh nanti hari minggu ..saya post lagi yang lebih baru…