Halaman Facebook

Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci




Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

KENAPA KELINCI BISA TERUS MENERUS BERANAK BERIKUT PENJELASANNYA

 

 

 

TERNAK KELINCI PEDAGING AKAN BERANAK TERUS MENERUS

Post ini menurut aya penting, ini kelanjutan dari post sebelumya, 10 alasan kenapa anda gagal dalam beternak kelinci. Sengaja saya pisah supaya mendapat perhatian serius dari para pembaca. 

karena melakukan system istirahat pada induk kelinci, peternakan saya akhirnya mengalamikebangkrutan luar biasa, suntik dana terus menerus, modalpun sampai habis.. dan hutang makain menumpuk. 

 

 

ternak kelinci pedaging


 

System yang dulu saya pakai adalah periode perkawinan per 3 bulan.  Dan masa istirahat 1 bulan.  1 bualan untuk hamil dan 2 bulan untuk menyusui, kemudian 1 bulan untuk masa istirahat. Jadi total lamanya adalah 4 bulan.

 

Sekarang ini kita tidak brbicara tentang  untuk jual indukan tapi tentang masalah output ternak kelinci potong atau pedaging.

 

Dalam dunia ternak kelinci pedaging, tidak mengenal masa istirahat, karena memang dialamnya seperti itu. Jika kita melakukan hal itu sama saja kita  buang uang percuma. Kita ini usaha dan bukan memelihara seperti penghobies kelinci.

 

Bayangkan !!! kalu seekor induk pada masa istirahat. Menghabiskan pakan 100 gram saja perhari dengan harga 5000 / kg maka perhari kita buang percuma uang sebesar 500 rp/ ekor/hari, berate selama sebualan  tidak kurang dari 15 000 rp/ekor/ bulan.berarti kalu ditambah biaya2 biaya yang  lain,, missal biaya anak kandang, obat- obatan , biaya penyusutan kandang, / saung   tidak kuarang dari 30 % dari biaya keseluruhan. Maka kurang lebih biaya terbuang sebesar 21000rp/ekor/ bulan.

Nah kalu kita punya 10 induk  berarti kita buang duit sebesar 210.000 per periode perkawinan.laha kalu seratus ekor, itung sendiri aja deh… belum lagi jika gagal hail dan hamil semu..tambah kerugian lagi..

Induk kelinci itu memang tidak perlu istirahat, karena system reproduksinya yang luar biasa.. pada post sebelumya kana sudah diterangkan tentang bagaimana kehebatan system reproduksi hewan ini tinggal kita saja mau memanfaatkannya atau tidak…

KISAH SUKSES DIINDUSTRI KELINCI YANG WAJIB KITA TIRU

Dulu ketika saya awal mula beternak kelinci, juga karena sebuah blog kelinci, blog yang sungguh luar biasa, artikel- artikelnya sangat unik dan menarik. Tapi setelah dikunjungi nyatanya berbeda jauh dari isi blog haha… aku kecewa

Tidak hanya ane aja yang kecewa, ada TKI daru Brunei yang bela-belain pulang untuk ternakkelinci, begitu berkunjung ke alamat blog itu, haduh kok begitu .. hahaha..
 Tapi ya sudahlah itu masa lalu.. kami yang dulu gak kenal sekarang jadi teman akrab, kami bertiga jatuh bangun di peternakankelinci. Kelinci malam sehat, pagi2 udah kaku..pas dibedah , kita cuman bengong plonga-plongo kagak paham kenape dia bisa mati, sampai kekuatan dari alam gaibpun kita bawa-bawa, menjadi kambing hitam pada kematian ternak kelincikita. Haha… koplak… biasa mbiyen urung ngaji jadi masih gampang diapusi dari hal2 yang berbau mistis.


Dah gak ngitung lagi berapa biaya untuk ikut pelatihan dan seminar kelinci, kunjungan ke peternak kelinci dari yang satu ke yang lain, berapa rupiah yang sudah di keluarkan untuk kuota internet. Begadang siang malam, dan ane yang paling banyak diskusi disosmed tentang kelinci,   dan yang paling banyak dicaci maki, di bilang wong edan…haha… maaf karena dulu ane gaya diskusinya kurang sopan dan santun serta kurang lemah lembut…sampai sekarang kayaknya masih seperti itu..jadi maaf ya jika dalam penyampaian materi ternak kelinci ini ada yang kurang berkenan di hati saudara-saudara.


Itulah sedikit cerita masa lalu. Dan lihatlah sekarang. Dulu yang blognya gak sesuai kenyataan sekarang sudah punya brand sendiri kebunkelinci dot com. Yang satu lagi temen ane yang mantan TKI sebentar lagi akan launching resto sate kelincinya.

 
KESUKSESAN DI DUNIA KELINCI
Dalam proses bangkit dari kebangkrutan saya ketemu dengan buku yang bagus sekali, bukunya mas dewa. Beliau bilang” jika kamu ingin dibantu Alloh maka bantulah orang lain”, didalam hati kecil pasti bergejolak kalo lagi bangkrut bagaimana mungkin bisa bantu orang. Justru inilah Alloh sedang menguji ane, apakah saya yakin denganNYA atau tidak. Kalo yakin ya bantu orang sebanyak mungkin dengan cara yang saya bisa, sampai nanti Alloh melihat kesungguhanmu bahwa kamupun ingin dibantu olehnya.


“bantu orang lain, dibantu Alloh kemudian”.Barang siapa yang memudahkan urusan saudaranya didunia, niscaya ALLOH  akan memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat (HR. Muslim).

Jual Pakan Kelinci Pedaging, Kelinci Hias dan Murah

Sudah berapa lama Anda memberi pakan kelinci lokal maupun kelinci hias anggora Anda dengan pakan kelinci alami baik berupa rumput, daun-daunan maupun sisa hasil dari pertanian supaya kelinci cepat besar dan sehat?

Kebun Kelinci menyediakan pakan kelinci pedaging, kelinci hias dan pakan kelinci murah yang aman.

Harga pakan kelinci herbafeed

Harga pakan kelinci herbafeed

KELINCI KAMU MATI SECARA TIBA TIBA MUNGKIN INI PENYEBABNYA

 

Saya juga sering mengalami kelinci yang mati secara mendadak, sore masih sehat bugar akan tetapi pagi hari ketika kita akan menengok kandang kelinci sudah mati dalam keadaan membujur kaku tanpa nyawa, sebelum matI tidak ada perubahan yang mencolok pada kondisi kelinci, kesemuanya normal. Bahkan saya pernah mengalami kematian kelinci sejumlah 7 ekor sekaligus tanpa ada sebab yang pasti

Lalu saya menumui seorang dokter hewan yang ada di kab madiun, dan kata beliau ada beberapa penyebeb kelinci yang mati secara mendadak, berikut ini penjelasannya

Kelinci yang mempunyai fisik kurus akan kekurangan pakan dikarenakan kalah bersaing dengan kawan2nya ketika makan, oleh sebab itU kita sebagai peternak harus melakukan kOntrol yang menyeluruh terhadap semua kelinci, mana saja kelinci yang mengalami gangguan pada perkembangan tumbuhnya dan besar badannya yang tidak sama dengan saudara2nya. Yang seperti ini memang sudah masuk ke kategori seleksi alam,

 

Jika terjadi seperti ini maka akan bisa kita tangani dengan control penuh pada kelinci, masukkan kedalam kandang pisahkan dengan yang lain, kemudian kita beri makan sesuai porsinya.

kelinci reza

kelinci reza

Kesalahan pertama yang kami lakukan tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan sortir pada kelinci pada usai-usai tertentu, bukan lantaran tidak paham sistem pensortiran namun karena jumlah ternak yang sudah cukup banyak sehingga usaha melakukan sortir hanya kami lakukan pada saat proses pemindahan ke kandang baterai setelah kelinci sudah mulai disapih oleh sang induk. Proses dan usaha penimbangan kelinci sudah jarang dilakukan terutama pada variatis kelinci yang sudah umum kami ternakkan.

 

kesalahan kedua adalah kelinci-kelinci yang harusnya mendapatkan perhatian khusus. Kelinci-kelinci ini lalu tumbuh menjadi kelinci yang rentang terkenal wabah dan penyakit yang ternyata berakibat buruk bagi kesehatan kelinci. Kematian mendadak kelinci ini lalu mencuat pada saat pertangahan musim hujan dimana suhu semkain turun dan tidak sedikit rumput yang dihinggapi penyakit. Kelinci yang bertubuh gendutdan gemuk lebih bertahan dibandingkan dengan kelinci yang bertubuh kurus akibatnya kematian pada hampir seluruh kelinci berukuran kurus seolah-olah disebabkan oleh wabah ganas, padahal cuma lantaran kurang perhatian terutama pakan.

 

Karena kematian mendadak pada kelinci dan penambahan anak kandang baru sama-sama memakan biaya produksi, solusi berikutnya dikenal sebagai melakukan sortir yang teratur pada setiap fase pertumbuhan kelinici, solusi ini masih dalam bentuk perencanaan lantaran tentu bakal dibutuhkan tambahan anak kandang baru yang tentu saja akan menambah biaya pengeluaran produksi, nah masalah ini sedikit perlu disikapi lebih baik Pertimbangan kembali.

 

BERIKUT TIPS CARA MENEKAN ANGKA KEMATIAN ANAKAN KELINCI YANG TINGGI

 

 

Ketika induk kelinci sudah beranak banyak, dan induk kelinci masa menyusui sudah ok, sudah mulai terbayang masa panen kedepannya. Tapi ketika sampai masa usia sapih, hancur sudah semuanya.. sore menjelang malam masih sehat pagi2 udah membujur kaku tak bernyawa.

 

kandang outdoor

 

Kembali ke laptop!!!

 

pertama yang paling banyak  menimpa anakan kelinci sapihan itu adalah overfeeding/ kelebihan pakan, biasanya umur kelinci sapihan itu nafsu makannya berlebihan, peternaknya pun sangat senang sekali karena kelincinya aktif makan. Pakan yang diberikan jadi berlebihan. Tapi sayangnya nafsu makan yang tinggi belum diimbangi dengan perkembangan hormonal dan enzim pencernaanya. Dan ujungnya jadi kembung keesokan harinya. Jadi solusinya adalah atur pola pakan, batasi pakan. Pakan sedikit lebih baik dari pada ternak kelinci

kenyang.

 

Kemudian penyapihan.

 

Pada saat penyapihan yang seharusnya dipindah kandangkan adalah indukannya bukan malah sebaliknya anakannya yang dipindah kandangkan. Yang seperti itu malah akan membuat anakan kelinci jadi stress.


Tapi ada kasus juga ketika masa penyapihan induk kelinci juga posisi hamil lagi, jadi tidak mungkin juga memindahkan induknya, memindahkan anakannya juga tidak mungkin, jadi solusi mereka adalah kandang sapih mandiri. 

Induk kelinci memiliki 3 plong kandang, kemudian diantara sekatnya diberi pintu, jadi ketika pintu dibuka anakan kelinci akn bermain main di kandang no 2, kita tutup pintu beri pakan dan air minum,ketika induk kelinci melahirkan anakan sapihanya sudah ada pada kandang no 2,. Ketika induk pada kandang memasuki masa sapih dilakukan seperti diats lagi, dan ketika anakan dikandang no 3 sudah siap.. sudak ok, hormone dan enzim emzim pencernaannya sudah ok maka baru kita pindah kandangkan ke kandang pembesaran.

 

Cara ini bisa menekan angka kematian anakan kelinci masa sapih sampai dibawah 3%.

kami kekurangan ide untuk menulis…yang masih ada kesulitan dikandang..yang belum dibahas  di blog ini..silahkan koment dimana post ini dishare..atau inbok kami.