Alamat Perusahaan

Kebun Kelinci
Desa Bukur rt.12 rw.04
Kec. Jiwan Kab.Madiun 63161
Jawa Timur. Indonesia

Hp.085649561319 (sms/whatsapp)
Email : kebunkelinci@gmail.com

Jam kerja :
Senin-Sabtu
07.00-16.00

Halaman Facebook

Mesin Giling dan Cacah Multifungsi – Bisa untuk berbagai kegunaan Petani dan Peternak

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Jual Mesin Pellet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Jual Mesin Giling Pakan Ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak

Jual Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

INGIN MEMBUAT PELET KELINCI SENDIRI BERIKUT CARANYA

1.Bagaimna caranya menghitung jumlah nutrisipada ransum pakan ternak kelinci,?
2.bagaimana cara mendeteksi ternak  kelinci itu dalam kondisi sehat atau tidaknya?

kelinci siap makan pelet





Top of Form

Edy Ssntt Ok ngitung formulasi belakangan aj, kita ke nutrisi untk ternak kelinci dulu…semua tntang pemeliharaan ternak kelinci harus dikembalikan kealam liar mulai kandag saung dj trmasuk pakan/belajarnya harus dr alam liar kelinci, krni ini hanya tentang pelet/pakan,jadi kita belajarnya dr rumput pakan ternak kelinci..


Anton Setyawan Yg hrus kita pelajari kndungan yg ada dlam rumput dlu brarti mas?
Monggo mas jjur saja saya masih zonk mas ?
Edy Ssntt Sebenarnya hijauan saja udah cukup untuk ternak kelinci,gx usah dkash tmbahan apa2,wog kelinci dalam liarnya pakanya juga hijauan..rumput it nutrisinya dah paling komplit.ada protein,ad karbohidrat,lemah vitamin dan mineral serta serat kasar…tp ad kurangnya yait jmlah kandungannya trbatas/sedikit, jadi untk memenuhi kebutuhannya ternak kelinci harus makan banyak rumput,..kalo dialam liar kelinci bebas mau makan rumpt sbnyak apapun,smpai kira2 nutrisi harianya trcukupi,,lha karna dkandag dan ketidak sngupan kita menydiankan rumpt dlm jmlah bnyak,maka dmodifikasilah pakanya jd pelet, nah kandungan pelet ini kadunganya hrus komplit seperti rumput,,
Edy Ssntt Nah Hampir semua pnyakit ternak kelinci dr kembung,mencret,lumpuh,induk gx nyusui,anak dorat arit, bisul,ngesot..gak birahi hamil semu dll..yg pertama nyagkuty kehabit yg kedua kenutrisi,shrusya smpean blajar habit dulu br ke nutrisi bikin pelet…tp g pa2 smga nanti paham, biar ad yg produksi pelet dtrengalek..
Anton Setyawan nuwun sewu suhu2 tteseh nembe bles,,,mkst nya habbit disini kbiasaan hidup ternak kelinci ea mas  ,braarti disini kita ea mas yg hrus mnyesuaikan kebiasaan ternak kelinci tsb! Monggo lebih dperjelas maleh ?
Edy Ssntt Masuk k protein..protein ini fungsinya, pembentukan hormonal,pertumbuhan,regenerasi sel,sumber energi..jika ternak kelinci kekurngan protein maka pertmbuhanya akan trgangu..kuntet..juga mengangu jalanya sistem hormonal pd ternak kelinci, tidak birahi2, gagal bunting…
Anton Setyawan lalu bahaan yg kndungan proteinnya tinggi apa saja mas ?
Edy Ssntt Semua bhan baku megandug protein,tp yg paling tingi dbungkil kdele, tepung ikan (tp ini bikin perdebtan jd g ush dbhas dsini)
Edy Ssntt Azzola jg tingi protein tp max 15% dr total formulasi
Anton Setyawan ea mas sya pernah itu lihat jdi ramai krena tp.ikan ….oh ea mas btw bungkil kedelai iku apa cetem/kulit ari kedelai .
Anton Setyawan brarti protein dsni memiliki peran trpenting ea mas dalam kita membuat bahan pelet untuk kelinci ,,lalu bgaimna mas dngan kebutuhan yang lainnya?
Edy Ssntt Dsarankan jikalau sudah pakai pelet jangn dikasih rumput,krna bs bikin masalah pencernaan…bukan rumputnya yg masalah…tp kadar serat kasar yg tidak ajek (naik dan turun) yg bikin masalah…
Anton Setyawan Mas Edy Ssntt mhon mas djabarkan lagi fungsi dri masing2 kndungan yg ada dlam pelet itu sndri selain protein
Edy Ssntt Jagan salah tangkap, peternakan dbogor juga mash pakai pelet+rumput,dan g ad masalah..
Edy Ssntt Yg dbutuhkan kelinci cuma kadar serat yg ajeg..bukan yg naik turun krna yg naik turun bkin masalah…tak kash contoh..misal kadar serat pelet 15%,ini dah bkin pencernaan ternak kelinci nyaman,kemudian dtambah rumpt kadar seraty berubh jd mengkat misal jd 19%..,
Edy Ssntt Kadar serat yg meningkat akan membuat pencernaan ternak kelinci semakin nyaman,tp pngaruhnya penyerapan kandugan nutrisi yg lain dlam usus akan berkurang..
Edy Ssntt Jika pencernaan ternak kelinci sudah nyaman dgn kadar serat 19% (pelet+rumpt),, kemudian karena hujan spnjanghari ato karena peternak ad acara shga tdk bs ngarit,otomatis pakan hanya pelet saja,dan kdar seratnya anjlok lg ke angka 15%..nah ini yg bikin masalah..
Anton Setyawan Knpa mas dbogor kok bsa ndak ada masalah dngan pengggunaan rumput .?
Anton Setyawan Dan bagaimna jika yg kita berikan itu adlah rumput yg sdah dkeringkan ,dan andaikan kata dkasih djerami kering apakah buruk untuk si kelinci ?
Edy Ssntt kenapa dsarankan kalo pakai pelet ndak usah pakai rumput karena kebanyakan ndak pada istiqomah/ndak ajek, misalnya ternak kelincinya sudah dipakan pelet,kemudian si dia jalan2 kesawah dan melihat rumput yang begitu menggoda,akhirnya ngaritlah dia,sudah dimatikan proses fotosintesisnya dan sebagainya…,tentu sj ketika dikasihkan ternak  kelincinya seneng baget,pencernaanya akan smkin nyaman, tapi suatu ketika rumpunya habis, atau lagi males ngarit, yang tadinya misalnya serat pelet 15% kemudianketambahan rumput seratnya berubah menjadi 19 % msalnya….yang beberapa minggu ternak  kelincinya sudah nyaman dengan serat 19% kemudian turun drastis kerena rumputnya dihilangkan,ya sudah bersiaplah untuk segala masalah pencernaaan kelinci…
Anton Setyawan Dan bila kita berikan serat kasarnya berelebihan apa tidak mnyebabkan sembelit mas?


Edy Ssntt ayo kembali kehabitatnya…kelinci itu dialam makan rumput..dan hampir semua hijauan rata2 kadar seratnya hampi 30%,,(kalo pelet sekitar 14-16%)dan mereka makan dalam jumlah banyak..dan tetap sehat tidak ada yang sembelit…sembelit itu justru kekurangan serat…jika seratnya kurang kenyamanan pencernaannya mulai terganggu,,bahkan bisa mencret..mankanya dia suka krikit2 kandang..(diluar pembahasan tentang gigi)..di mencari sumber serat dikandang untuk kenyamanan pencernaan yaitu bambu…lha yang gak boleh dia cari sumber seratnya dari bulu temennya ..lha dengan makan itu pencernaannya akan nyaman kembali..tapi ujungnya si bulu ini akan menghambat diujung pencernaan…jadi dilihat aja pas pagi kalo pakan harianya tidak habis cek kotorannya jika tidak normal berubah jadi kecil2…kadang2 seperti untaian tasbih
terkadang ada campuran bulu, ternak kelinci biasa aktif tapi menjadi lesu wajar karena ada sumbatan di saluran pencernaan….nutrisi ini nyambungnya kemana2…
Edy Ssntt jangan tanya cara ngobati sembelit looo yaa…nanti aku dipentungi sama yang jualan obat2an ………..lebih baik mencegah daripada mengobati…jika sudah parah kelinci sm sekali g doyan makan,kepala sering ndogak keatas,bnyak minum sampai bawah dagunya basah,kemudian lari muter2 kandag krna kesakitan,kemudian jatuh…megeluarkan suara mlengking dan akhrnya mati
Anton Setyawan Brarti slma ini pemhaman saya salah kaprah ea mas….sya mikirnya bila serat kasar yg berlebihan jdi sembelit ,brarti serat kasar dsni jga sangat mempengruhi disistem pencernaanya ea mas,,,?
Edy Ssntt kadar serat ini tidak ada yang diserap oleh tubuh ternak kelinci..makan sebakul keluar ya sebakul..makan 10 gram keluar ya 10gram tidak ada yang dicerna…tapi walupun begitu serat ini tetap penting bagi pencernaan kelinci
Anton Setyawan Saya kira serat jga dserap mas oleh tbuh kelinci ,skrang mulai tau mas!
Lanjut mas ?
Smbil nyatet dbuku
Edy Ssntt memang ada yang dicerna..namanya (digestible fiber)/ serat tercerna..diserap usus masuk peredaran darah besama asam empedu mengikat kolesterol kemudian dibuang lagi lewat usus…jadi cuman lewt aja gak diserap sama kelinci…lha asam empedu akan berkurang akhirnya hati akan mengambil cadangan lemak didalam darah dan jaringan sel untuk diubah kembali menjadi asam empedu..kelinci pun jadi kurus2…dan ini gak cocok untuk ternak kelinci pedaging…makin njlimet dan ruwet haha
Hendrik Yuniarto Berarti serat yg tll tinggi tidak baik buat penggemukan kelinci pedaging pak Edy Ssntt?
Edy Ssntt betull…tapi jika diturunkan dibawah level nyaman (11%-12%)maka akan mencret…
Edy Ssntt Pernah ad formulator yg menurunkan kadar serat smpai minimal yaitu 11-12%,agar penyerapan nutrisi lebih maximal,dprntukan untk kelinci pedaging,.tp yg terjadi adalh kelinci bnyak yg makan bulu/hairbal dan kemudian sembelit,,tp ad lg y menurunkan serat dangka 11-12% tp kelinci tetap nyaman,tidak hairball,pnyerepan nutris bisa maksimal, dan bobot kg’nya bs tercapai,tp ad caranya,krana ternak kelinci pedaging ini bikin ribut dantara peternak,jd caranya msh dsimpat dlam brangkas mash dgembok,.kita lanjut ke kadar lemak
Edy Ssntt Mash dserat, inti dr serat jangan suka menaik turunkan kadar serat secara mendadak,akibatnya akan timbul masalah yg brhubugan dagn pncernaan klnci,entah kmbung,mencret,dan smbelit…kelinci it bukan manusia,kelinci itu tdak butuh makanan yg bervariasi,,terkadang banyak yg brngapan ternak  kelinci it seperti unggas..dikash makan apa2 ok,, nasi sisa slametan kadang2 dcmpur dgn adonan comboran,, udah pasti kadar serat akan brubah lg…bsoknya lgsug timbul masalah pd pncernaan.entah kembung/mencret.tp lucunya yg dsalahkan cuaca. Malah ad yg bilang kembug dan mencret ad musimnya….padahal cm salah pemberian pakan yg tdak ajek, masih banyak yg beraggapan kelinci it seperti ayam,sapi,kambin, padahal sistem pencernaannya jauh berbeda…
Edy Ssntt Kembali kealam lg,kalo dialam liar kelinci memang makan hijauan yg brvariasi,banyak ragam dan macam,tp mereka tdak megalami masalah pencernaan,y karna memag semua hjaun dialam liar memiliki kdar serat yg rata2 sama yaitu skitar 30%,,jd berapun jumlah variasi jenis rumpt dialam yg dmakan kelinci..kadarnya seratnya akan tetap ajeg diagka 30%.jd tdak akan tmbul masalah…
Edy Ssntt Lha dgn pgunaan pelet kadar serat ini bs akan tetap ajeg..dagka yg dinginkan,,jd tdak akan bnyak timbul masalah pencernaan…tp terkadag yg pakai peletpun jg brmasalah juga,y mugkin krna belum tau,smga stlah membca tulisan ini jd tau,,contohy penambahn pelet+rumpt kemudian rumpt dambil secara mendadak,sprti yg sudah djelaskan datas…lalu peternak yg gonta ganti pelet,mingu ini pakai pelet produsen A..mingu kedua pakai produsen B, Jika kandugannya sama silahkan,tp jika berbeda akan timbul masalah..dan msh bnyak lg contohnya.
Anton Setyawan Skrang sudàh mulai paham mas sdkit semi sdkit,,dan sudah mulai meraba2 gmna agar ternak kelinci kita bsa sehat n ndak mudah kena mencret,kembung n sembelit

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *