APA YANG TERJADI JIKA KELINCI MAKAN GEDEBOG PISANG

Banyak sekali pembahasan dimedia social tentang gedebok pisang untuk pakan kelinci, semoga tulisan  ini bisa membantu teman-teman sebelum menggunakan gedebok pisang sebagai pakan kelinci,agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.


 


 

GEDEBOG PISANG


 

 



 

Tulisan ini saya ambil dari diskusi di sosmed fecebook beberapa tahun yang lalu.

 

Fermentasi untuk pakan kelinci itu boleh, silahkan!!!! saya tidak  ada kuasa untuk
melarang yang mau pakai pakan fermentasi untuk ternak kelinci..,
Mau Ampas tahu difermentasi silahkan…!!!mau bekatul dicampur polar dicampur jagung lalu difermentasi ya silahkan..!!
tapi  semuanya harus pakai ilmu.

Ada pengalaman ketika pakai fermentasi debog ternak kelincinya tidak pernah beranak, padahal sebelumnya pakai pakan biasa rumput dan konsentrat,jadwal beranaknya normal.

 

Ada lagi indukan kelinci yang sudah bunting kemudian dihajar dengan pakan fermentasi gedebog pisang  angka mortalitasnya jadi tinggi,,bahkan anakan kelinci mati semua.

Ada apa dengan debog!!!debox pisang mengandung anti nutrisi yaitu tannin.Tanin ini akan mengikat protein menjadi protein tannin sehingga protein tidak bisa dipecah menjadi asam amino dan tidak bisa diserap oleh usus..

Asam amino ini pengaruhnya kemana-mana, mempengaruhi hormone estrogen,hormon ini yang mempersiapkan semua organ yg mendukung kehamilan, tentunya jika ternak kelinci diberi pakan fermentasi debog maka asupan proteinnya akan berkurang tentunya akan mempengaruhi masa birahi dan kebuntingan pada kelinci. Kelincipun jadi susah beranak.

 

Asam amino ini juga berpengaruh pada system imun ternak kelinci. Jikakalau imunitas kelinci menurun ketika ada benda asing masuk..ya pastinya system imun kelinci tidak bisa bisa melawan, dan akhirnya kelinci mudah sakit, dan ujungnya kelinci akan akan mati

 

Asam amino ini juga berpengaruh pada hormone prolaktin yang mempengaruhi produksi air susu,,kalo asam aminonya tidak diserap maka produksi air susu induk kelinci akan terganggu  anak kelinci akhirnya akan mati


 

Dan hormon2 yang lain..regenerasi sel masih banyak sekali pengaruhnya

 

Semua pakan yg mengandung tanin hanya cocok untuk hewan ruminansia(kambing,sapi,dll) Justru protein yg terikat jadi protein tanin akan terlindungi agar tidak terjadi proses degradasi protein akibat proses mekanik pencernaan perut rumen, sehingga pada saat protein sampai diusus kandungan proteinnya utuh, tidak terdegradasi. Itulah sebabnya pakan2 yg mengandung tanin seperti daun nangka, daun pisang bahkan sampai gedebog pisangpun tidak berpengaruh apabila diberikan ke kambing, sapi atau hewan2 ruminansia lain. (malah dianjurkan)

Berbeda kalau diberikan keternak kelinci yang hewan monogastric/berperut tunggal.

 Semoga bisa membantu..!!!

 


2 thoughts on “APA YANG TERJADI JIKA KELINCI MAKAN GEDEBOG PISANG

  1. Terima Kasih Masukkan yang sangat berharga…. saya gak tahu kenapa banyak orang2 yang mengup load atau hanya mencontek sehingga menghasilkan tulisan-tulisan yang tidak bertanggung jawab. Terima kasih sudah menguingatkn saya… untung baru tadi ( hari ini 3 Juli 2017) saya baru buat debog pisang untuk pakan kelinci saya… dan dengan tulian anda ini saya putuskan saya berpikir ulang memberi akan kelinci saya yang sebanyak 54 ekor dengan debog pisang,, dan nyata-nyata walau capek kelinci saya aman makan amoas dan rumput. Melalui tulisan ini juga saya himbau agar penulis-penulis yang tidak benar-benar mengetahui seluk beluk sesuatu jangan hanya jiplak dan menyesatkan. 2 tahun lalu 47 ekor kelinci saya mati gara-gara tulisan untuk memberi minum dengan air garam… Jadilah penulis yang bermoral dan bertanggung jawab… Terima kasih sudah megingatkan saya… Salam Hormat..

  2. semoga bermanfaat pak.. dan semoga kelincinya bisa segera berkembang dan memenuhi kebutuhan akan daging kelinci di daerah bapak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *