Jual Mesin Giling Pakan Ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci

Mesin Giling dan Cacah Multifungsi – Bisa untuk berbagai kegunaan Petani dan Peternak

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak

Jual Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Jual Mesin Pellet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Monthly archives for February, 2018

4 JENIS MAKANAN YANG KURANG BAIK UNTUK KELINCI DIUSIA DIBAWAH 2 BULAN


Ketika kita sudah berhasil membuat kelinci yang kita pelihara melahirkan anak2nya. Maka tugas kitaq selanjutnya adalah menjaga agar anaknya dapat disusui dan mampu hidup lepas sapih sampai dewasa. Biasanya kelinci yang belum memasuki masa sapih maka kelinci akan mulai belajar makan dengan memakan apa yang dimakan induknya. Apa saja yang diamakan induknya semisal pellet atau hijau lainya akan tetap aman  selama anakannya masih mendapat asupan susu induknya. Pada susu kelinci terdapat colostrums yang sangat banyak melebilhi jumlah clostrum pada ASI manusia, pada susu indukkelinci juga terdapat anti microba jadi kta akan jarang sekali menemui kelinci yang terserang mencret ketika masih menyusui induknya.
anakan kelinci
Yang jadi permasalahanya sekarang adalah ketika kelinci memasuki masa sapih dan dalam kondisi asupan susu induk sudah mulai berangsur2 dikurangi, maka ini yang jadi perhatian kita.. makanan yang paling bagus kelinci kondisi ini adalah makanan dengan kadar nutrisi rendah dengan serat yang baik. Berikan terus sampai pencernaan kelinci benar2 siap, enzim2 pada perut kelinci sudah siap. 

Baru bisa kita berikan pakan dengan nutrisi yang bagus untuk mengenjot pertumbuhannya. Ingat juga pakan untuk konsep pedaging, protein tinggi diawal untuk membentuk postur yang ideal kemudian di akhir kita genjot dengan pakan yang berenergi tinggi untuk percapaian bobotnya.
Kebanyakan peternak banyak yang mengenjot kelinci diwal dengan pakan bernutrisi tinggi yang sangat banyak, pellet habis ditambah lagi dan habis lagi ditambah lagi. Memang kondisi ini kelinci sangat rakus2nya, Biasanya individu yang paling rakus yang akan mati duluan, karena apa?? Kelinci makan banyak akan tetapi belum dimbangi enzim2 yang ada dipercernaanya belum maksimal.
Jangan lantas kemudian kalian akali dengan menembah dengan bakteri dari SOC untuk ternak kelinci. Percalah tidak ada bakteri pada SOC yang cocok dengan apa yang ada di pencernakan kelinci. Hampir semua bakteri pada SOC kelinci tidak ada yang mampu menembus asamnya perut kelinci. Dan bakteri pada pencernaan kelinci akan ada dengan sendirinya tanpa penambahan bakteri pada SOC.
Jadi kapan kiranya kelinci itu sudah memiliki pencernaan yang baik. Cirinya ya ketika anakan kelinci sudah bisa memproduksi caecrotop sendiri. Banyak sekali gizi dan juga bakteri yang bermanfaat untuk kelinci pada caecrotopnya.
Jenis makan yang kurang baik untuk kelinci dibawah 2 bulan

Sayuran hijau

Lha kok bisa sayuran hijau bisa berbahaya buat kelinci, bukan masalah pada sayurannya tapi yang jadi masalah bagaimana kondisi sayuran saat kita memberikan ke kelinci. Apakah pada saat kondisi segar ataukah sudah dalam kondisi layu. Ini sangat penting sayuran dalam kondisi layu jauh lebih aman untuk pencernaan kelinci, ingat sayuran segar masih bisa menghasilkan gas  yang ini sangat berbahaya bagi percernaankelinci. Lihat penjelasa lebih detail tentang gas ini di artikel mengobati kelinci yang terserang kembung. Biasanya sayuran yang diberikan kekelinci adalah kangkung, sawi putih, kol, dan sawi hijau.
Kemudian dedak padi atau bekatul. 

Dedak padi ini mengandung kadar serat yang cukup baik akan tetapi jangan samapai terlalu over pemberian pada kelinci muda harus dibatasi, ingat kelinci muda lebih baik pakan yang diberikan dalam jumlah yang terbatas. Ini lebih baik dari pada kelinci kekenyangan.
poer ayam/ pakan ayam.
Ini juga salah, mau kelinci anakan atau dewasa pakan ayam saangat tidak disarankan untuk kelinci. Karena kandungna serat pada pakan ayam yang sangat rendah. Kelinci akan kekurangan serat dan ini akan mempengaruhi pencernaannya. Pemberian poer ayam /pakan ayam pada kelinci akan membuat kelinci mengalami diare. Ampas tahu, polar, nasi, umbi2an dll sebaiknya dihindari untuk eklinci masa lepas sapih pun begitu dengan pellet. Kecuali jika kita bikin sendiri dengan kadar pellet yang rendah mutrisi.
Dah itu saja saya lagi males nulis intinya adalah rumput kering adalah makanan yang paling aman untuk kelinci masa lepas sapih sampai kondisi pencernaanya sudah benar2 siap. Masa ini cuman sebantar jadi sabar saja dan jangan buru2 nafsu mengenjot kelinci dengan pakan yang bernutrisi tinggi jika kondisi pencernaanya belum benar2 siap.

BACA JUGA : TIPS UNTUK MEMBELI KELINCI DUTCH


BANYAK CARA YANG DILAKUKAN AGAR PRODUKSI ASI KELINCI BERLEBIH

 


Baru kemaren saya temui ketika ada yang posting di facebook, bagaimana supaya air susu induk kelinci lancar, ada yang menjawab diberi daun papaya, ada yang menjawab diberikan daun katuk, mungkin si dia terinspirasi dari iklan suatu produk ekstrak daun katuk yang bisa bikin asi ibu jadi lancar. Tapi ini ternak kelincibroo… induk kelinci bukan ibu2 yang lagi menyusui…

 

Pemberian daun katuk pada ternak kelinci yang sedang laktasi , sangat tidak dianjurkan, karena apa? Karena kandungan oksalat pada daun katuk cucup tinggi, adanya oksalat akan mengikat kalsium menjadi kalsium oksalat sehingga kalsiun akan sulit diserat oleh usus. Akibatnya darah akan kekurangan kalsium, ternak kelinci akan mengigil, kelumpuhan dan berujung pada kematian induk kelinci, berbeda dengan manusia yang pemakan segala, kekurangan kalsium yang diikat akibat oksalat tadi masih bisa dipasok lagi dari berbagai jenis makanan lainnya, misalnya susu, keju, telur dan lain sebagainya pada kesempatan berikut.


 

kopdar kelinci ponorogo


 

Tidak hanya daun katuk saja, tapi juga bayam, terutama bayam tua, kangkung, dan rumput setaria, mempunyai kandungan oksalat yang cukup tinggi.

 

 

 

Agar induk kelinci produksi susunya melimpah, kita terlebih dahulu harus mengetahui apa yang mempengaruhi produksi air susu tersebut. Yang bertanggung jawab atas produksi air susu ini adalah hormone prolaktin atau hormone menyusui, hormon prolaktin bersama dengan hormone oxytoxyn akan merangsang kelenjar susu untuk memproduksi air susu,  hal yang mempengaruhi aktifnya hormone prolaktin tadi adalah yang pertama gizi. Seperti pada post kami sebelumnya. Kandungan protein asam amino terutama tyrosin dan tritoptan sangat berpengaruh pada pengeluaran hormone ini,

 

 

Kemudian yang kedua adalah rangsangan kelenjar hipotalamus/pinel/pituitarygrand, juga ikut menentukan keluarnya hormon ini, akab tetapi kelenjar ini sangat peka terhadap cahaya, karena letaknya persisi dibelakang mata, artinya kelenjar ini tidak akan bekerja mengeluarkan hormone prolaktin kalu intensitas cahayanya besar, justru hanya akan bekerja kalau dalam keadaan gelap, itulah mengapa banyak sekali artikel-artikel diinternet yang menerangkan kalau ternak kelinci 

itu kalau menyusui hanya dimalah hari.

 

 

 

Dialamnya kelinci sebagai hewan nocturnal akan mengalami hidup dikondisi gelap lebih lama dibandingkan kondisi terang, karena ketika siang hari dia cenderung dalam sarang dengan kondisi yang sedikit gelap. Artinya kesempatan kelenjar untuk memproduksi hormone prolaktin  jauh lebih panjang. Ini yang menjadikan kelinci dialam liarnya bisa beranak banyak dengan tingkat mortalitas/kematian rendah. Maka dari itu untuk pelaku ternak kelinci

 

 pedaging mulailah dengan kontruksi saung/ rumah kandang yang benar, tidak saja dari sisi sirkulasi tapi juga intensitas cahaya harus dibatasi.  Kalu bisa remang-remang saja, agar kesempatan kondisi gelap jauh lebih panjang, sehingga hormone prolaktin bisa terbentuk banyak dan  dampaknya produksi air susu akan lebih banyak. Sehingga induk kleinci akan menyusui berulang-ulang. contoh design saung bisa temen-temen lihat digoogle…seperti saung kelinci balaikambang solo atau saung di balitnak bogor.

 

Ada satu lagi yang menjadi kunci, 

 

pada waktu selesai dan mau menutup pintu kandangbiasakan selalu mengusap kepala kelinci, walau hanya 2 atau 3 detik, mengapa? Seperti kita ketahui semua predator kelinci kalau memangsa akan menerkam lehernya atau kepalanya, dengan memegang atau mengusap kepala tadi, maka kita berusaha untuk menghilangkan rasa ketakutan tadi, maka usapan kita tadi bisa merubah menjadi sesuatu hal yang nyaman pada ternak kelinci

, kalau hal ini dilakukan secara otomatis saat member makan  walau hanya 2 atau 3  usapan, maka ternak kelinci akan terhindar dari stress. Dan hasil penelitian, usapan yang diberikan pada ternak kelinci yang sedang menyusui, rasa nyaman tadi bisa meningkatkan produksi air susu, sebaliknya  rasa stress pada induk kelinci akan bisa mengakibatkan, menciutnya kelenjar air susu, sehingga  air susu yang keluar akan terhambat dan bayipun akan kekurangan air susu…

 

 

KAKI MELEBAR PADA KELINCI DIKARENAKAN RENDAHNYA NILAI NUTRISI PADA PELET BERIKUT PENJELASANYA

KELINCI KAKI KURA- KURA

Mantaf  bener judulnya pakai kata-kata genetic udak kayak peneliti aja. Apa bener kelinci yang seperti itu karaena kelainan genetic. Ane gak punya fotonya, dilu pernah ngalami tapi udah terlanjur mati dan belum sempat difoto.
Dari kecil udah kaki kura2, makannya  kelinci itu normal, sehat kayak ternak kelinci umumnya. Pengobatan untuk kasus ini belum ada. Ya Cuma bisa disembelih.

Kembali ke laptop… apa betul ternak kelinci dengankaki melebar terjadi karena genetic. Kaki melebar itu akabat dari kandang yang licin dan kurangnya asupan kalsium pada masa pertumbuhan.
Jadi sebaiknya lanyai kandang yang pakai alas bambulebar bilah bamboo max hanya 2 cm saja, dengan demikian kaki ternak kelinci yang menapak pada bilah bamboo bisa rata dan bisa mendapatkan celah yang lebih banyak sebahgai penahan.
Kalau bilah terlalau lebar, maka kaki ternak kelinci akan menapak pada punggung bilah bamboo karena bilah bamboo lebih membulat. Bilah bambau yang seperti inipun jika dipaku sesah karena sering pecah, bahkan bilah bamboo yang  terlalu bulat dan tidak rata bisa menimbulkan sorehock pada kakai ternaka kelinci kita.
bilah bambu yang menghadap kedepan

Arah bilah bambau juga bisa mempengaruhi kemungkinan kelinci terpeleset. Jadi arah bilah bamboo sebaiknya mengarah kedepan sehingga pada waktu kelinci melompat kaki akan tertahan oleh celah bamboo dan tidak terpeleset kearah samping yang bisa mengakibatakankeluarnya bonggol dari tempurungnya.

 Kemudian penyerapan kalsium >>> pada tahap pembentukan, janin dibentuk matriks sebagai cikal bakal tulang tumbuh. Bentuknya sama dengan tulang tapi masih lunak dan lentur, karena sepertiga tulang ini terdiri dariserabut yang terbuat dari protein kolagen dan diselubungi oleh gelatin. Keadan ini berlangsung sampai beberapa hari setelah ternak kelinci  dilahirkan.
Gak percaya…ya pegang aja…lunak apa keras…pikiranmu ojo ngeres mbloo….cindil kelinci maksudnya…….!!!
Kemudian secara berangsur-angsur matrik tulang akan menguat  melalui proses kalsifikasi yaitu terbentuknya Kristal mineral yang terdiri dari kalsium fosfat dan akalsium hidroksida yang dinamakan hidroksiapatit rumus kimianya [(3Ca3(PO4)2.Ca(OH)2]. Pada fase inilah jika asupan kalsium dan fosfor kurang  atau tergangu maka proses pengerasan tulanag akan lebih lama.
Lagi-lagi ke ilmu nutrisi..memang ini bagian yang paling sulit..kira dulu butuh waktu 4 tahun untuk bisa memahami tenta nutrisi kelinci..mka dari itu formulasi pellet kelinci itu gak boleh ngawur..sak penek’e udel…..

Lha tadi tulangnya masih lunak karena asupan kalsiumnya kurang…eh kelincinya malah udah belajar jalan dan lompat-lompat. Trus lantai kandangnyalicin pisan,trus bilah bambunya dipasang menyamping. Kelinci akan berdiri dengan kondisi yang kurang sempurna, yaa… akibatnya tadi pas tulang masih lunak dan mau terbentuk menjadi keras, posisi tulang sudah tidak sempurnakarena lantai licin tadi.

 

TIPS MEMBUAT PELET KELINCI SKALA RUMAHAN TIDAK UNTUK DIJUAL

TIPS DAN CARA MEMBUAT PELET KELINCI SENDIRI SKALA KECIL  UNTUK KONSUMSI KANDANG SENDIRI

Hallo mblo..lagi binggung ya..? cari2 referensi tentang cara pembuatan pellet kelinci atau ente lagi susah cari rumput, susah cari rumput karena kagak ada atau ente yang males, atau ente lagi ngeluh tentang harga pellet kelinci yang super duper mahal, kalo gua pikir mah, harga pellet kelinci di pasaran standartlah…..rata – rata hampir sama, mahal itu dilihat dari sudut pandang yang kagak ada duit..wkwkw..haha becande gue….ane dulu juga gitu, bongkar2 mbah google cari referensi buat bikin pellet kelinci sendiri..

Oke , kita mau pakai bahan baku apa nih..

Ampas tahu sama bekatul doang juga bisa, tapi nanti formulasinya radak susah sih kalo cuman pakai 2 bahan aja, Tapi intinya bisa. Dan gak harus bikin pellet yang pakai mesin yang harga jutaan, kalo ada duit ngangur ya silahkan beli aje deh…tapi gak usah ngoyo, pakek acara ngutang duit ke BRI segala, pakai mesin cetak manual gilingan daging juga bisa, manual dulu ajalah pakai tangan, biar lengan kita juga makin berotot haha…..siapa yang pernah bikin pellet pakai alat ginian cung!!!!

Trus kita ke bahan baku pellet.

Bahan apa sih yang akan kita pakai,  ya tinggal dilist aja, bahan baku apa yang ada disekitar kita.

Contoh Bahan-bahan:

 

1.      Ampas Tahu 20%

2.      Bekatul (dedak Halus), Bungkil kedelai 30%

3.      Tepung Jagung (jugung giling yang sudah berupa tepung) 10%

4.      Brand polar 30%

5.      bungkil kedelai 10%

6.      molase

7.     dll

 

Alat pengilingan daging bisa dibeli di toko peralatan dapur disekitar daerah kalian mbloo…harga paling yang kecil sekitar 150-200 ribu. Pakan kelinci ini, bisa untuk kelinci pedaging dan kelinci hias dan bisa lebih murah dibanding dengan pabrikan. ( katanya sih, gua juga kagak ngitung haha)

 

 

Cara buat pellet

 

1.       Campurkan semua bahan  dalam bak atau ember, kemudian tambahkan air agar basah dan jangan terlau lembek, komposisinya suka2 ente aje, yang pentingkan jadi pellet atau ngikuti presentase diatas.

2.       Masukkan adonan pellet, trus giling deh pakai tangan ya sampai adonan abis dan tangan mulai terasa pegel..kalo udah mulai pegal2 istirahat mbloo. Nanti jadinya seperti mie panjang.

3.       Masukkan oven atau jemur dibawah sinar leser…eh matahari maksudnya..

 

Kalo udah kering simpan dah diember atau plastic. Terus kasih deh ke ternak kelinci kita, beberapa hari berselang kelinci malah mencret dan kembung. Ya.. gampang itumah..

silahkan beli aja obat kembung dan mencret kesaya..

harga sekian ribu…

transfer ke rek 2537487489

pengiriman via pos dan jne

jika sudah transfer silahkan konfirmasi ke no hp 000898764647

barang akan akami segera kirim..

wkwkwkkw…….

 

Lalu bikin pellet lagi tambahi dengan daun jambu sebagai anti mencret. Arang, garam dan probiotik.  Diaduk seperti awal dan diproses lagi. Kok pakek areng segala mau bikin pellet apa sate kelinci. Pakai garam juga gak sekalian ditambahi royco supaya rasa pellet lebih sedap. Hahah…..

 

Memang sih ada sebagian yang radak pelit ilmu tentang perpeletan ini.. yaw ajar dah ..soalnya buat bikin pellet sesuai kebutuhan kelinci butuh trial dan error , dan ini membutuhkan waktu yang lama dan menghabiskan biaya berjuta2(katanya). Ya wajar kalo radak pelit ilmu..

 

Gua juga kalo mau nulis tutorial bikin pellet yang lengkap..sebulan juga kagak kelar2, emang prosesnya itu puanjang banget…kadang sebagian malah radah sussah untuk ditulis dan harus dipraktekkan langsung. Jadi sekarang gua ringkes aja deh.. gua kasih resepnya aja ya…

 

 

 

 

Sekarang ini semua peternak kelinci memang sudah pakai pellet, bukan karena malas atau engan mencari rumput,  tapi karena dengan pellet semua bisa dikontrol dengan mudah mulai dari kesehatan kelinci, populasi, bobot, harga pakan, harga jual dll. Yang pasti minimal semua pembaca blog ini bisa memiliki peneetahuan tentang pembuatan pellet kelinci, yang kemudian hari bisa menjadi bekal untuk terjun ke bisnis pellet.

 

Oke mbloo..

 

1.       Silahkan download filenya disini(jika linknya rusak..langsung aja download di group fb industri kelinci)

2.       Pasang aplikasi microsof excel di hpmu..download diplaystore

3.       Buka filenya

Jika ingin berkreasi, patuhi aturannya…tapi sebelum itu kalian harus tau dasar2 untuk membuat pellet kelinci baca di post membuat pellet kelinci

BAHAN KERING PADA PELET KELINCI INI MERUPAKAN ILMU PENTING AGAR PELET KELINCI AWET DAN TIDAK BERJAMUR

BAHAN KERING (BK)

 

Pasti sudah ada yang sering ketemu tulisan bahan kering ini di tabel2 nutrisi bahan baku ternak.

Apasih bahan kering itu?

kalau disebut bahan kering 90,55 % ya artinya 9,45 % nya air. Jadi kalau kita punya bungkil kopra seberat 100 kg…. maka kopranya seberat 90,55 kg…. 9,45 kg atau liter nya air.

untuk menghitung kadar air ya harus melalui proses fisika….

 

 

misalnya begini… kita mau tau berapa sih kadar air dari ampas tahu yg kita beli dari pabrik tahu ??? ya kita ambil saja satu ember ampas tahu basah lalu kita timbang misalnya ada 20 kg. Kemudian kita press sampai airnya ngga keluar lagi…. lalu kita timbang lagi … misalnya tinggal 7 kg… Maka akan didapat …. ampas tahu (setelah dipress) seberat 7 kg = 7/20 x 100 % = 35 %…. Jadi dari contoh tadi… sekali lagi ini contoh…. bisa disimpulkan ampas tahu yg kita beli dari pabrik tahu tadi hanya mengandung ampas tahu sebanyak 35 % … dan sisanya (65%) adalah air.

 

Nah kemudian dari ampas tahu yg sudah kita press tadi tentunya masih mengandung air… walaupun ketika dipress sudah ngga keluar airnya lagi…. tapi pasti masih mengadung air. Nah berapa kadar airnya ????? Prosesnya sama …..yang paling penting diperhatikan … dalam proses awal sampai akhir bahan ngga ngga boleh tercecer… jadi dalam penimbangan tidak boleh terjadi… berkurangnya penimbangan tidak hanya akibat berkurangnya zat cair tapi ketambahan hilangnya bahan… itu tidak boleh terjadi… karena perhitungan menjadi tidak akurat…

 

yang namanya bahan kering itu pasti masih masih mengandung air sekitar 9 sampai 11 %… itu normal. Itu yg disebut dengan istilah bahan kering. Tetapi kalau penyimpanan bahan itu ditempat yg lembab maka kandungan air bisa meningkat dan inilah yg menjadi penyebab bahan tadi jadi mudah berjamur.