Mesin Giling dan Cacah Multifungsi – Bisa untuk berbagai kegunaan Petani dan Peternak

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak

Jual Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Jual Mesin Pellet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Posts in category REPRODUKSI KELINCI

KENAPA KELINCI BISA TERUS MENERUS BERANAK BERIKUT PENJELASANNYA

TERNAK KELINCI PEDAGING AKAN BERANAK TERUS MENERUS

Post ini menurut aya penting, ini kelanjutan dari post sebelumya, 10 alasan kenapa anda gagal dalam beternak kelinci. Sengaja saya pisah supaya mendapat perhatian serius dari para pembaca. 

karena melakukan system istirahat pada induk kelinci, peternakan saya akhirnya mengalamikebangkrutan luar biasa, suntik dana terus menerus, modalpun sampai habis.. dan hutang makain menumpuk.

 

 

ternak kelinci pedaging


System yang dulu saya pakai adalah periode perkawinan per 3 bulan.  Dan masa istirahat 1 bulan.  1 bualan untuk hamil dan 2 bulan untuk menyusui, kemudian 1 bulan untuk masa istirahat. Jadi total lamanya adalah 4 bulan.

 

Sekarang ini kita tidak brbicara tentang  untuk jual indukan tapi tentang masalah output ternak kelinci potong atau pedaging.

 

Dalam dunia ternak kelinci pedaging, tidak mengenal masa istirahat, karena memang dialamnya seperti itu. Jika kita melakukan hal itu sama saja kita  buang uang percuma. Kita ini usaha dan bukan memelihara seperti penghobies kelinci.

 

Bayangkan !!! kalu seekor induk pada masa istirahat. Menghabiskan pakan 100 gram saja perhari dengan harga 5000 / kg maka perhari kita buang percuma uang sebesar 500 rp/ ekor/hari, berate selama sebualan  tidak kurang dari 15 000 rp/ekor/ bulan.berarti kalu ditambah biaya2 biaya yang  lain,, missal biaya anak kandang, obat- obatan , biaya penyusutan kandang, / saung   tidak kuarang dari 30 % dari biaya keseluruhan. Maka kurang lebih biaya terbuang sebesar 21000rp/ekor/ bulan.

Nah kalu kita punya 10 induk  berarti kita buang duit sebesar 210.000 per periode perkawinan.laha kalu seratus ekor, itung sendiri aja deh… belum lagi jika gagal hail dan hamil semu..tambah kerugian lagi..

Induk kelinci itu memang tidak perlu istirahat, karena system reproduksinya yang luar biasa.. pada post sebelumya kana sudah diterangkan tentang bagaimana kehebatan system reproduksi hewan ini tinggal kita saja mau memanfaatkannya atau tidak…

BANYAK CARA YANG DILAKUKAN AGAR PRODUKSI ASI KELINCI BERLEBIH

 


Baru kemaren saya temui ketika ada yang posting di facebook, bagaimana supaya air susu induk kelinci lancar, ada yang menjawab diberi daun papaya, ada yang menjawab diberikan daun katuk, mungkin si dia terinspirasi dari iklan suatu produk ekstrak daun katuk yang bisa bikin asi ibu jadi lancar. Tapi ini ternak kelincibroo… induk kelinci bukan ibu2 yang lagi menyusui…

 

Pemberian daun katuk pada ternak kelinci yang sedang laktasi , sangat tidak dianjurkan, karena apa? Karena kandungan oksalat pada daun katuk cucup tinggi, adanya oksalat akan mengikat kalsium menjadi kalsium oksalat sehingga kalsiun akan sulit diserat oleh usus. Akibatnya darah akan kekurangan kalsium, ternak kelinci akan mengigil, kelumpuhan dan berujung pada kematian induk kelinci, berbeda dengan manusia yang pemakan segala, kekurangan kalsium yang diikat akibat oksalat tadi masih bisa dipasok lagi dari berbagai jenis makanan lainnya, misalnya susu, keju, telur dan lain sebagainya pada kesempatan berikut.


 

kopdar kelinci ponorogo


 

Tidak hanya daun katuk saja, tapi juga bayam, terutama bayam tua, kangkung, dan rumput setaria, mempunyai kandungan oksalat yang cukup tinggi.

 

 

 

Agar induk kelinci produksi susunya melimpah, kita terlebih dahulu harus mengetahui apa yang mempengaruhi produksi air susu tersebut. Yang bertanggung jawab atas produksi air susu ini adalah hormone prolaktin atau hormone menyusui, hormon prolaktin bersama dengan hormone oxytoxyn akan merangsang kelenjar susu untuk memproduksi air susu,  hal yang mempengaruhi aktifnya hormone prolaktin tadi adalah yang pertama gizi. Seperti pada post kami sebelumnya. Kandungan protein asam amino terutama tyrosin dan tritoptan sangat berpengaruh pada pengeluaran hormone ini,

 

 

Kemudian yang kedua adalah rangsangan kelenjar hipotalamus/pinel/pituitarygrand, juga ikut menentukan keluarnya hormon ini, akab tetapi kelenjar ini sangat peka terhadap cahaya, karena letaknya persisi dibelakang mata, artinya kelenjar ini tidak akan bekerja mengeluarkan hormone prolaktin kalu intensitas cahayanya besar, justru hanya akan bekerja kalau dalam keadaan gelap, itulah mengapa banyak sekali artikel-artikel diinternet yang menerangkan kalau ternak kelinci 

itu kalau menyusui hanya dimalah hari.

 

 

 

Dialamnya kelinci sebagai hewan nocturnal akan mengalami hidup dikondisi gelap lebih lama dibandingkan kondisi terang, karena ketika siang hari dia cenderung dalam sarang dengan kondisi yang sedikit gelap. Artinya kesempatan kelenjar untuk memproduksi hormone prolaktin  jauh lebih panjang. Ini yang menjadikan kelinci dialam liarnya bisa beranak banyak dengan tingkat mortalitas/kematian rendah. Maka dari itu untuk pelaku ternak kelinci

 

 pedaging mulailah dengan kontruksi saung/ rumah kandang yang benar, tidak saja dari sisi sirkulasi tapi juga intensitas cahaya harus dibatasi.  Kalu bisa remang-remang saja, agar kesempatan kondisi gelap jauh lebih panjang, sehingga hormone prolaktin bisa terbentuk banyak dan  dampaknya produksi air susu akan lebih banyak. Sehingga induk kleinci akan menyusui berulang-ulang. contoh design saung bisa temen-temen lihat digoogle…seperti saung kelinci balaikambang solo atau saung di balitnak bogor.

 

Ada satu lagi yang menjadi kunci, 

 

pada waktu selesai dan mau menutup pintu kandangbiasakan selalu mengusap kepala kelinci, walau hanya 2 atau 3 detik, mengapa? Seperti kita ketahui semua predator kelinci kalau memangsa akan menerkam lehernya atau kepalanya, dengan memegang atau mengusap kepala tadi, maka kita berusaha untuk menghilangkan rasa ketakutan tadi, maka usapan kita tadi bisa merubah menjadi sesuatu hal yang nyaman pada ternak kelinci

, kalau hal ini dilakukan secara otomatis saat member makan  walau hanya 2 atau 3  usapan, maka ternak kelinci akan terhindar dari stress. Dan hasil penelitian, usapan yang diberikan pada ternak kelinci yang sedang menyusui, rasa nyaman tadi bisa meningkatkan produksi air susu, sebaliknya  rasa stress pada induk kelinci akan bisa mengakibatkan, menciutnya kelenjar air susu, sehingga  air susu yang keluar akan terhambat dan bayipun akan kekurangan air susu…

 

 

BERIKUT WAKTU YANG TERBAIK UNTUK MENGAWINKAN KELINCI

 

Mengawinkan  ternak kelinci itu sebaiknya kapan? Pagi atau sore… atau menjelang malam.. yaa.. terserah aje.. tergantung kondisi kandang masing2… semua ada penjabarannya..
Ada yang pernah ngalami bayi kelinci besarnya tidak seragam, beranak 8 yang 6 ekor ukurannya sama tapi yang 2 ekor ukurannya kecil. Atau ada yang mengalami beranak 13 kemudian yang 3 ekor mati dan bayi kelinci masih terbungkus placenta…

MEGAWINKAN KELINCI
Itu semua terjadi karena pembuahan yang berkepanjangan…
Jika pembuahannya serempak, anakan kelinci besar kecilnya sama, mendekati rata, walaupun ada perbedaan tapi tidak signifikan, jika terjadi ada bayi kelinci besarnya separuh saudaranya itu berarti jeda pembuahannya sudah melewati satu fase pembelahan sel..
Masih pada inget urutan pembuahan sempurna pada ternak kelinci.. urutannya dalah……cek sendiri deh do post post sebelumnya,
Mangkanya biar kagak lupa setelah dibaca di ingat-ingat dan dihafal diluar kepala syukur bisa langsung di praktekin di kandang. Jangan hanya dibaca kemudian di bookmark jadi koleksi di HP….loe itu ternak kelinci apa pustakawan….
Urutan pembuahan sempurna pada ternak kelinciadalah..

Birahi-kawin-rangsangan-kelenjar pituitary-kelenjar gonad-hormon gonadropin-folikel pecah-pembuahan sel telur oleh sperm4-hamil/bunting
Nah disini permasalahannya….

Waktu yang dibutuhkan dari rangsangan   rentetan panjang  sampai folikelnya pecah dan terjadi pembuahan butuh waktu sekitar 8-10 jam. Dalam tenggang waktu itu kelinci tidak boleh menggalami gangguan, sehingga mengakibatkan stress yang bisa menggangu jalannya hormone tadi. Jadi waktu 8-10 jam setelah rangsangan/ perkawinan harus dikondisikan tanpa gangguan.
Jika rentang waktu ini induk kelinci stresskarena banyak ganguan, maka proses pembuahannya akan tergangu. Beranak 12 ekor mati 3ekor. Karena yang 3 ekor ukurannya terlalu kecil, disebabkan jadwal pembuahan yang tidak serempak karena ganguan tadi.
Jadi sebaiknya untuk mengawinkan kelinci itu jam berapa?
 Ya dilihat saja kondisi kandang masing- masing. Kapan kira kira kandang kelinci aman dari ganguan dan bebas kunjungnan, bebas dari orang yang kebanyakan ngobrol dikandang. Kalo malam hari dirasa aman dan bebas dari ganguan ya berarti proses kawinnya sore hari.
 Atau kandang kami selau dikunci mas..siang hari kelinci tidur dengan aman tanpa ganguan. Ya berate jadwal kawiny subuh.
Laha kalau kandangnya ada ganguan terus bagaimana? Pagi, siang, sore,malem, banyak sekali kunjungan, dan semuanya pengen masuk kandang, ngobrol ngalor, ngidul ketawa, ketiwi didalem kandang…
 Ya solusinya bikin 2 rumah kandang.
Yang besar untuk kandang utama, yang kecil untuk kandang kunjungan jika ada tamu.
Jadi intinya disini adalah mengkondisikan kandang aman bebas ganguan pada fase rangsangan/ perkawinan ternak kelinci. Jadi terserah bagaimana caranya, karena temen2 yang tahu kondisi kandang masing-masing…
Sumber : Kitab mercy

 

LAKUKAN CARA INI UNTUK MENGETAHUI KELINCI BUNTING ATAU TIDAK

MENDETEKSI KEBUNTINGAN PADA KELINCI  


Apa itu palpasi? Palpasi adalah suatu cara untuk memastikan induk kelinci hamil atau tidak, Untuk memastikan ternak kelinci hamil atau tidak, satu-satunya jalan ya harus dengan palpasi. Tidak bisa hanya mengandalkan cici-ciri. Karena apa? karena kelinci hamil semupun mempunya tanda tanda yg sama dengan kelinci hamil sungguhan.



Nah kalau kita hanya mengandalkan ciri-ciri tadi, kemudian ternyata hamil semu, kemudian karena prediksi kita dia hamil dan porsi pakan kita tambah, maka akan terjadi over konsumsi.Akibatnya ternak kelinci akan mengalami kelebihan energi yg otomatis akan terjadi penimbunan lemak. Penimbunan lemak ini kalau sudah terjadi di saluran reproduksi akan sulit dihilangkan. Ini berarti sudah terjadi kemajiran, yg artinya ternak  kelinci kita menjadi kelinci afkir…. Itu jeleknya kalau kita hanya mengandalkan ciri-ciri atau tanda-tanda. 


caranya palpasi, mudah-mudahan bisa dibayangkan dan dimengerti. Mula2 letakkan ternak kelinci diatas meja dengan kepala menghadap kearah kita. Tangan kanan memegang ternak kelinci dengan cara pegang telinganya dan disatukan dengan tengkuknya, dengan demikian ternak kelinci akan tenang dan tidak berontak. Pemeriksaan akan dilakukan dengan tangan kiri kita dengan memposisikan jari jempol dan keempat jari lainnya saling berhadapan dengan jarak 4 – 5 cm. Bentuk posisi jari2 ini dimaksudkan untuk memegang embryo dengan cara merapatkan jempol dengan keempat jari yg lain.

PALPASI PADA KELINCI


 Kemudian tangan kiri kita kita masukkan kebawah perut ternak kelinci kira2 diantara dua paha. Posisi jari jempol dan keempat jari lainnya kita sodokkan perlahan mengarah keatas sampai mentok, kemudian jari jempol dan keempat jari lainnya berusah mencari/memegang embryo dengan cara merapatkan jari2 tadi. Benjolan akan terasa
kira2 sebesar buah anggur dan kalau terpegang akan melejit, nggrunjel kesana kemari. Gerakan tangan kiri ini bisa kita gerakkan kearah depan atau belakang untuk mencari sambil berusaha memegang embryo tadi. Besarnya embryo pada umur 14 hari adalah sebesar buah anggur sehingga tidak mungkin keliru dengan faeces. Berbeda kalau kita palpasi pada umur 7- 8 hari. Embryo masih sebesar faeces. Tetapi dengan pengalaman kita bisa membedakan mana faeces, mana embryo. Kalau terpegang dan dia tidak lari2, maka itu artinya faeces. Tetapi kalau terpegang kemudian dia lari2, melejit kesana kesini maka itulah embryo. Demikian uraian saya semoga dimengerti, karena maklum lah penjelasan tanpa alat peraga memang agak sulit. Tetapi saya berharap masih bisa dimengerti.   
Kenapa kelinci bisa beranak diluar kotak? Kenapa kelinci tidak mencabuti bulu? Kenapa induk kelinci gak mau nyusuin anaknya? Kenapa anak kelinci hanya 2 atau 3 ekor?

Semua itu bersumber dari nutrisi yg tidak tercukupi, sehingga hormon bunting tidak muncul otomatis naluri sebagai calon ibupun ngga muncul. kesalahan mendasar yg hampir dijumpai dimana-mana. Setelah temen2 belajar tentang palpasi dan kemudian bisa mempraktikkan dikandang, 
kebanyakan peternak hanya beranggapan palpasi hanya sekedar kepengen tau apakah ternak kelinci kita positip bunting atau tidak. Atau mungkin tidak dipalpasi sama sekali dan kebanyakan peternak dalam pemberian pakan masih samarata antara bunting dan tidak bunting, menyusui dan pejantan tukang kawin
Padahal semua harus dibedakan porsinya dan ketika hasil palpasi positif kemudian  harus ada tindak lanjutnya. Kalau positip ya porsi pakan harus ditambah secara gradual/sedikit demi sedikit sampai kira-kira 1,5 kali porsi biasanya sampai waktu kelahiran, dan ditingkatkan sampai kira-kira 2 kali porsi biasa pada phase menyusui. Porsi pakan akan meningkat lagi sampai 3 kali porsi biasa pada saat anakan mulai ikut makan. 
Ini penting agar embryo yg akan berkembang menjadi janin tercukupi nutrisinya. Begitu juga si induk. Induk yangg tidak mendapat cukup nutrisi, dalam perkembangannya dia tidak akan merasa bunting sehingga secara naluri juga tidak akan siap. Ini juga yg menjadi sebab mengapa induk tidak mencabuti bulu untuk persiapan kelahiran, karena kelenjar susu juga tidak berkembang sehingga naluri keibuannya juga tidak muncul. Ini yg harus menjadi perhatian kita, mengapa palpasi penting karena bukan saja mengetahui positip bunting tidaknya kelinci, tetapi juga membantu memunculkan naluri keibuannya. Apabila hasil perkawinan negatip maka harus dilakukan pemantauan masa birahinya kembali, sebagai persiapan perkawinan berikutnya. 
Jika sudah terlanjur induk kelinci tidak mencabuti bulumaka kitalah yg harus merangsang pencabutan bulu itu. Ini jarang dilakukan oleh peternak. Kita harus “tega” mencabuti bulu siinduk,  ini gunanya merangsang pembuluh darah sekitar ambing agar kelenjar susu bisa berfungsi baik. Ilmu ini yg jarang dilakukan oleh pelaku ternak kelinci apabila menghadapi kendala siinduk tidak mencabuti bulu pada saat melahirkan…
BACA JUGA : CARA MENGOBATI TERNAK KELINCI YANG LUMPUH
Sampai ketemu dipost selanjutnya
Sumber..(arsip mercy)

KELINCI TIDAK PUNYA RAHIM LALU BAGIAMANA KELINCI BISA BERANAK SIMAK PENJELASAN BERIKUT

Judul post kali ini rada sedikit spektakuler….wwkw.., karena judul diatas saya jadi diomelin orang  pas kopdar di Sidoarjo, jatim. kata beliau  begini ” mas… yang namanya hewan menyusui itu berkembangbiaknya pasti melahirkan dan pasti ada rahim”….

sebenarnya niat awal cuma becanda tapi Btw…. anyway……. busway…., beliau sudah terlanjur nada tinggi jadi saya males mau ngejelasin,
Jadinya ya diem aja.. padahal mah  Cuma beda sedikit doank…semoga beliau baca post ini hahahaha…

Sistem reproduksi ternak kelinci

EMBRIO KELINCI





·        
kalau bicara soal peranakan kelinci jangan sekali kali membayangkan seperti peranakan pada manusia. Itu beda banget. Yg disebut uterus pada  ternak kelinci itu berupa selongsong/saluran yg awalnya hanya sebesar sedotan. Jadi sijabang bayi ini akan berkembang didalam kantung2/balon yg letaknya didalam selongsong.

uterus /sedotan tadi tadi. Nah uterus ini akan berkembang, membesar seiring dengan membesarnya si balon yg berisi janin kelinci tapi tidak melekat.
Dengan demikian pada waktu melahirkan, selongsong ini tidak mengalami perlukaan hanya memang mengalami pembesaran. Justru pada saat inilah kalau  ternak kelinci  dikawinkan kembali dia akan mempunyai kecenderungan beranak lebih banyak karena si selongsong cukup longgar (belum kembali mengecil) sehingga perkembangan zygote, embrio dan janin menjadi leluasa, tidak berdesakan. Jadi janin akan berkembang didalam uterus sampai lahir, tapi dia tidak melekat pada uterus sehingga uterus tidak mengalami luka apapun sehingga tidak ada istilah nifas pada kelinci.




SISTEM REPRODUKSI KELINCI


uterus disini adalah oviduct berupa saluran jalan masuknya  sel jantan… bukan rahim tempat menempelnya jabang bayi seperti pada rahim manusia. Jadi gamblangnya begini : kalau pada manusia/wanita dalam keadaan tidak hamil… kalau diadakan tindakan operasi pengangkatan rahim … itu bisa karena memang rahimnya ada, tapi pada  ternak kelinci tidak bisa dilakukan karena rahimnya tidakada. Rahim itu akan ada bersamaan dengan terjadi pembuahan, pembentukan zygote, embrio kemudian berkembang menjadi janin. Jadi rahim itu terbentuk didalam oviduct tadi.
·        
Oviduct itu disebut uterus tapi pengertiannya berbeda dengan rahim pada manusia. Jadi jabang bayi tidak melekat pada uterus sehingga memang tidak ada perlukaan disana. Pada perkembangan janin tadi uterus memang ikut membesar dan setelah melahirkan uterus akan mengecil itu benar… tapi sekali lagi uterus disini tidak sama dengan kondisi rahim manusia dimana kantung placenta dan ari2 menempel pada dinding rahim sehingga pada saat melahirkan terjadi perlukaan disana. Ini yg membedakan manusia dengan  ternak kelinci.


pada manusia setelah melahirkan dan hamil berikutnya memakai rahim yg sama, dikelinci tidak. Jadi pada  ternak kelinci pada saat lahir dan bunting berikutnya dia tidak lagi memakai rahim yg sama karena sudah gugur,keluar bersama placenta dan jabang bayinya. Bahkan dalam keadaan buntingpun  ternak kelinci bisa kita kawinkan (kalau dia birahi) dan bisa terjadi pembuahan. Yg artinya dia bisa bunting dengan rahim yg lain lagi. Jadi rahim disini jangan dibayangkan sama persis dengan rahim manusia. Kalau rahim di manusia ya yg itu2 juga, sehingga kalau terjadi operasi pengangkatan rahim wanita tsb sudah tidak bisa hamil lagi, sedangkan pada kelinci rahim itu berkembang bersama sama dengan perkembangan zygotenya. 
Sistim hormonal  ternak kelinci itu berbeda dengan sistim hormonal manusia. Hormonnya sama tapi cara bekerjanya tidak persis sama. Pada manusia .. setelah melahirkan akan terbentuk hormon prolaktin yaitu hormon untuk menyusui. Adanya hormon prolaktin ini akan menekan kerja hormon esterogen dan hormon progesteron. Padahal hormon ini hormon yg mempengaruhi pelepasan sel telur. Jadi Apabila hormon prolakti aktif maka pelepasan sel telur dari indung telur tidak akan terjadi sehingga dalam keadaan menyusui wanita tidak mungkin bisa hamil karena tidak ada sel telur yg bisa siap untuk dibuahi. Berbeda banget sama  ternak kelinci . ini hewan yg mempunyai keistimewaan dalam hal reproduksinya. Hormon menyusui dan hormon bunting bisa ada dalam waktu yg bersamaan. Jadi dalam kondisi menyusui yg artinya hormon prolaktin sedang tinggi2nya, tetapi hormon esterogen dan progesteronpun selalu siap untuk mendorong sel telur berovulasi. Itulah kehebatan hewan yg satu ini… jadi semua tergantung pada kita, apakah kita mau memanfaatkan kelebihannya atau tidak.
· 
       
Kalau manusia melahirkan rahimnya tetap dan terjadi perlukaan pada tempat dimana kantung placenta menempel. Tapi pada  ternak kelinci rahimnya gugur bersama dengan placentanya, Jadi perlukaan bukan pada rahim tetapi pada gantungan rahim tadi. Pada manusia sel telur diproduksi di indung telur, dan akan turun kerahim kemudian menempel didinding rahim sampai siap dibuahi. Apabila tidak terjadi pembuahan maka akan gugur dan biasa disebut menstruasi. Pada peristiwa ini terjadi pengelupasan dinding rahim sehingga terjadi pendarahan. Besar kecilnya pendarahan tergantung pada besar kecilnya pengelupasan tadi. Apa bila terjadi pembuahan, maka sel telur yg telah dibuahi tadi akan membentuk Zygote.. 
·        
berkembang menjadi Embrio selanjutnya menjadi Janin dengan tetap menempel pada dinding rahim karena dari sanalah aliran makanan dari si ibu ke jabang bayi berlangsung yaitu melalui tali pusat dan cairan placenta. Pada saat melahirkan semua akan gugur dengan meninggalkan perlukaan bekas menempelnya kantung placenta tadi. Berbeda dengan  ternak kelinci. Kelinci sel telurnya ada setiap saat dan setiap saat pula siap untuk dibuahi oleh sel jantan. Akan tetapi sel telur ini hanya bisa dibuahi kalau folikel atau pembungkus sel telur tadi pecah. Nah pecahnya folikel tadi bisa terjadi kalau ada rangsangan. Rangsangan tadi akan mengaktifkan kelenjar Gonad dan akan mengeluarkan hormon GnRH serta hormon FSH untuk memecah folikel sehingga sel telur bisa dibuahi. Setelah dibuahi maka terbentuk Zygote dan berkembang menjadi Embrio. Pada umur kebuntingan 14 hari apabila  ternak kelinci kita potong maka akan tampak embrio yg bergelantungan berbentuk seperti buah anggur. Nah embrio itu ada didalam rahim dan akan keluar bersama si jabang bayi tadi. Perlukaan hanya terjadi sebesar gantungan tadi. Pada manusia rahim yg tadinya hanya sebesar telur ayam akan ikut berkembang menjadi besar menyesuaikan dengan besar/tumbuhnya si jabang bayi. Pada saat melahirkan rahim yg telah membesar tadi akan mengecil kembali sambil memperbaiki kerusakan sel dinding rahim, nah inilah yg disebut masa nifas.. dikelinci peristiwa ini tidak ada… itulah sebabnya ternak kelinci begitu melahirkan bisa langsung dikawinkan dan bisa terjadi pembuahan.


seperti yg di jelaskan diatas..  ternak kelinci dalam keadaan buntingpun bisa terjadi pembuahan berikut dengan selisih waktu, karena sistim reproduksi yg sangat berbeda dengan mamalia lain. Jadi jangan heran kalau ada kelinci beranak dan selang seminggu atau dua minggu kemudian beranak kembali, karena memang rahimnya berbeda sama manusia atau mamalia lain yg menggunakan rahim ya itu2 juga.

Jadi kalo  ternak kelinci pas bunting rahimnya ada kalo pas tidak bunting rahimnya ya tidak ada..rahimnya terbentuk bersama2 dengan janin..
nah udah pahamkan kelinci itu tidak mempunyai siklus haid juga nifas

pas nanti saya shere di group2  facebook jangan – jangan nanti ada yang protes..apa gak kasihan sama  ternak kelinci kita..habis beranak kok dikawinkan..
 yang protes itu gak ngerti kelinci.. kalo yang tau sistem reproduksi kelinci, kelinci itu adalah hewan  yang mempunyai  sistem reproduksi yang sangat luar biasa yang tidak dipunyai oleh hewan lain, jadi kalo  ternak kelinci itu kita perlakukan sebagai hewan produksi, ya kemampuannya itu harus kita berdayakan seoptimal mungkin. sekarang apa bedanya sama ayam broiler…kenapa gak ada yang kasihan sama ayam-ayam broiler,, kok tidak ada yang protes… padahal ayam itu yang jantannya diambil sel jantannya buat IB si betina, jadi betinanya setiap hari betelur tanpa henti..karena memang gen mengeramnya sudah hilang, jadi betinanya sanggup bertelur sepangjang masa tanpa keinginan mengeram, dan telurnya ditetaskan untuk suplai DOC dipeternakan ayam potong.. dan kemampuan itu yang dimanfaatkan secara maksimal..
(Arsip Mercy)
masih banyak sekali ilmu2 yang bermanfaat diblog ini, silahkan telusuri semua/jelajahi semua yang ada di blog ini….semoga blog ini bisa mencerdaskan pelaku  ternak kelinci seindonesia…

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Halaman Facebook

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Alamat Perusahaan

Kebun Kelinci
Desa Bukur rt.12 rw.04
Kec. Jiwan Kab.Madiun 63161
Jawa Timur. Indonesia

Hp.085649561319 (sms/whatsapp)
Email : kebunkelinci@gmail.com

Jam kerja :
Senin-Sabtu
07.00-16.00

Jual Mesin Giling Pakan Ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak


Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci