Halaman Facebook




Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Merawat Kelinci Pada Musim Penghujan

pakan kelinci di musim penghujan

pakan kelinci di musim penghujan

Sering kali terjadi ketika kita menghadapi cuaca atau kondisi yang buruk berdampak pada kesehatan kelinci yang kita pelihara. Di berbagai negara yang mengalami 4 musim, kendala yang dialami para pemelihara atau peternak kelinci ialah ketika menghadapi musim dingin dimana ketersediaan rumput di lapangan menjadi kendala diakibatkan turunnya salju. Seperti yang kita tahu kebutuhan kelinci akan serat dari rerumputan ialah mutlak meskipun sudah ada pakan buatan pabrik yang mencampurkan kadar serat rumput pada pakan tersebut. Hal ini membuat peternak atau pemelihara kelinci di sana berpikir keras agar pada musim dingin peliharaan mereka tetap dapat mengkonsumsi rumput. Dari sinilah kita mengenal istilah “Hay Making” atau membuat hay, yaitu menyimpan rumput di dalam sebuah tempat penyimpanan dengan dikeringkan terlebih dahulu hingga kadar air pada rumput sekitar 15% dengan tetap memperhatikan kadar gizi yang ada pada rumput. ketika musim dingin rumput yang telah dikumpulkan dan disimpan tadi dapat digunakan untuk memberikan pakan pada hewan ternak.

Lain halnya di Indonesia negara tropis yang berlimpah flora dan faunanya sehingga ketersediaan rumput di lapangan masih memungkinkan sekalipun dalam kondisi hujan, namun seperti kata pepatah,”Lain Laut Lain Pula Badainya“. Justru masalah kesehatan kelinci yang berujung pada kematian di musim hujan cenderung meningkat dikarenakan suhu udara yang berubah, kondisi rumput yang mungkin tidak bisa diberikan dalam kondisi benar-benar layu karena sulitnya cahaya matahari masuk, hingga pada kekebalan tubuh kelinci sendiri yang menurun.

Masalah ini sebetulnya tidaklah begitu menghawatirkan bila kita sudah tanggap terlebih dahulu sebelum menghadapi cuaca ekstrim ini. Kebanyakan masalah kesehatan yang timbul ialah masalah pencernaan, diantaranya penyakit kembung dan diare yang sering menyerang kelinci di musim ini. hal ini mungkin disebabkan karena pemberian rumput dalam kondisi basah karena tidak memungkinkan untuk dijemur sehingga kadar air pada rumput meningkat dan mengakibatkan kelinci kembung atau mungkin diare. tidak hanya itu saja,bisa saja rumput yang dimakan terinfeksi oleh bakteri-bakteri jahat penyebab diare.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan bagi rekan-rekan sekalian ialah menjaga sanitasi kandang tetap bersih untuk meminimalisasi berjangkitnya kuman penyakit. usahakan rumput yang basah tadi dikurangi jumlahnya namun ditambahkan tumbuhan herbal untuk kelinci seperti daun pisang dan daun pepaya yang terbukti efektif mencegah kelinci dari kembung dan diare. bisa juga dengan memberikan air jahe agar tubuh kelinci tetap hangat walaupun ini hanya ocasional saja, disamping itu, persedian obat diare dan obat kembung komersil mutlak harus tersedia setiap saat sehingga bila masih ada kelinci yang mengalami kembung dan diare dapat segera diatasi. atau kita juga bisa membuat hay seperti pada penjelasan saya di atas sehingga kelinci kita tetap dapat mengkonsumsi rumput di musim hujan dan kita tidak perlu khawatir kelinci akan mengalami masalah pencernaan karena rumput yang basah. Semoga tips-tips ini membantu dalam merawat kelinci sehingga dapat meminimalisasi angka kematian pada kelinci.

Terima kasih 🙂

Incoming search terms:

  • kelinci di musim hujan
  • menjaga kesehatan kelinci di musim hujan
  • merawat kelinci di musim hujan
  • cara merawat kelinci saat musim hujan
  • Cara merawat kelinci di musim hujan
  • merawat bayi kelinci di mus
  • ternak kelinci di musim hujan
  • penanganan kelinci di musim hujan
  • cara mengurus kelinci kedinginan
  • tips merawat kelinci di musim hujan

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alamat Perusahaan

Kebun Kelinci
Desa Bukur rt.12 rw.04
Kec. Jiwan Kab.Madiun 63161
Jawa Timur. Indonesia

Hp.085649561319 (sms/whatsapp)
Bbm : 5536E126
Email : kebunkelinci@gmail.com

Jam kerja :
Senin-Sabtu
07.00-16.00

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Jual Mesin Pellet Horisontal

Mesin Pellet Horisontal

Jual Mesin Pelet Vertikal

Mesin Pellet Vertikal

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak