Halaman Facebook

Jual Abon Kelinci Sehat ICHIBON

Jual Pakan Kelinci

Jual Pakan Kelinci

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci




Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Posts tagged prospek ternak kelinci 2017

KISAH SUKSES PETERNAK KELINCI YANG SEKARANG SUDAH BISA MENSUPLAI DAGING KELINCI SEHAT

Pernahkah Anda menganggap peternakan kelinci sebagai peluang bisnis paling baik?

 

Meskipun daging kelinci mungkin tidak  sefamiliar seperti ayam , daging sapi atau kambing , tidak diragukan lagi peternakan kelinci  adalah bisnis yang sangat menguntungkan; Setiap tahun, lebih dari satu juta ton daging kelinci dikonsumsi di seluruh dunia.

Empat produsen dan konsumen daging kelinci terbesar di dunia adalah: Cina, Italia, Spanyol dan Prancis. Lha di Indonesia bagaimana???  Di Afrika, konsumsi daging kelinci terus mengalami peningkatan dan beberapa peternak kelinci di benua tersebut sudah menikmati manfaat dari bisnis peternakan ini.

daging kelinci mengandung protein dengan kandungan paling banyak dan kolesterol dan lemak terendah dari semua jenis daging. Kelinci juga mudah dibesarkan, kelinci suka kebersihan dan membutuhkan sedikit modal, tenaga kerja, waktu dan ruang untuk pengelolaanya

Artikel ini akan membuka mata Anda untuk manfaat yang luar biasa dari bisnis kelinci. Saya sangat  senang melakukan penelitian tentang bisnis kelinci ini. Saya harap temen2 senang membaca artikel ini.

Di Afrika sudah banyak  peternak kelinci yang memulai dari nol dan kini telah memjadi usaha peternakan kelinci yang sangat sukses. Keberhasilan mereka tidak terlepas dari tantangan modal. Mari kita bertemu mereka!

 

Brown  Farmer (Ghana)

Salah seorang warga Ghana  bernama adotei brown keluar dari dinas sipil.. yo mungkin kalo diindonesia PNS kali yaa…beliau keluar dari pekerjaan tersebut pada tahun 2002. Dan untuk memulai peternakan kelinci dalam skal kecil dengan 3 ekor kelinci betina dan 1 ekor krlinci jantan. Dengan hanya modal 3 dolar..kalo sekarang berpa ya.. hitung sediri dah kalo dirupiahkan berapa…

Beliau menginfestasikan semua keuntungan dari peternakan kelinci ini, untuk membesarkan perternakan kelinci tersebut. Dan hingga saat ini peternakannya bisa menghasilkan 3.000 kelinci setiap tahunnya. Dan menyembelih sekitar 500 ekor disetiap minggu untuk dijual di toko daging , restoran dan hotel.

Pak brown sudah menjadi pioneer untuk mengkonsumsi daging kelinci di Ghana. Beliau  memiliki restoran khusus untuk daging kelinci di peternakannya, yang menarik pengunjung, termasuk turis.

 

Restorannya menyajikan daging kelinci yang lezat dalam berbagai bentuk: panggang, diisap dan dimasak dengan berbagai resep masakan. Dia juga memiliki usaha penanaman rumput yang tumbuh subur (nandur suket istilahe) yang berada berdampingan dengan peternakan kelinci.

 

Pak Brown telah mendedikasikan dirinya untuk melatih lebih banyak anak muda di Ghana untuk mampu mengelola peternakan kelinci. Untuk meyakinkan pasar yang bagus  bagi generasi muda petani, beliau melatih, beliau membeli kelinci dewasa dari mereka untuk memastikan mereka memiliki arus kas yang mantap dari bisnis ini. Nah ini lho yang belum ada diindonesia..da sih tapi mung golek untuk thok…

 

Yang kedua  pak Moses Mutua, CEO Rabbit Republic (Kenya)

Peternakan  Kelinci di Afrika yang paling Populer ya itu peternakannya punya bapak moses metua, jaman dulu sih katanya artikel  bapak Moses Mutua  ini tumbuh dalam keluarga miskin dan tidak dapat melanjutkan pendidikannya karena keluarganya tidak mampu membayarnya. Kasihan baget sampean pak,….

 

 

Dan bapak moses ini sebernernya cita2  selalu ingin menjadi polisi, tapi beliau  tak pernah sampai pada mimpinya  itu. Sebagai gantinya dia mendapat pekerjaan sebagai satpam dan menjalaninya  selama lima tahun sebelum dipecat.

Sebelum menjadi Mr. Rabbit, julukan terkenalnya di Kenya. Pak  Moses sudah mencoba pertanian rumah kaca, peternakan ikan , pertanian organik, namun pilihannya jatuh pada kelinci karena mereka adalah hewan piaraan yang paling menguntungkan di dunia dalam hal waktu, monak-manak wae maksudnya/atau perkembangbianya cepet, gak banyak butuh lahan yang luas dan margin keuntungan besar. Haha pak moses memang cerdas.

 

Pak mose  belajar segala hal tentang peternakan kelinci dari internet (dengan menggunakan Google) dan akhirnya memulai peternakan kelinci skala  kecil dengan hanya enam kelinci.

Hari ini, Rabbit Republic perusahaan punya pak moses ini memiliki omset yang lebih dari  (sekitar $ 100.000) kalo dirupiahkan 100.000 x 13.500=1.350.000.000 .. waoooo sak milyar mblooo…..dan menyembelih sekitar 2.000 kelinci setiap bulannya.

 

Bisnisnya telah menarik investor dan pak Moses saat ini sedang mengembangkan lahan seluas lima hektar yang akan membiakkan sekitar 30.000 kelinci. Coba deh cari Video di youtube beliau yang sedang beraksi di ladangnya saat  beliau  menjelaskan profitabilitas bisnis peternakan kelinci dan mengapa lebih banyak pengusaha harus mempertimbangkannya secara serius…

Perusahaan Kelinci Republik sekarang memiliki jaringan lebih dari 1.000 petani kelinci di Kenya yang mendapat pelatihan dan dukungan gratis dan pada mereka tidak kesulitan masalah pemasaran karena mereka bisa langsung  menjual kelinci dewasa mereka ke perusahaan.

Rabbit Republic sekarang telah membuka peternakannya di negara-negara tetangga; Uganda dan Tanzania. Tapi bukan itu saja. Pada pertengahan 2015, perusahaan  mengekspor satu ton sosis kelinci ke AS dan Eropa di mana permintaan akan daging sehat (seperti kelinci) suangat banyak sekali.

Dengan kelinci  membuat Negara Kenya menjadi pemain utama di pasar daging kelinci global yang belum dimanfaatkan. Saat ini, China, Italia, Spanyol dan Prancis merupakan produsen daging kelinci terkemuka yang telah mendapatkan reputasi sebagai ‘daging super’ karena manfaat nutrisinya dan kesehatannya.

 

Perusahaan Kelinci Republik puya pak moses sekarang bermitra dengan universitas dan organisasi lokal / internasional untuk melatih lebih banyak pemuda dan wanita tentang pertanian kelinci sebagai sarana untuk mengurangi kemiskinan. Sampean memang josss tenan pak.. semoga aka nada segera diindonesia.

Yang ketiga BapakeCharles Kamau (Kenya)

Pak Charles memulai sebuah peternakan kelinci kecil pada tahun 2004 untuk menyediakan pupuk organik untuk pertanian sayurannya . Dia kehilangan pekerjaannya di industri perhotelan dan harus melakukan sesuatu untuk memberi makan keluarga barunya. Pak Charles iki nganten anyar kayaknya… Usaha pertamanya untuk memelihara kelinci keno bencana  lha trus beliau  kehilangan semua kelincinya karena penyakit. Pado karu aku pak….hahaha

Terlepas dari frustrasinya, dia melakukan penelitian dasar, belajar dari kesalahannya dan memulai lagi. Kali ini beliau sukses besar dan beliau bahkan harus menghancurkan sebagian rumahnya untuk menciptakan lebih banyak ruamah kandang untuk bisnis kelinci yang terus berkembang.

Pak Charles Kamau memiliki berbagai jenis kelinci yang dijualnya kepada petani baru dan juga memelihara kelinci yang kami suplai ke pasar daging lokal.

Pelanggan utamanya termasuk warga negara asing yang tinggal di Kenya, restoran dan hotel bintang lima. Bahkan, dia pernah mendapat perintah dari China untuk memasok 22.000 potong bulu kelinci angora namun beliau  tidak dapat memenuhi permintaan besar tersebut.

Pak Charles mengatakan bahwa dia sekarang dapat menghemat lebih dari  $ 220 setiap bulan dari bisnis kelincinya.220$ yo sekitar 3 juta paling… Bisnis kelincinya  juga menghasilkan uang untuk memberi makan keluarganya dan membayar uang sekolah untuk anak-anaknya yang bersekolah di sekolah swasta.

 

Beberapa tahun yang lalu, dia bisa membeli beberapa bidang tanah di Nairobi (ibu kota Kenya) dan baru saja membeli sebuah mobil dan tanah seluas 12 hektar di mana dia berencana mendirikan peternakan kelinci yang jauh lebih besar. Joss pak….

3 Alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan peternakan kelinci secara serius..baca ini mbloo….

 

Kisah sukses para peternak kelinci ini membuktikan potensi bisnis peternakan kelinci yang besar dan sebagian besar belum dimanfaatkan di Afrika. Opo meneh di Indonesia sangat amat belum sekali dimanfaatkan hanya sedikit sekali..bisa dihitung jari.. Pada bagian ini, saya akan mengungkapkan tiga alasan utama mengapa kita harus mempertimbangkan peluang bisnis peternakan kelinci secara serius.

 

Ada peluang pasar yang besar untuk kelinci

Tingkat pertumbuhan penyakit jantung dan penyakit terkait telah meningkatkan kesadaran akan efek berbahaya kolesterol dalam makanan kita. Lebih banyak orang sekarang mencari daging ‘putih’ yang mengandung kolesterol dalam jumlah rendah. Tidak seperti ‘daging merah’ (terutama daging sapi dan kambing), daging putih seperti burung unta , unggas , ikan dan daging kelinci mengandung lebih sedikit lemak dan kolesterol dan memiliki manfaat kesehatan yang lebih tinggi.

Selain ikan, daging kelinci memiliki jumlah protein tertinggi dan mengandung lemak terendah dibanding semua jenis daging lainnya. Dagingnya mengandung sedikit kalori dan sodium daripada daging lainnya namun mengandung lebih banyak kalsium dan fosfor (yang sangat bagus).

 

 

Sebagai hasil dari sifat ini, daging kelinci telah menjadi ‘daging super’ bagi orang yang ingin makan daging yang sehat dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Daging kelinci juga sangat banyak diolah dan dimasak. Tidak seperti babi dan sapi (dibali)  , hampir tidak ada  agama atau budaya yang melarang tentang mengkonsumsi daging kelinci.

Lebih dari 700 juta kelinci disembelih di seluruh dunia setiap tahun, menghasilkan sekitar 1 juta metrik ton daging kelinci. Pemimpin dunia dalam produksi daging kelinci adalah China, mewakili lebih dari 30% dari total produksi global.

Daging kelinci sangat populer di negara-negara seperti Italia, Spanyol, Prancis dan China.negara timur tenga seperti arab juga. Negara-negara ini mengkonsumsi kelinci terbanyak per orang (sekitar 8kg per orang) dan merupakan pasar ekspor terbaik untuk daging kelinci.

Kelinci menghasilkan kulit berkualitas tinggi yang digunakan untuk membuat pakaian bulu (seperti pakaian, topi dan sepatu ), dan lain-lain. Kegunaan penting lainnya adalah di laboratorium penelitian kosmetik, medis dan farmasi. Ato biasane disebut kelinci percobaan. Kelinci juga dibeli oleh orang yang ingin menjadikannya hewan peliharaan.

 

Peternakan  kelinci sangat menguntungkan karena kelinci berkembang biak dengan sangat cepat

 

Seekor kelinci betina bisa melahirkan  hingga 40 bayi kelinci dalam satu tahun. Ini berarti Anda bisa memulai dengan dua kelinci pengembangbiakan sepasang kelinci dan menghasilkan  lebih dari 40 kelinci dalam waktu kurang dari 12 bulan. Itu karena kelinci bisa berkembang biak sepanjang tahun dan dibutuhkan sekitar satu bulan (30-33 hari) untuk hamil dan melahirkan bisa langsung kawin lagi.

Setelah mereka lahir, kelinci tumbuh sangat cepat dan bisa mencapai kematangan dan ukuran potong dalam waktu kurang dari 6 bulan. Salah satu alasan tingkat pertumbuhan cepat ini adalah kelinci adalah konverter efisien dari makanan yang mereka makan. Artinya makanan yang dimakan ceopet jadi daging .Dibandingkan hewan ternak lainnya (unggas, sapi, babi dll), kelinci mengubah hingga 20 persen protein yang mereka makan menjadi berat badan, lebih tinggi dari binatang lainnya!

 

Seekor kelinci potong  yang siap dipasarkan bisa menjual hingga $ 22 (tergantung lokasi dan pelanggannya). Namun, biaya untuk memelihara kelinci mencapai sekitar $ 1 per bulan. Menurut pak  Moses Mutua (CEO Rabbit Republic), sumber daya dan biaya yang dikeluarkan untuk membesarkan seekor sapi setara dengan yang Anda gunakan untuk meningkatkan 40 kelinci. Akibatnya, kelinci menawarkan potensi keuntungan lebih tinggi daripada ternak dan ternak lainnya.

Dan karena kelinci siap kawin dengan cepat dan berkembang biak dengan sangat cepat, mereka menawarkan salah satu peluang terbaik untuk segera memulihkan biaya dan investasi kita dalam waktu singkat.

Mudah untuk memulai, murah  dan mudah  dipelihara (kalo tau ilmunya)

Kelinci tidak memerlukan persiapan yang rumit atau modal besar untuk memulai. Anda bisa mulai dengan dua kelinci (jantan dan betina) dengan menggunakan kandang dasar yang terbuat dari kayu dan kawat ram.

Tidak seperti ayam, sapi , kelinci bukan binatang yang ribut. Mereka adalah hewan yang sangat bersih dan tidak mudah terserang penyakit. (kalo ngerti ilmunya lagi)

Yang terpenting, kelinci tidak membutuhkan banyak tempat seperti ternak lainnya; Ini adalah hewan yang ideal untuk dibesarkan di halaman belakang rumah kita atau tempat manapun dengan sedikit ruang.

Membesarkan kelinci tidak sesibuk seperti ternak dan unggas. Kelinci sangat doyan makan dan seringkali tidak perlu banyak perhatian. Akibatnya, bisnis peternakan kelinci bisa dijalankan secara paruh waktu.

 

Beberapa limbah dapur, rumput, daun tanaman dll merupakan makanan favorit kelinci. Padahal, kelinci tunggal membutuhkan sekitar 120 gram makanan setiap hari. Anda bisa memberi makan di pagi hari sebelum Anda pergi bekerja dan kemudian di malam hari saat Anda kembali. Enak kan sambil kerj bisa pelihara kelinci

Jadi, dalam hal modal, waktu, kebutuhan ruang dan tenaga kerja, peternakan kelinci mengalahkan unggas, peternakan kambing, dan peternakan sapi.

Siap memulai peternakan kelinci Anda sendiri? Berikut ini adalah dua tips penting.

Belajarlah…

Ikut pelatihan kelinci atau membayar seseorang untuk mengajari Anda cara memelihara kelinci. Gak usah….. Orang-orang seperti pak  Moses Mutua (Rabbit Republic) belajar segala hal tentang peternakan kelinci di internet.

Ada banyak panduan gratis dan video online yang akan membantu kita. Saya telah mengerjakan beberapa artikel untuk Anda dan menemukan blog terbaik di internet yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari semua hal yang perlu Anda ketahui tentang peternakan kelinci. Di mana ya diblog ini..industri kelinci

Blog ini yang  paling komprehensif mengenai peternakan kelinci yang pernah Anda temukan. Ini berisi semua yang perlu Anda ketahui tentang kelinci termasuk pembiakan, penyembelihan dan pengemasan(yang ini belum hehe). Saya sangat merekomendasikannya.

Blog yang bagus untuk mempelajari segala hal tentang peternakan kelinci. Blog ini ditulis dalam bahasa yang sangat sederhana yang membuatnya mudah dimengerti. Ini mencakup banyak topik termasuk bagaimana membangun kandang kelinci dan penyakit umum yang mempengaruhi kelinci. Anda pasti akan senang membacanya.

Yang kedua.. pikirkan mau ternak kelinci berapa ekor..lihar diri temen2 sendiri.. sudah sampai mana belajarnya.Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, modal  minimum yang Anda butuhkan untuk memulai adalah satu ekor jantan (buck) dan satu kelinci betina (doe).

Mintalah peternak kelinci sekitar kita yang bisa menjual bibit.pilih peternak kelinci yang baik. Ya karena memang ada sebagian peternak kelinci yang nakal…hahaha  Mintalah bukti yang membuktikan jenis kelamin kelinci yang Anda beli sehingga Anda tidak tidak membeli dengan kelamin yang sama.

Perlu diingat bahwa ada beberapa jenis kelinci. Namun, beberapa breed lebih cocok untuk pertanian komersial daripada yang lain.

Generasi komersial/kelinci potong  tumbuh dalam ukuran besar dan menghasilkan lebih cepat. Ada kelinci yang seringkali lebih kecil dari breed komersial, sangat populer digunakan sebagai hewan peliharaan atau dibesarkan untuk diambil bulunya dan mungkin tidak sesuai untuk produksi daging komersial.

 

Tempat terbaik untuk menemukan peternak  kelinci adalah facebook…kalo dipasar hewan… walah nanti bisa nyesel…cari perternak kelinci di facebook dan kunjungi kandangnya.

KISAH SUKSES DIINDUSTRI KELINCI YANG WAJIB KITA TIRU

Dulu ketika saya awal mula beternak kelinci, juga karena sebuah blog kelinci, blog yang sungguh luar biasa, artikel- artikelnya sangat unik dan menarik. Tapi setelah dikunjungi nyatanya berbeda jauh dari isi blog haha… aku kecewa

Tidak hanya ane aja yang kecewa, ada TKI daru Brunei yang bela-belain pulang untuk ternakkelinci, begitu berkunjung ke alamat blog itu, haduh kok begitu .. hahaha..
 Tapi ya sudahlah itu masa lalu.. kami yang dulu gak kenal sekarang jadi teman akrab, kami bertiga jatuh bangun di peternakankelinci. Kelinci malam sehat, pagi2 udah kaku..pas dibedah , kita cuman bengong plonga-plongo kagak paham kenape dia bisa mati, sampai kekuatan dari alam gaibpun kita bawa-bawa, menjadi kambing hitam pada kematian ternak kelincikita. Haha… koplak… biasa mbiyen urung ngaji jadi masih gampang diapusi dari hal2 yang berbau mistis.


Dah gak ngitung lagi berapa biaya untuk ikut pelatihan dan seminar kelinci, kunjungan ke peternak kelinci dari yang satu ke yang lain, berapa rupiah yang sudah di keluarkan untuk kuota internet. Begadang siang malam, dan ane yang paling banyak diskusi disosmed tentang kelinci,   dan yang paling banyak dicaci maki, di bilang wong edan…haha… maaf karena dulu ane gaya diskusinya kurang sopan dan santun serta kurang lemah lembut…sampai sekarang kayaknya masih seperti itu..jadi maaf ya jika dalam penyampaian materi ternak kelinci ini ada yang kurang berkenan di hati saudara-saudara.


Itulah sedikit cerita masa lalu. Dan lihatlah sekarang. Dulu yang blognya gak sesuai kenyataan sekarang sudah punya brand sendiri kebunkelinci dot com. Yang satu lagi temen ane yang mantan TKI sebentar lagi akan launching resto sate kelincinya.

 
KESUKSESAN DI DUNIA KELINCI
Dalam proses bangkit dari kebangkrutan saya ketemu dengan buku yang bagus sekali, bukunya mas dewa. Beliau bilang” jika kamu ingin dibantu Alloh maka bantulah orang lain”, didalam hati kecil pasti bergejolak kalo lagi bangkrut bagaimana mungkin bisa bantu orang. Justru inilah Alloh sedang menguji ane, apakah saya yakin denganNYA atau tidak. Kalo yakin ya bantu orang sebanyak mungkin dengan cara yang saya bisa, sampai nanti Alloh melihat kesungguhanmu bahwa kamupun ingin dibantu olehnya.


“bantu orang lain, dibantu Alloh kemudian”.Barang siapa yang memudahkan urusan saudaranya didunia, niscaya ALLOH  akan memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat (HR. Muslim).

APAKAH ANDA TAHU SEMUA BAGIAN DARI KELINCI BISA MENJADI UANG TERMASUK TULANGNYA BERIKUT PENJELASANYA

TERNAK KELINCI = TERNAK UANG



Kotoran kelinci pendulang uang

 
Pupuk organic yang sedang banyak dibutuhkan para petani dan pengusaha agribisnis adalah potensi yang sangat luar biasa.
Sebetulnya ane lebih suka dengan kandang yang single dengan tanpa penampung urine yang kotoran dan urine langsung jatuh ketanah.tapi karena urine kelinci mengadung nilai ekonomis juga sebagai pupuk cair organic maka  banyak peternaka kelinci yang mendesign kandang dengan penampung urine.


Tapi kalo ane lebih suka jika langsung jatuh  ketanah, kemudian kita tambahkan sodas/ serbuk gergaji/ limbah baglog jamur/ serbuk sabut kelapa/cocopiet.untuk ditaburkan diatas fases. Ini sanagat membantu mengurangi pengaruh bau pesing urine kelinci atau bau amoniak dari urine kelinci. 
 
Penggunaan serbuk kayu atau gergai kayu lebih murah karena limbah. Sedangkan cocopiet harus beli, tapi campuran cocopiet dengan  kotoran dan urine kelinci bisa kita packing lansung sebagai media tanam dan bisa kita jual langsung dalam bentuk kemasan ataupun karungan. 
Hasil penjualan ini bisa mengurangi bahkan juga bisa membiayai upah anak kandang, jika kita punya anak kandang.artinya kita sudah mengurangi 10% biaya , dan ini keuntungan buat kita peternak kelinci.
 
 
Lalu kemana harus memasarkan yang paling sip adalah ditempat penjual tanaman hias, buat kemasan yang menarik, pasarkan disosial media, mau dipost diblog ini juga boleh, memang blog ini digunakan untuk membantu para peternak kelinci diseluruh Indonesia. Termasuk untuk memasarkan produk turunan dari kelinci, baik itu olahan kelinci ataupun pupuk dari kelinci, kandang peralatan kelinci serta yang lainnya..
 
 
Ada idee yang lebih menarik lagi dengan kita menanam banyak jenis sayuran..jika punya banyak lahan kosong tanam berbagai jenis sayuran..salah seorang teman  di karanganyar..menanam sayuran dalam jumlah yang lumayan walaupun sebenarya tidak punya lahan, yang digunakan untuk bercocok tanah adalah pinggiran jalan2 desa dengan diberi berjajar polibag yang berisi sayuran..banyak tetangga yang ikut tertarik ternyata.. akhirnya semakain lama semakin banyak tidak hanya mencukupi kebutuhan dapur tiap2 rumah tangga, ternyata masih sisa untuk bisa dijual..akhirnya ya banyak tukang sayur, biasanya bapak2 tukang sayur pagi2 ambil sayuran di warga tersebut.  Dengan cara  satu rumah sebagai penampung  hasil sayuran dari tetangga tetangganya disetor ketempat pengepul sayuran tsb..
 
 
Potensi kulit dan bulu kelinci
 
 
Di komunitas kami belum ada yang menuju ke fur (bulu/wool)kebanyakan semua kejenis kelinci pedaging, dan bulu kelinci pedaging biasanya sangat kusam. Baru sekedar kerupuk kulit dari kulit kelinci. Rasanya yang luar biasa melebihi rasa kerupuk kulit sapi yang paling berkualitas sekalipun.
Ada lagi ekor kelinci yang digunakan sebagai kerajinan hiasan gantungan kunci, 
 
Potensi pakan kelinci atau pellet
 
Pangsa pasAr pellet kelinci sangat luas dan dicari banyak peternak kelinci.kebanyakan yang beredar sekarang adalah jenis pellet untuk kalangan penghobies kelinci yang diperuntukkan untuk jenis2 jenis kelinci kontes.
Untuk pasar pellet kelinci pedaging pasar pelEt sangat terbuaka luas seiring dengan perkembangnya peternak kelinci diindonesia. Juga karena kompor tulisan Saya tentang rumput dipost sebelumnya banyak sekarang peternak kelinci yang beralih kepelet hahahah..
 Ya buklan bermaksud untuk ngompori lha memang kenyataannya seperti itu, dengan pelet segalanya lebih mudah dikontrol. DengNa pelEt kita akan bisa menimbun peElt dalam jangka waktu yang lama.
 Pasar pellet kelinci pedaging terutama di jawa tengah dan jawa timur permintaan dari hari kehari terus meningkat. Coba lihat produsen pellet kelinci ernafeed. Tiap hari produksi pellet terus menerus, sepertinya pesanan pelet kelincinya terus menerus datang.
Gambar erna feed
Jika membutuhkan informasi tentang pellet. Silahkan hubungi ling fb yang ada dibawah gambar pellet keinci diatas. Atau mau membuat pellet kelici sendiri, kemudian mau dipromosikan disini juga boleh… aslkan peletnya satu keilmuan dengan komunitas kami…
 
 
Potensi kandang kelinci
 
 
Kalu kita bisa buat kandang kelinci yang bagus dari bahan kawat dan bamboo. Kenapa tidak kita jual saja?? Kandang kelinci adalah persoalan yang paling mendasar pagi para peternak kelinci, ingat perkembangan peternakan kelinci harus diawali dengan perkembangan kandangnya dulu baru kemudian kelincinya. Jangan sampai terbalik kalo sampAi terbalik maka celakalah kita. karena over populasi mengakibatkan tingkat kesehatan juga menurun dan ini berakibat  kerugian diambang mata, tadinya kita pikir akan untuk malah buntung.
 
 
Kandang yang terbuat dari besi kawat anti karat sangat banyak dicari peternak kelinci, karena biasanya bisa tahan sampai 3-7 tahun, walaupun harganya agak sedikit mahal. Yang membutuhkan kandang galvanis bisa mengontact fb teman saya. Bisa dikirim keseluruh wilayah Indonesia.
 
 
Potensi penjualan botol minum kelinci.
 

Dulu saya menggunakan wadah tempat minum dari batok kelapa yang diberi pengait kawat. Tapi karena seringnya kelinci minum maka sebentar2 habis dan harus mengisi ulang lagi, bikin kita jadi repot karena harus terus mengisi. Jika kelincinya banyak yang paling siip adalah dengan menggunakan nipple untuk minum kelinci, disambung pararel dengan selang dan 1 wadah besar untuk menampung air.ini sangat praktis dan memudahkan pekerjaan kita atau anak kandang. Segera hub produsen nipple untuk minum kelinci dan bisa kita jual didaerah kita masing2.
 
Potensi penjualan wadah pakan,
 
 
Saya biasanya mengunakan wadah pakan dari gerabah. Karena ditempat ane dekat dengan pengrajin gerabahnya jadi bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah.dulu saya juga ngurusi pesanan wadah pakan dari gerabah.tapi karena pekewoh sama anak perawan pengrajin  wadah pakannya sekarang udah enggak lagi..hahaha bisnis kok pekewoh…!!!!jadi jika mau pesan hubungi fb teman ane aje…wkwkw
 
Membicarakan kelinci dengan segala potensinya tak akn pernah sellesai apalagi diblog ini. Sampai ketemu dipost selanjutnya.

SIMAK TIPS BERIKUT AGAR TIDAK TERJADI KEGAGALAN DALAM BETERNAK KELINCI

 

 

KENAPA ANDA BISA GAGAL DALAM BETERNAK KELINCI

 

Artikel yang saya tulis ini adalah pengalaman dikomunitas kami,  dari sekian post di group mercy saya ambil yang penting saja , jika tulisan ini tidak sesuai atau tidak cocok dengan yang anda alami,saya mohon maaf sebelumnya, dan mohon kritik dan sarannya dikomentar..atau dimana artikel ini dishare nantinya.. untuk perbaikan blog ini kedepannya agar lebih bermanfaat bagi para pembaca .

 

 

1.     Buta  Tentang ternak kelinci.

 

 

SILAHTURAHMI PETERNAK KELINCI

Seperti slogan di komunitas kami slogan yang sering dibahas di group mercy yaitu “GET INTO THE RABBIT HABIT”, kembalikan kelinci kekehidupan/ kebiasanya dialam liar. Ini adalah pelajaran paling dasar dalam ternak kelinci

, pelajaran yang menurut kami paling sulit, dan ruwet. Butuh kecerdasan dalam berfikir, yaitu

mengembalikan ternak kelinci ke habitnya dialam liar.yaitu ketika kita ternak kelinci, apa yang dibutuhkan ternak kelinci dialam liar, kita pindahkan kedalam kandang.Apakah mungkin?? Ya inilah yang saya maksud pelajaran yang paling njlimet,tapi kunci dari budidaya ini adalah  ketika  kita berhasil menterjemahkan habit ini, karena semuanya mulai dari pakan, bentuk kandan, model saung, bahkan pengankutan ternak kelinci pun semuanya harus sesuai dnangan habit ini.

 

Sebagai contoh :

Kelinci itu dialam liarnya bebas bisa belari- lari dan sembunyi dan mencari makan sendiri, nah ketika mau ternak kelinci

, pakan dan minum sudah kita sediakan , lalu bagaimana dengan habit lari2 dan sembunyi,apakah kita harus menyediakan lahan yang luas?? Tentulah ini butuh biaya yang sangat besar. Nah disinilah kita dituntut untuk menterjemahkan habit ternak kelinci, nah ketika pakan dan minumnya sudah kita sediakan didalam kandang, nah bagaimana dengan lari dan sembunyi.

Kelinci dialam liar, mereka diberi kemampuan berlari dengan cepat, zig-zag, kemudian bersembunyi semuanya dilakukan untuk menghindari predator, nah ketika ternak kelinci

  masuk kedalam kandang,dia sudah tidak bisa lari dan sembunyi lagi, maka predatornyalah yang kita hilangkan. Ketika dikandang dia  tidak bisa lari dan sembunyi tapi yang dianggap predator masih ada, tentunya akan membuat stress  pada ternak kelinci dan pada akhirnya mati., yang termasuk predator banyak sekali tidak hanya hewan pemangsa,salah satu contohnya yang dianggap predator dan membuat ternak kelinci stress adalah petasan, seperti post sebelumnya

2.     Asal action

 

Saya dulu mengawaali ternak kelinci

  juga asal action… ah.. beternak aja dulu.. action aja dulu…sambil belajar….

Banyak action itu bagus, tapi jikalau langsung eksekusi tanpa dasar keilmuan ternak kelinci

 sama saja gantung diri. Banyak terjadi kegagalan sama dengan banyak sekali pelajaran yang bisa diambil atau kata orang pastilah ada hikmahnya.. itu betul sekali…!!! Tapi supaya anda tidak gagal terus-terusan maka belajarlah dulu.

 

 

3.     Asal ikut-ikutan

 

Saya dulu ternak kelinci

 juga Karena ikut2tan, mebaca sebuat blog, punya ratusan ekorternak kelinci, kepengin jadi pengusaha, kepengen bebas financial, dll

Saya sudah lakukan, saya sudah action seperti yang beliau lakukan dalam ternak kelinci

, ATP ( amati , tiru, plek), tapi kenapa masih gagal?? Beliau ternak kelinci bisa sukses dan benar2 benar sukses karena  sangat berhasrat dengan ternak kelinci, mimpi2 yang besar dengan ternak kelinci, totalitas perjuangan yang sangat luar biasa. Nah kalo saya ternak trowelu  hanya karna ikut-ikutan. Gak punya hasrat dan totalitas.. jadi sekarang cek niat masing- masing ya…

 

4.     Tidak punya laporan keuangan.

 

Dulu ketika habis panen, jaul anakan atau jual pedaging, ah rasanya senang sekali…, tapi uangnya gak ada hanya mampir sebentar ditangan, dibelanjakan pakan, dan kebutuhan operasional selanjutnya sudah habis. Berapa jumlah pakan, berapa total pengeluaran, berapa total pemasukan, berapa keuntungan, semua tidak ada catatannya, jadi ya amblas akhirnya .

Jadi mulai sekarang jangan lupa membuat laporan keuangan( neraca,, aruskas , labarugi). Jika yang sudah ada laporan keungannya ya.. Alhamdulillah…,jika belum ..ayo segera. Beternak itu berbeda dengan memelihara.

 

5.     Campur- campur uang

 

Mana uang yang untuk bisnis (kelinci), mana yang uang pribadi sebaiknya memang  harusnya dipisah.  Ketika bisnis ternak kelinci 

kita mendapat keuntungan.. nah keuntungan itulah yang masuk kantong dan jadi milik kita. Yang uang bisnis sebetulnya bukan milik kita. Sebetulnya itu adalah uang jatah untuk ternak kelinci, untuk operasional ternak kelinci, untuk beli pakan, obat2an dsbnya.

 

Ini ada cerita, sedikit pengalaman, Karena seringnya campur-campur uang, habis panen kelinci langsung ajak  pacar jalan2, makan ini itu traktir pacar, lha habis pulang sampai rumah duit dah habis, jatah pakan ternak kelinci

 juga udah habis, duit buat beli pakannya pun dah habis buat jajan traktir pacar. Wkwkw…. Bingung deh kelimpungan, akhirnya utang temen…

 

Tapi sekarang udah taubat..udah kagak pacaran…jomblo sampai halal…hidup jomblooo… hidup Jones ( jomblo happiness) wkwkwkw.. semoga sang mantan gak baca artikel ini wkwkwkw

 


Yang sekarang ternak kelinci

 tapi masih pacaran, pacarnya segera dinikah, nanti nasibnya seperti temen kita yang dari nganjuk,ternak kelinci gagal melulu, akhirnya patah semangat. Ditanya camer kapan mau melamar anaknya malah gak bisa ngasih kepastian , dan akhirnya pacarnya dilamar orang, aduh nelongso tenan nasibmu broo.. hahaha.. pish broo… moga 2 dia gak baca tulisan ini wkwkwk..

 


6.     Mengawali dengan berhutang

 

 

Bisnisternak kelinci

 diawali dengan berhutang, biasanya mau ternak kelinci tapi gak ada modal, banyak yang melakukan alternative hutang, berhutang itu boleh2 aja, tapi biasanya jadi masalah, ternak kelinci itu jika masih awal2 penuh ketidak pastian, semua serba tidak pasti jika diawal2, dan hutang itu bayarnya wajib (pasti), perbulan ada cicilan, ada denda jika telat dan sebagainya..

 

7.     Gampang percaya

 

 Bukan maksud saya membuka luka lama, tapi supaya ini menjadi pelajaran  rekan rekan semuanya  agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

 Tahun 2013 dikomunitas kami ada  kemitraan kelinci yang sangat luar biasa konsepnya ( konsep abal-abal maksudnya). Vocal orang tersebut sangat luar biasa.. sama seperti leader leader MLM kalo lagi ngomong.., sehingga banyak sekali yang menjadi korban penipuan dengan harus menyetor sejumlah uang. Kamipun yang guyub rukun sesama peternak kelinci akhirnya terjadi perpecahan, saling caci maki dan saling benci, tapi sekarang insyaaloh silahturahmi sudah baik lagi, komunikasi sudah baik lagi,

 

 Program kemitraan abal- abalnya kira kira seperti ini :

 

 

POINT 1 BREEDING TIME
Kandang dan perlengkapannya.
Sebenarnya kalau memungkinkan saya maunya memakai kontainer 40 feet bekas yg telah dimodifikasi utk kandang saung. Kandang ternak kelinci

 akan dibuat dari kayu jati jika aluminium tidak sempat dg kawat galvanis. Peralatan kandang berupa nipel selang, nipel botol, tandon air, pipa paralon, selang, mesin air, tempat pakan, tempat feses dan urine, jerigen, lampu emergency, exhaust fan, desinfektan, tandon pelet, papan tulis putih, dll

POINT 2 BREEDING TIME
Jatah pelet selama 12 bulan.
Pelet akan didistribusikan ke mitra tiap 1 bulan. Pelet tidak perlu disimpan dg tumpukan karung, ketika pelet datang maka pelet tsb langsung disimpan di dalam sebuah tandon anti jamur dan lumut, dan di dalam tandon tsb akan diberikan silica untuk menyerap kelembaban yg bisa saja terjadi, ketika mitra ingin memberi makan ternak kelinci

 tidak perlu repot krn secara otomatis sudah diatur jadi bisa ditinggal pergi tanpa khawatir ternak kelinci akan kelaparan

POINT 3 BREEDING TIME
Kamera CCTV dengan recording box dan monitor
Tujuannya adalah mitra dapat memantau yg terjadi dg ternak kelinci

 pakan, kandang, pemangsa, dan semua hal yg akan dicatat dalam buku data. Rekaman adalah data penting jika terjadi kesulitan pada mitra utk berkonsultasi dg MTI.

POINT 4 BREEDING TIME
Probiotik dan obat-obatan
Penggunaan probiotik adalah wajib untuk mencegah penyakit pembunuh no 1 ternak kelinci

yaitu kembung, di samping itu juga memperlancar pencernaan kelinci dg adanya bakteri baik menekan populasi bakteri jahat di usus, dan menambah nafsu makan serta manfaat lainnya. Air minum dari tandon akan dicampur probiotik. Untuk obat-obatan hanya sebagai jaga-jaga dan akan kecil sekali penggunaannya apabila sistem peternakan ditata sesuai manajemen kandang yg baik.

POINT 5 BREEDING TIME
Plang dan logo peternakan
Plang dan logo peternakan akan dibuat oleh MTI. Diharapkan para mitra sudah memiliki nama dan logo peternakan sbg identitas nama perusahaan mitra di masa depan. Pilihlah nama dengan bahasa Indonesia karena jika memakai bahasa asing akan dianggap perusahaan investor asing dan makin mempersulit proses legalisasi pendirian perusahaan kelak. Pilihlah logo sederhana agar mudah membuat stempel dan administrasi surat nantinya.

POINT 6 BREEDING TIME
Blackberry OS 10
Kegunaan para mitra memakai blackberry agar tidak ketinggalan berita dan bisa komunikasi dg pusat MTI, dengan saya, dengan sesama mitra dalam satu area dan seluruh mitra dapat serentak dan mudah. Menggunakan blackberry OS 10 karena jika menggunakan blackberry ini tidak perlu lagi berlangganan paket blackberry, cukup berlangganan paket data saja maka komunikasi melalui blackberry messenger sudah tersedia, jika menggunakan OS 10 ke bawah repot daftar paket. Yang diberikan ke mitra adalah:
1. Kandang Saung, Kandang Galvanis aluminium atau kayu jati beserta semua peralatannya.
2. Stock pelet selama 12 bulan.
3. Kamera CCTV beserta Recording Box dan Monitor.
4. Probiotik dan obat-obatan.
5. Plang dan logo nama peternakan.
6. Handphone Blackberry OS 10.
7. Tunjangan 5,5 juta tiap bulan selama 12 bulan.
8. Asuransi kesehatan untuk mitra.
9. AC Plasma Cluster 2 buah.
10. Indukan kelinci (jumlah menunggu kabar lebih lanjut).

POINT 7 BREEDING TIME
Tunjangan operasional 5,5 juta selama 12 bulan
Tunjangan ini hanya diberikan di tahap 1 agar para mitra fokus breeding. Sebagian bisa dipakai untuk biaya operasional listrik, gaji anak kandang – kalau bisa calon submitra secara bergantian sbg anak kandang untuk training- untuk langganan paket data penggunaan blackberry dan telepon, biaya sewa lahan jika diperlukan dan sebagainya. Tunjangan operasional akan ditransfer setiap bulan sesuai tgl yg ditentukan nanti.

POINT 8 BREEDING TIME
Asuransi kesehatan untuk mitra
Asuransi kesehatan diberikan untuk menjaga mitra dari dimiskinkannya mitra karena sakit atau penyakit kritis. Asuransi kesehatan ini dibayarkan gratis preminya selama 2 tahun. Utk premi tahun ketiga hingga tahun kesepuluh mitra sendiri yg meneruskan pembayaran preminya dan di tahun kesebelas dst tidak perlu membayar lagi seumur hidup tetapi asuransi tetap berlaku utk seumur hidup. Penjelasan rinci mengenai ini akan dijelaskan langsung nanti.

POINT 9 BREEDING TIME
AC Plasmacluster 2 buah
AC Plasmacluster di dalam kandang tujuan utamanya bukan hanya utk membuat sejuk kandang, meskipun utk ternak kelinci

 yg diambil bulu dan kulit kandang wajib sejuk, tapi utk menstabilkan suhu di kondisi cuaca tak menentu dan yg utama adalah fungsi ion plasmacluster tsb membunuh virus, bakteri di udara serta menetralkan bau amoniak kotoran meskipun bau tsb sudah teratasi oleh probiotik. Kandang yg super bersih akan meminimalkan biaya pengobatan ternak kelinci

POINT 10 BREEDING TIME

Mitra diberikan indukan REX betina 35 ekor bulan pertama dan keempat. Indukan NZW di tahap 2. Menurut kep. menteri pertanian no 404/kpts/OT.210/6/2002 ternak kelinci dg populasi 1.500 ekor harus memiliki ijin maka mitra harus menjaga populasi kurang dari aturan tsb yaitu dg mulai dibeli di tahap 1 hasil panen oleh MTI, diberi ke submitra, dijual sbg kuliner dan membentuk wadah penampung ternak kelinci afkir di area sesama mitra. Tahap 2 ijin akan diurus ke dinas setempat.

 

8.     Udah sampai 7 aja ya.. gua capek ngetiknya kalo ada yang mau nambahi silahkan…