Halaman Facebook




Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Kelinci beranak banyak dan cepat…kok bisa ?

Kenapa kelinci bisa beranak banyak dan perkembangannya cepat ?

kelinci beranak banyak
kelinci beranak banyak

Sistim hormonal kelinci berbeda dengan sistim hormonal manusia. Pada manusia setelah melahirkan akan terbentuk hormon prolaktin yaitu hormon untuk menyusui. Adanya hormon prolaktin ini akan menekan kerja hormon esterogen dan hormon progesteron. Padahal hormon ini hormon yg mempengaruhi pelepasan sel telur. Jadi Apabila hormon prolaktin aktif maka pelepasan sel telur dari indung telur tidak akan terjadi sehingga dalam keadaan menyusui wanita tidak mungkin bisa hamil karena tidak ada sel telur yg bisa siap untuk dibuahi.

Berbeda dengan kelinci. Kelinci ini hewan yang mempunyai keistimewaan dalam hal reproduksinya. Hormon menyusui dan hormon bunting bisa ada dalam waktu yg bersamaan. Jadi dalam kondisi menyusui yang artinya hormon prolaktin sedang tinggi-tinginya, tetapi hormon esterogen dan progesteron pun selalu siap untuk mendorong sel telur berovulasi. Dari situlah mengapa kelinci bisa dikawinkan setelah kelahiran. Jadi induk kelinci bisa bunting sambil menyusui.

Dalam setiap perkawinan kelinci ada sekitar 60- 70 sel telur yang dibuahi, dan lihat puting susunya rata2 ada 8 putting susu, jadi kilinci bisa melahirkan anak rata2 8 ekor atau lebih bahkan ada yang pernah mencapai 12-14 ekor.

perkembangan kelinci lebih cepat dari hewan pemakan rumput lainnya
perkembangan kelinci lebih cepat dari hewan pemakan rumput lainnya

Masalah jumlah anak sepenuhnya dipengaruhi induk betinanya, jadi anakan sedikit atau banyak karena kondisi sel telur atau oviduknya, penyebab kelinci beranak sedikit  sangat banyak, salah satunya karena postur kelinci yang pendek. Kalau punggung kelinci panjang maka tempat untuk berkembangnya janin lebih longgar sehingga kapasitasnya jumlah anaknya lebih banyak.

Untuk membuat agar tulang punggungnya memanjang (tidak melengkung) caranya adalah kelinci harus selonjoran terus, satunya cara adalah usunya harus terisi penuh, untuk membuat  usus kelinci terisi penuh kelinci harus terus-terusan makan. Kelinci akan berhenti makan kalau energy/ kalorinya sudah tercukupi.

Jadi supaya kelinci makan terus, maka kita kasih pakan yang ber energi rendah dan kadar serat yang tinggi, dengan demikian kelinci akan makan dan makan lagi karena dia merasa energinya belum tercukupi. Kadar serat yang tinggi akan memperpanjang massa transit makanan diusus, kondisi ini akan membuat postur juga ikut memanjang.

Begitulah kenapa kelinci bisa beranak banyak dan cepat. ( Diatas juga ada trik supaya kelinci beranak banyak ).

Eits…tunggu dulu.

Tidak semua kelinci beranak banyak karena memang jenis-jenis kelinci yang beranak banyak dan berpostur memanjang biasanya digunakan untuk kelinci pedaging berbeda dengan kelinci kelinci yang memang postur tubuhnya pendek dan beranak sedikit biasanya dipelihara hanya untuk ksenangan/hobi.

berbagai tipe badan kelinci
berbagai tipe badan kelinci

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • kenapa anak kelinci cuma sedikit

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alamat Perusahaan

Kebun Kelinci
Desa Bukur rt.12 rw.04
Kec. Jiwan Kab.Madiun 63161
Jawa Timur. Indonesia

Hp.085649561319 (sms/whatsapp)
Bbm : 5536E126
Email : kebunkelinci@gmail.com

Jam kerja :
Senin-Sabtu
07.00-16.00

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Jual Mesin Pellet Horisontal

Mesin Pellet Horisontal

Jual Mesin Pelet Vertikal

Mesin Pellet Vertikal

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak