Mesin Giling dan Cacah Multifungsi – Bisa untuk berbagai kegunaan Petani dan Peternak

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak

Jual Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Jual Mesin Pellet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Posts in category pakan kelinci

PERLU KAMU TAHU BAHWA KELINCI ITU TIDAK BUTUH MINUM

Beberapa tahun yang lalu ada perdebatan ini disosial media, ternak kelinci itu sebenarnya butuh minum enggak sih..?? Kelompok A menjawab : “ ternak Kelinci itu ya harus minum, kita aja manusia kalo habismakan ya juga harus minum, kalo kita makan soto, nasi goreng, pasti lengkap dengan minumnya, begitu juga dengan ternak Kelinci , ya harus minum juga”.( aduh.. soto sama nasi goreng segala dibawa- bawa..wkwk, mungkin si dia  jualan nipple untuk minum kelinci, jadi tetep keukeh berpendapat ternak Kelinci tetap butuh minum.)

 
KEGIATAN DONOR DARAH MERCY
 
Kemudian kelompok B : “terna kelinci itu gak butuh minum, orang ternak Kelinci saya makan hijauan , gak dikasih minum  selama 3 bulan juga gak apa 2 kok,, sehat- sehat aja..”


 
Udah jangan debat terusss Brooo….!!!!!
nah… coba sekarang kita membuktikan apa yg di utarakan diatas …. yg memperdebatkan apakah kelinci perlu diberi minum ??? padahal secara umum teorinya :”semua mahluk hidup perlu minum”…. tapi ada bantahan dari kelompok B :”saya ternak Kelinci udah tiga bulan ngga dikasih minum koq ya ngga apa-apa”…

nah ini yang disebut praktek tidak sesuai dengan teori…. Jadi… bagaimana kita harus menjawab masalah ini? Adakah teori lain selain “semua mahluk hidup perlu minum” yg bisa menjawab kenyataan bahwa kelinci saya ngga dikasih minum koq ngga apa-apa… sehat sehat saja ????
Maka statement “semua mahluk hidup butuh minum” menjadi kurang tepat… dan yang benar adalah “semua mahluk hidup butuh air”…. artinya ada kebutuhan cairan untuk kelangsungan hidup dan untuk memenuhi kebutuhan air tadi bisa melalui mekanisme “minum”… ataupun melalui mekanisme “makan”.

Lalu makanan yg bagaimana yg bisa memenuhi kebutuhan airnya ? … tentunya makanan yg banyak mengandung air, dalam hal ini tentunya berbentuk hijauan. Jadi kalau ada pertanyaan kelinci butuh minum atau tidak … maka jawaban yg tepat adalah “tergantung pakan yg diberikan dalam kesehariannya”….



kalau pakannya berupa pelet ya otomatis dia butuh minum, karena melalui mekanisme minumlah kelinci bisa memenuhi kebutuhan air untuk hidupnya. Kalau konsumsi pakannya berupa full rumput maka bisa saja dia tidak butuh minum… karena untuk memenuhi kebutuhan airnya dia bisa melalui mekanisme makan rumput yg notabene banyak mengandung air tadi.
Jadi inilah teori-teori yg harus kita pahami agar dalam menjawab pertanyaan seperti diatas dan tidak menimbulkan kebinggungan dan perdebatan. Air ini juga sangat berpengaruh pada penyerapan kalsium, dibanyak kasus terjadi kelinci lumpuh karena kekuranga air minum.. Absorpsi calsium itu terjadi dibagian usus halus dan banyak faktor yg mempengaruhi absorpsi ini. Yg utama adalah calsium harus dalam bentuk larut air. Oleh sebab itu ketersediaan air minum sangatlah berpengaruh.

PELAJARI PENGETAHUAN INI SEBELUM KITA MEMUTUSKAN UNTUK MEMBUAT PELET KELINCI

 

Sekarag yang kita bahas adalah nutrisi yang diperlukan ternak kelinci.

Ini yang menurut saya paling njlimet paling ruwet, paling rumit, jadi dimohon temen temen agak serius sedikit di bab ini. kalo kemaren kita sudah bahas tentang habit kelinci, bolehlah sedikit sedikit sambil bercanda, guyonan sama temennya, tapi untuk yang ini saya harap serius semuanya, karena apa?  HampIr 70 % dari biaya operasional kesedot ke post pakan ini.
Nah didalam pakan ini ada pengetahuan tentang nutrisi yang harus kita ketahui dan ini wajib semua peternak kelinci harus tau.


Yang punya mesin pellet ilmu ini wajib untuk dipelajari. Kalo bikin pellet tapi tidak paham atau tidak tahu tentang nutrisi yang diperlukan kelinci. 
Berarti anda adalah produsen pellet kelinci yang dholim.
Yang tidak punya mesin pellet juga harus tau tentang nutrisi kelinci. Supaya tidak mudah dibohongi para penjual pellet. Apalagi sampai bela2in beli resep pellet kelinci..
 
APLIKASI WINFEED UNTUK FORMULASI PAKAN KELINCI
APLIKASI WINFEED UNTUK FORMULASI PAKAN KELINCI
 
 
Misalnya saja saya jual pellet murah nie… dengan kandungan pellet sekian % sekian %.. karena tidak tahu kandungan pellet, yang jadi patokan hanya murah saja. Akhirnya kelincinya pun bermasalah..
 
Kitapun tidak boleh asal asalan dalam formulsi bikin pellet kelinci, wes bahan bahan dicampur aduk sak sak’e, seadanya tanpa dihitung cuman dikira2 dicampur aduk trs dipelet..yang seperti ini akan menimbulkan masalah pencernaan ternak kelinci dkemudian hari…
 
Menurut pengalaman semakin bauk mutu pakan ternak kelinci, maka obat2 tidak perlu ada dikandang. Yang wajib ada Cuma 2 obat scabies dan hormone oxytoxin. Hamper semua penyakit ternak kelinci nyangkutnya ke nutrisi
1)      Mencret  : nutrisi (serat), bisa karena bakteri, bisa juga karena stress(devisiwnsi vitamin).
2)      Kembung : nutrisi  (kadar serat berubah ubah), dan arena masalah habbit kelinci.
3)      Sembelit: nutrisis lagi
4)      Kelumpuhan : nutrisi ( berhubungan dengan kalsium)
5)      Induk tidak menyusui : nutrisi bisa ( hormone prolaktin), stress juga bisa
6)      Anak diorat-arait: habbit, stress, nutrisi juga bisa
7)      Bisul : nutrisi (kadar lemak)
8)      Kaki kura2 : nutrisi ( kalsium dengan fosfor serta lemak dan air minum)
9)      Dll
 
Jadi dimohon serius semuanya.
Nutrisi kelinci itu hamper sama dengan nutrisi untuk manusia.
Manusia butuh protein,butuh juga karbohidrat,lemak,butuh vitamin dan mineral dan yang tidak kalah penting adalah serat kasar.
Slogan yang selalu digunakan di kelompok kami adalah “get into the rabbit habbit”.jadi untuk masalah nutrisi ini kita juga harus kembali ke habit kelinci dialam liar. Apa makanan kelinci dialam liar ??? ya tentu saja rumput/ hijauan..jadi jikalu mau belajar tentang nutrisi pada ternak kelinci. Ya lihat saja rumput apa yang ada dalam kandunga rumput. Sebenarnya hijauan saja itu udah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci dan tanpa tambahan apapun. Lha wong makanan kelinci dialam liar juga rumput kok…
Rumput itu nutrisibya komplit. Hampir semua yang dibutuhkan ternak kelinci ada pada rumput, mau itu protein, lemak,serat, karbohidrat, vitamin dan mineral.. semuanya lengkap ada di rumput..tapi ada kekurangannya, yaitu jumlahnya terbatas. Jadi untuk memenuhi kebutuhan nutrisnya kelinci harus makan rumput dalam jumlah banyak, nah kita sebagai peternak sangup tidak untuk menyediakan rumput dalam jumlah yang banyak.. jika tidak ya maka model pakannya kita modifikasi contohnya pellet dengan nutrisi yang kita buat sesuai dengan makanannya dialam liar yaitu hijauan atau rumput. Ada protein, serat, lemak,karbohidrat, vitamin dan mineral dll.
 
Masuk ke pembahsan protein.
 
Protein digunakan ternak kelinci untuk pembentukan hormonal kelinci, sebagai pertumbuhan ,regenerasi sel, sumber energy juga bisa dan lain-lain silahkan googling sendiri untuk menambah referensi..
Protein ini tidak ada batasan prosentasenya. Tapi ada batasan bahan tertentu misalnya tepung ikan. Tepung ikan ini sangat tinggi protein tapi ada batasan bahan yang digunakan untuk campuran pellet kelinci. 
Trs karena tepung ikan tinggi protein dan lagi prisentase protein pellet tidak ada batasannya , maka tepung ikan dibanyakin dalam ransum, lha ini yang tidak boleh. Karena bahan ini ada batasan jumlah yang digunakan dalam ransum ternak kelinci. Pengunana tepung ikan ini atau protein hewani masih jadi pro dan kontra dikalangan formulator. Ada yang membolehkan ada yang tidak. Tidak perlu saya bahas disini.. saya males nulis referensinya.. jika mau digunakan ya silahkan ditambahkan. Jika tidak ya tidak usah dipakai atau cari bahan baku lainnya penganti protein hewani.
 
Banyak sekali bahan baku pellet yang tinggi akan kandungan protein nabati contoh bungkil kedelai. Jagung selain berkabohidrat tinggi  juga memmpunyai kadar protein yang tinggi. Kemudian  ampas tahu. Kemudian lagi azzola, untuk azzola ini hati hati karena juga ada batasan bahan dalam ransum kelinci. Dll masih banyak lagi sumber protein nabati lainnya.
 
Kemudian masuk ke serat kasar.
 
Serat kasar adalah bagian makanan yang tidak bisa dihancurkan oleh enzim2 pencernaaan, jadi serat ini tidak akan bisa dicerna oleh ternak kelinci, tetapi walaupun demukian serat ini tetap penting untuk kelinci.
 
Fungsi serat :
 
·         Kenyamanan pencernaan kelinci
Jadi semakin tinggi kadar serat dalam pakan maka pencernaan akan semakin nyaman, bebas mencret jikalau tidak terinfeksi bakteri penyebab mencret. Tapi daya cerna pellet akan menurun, FCR akan tinggi artinya apa kelinci akan menjadi kurus2.. 
 
jikalau kekurangan serat.. pencernana kelinci mulai tergangu dan akhirnya mencret. inilah yang menjadi focus para peternak kelinci pedaging. Dan disinilah njlimetnya mendesign pakan kelinci pedaging. Jadi wajar saja jikalu mereka para produsen pellet agak sedikit pelit ilmu tentang formulasi peletnya.
 Karena memang untuk menemukan formulasi pellet yang sempurna butuh waktu lama, trial error, butuh biaya karena harus keluar masuk labolatorium pengujian mutu bahan pakan ternak. Dan itu butuh biaya yang tidak sedikit.
 
 
Sebagian serat ini ada bagiannya yaitu :
1)      Pectin
2)      Selolusa
3)      Hemiselolusa
4)      Lignin
 
 
Tidak perlu saya jelaskan satu2.. silahkan cari referensi di google untuk bagian bagian serat yang saya sebutkan tadi diatas.
 
 
jenis serat ada 2 yaitu :
1)      Serat terlarut/dapat dicerna/digestible fiber
2)      Serat tidak terlarut/ tidak dapat dicerna/undigestible fiber
 
 
Contoh misalnya saja kelinci makan serat sebanyak 10 gram yang 8 gram akan bekerja diusus untuk kenyamana pencernaan kelinci, dan yang 2 gramnya lagi akan diserap usus masuk keperedaran darah dan bersama sama sama asam empedu untuk mengikat kolesterol untuk dibuang lagi lewat usus. Jadi konsumsi serat 10 gram keluar lagi tetap sam 10 gram, kelinci makan serat 1 karung keluar lagi juga sama…
Kemudian masuk ke pembahasan tentang lemak..
 
 
Lemak  fungsinya sebagai cadangan energy, penyeimbang cadangan metabolism tubuh, kemudian pelarut vitamin A, D, E, K
 
 
Kandunagn lemak ini berkisar anatara 3-5%.kalo dibawah 3 % penyerapan kalsium akan tergangu jika sudak begitu akan terjadi masalah penyakit yang berhubungan dengan tulang..atau lebih lengkapnya silahkan cari dipembahsan tentang kalsium di post post sebelumnya. 
 
Dan tidak boleh juga melebihi angka 5% karena akan menyebabkan bisul dan kegemukan..masalah ini juga sudah pernah dibahas dipost2 sebelumnya diblog ini silahkan di cari sendiri…
 
 
Masuk ke energy atau kalori
 
 
Energy ini tidak ada batasannya dalam pellet kelinci
Idealnya 2300 kkal sampai 2500 kkal
Jika belebihan maka kelinci akan kegemukan.. sudah taukan jikalau kelinci kegemukan..kalo untuk pedaging sih bagus,, tapi  jikalau untuk indukan..ini juga sudah pernah saya tulis dipost sebelumya.,. silahkan cari sendiri penjelasan yang lebih di post sebelumnya supaya pengetahuan kiata tentang kelinci lebih mendalam.
 

Promo Pellet Kelinci HerbaFeed

Promo Pellet Kelinci HerbaFeed

Promo,, harga 5500/kg,,,, persak isi 25kg(tidak diecer) berlaku hari ini ( 23 juni 2016) & besok (24 juni 2016) stock promo terbatas…
“HERBAFEED” pakan kelinci bernutrisi lengkap
Cp; 089681897723

Silahkan Hubungi Mas Andi 0896 0445 1226 ( WhatsApp )
Harga kembali normal setelah tanggal diatas 🙂
Terima kasih

LAKUKAN LANGKAH BERIKUT UNTUK MENGETAHUI KUALITAS PELET KELINCI

 


Kita sebagai pelaku ternak kelinci harus selektif dalam memilih pelet, apalagi jika kita belum mampu untuk memproduksi pelet sendiri.banyak sekali produsen pelet kelinci yang menawarkanpeletnya di facebook dan lain lain, kita sebagai peternak kelinci, harus selektif memeilih pelet kelinci.


Jangan asal murah, jangan asal doyan, jangan asal ternak kelinci suka, ternak kelinci

hanya makan pelet sedikit belum tentu kualitaspeletnya buruk, bisa jadi kadar kalorinya terlalu tinggi, ternak kelincimakan pelet banyak belum tentu juga kualitaspeletnya baik, bisa jadi kadar seratnya kebanyakan.. karena itu semua bisa dimodifikasi tergantung produsen peletnya.

 

PETERNAKAN KELINCI


Berikut ini tipsnya :


Lihat kandungan nutrisinya. Berapa jumlah protein, kadar serat

nya berapa? Lemak serta kalorinya juga, kadar kalori biasanya jarang dicantumkan. Kemudian langsung kita tes dikandang.

Rata2 bobot ternak kelinci

 umur 30 hari adalah 500 gram,  berarti PBB/ pertambahan berat badan apada saat menyusui adah 16 gram per hari, ini adalah angka yang normal, silahkan dicek kalo bobot sapihanya rendah berate kualitas air susunya rendah, otomatis pakan/peletnya kualitasnya kurang bagus.

Kalau kualitas bobot sapihannya bagus maka pakanya berkualitas.

Tapi masalah air susu ini juga dipengaruhi banyak factor tidak hanya dari gizi pakan saja.. juka factor lain sudah ok, seperti dipost sebelumnya, maka cara ini bisa digunakan.

“ oom bagaimana jika anakankelincinya hanya 2 ekor , otomatiskan bobot sapihannya jadi waw sekali  ?”

Yen ngenekie ra usah takon, jawabane mesti y awes ngerti …


 

 baca juga : obat scabies kelinci

 

nya.Cara yang kedua hitung FCR


Apa itu

FCR?

FCR

 adalah feed convertion rasio atau rasio konversi pakan merupakan satuan untuk menghitung efisiensi pakan pada  budidaya pembesaran  dan pengemukan ternak kelinci.

Dengan menghitung FCR

 dari ternak kelinci pedaging akan sangat membantu kita didalam mengefisinsikan pakan yang akan kita gunakan. Hasil perhitungan FCR dengan angka yang lebih kecil berate pakan yang diberikan tersebut semakin bagus.


{Rumus menghitung FCR

 adalah jumlah pakan selama pemeliharaan ternak kelinci dibagi total bobot ternak kelinci yang dipanen.}



Contohnya :



Kelinci

dalam sehari mengkonsumsipelet sebaesar 200 gram, sebulan 30 x 200 = 6000 gram. PBB/ pertambahan berat badan = 1 kg atau 1000 gram, berate FCRnya adalah 6.jadi tinggal itung2an saja  6 kgpelet kelinci harganya berapa ? kelinci hidup per kg berapa ?

 Jelas dari hitungan ini kita rugi.. berate kalitas pelet

 ini tidak cocok digunakan untuk budidayakelinci potong.. saya tidak bilang buruk hanya saja kurang cocok untuk ternak kelinci potong…

Jadi yang brkecimpung di kelinci potong

 silahkan dicek FCR kandang masing2 jika ternyata untung. Maka kualitaspeletnya bagus. Jika rugi ya sudah putusin aja dan segera pindah kelain hati.

 


 Jadi mulai sekarang mualilah banyak belajar. Siapakan konsep yang sempurna Sebelum terjun di industi ternak kelinci.. biar gak nelongso – nelongso amat…..

 

BAHAN BAKU BERIKUT BISA DIPAKAI PENGGANTI KETIKA HARGA JAGUNG MAHAL

 

 

Terkadang kita menemui stok jagung di pasaran langka, mungkin karena gagal panen atau yang lainnya, mungkin juga kita karena stok sedikit harga jagung di pasaran jadi melambung tinggi.


Yang di ambil dari bahan pakan jagung adalah sebagai sumber karbohidrat, provitamin A caroten.
Dengan protein 9%
Energi metabolisme 3350kcal/kg
Caroten 17mg/kg

Selalu gunakan jagung yang berwarna hitam, ungu, merah atau kuning, jangan gunakan jagung warna putih karena devisiensi vit A.

Bahan pakan alternativ pengganti jagung bisa karak nasi kering, bekatul poles, CGM, tepung singkong, mie rijek, sortiran roti, beras rijek. Yang perlu di perhartikan adalah kandungan energi, sumber mineral dan vitamin, caroten dll

Bahan pakan yang di maksudkan untuk pengganti jagung harus di sesuaikan, paling tidak agak berimbang nilai nutrisinya dengan jagung, misal :

Nasi aking atau karak
protein 8-10%
energi metabolisme 2500 – 2800kcal/kg
minim caroten
minim vit A

Setelah di analisis sempurna makan nasi aking bisa menggantikan jagung setelah kekurangan senyawa nutrisinya di lengkapi terlebioh dahulu :
kekurangan caroten zat warna natural bisa di tambahkan  tepung kunir atau caroten sintestis xanthopil dengan banyak nama merk dagang, takaran sesuai di kemasan, untuk bahan lain masukan 5-10% dari tonase jagung yg di ganti

Kekurangan energi kisaran 500-600kcal/kg bisa di masukan CPO, lemak dll, nanti kerangka berpikirnya seperti itu untuk bahan lain sebagai subtitusi jagung dan akan lebih baik lagi jika di masukan sappleman tambahan semacam premix yang minimal mengandung 2 jenis asam amino lysin dan methionin.

Kesimpulannya jagung bisa di ganti dengan bahan pakan lain seperti tersebut di atas, dengan catatan anda harus menutup kekurangan unsur nutrisi pada bahan pengganti di sesuaikan terlebih dahulu dengan nilai nutrisi jagung.




Jual Indukan Kelinci Pedaging

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Halaman Facebook

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Alamat Perusahaan

Kebun Kelinci
Desa Bukur rt.12 rw.04
Kec. Jiwan Kab.Madiun 63161
Jawa Timur. Indonesia

Hp.085649561319 (sms/whatsapp)
Email : kebunkelinci@gmail.com

Jam kerja :
Senin-Sabtu
07.00-16.00

Jual Mesin Giling Pakan Ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci