Jual Mesin Giling Pakan Ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci

Mesin Giling dan Cacah Multifungsi – Bisa untuk berbagai kegunaan Petani dan Peternak

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak

Jual Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Jual Mesin Pellet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Monthly archives for February, 2018

Jual Pakan Kelinci Pedaging, Kelinci Hias dan Murah

Sudah berapa lama Anda memberi pakan kelinci lokal maupun kelinci hias anggora Anda dengan pakan kelinci alami baik berupa rumput, daun-daunan maupun sisa hasil dari pertanian supaya kelinci cepat besar dan sehat?

Kebun Kelinci menyediakan pakan kelinci pedaging, kelinci hias dan pakan kelinci murah yang aman.

Harga pakan kelinci herbafeed

Harga pakan kelinci herbafeed

KELINCI KAMU MATI SECARA TIBA TIBA MUNGKIN INI PENYEBABNYA

 

Saya juga sering mengalami kelinci yang mati secara mendadak, sore masih sehat bugar akan tetapi pagi hari ketika kita akan menengok kandang kelinci sudah mati dalam keadaan membujur kaku tanpa nyawa, sebelum matI tidak ada perubahan yang mencolok pada kondisi kelinci, kesemuanya normal. Bahkan saya pernah mengalami kematian kelinci sejumlah 7 ekor sekaligus tanpa ada sebab yang pasti

Lalu saya menumui seorang dokter hewan yang ada di kab madiun, dan kata beliau ada beberapa penyebeb kelinci yang mati secara mendadak, berikut ini penjelasannya

Kelinci yang mempunyai fisik kurus akan kekurangan pakan dikarenakan kalah bersaing dengan kawan2nya ketika makan, oleh sebab itU kita sebagai peternak harus melakukan kOntrol yang menyeluruh terhadap semua kelinci, mana saja kelinci yang mengalami gangguan pada perkembangan tumbuhnya dan besar badannya yang tidak sama dengan saudara2nya. Yang seperti ini memang sudah masuk ke kategori seleksi alam,

 

Jika terjadi seperti ini maka akan bisa kita tangani dengan control penuh pada kelinci, masukkan kedalam kandang pisahkan dengan yang lain, kemudian kita beri makan sesuai porsinya.

kelinci reza

kelinci reza

Kesalahan pertama yang kami lakukan tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan sortir pada kelinci pada usai-usai tertentu, bukan lantaran tidak paham sistem pensortiran namun karena jumlah ternak yang sudah cukup banyak sehingga usaha melakukan sortir hanya kami lakukan pada saat proses pemindahan ke kandang baterai setelah kelinci sudah mulai disapih oleh sang induk. Proses dan usaha penimbangan kelinci sudah jarang dilakukan terutama pada variatis kelinci yang sudah umum kami ternakkan.

 

kesalahan kedua adalah kelinci-kelinci yang harusnya mendapatkan perhatian khusus. Kelinci-kelinci ini lalu tumbuh menjadi kelinci yang rentang terkenal wabah dan penyakit yang ternyata berakibat buruk bagi kesehatan kelinci. Kematian mendadak kelinci ini lalu mencuat pada saat pertangahan musim hujan dimana suhu semkain turun dan tidak sedikit rumput yang dihinggapi penyakit. Kelinci yang bertubuh gendutdan gemuk lebih bertahan dibandingkan dengan kelinci yang bertubuh kurus akibatnya kematian pada hampir seluruh kelinci berukuran kurus seolah-olah disebabkan oleh wabah ganas, padahal cuma lantaran kurang perhatian terutama pakan.

 

Karena kematian mendadak pada kelinci dan penambahan anak kandang baru sama-sama memakan biaya produksi, solusi berikutnya dikenal sebagai melakukan sortir yang teratur pada setiap fase pertumbuhan kelinici, solusi ini masih dalam bentuk perencanaan lantaran tentu bakal dibutuhkan tambahan anak kandang baru yang tentu saja akan menambah biaya pengeluaran produksi, nah masalah ini sedikit perlu disikapi lebih baik Pertimbangan kembali.

 

BERIKUT TIPS CARA MENEKAN ANGKA KEMATIAN ANAKAN KELINCI YANG TINGGI

 

 

Ketika induk kelinci sudah beranak banyak, dan induk kelinci masa menyusui sudah ok, sudah mulai terbayang masa panen kedepannya. Tapi ketika sampai masa usia sapih, hancur sudah semuanya.. sore menjelang malam masih sehat pagi2 udah membujur kaku tak bernyawa.

 

kandang outdoor

 

Kembali ke laptop!!!

 

pertama yang paling banyak  menimpa anakan kelinci sapihan itu adalah overfeeding/ kelebihan pakan, biasanya umur kelinci sapihan itu nafsu makannya berlebihan, peternaknya pun sangat senang sekali karena kelincinya aktif makan. Pakan yang diberikan jadi berlebihan. Tapi sayangnya nafsu makan yang tinggi belum diimbangi dengan perkembangan hormonal dan enzim pencernaanya. Dan ujungnya jadi kembung keesokan harinya. Jadi solusinya adalah atur pola pakan, batasi pakan. Pakan sedikit lebih baik dari pada ternak kelinci

kenyang.

 

Kemudian penyapihan.

 

Pada saat penyapihan yang seharusnya dipindah kandangkan adalah indukannya bukan malah sebaliknya anakannya yang dipindah kandangkan. Yang seperti itu malah akan membuat anakan kelinci jadi stress.


Tapi ada kasus juga ketika masa penyapihan induk kelinci juga posisi hamil lagi, jadi tidak mungkin juga memindahkan induknya, memindahkan anakannya juga tidak mungkin, jadi solusi mereka adalah kandang sapih mandiri. 

Induk kelinci memiliki 3 plong kandang, kemudian diantara sekatnya diberi pintu, jadi ketika pintu dibuka anakan kelinci akn bermain main di kandang no 2, kita tutup pintu beri pakan dan air minum,ketika induk kelinci melahirkan anakan sapihanya sudah ada pada kandang no 2,. Ketika induk pada kandang memasuki masa sapih dilakukan seperti diats lagi, dan ketika anakan dikandang no 3 sudah siap.. sudak ok, hormone dan enzim emzim pencernaannya sudah ok maka baru kita pindah kandangkan ke kandang pembesaran.

 

Cara ini bisa menekan angka kematian anakan kelinci masa sapih sampai dibawah 3%.

kami kekurangan ide untuk menulis…yang masih ada kesulitan dikandang..yang belum dibahas  di blog ini..silahkan koment dimana post ini dishare..atau inbok kami.

KESUKSESAN MERAWAT KELINCI OLEH SEORANG BEKAS PENGGUNA N4RKOBA

Pada siang kala itu, tepatnya hari Jumat, panas terik matahari yang menerangi laki-laki bercelana pendek dan telanjang dada. Itulah jenis pakaian yang sehari hari dia gunakan. Bukan dia tak bisa membeli baju, tetapi memang cuaca di Jakarta yang sungguh panas sekali.

kelinci himalayan

kelinci himalayan

Pria dengan senyuman khas itu mengangkat kandang burung peliharaannya. Seraya menggantung kandang itu dan mengambil kandang yang lain untuk dibersihkan ia berucap, “Ambil minum saja sendiri. Anggap saja rumah loe sendiri . Hehehehe,” candaan seperti ini selalu dilakukan. Karena ia menganggap semua orang yang telah masuk atau bertamu ke rumahnya adalah saudara.

Usai membersihkan semua kandang peliharaannya, dia, Pria itu duduk menyandarkan badannya, menaruh tengkuknya di ujung bangku yang tidak banyak mempunyai busa. “Aduh cape ya. Padahal hanya begitu doang, pinggang gue kayak ingin meledak,” keluhnya.

Kediaman yang memiliki lebar halaman dua puluh m dan panjang delapan puluh m, dihiasi dengan pohon jambu, belimbing wuluh, bonsai, dan berbagai macam  tanaman lain. Panasnya mentari sedang dirasakan juga oleh kelinci-kelinci lucu di dalam kandang. Terlihat juga banyak kandang kosong di sana. Kandang yang dibuat dengan bahan dasar kawat galvanis ini mempunyai jumlah sekitar 54 kandang dan berisikan 40 ekor kelinci. Usaha inilah yang dijalankan Kang Edwyn selama sembilan tahun terakhir.

 

Awal mula ia beternak kelinci ialah saat ia membeli kelinci lokal yang harganya cuma sekitar 15,000 rupiah. kelincinya semakin banyak dan dia mulai menjualnya ke tukang-tukang pinggir jalan atau dia sendiri yang menjualnya secara langsung, sedikit Hasil dari penjualan tersebut dia kumpulkan untuk membuat kandang.

 

Setiap bulan ia mulai mendapatkan hasil yang meningkat,akhirnya  dia mulai mencari tahu apa dan seperti apa berternak kelinci yang betul. Ia mulai belajar dan akhirnya tahu bahwa yang dia lakukan merupakan kesalahan. Sebab ia beternak dan menjual kelinci yang asal usul atau ras-nya tidak jelas.

“Kelinci yang saya beli saat tersebut banyak sekali. Dari mulai Dutch, Himalayan, Satin, Rex, English Anggora, dan Fuzzy Lop. Wah, pokoknya tidak sedikit. Sampai 13 ras semuanya gue punya. Sampai akhirnya aku kepikiran membuat Daniels Rabbit ini menjadi rabbitry yang lebih spesialisasi. Dokter saja ada spesialisnya, masa tukang kelinci enggak ada,” candanya.

Akhirnya ia mencari 4 ras yang kira-kira akan menjadi ladang emasnya Daniels Rabbit. Daniels Rabbit sendiri adalah nama peternakan kelinci miliknya. Nama Daniel diambil dari nama anak pertamanya. “Anak yang bandel, anak yang susah pokoknya,” tegasnya. Jadi ia berharap bahwa rabbitry-nya pun bandel dan susah untuk dilengserkan atau bangkrut.

Ras yang dijadikan spesialis merupakan Rex, Rexa, English Anggora, dan Fuzzy Lop. Dengan tekun peternakan ini dijalankan dimulai dari empat jenis itulah saya hingga menjadi peternakan kelinci terbesar di DKI Jakarta. Perawatan kelinci yang betul kepada setiap pembelinya disosialisasikan dan melakukan jual beli sekaligus.

Lambat laun ia mulai menjalankan usahanya itu. Ia mendapatkan bantuan dari tempat yang bisa dibilang telah menyelamatkan hidupnya dari n4rkob4. Ketika tersebut direhabilitasi, Tempat tersebut memberikan uang sekitar 15 juta untuk membantu usahanya. “Memang seluruh orang yang telah lulus rehab bakal dikasih bantuan, Om. Ada yang usahanya bengkel, macam-macamlah usaha yang dibantu. Alhamdulillah, pas kala itu saya langsung impor kelinci 2 ekor seharga dua belas juta. Dan dari hasil usaha itu bisa buat tambahan jajannya Daniel,” tandasnya.

 

Pada 2014, tahun titik kesuksesan tertingginya sedikit lagi bisa dia gapai dengan membuka peternakan di daerah Cipanas, tepatnya di Baliti. Kelinci jenis New Zealand diternakkan oleh dia bersama kawannya. Demi melancarkan keinginannya, mencari investor merupakan langkah pertama yang ia lakukan Sasaran ia dan sahabatnya dikenal sebagai menjadikan peternakan tersebut menjadi peternakan kelinci terbesar se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.

Jadi kita penginnya daging kelinci ada di semua rumah sakit di seluruh Indonesia. Sebab daging kelinci tidak memliki lemak dan  memiliki serat, mineral, dan protein saja. Jadi sangat sehat banget buat orang-orang yang sakit. Dan juga, daging kelinci ini juga bisa sebagai pengganti daging sapi sebagai bahan baku pembuatan bakso dan macam macam,” tekannya.

 

“Tidak sedikit memang pertanyaan kenapa pilih kelinci yang dijadikan usaha atau dipilih untuk diternakkan? Jawabnya, ya memang rezekinya di situ. Padahal peluang usaha yang gede itu justru kelinci. Orang jarang ada yang bisa berternak dan memelihara kelinci. Nah, kita baca pasarnya dari situ saja. Coba bayangkan, 1 ekor anakan di setiap ras tersebut berbeda. Contohnya Rex anakan impor atau pure breed dengan kualitas show (untuk kontes) harganya sekitar 1-1,5 juta, Fuzzy Lop anakan harganya 150-200 ribu, English Angora 250-500 ribu, Rexa harganya 300-400 ribu, dan Holland Lop harganya 1,5-2,5 juta rupiah. Semua itu harga anakan per ekornya, anakan cuma satu dilahirkan oleh dan jarang kelinci. sangat Minimal 3 atau 4 ekor setiap melahirkan,” lanjutnya.

 

“Hitung sendiri saja harga anakannya di setiap kelahiran. Kita jual anakan di umur dua bulan atau lebih, tak bakal kurang dari tersebut sebab itu umur yang baik untuk lepas sapih. Dan daya tahan tubuhnya juga telah kuat. Kalau harga New Zealand yang pure breed hampir sama seperti harga Rex. Tapi kita jualnya tidak sampai segitu, dan juga tidak kita kawinkan dengan yang pure breed. Biaya juga bisa ditekan jadi kita mainkan genetiknya sehingga. Sehingga bisa dijual di harga sekitar 300-400 ribu. Tergantung bobot anakan kelinci saat di umur 3 bulan,” terangnya.

“Jadi, telah tahu kan mengapa aku pilih kelinci? Sudah tahu juga mengapa saya masih bertahan untuk ternak kelinci?” Begitulah pertanyaan yang seakan meyakinkan bahwa dirinya tidak bakal pindah ke lain hati dan terus bakal berternak kelinci.

LAKUKAN INI JIKA INDUK KELINCI TIDAK MAU MENYUSUI ANAKNYA

 

 Semakin baik mutu pakan maka stock obat-obatan dikandang  hanya akan  menjadi barang kadaluarsa yang gak berguna. Jadi jika pakan kita semakin baik , maka  anggaran  sekitar  5% biaya obat- obatan bisa kita simpan dan akhirnya masuk dalam kantong kita. Obat- obatan yang wajib ada dalam kandang kita  hanya ada 2 saja yaitu obat scabies dan hormone Oxytocin.

Tentang scabies/ gudik , lihat di post sebelumnya tentang pembahasan scabies, dan untuk hormone oxytocin, hormone ini gunannya untuk menginduksi kelahiran dengan membuat kontraksi buatan, atau mempunyai efek kontraksi..

 

 

anak kelinci mati

 

 

 

Induk kelinci pada saat beranak, dia akan memakan  plecentanya, nah placenta inilah sumber

hormone oxytocin bagi ternak kelinci, hormone ini juga akan merangsang kontraksi terutama pada kelenjar ambing/ kelenjar mamae, dengan demikian alveoli/ gelembung2 akan siap menerima pembentukan air susu.



 

Biasanya pada pemberian  pellet/ransum/ pakan yang buruk kandungan nutrisinya, maka kualitas placentanya pun akan menjadi buruk, hal ini akan berpengaruh pada kandungan hormone oxytocin tadi, sehingga si induk tidak mendapatkan rangsangan kontraksi diambingnya, otomatis pembentuka air susu akan terganggu. Inilah yang menjadi salah satu sebab kenapa induk kelinci tidak mau menyusui.

 

 

Itu hanya salah satu contoh saja contoh lain adalah ketika palpasi, kebanyakan palpasi hanya digunakan  untuk menggetahui apakah induk kelinci bunting atau tidak, padahal yang lebih penting lagi adalah jika positif hamil maka porsi pakan harus ditambah, jika palpasi hanya dilakukan untuk mengetahui positif atai negatifnya  hasil perkawian pada ternak  kelinci tanpa  penambahan jumalah porsi pakan maka yang terjadi juga sama  seperti diatas, kualitas placenta akan buruk, dan lagi2 induk kelinci tidak mau menyusuianak2nya, ciri induk yang tidak menyusui, anakan kelinci mulai kurus, kulitnya berkerut dan keriput.. kemudian mati..

 

Nah.. kalau induk sudah tidak mau menyusui akhirnya si peternak pada binggung, segala susu bayilah dicoba….susu kambing juga…

 

Padahal semua permasalahan ini karena pakan ternak kelinci yang buruk. Mari belajar bersama2 untuk memperbaiki  mutu nutrisi pakan ternak kelinci kita,,