KISAH SUKSES PETERNAK KELINCI YANG SEKARANG SUDAH BISA MENSUPLAI DAGING KELINCI SEHAT

Pernahkah Anda menganggap peternakan kelinci sebagai peluang bisnis paling baik?

 

Meskipun daging kelinci mungkin tidak  sefamiliar seperti ayam , daging sapi atau kambing , tidak diragukan lagi peternakan kelinci  adalah bisnis yang sangat menguntungkan; Setiap tahun, lebih dari satu juta ton daging kelinci dikonsumsi di seluruh dunia.

Empat produsen dan konsumen daging kelinci terbesar di dunia adalah: Cina, Italia, Spanyol dan Prancis. Lha di Indonesia bagaimana???  Di Afrika, konsumsi daging kelinci terus mengalami peningkatan dan beberapa peternak kelinci di benua tersebut sudah menikmati manfaat dari bisnis peternakan ini.

daging kelinci mengandung protein dengan kandungan paling banyak dan kolesterol dan lemak terendah dari semua jenis daging. Kelinci juga mudah dibesarkan, kelinci suka kebersihan dan membutuhkan sedikit modal, tenaga kerja, waktu dan ruang untuk pengelolaanya

Artikel ini akan membuka mata Anda untuk manfaat yang luar biasa dari bisnis kelinci. Saya sangat  senang melakukan penelitian tentang bisnis kelinci ini. Saya harap temen2 senang membaca artikel ini.

Di Afrika sudah banyak  peternak kelinci yang memulai dari nol dan kini telah memjadi usaha peternakan kelinci yang sangat sukses. Keberhasilan mereka tidak terlepas dari tantangan modal. Mari kita bertemu mereka!

 

Brown  Farmer (Ghana)

Salah seorang warga Ghana  bernama adotei brown keluar dari dinas sipil.. yo mungkin kalo diindonesia PNS kali yaa…beliau keluar dari pekerjaan tersebut pada tahun 2002. Dan untuk memulai peternakan kelinci dalam skal kecil dengan 3 ekor kelinci betina dan 1 ekor krlinci jantan. Dengan hanya modal 3 dolar..kalo sekarang berpa ya.. hitung sediri dah kalo dirupiahkan berapa…

Beliau menginfestasikan semua keuntungan dari peternakan kelinci ini, untuk membesarkan perternakan kelinci tersebut. Dan hingga saat ini peternakannya bisa menghasilkan 3.000 kelinci setiap tahunnya. Dan menyembelih sekitar 500 ekor disetiap minggu untuk dijual di toko daging , restoran dan hotel.

Pak brown sudah menjadi pioneer untuk mengkonsumsi daging kelinci di Ghana. Beliau  memiliki restoran khusus untuk daging kelinci di peternakannya, yang menarik pengunjung, termasuk turis.

 

Restorannya menyajikan daging kelinci yang lezat dalam berbagai bentuk: panggang, diisap dan dimasak dengan berbagai resep masakan. Dia juga memiliki usaha penanaman rumput yang tumbuh subur (nandur suket istilahe) yang berada berdampingan dengan peternakan kelinci.

 

Pak Brown telah mendedikasikan dirinya untuk melatih lebih banyak anak muda di Ghana untuk mampu mengelola peternakan kelinci. Untuk meyakinkan pasar yang bagus  bagi generasi muda petani, beliau melatih, beliau membeli kelinci dewasa dari mereka untuk memastikan mereka memiliki arus kas yang mantap dari bisnis ini. Nah ini lho yang belum ada diindonesia..da sih tapi mung golek untuk thok…

 

Yang kedua  pak Moses Mutua, CEO Rabbit Republic (Kenya)

Peternakan  Kelinci di Afrika yang paling Populer ya itu peternakannya punya bapak moses metua, jaman dulu sih katanya artikel  bapak Moses Mutua  ini tumbuh dalam keluarga miskin dan tidak dapat melanjutkan pendidikannya karena keluarganya tidak mampu membayarnya. Kasihan baget sampean pak,….

 

 

Dan bapak moses ini sebernernya cita2  selalu ingin menjadi polisi, tapi beliau  tak pernah sampai pada mimpinya  itu. Sebagai gantinya dia mendapat pekerjaan sebagai satpam dan menjalaninya  selama lima tahun sebelum dipecat.

Sebelum menjadi Mr. Rabbit, julukan terkenalnya di Kenya. Pak  Moses sudah mencoba pertanian rumah kaca, peternakan ikan , pertanian organik, namun pilihannya jatuh pada kelinci karena mereka adalah hewan piaraan yang paling menguntungkan di dunia dalam hal waktu, monak-manak wae maksudnya/atau perkembangbianya cepet, gak banyak butuh lahan yang luas dan margin keuntungan besar. Haha pak moses memang cerdas.

 

Pak mose  belajar segala hal tentang peternakan kelinci dari internet (dengan menggunakan Google) dan akhirnya memulai peternakan kelinci skala  kecil dengan hanya enam kelinci.

Hari ini, Rabbit Republic perusahaan punya pak moses ini memiliki omset yang lebih dari  (sekitar $ 100.000) kalo dirupiahkan 100.000 x 13.500=1.350.000.000 .. waoooo sak milyar mblooo…..dan menyembelih sekitar 2.000 kelinci setiap bulannya.

 

Bisnisnya telah menarik investor dan pak Moses saat ini sedang mengembangkan lahan seluas lima hektar yang akan membiakkan sekitar 30.000 kelinci. Coba deh cari Video di youtube beliau yang sedang beraksi di ladangnya saat  beliau  menjelaskan profitabilitas bisnis peternakan kelinci dan mengapa lebih banyak pengusaha harus mempertimbangkannya secara serius…

Perusahaan Kelinci Republik sekarang memiliki jaringan lebih dari 1.000 petani kelinci di Kenya yang mendapat pelatihan dan dukungan gratis dan pada mereka tidak kesulitan masalah pemasaran karena mereka bisa langsung  menjual kelinci dewasa mereka ke perusahaan.

Rabbit Republic sekarang telah membuka peternakannya di negara-negara tetangga; Uganda dan Tanzania. Tapi bukan itu saja. Pada pertengahan 2015, perusahaan  mengekspor satu ton sosis kelinci ke AS dan Eropa di mana permintaan akan daging sehat (seperti kelinci) suangat banyak sekali.

Dengan kelinci  membuat Negara Kenya menjadi pemain utama di pasar daging kelinci global yang belum dimanfaatkan. Saat ini, China, Italia, Spanyol dan Prancis merupakan produsen daging kelinci terkemuka yang telah mendapatkan reputasi sebagai ‘daging super’ karena manfaat nutrisinya dan kesehatannya.

 

Perusahaan Kelinci Republik puya pak moses sekarang bermitra dengan universitas dan organisasi lokal / internasional untuk melatih lebih banyak pemuda dan wanita tentang pertanian kelinci sebagai sarana untuk mengurangi kemiskinan. Sampean memang josss tenan pak.. semoga aka nada segera diindonesia.

Yang ketiga BapakeCharles Kamau (Kenya)

Pak Charles memulai sebuah peternakan kelinci kecil pada tahun 2004 untuk menyediakan pupuk organik untuk pertanian sayurannya . Dia kehilangan pekerjaannya di industri perhotelan dan harus melakukan sesuatu untuk memberi makan keluarga barunya. Pak Charles iki nganten anyar kayaknya… Usaha pertamanya untuk memelihara kelinci keno bencana  lha trus beliau  kehilangan semua kelincinya karena penyakit. Pado karu aku pak….hahaha

Terlepas dari frustrasinya, dia melakukan penelitian dasar, belajar dari kesalahannya dan memulai lagi. Kali ini beliau sukses besar dan beliau bahkan harus menghancurkan sebagian rumahnya untuk menciptakan lebih banyak ruamah kandang untuk bisnis kelinci yang terus berkembang.

Pak Charles Kamau memiliki berbagai jenis kelinci yang dijualnya kepada petani baru dan juga memelihara kelinci yang kami suplai ke pasar daging lokal.

Pelanggan utamanya termasuk warga negara asing yang tinggal di Kenya, restoran dan hotel bintang lima. Bahkan, dia pernah mendapat perintah dari China untuk memasok 22.000 potong bulu kelinci angora namun beliau  tidak dapat memenuhi permintaan besar tersebut.

Pak Charles mengatakan bahwa dia sekarang dapat menghemat lebih dari  $ 220 setiap bulan dari bisnis kelincinya.220$ yo sekitar 3 juta paling… Bisnis kelincinya  juga menghasilkan uang untuk memberi makan keluarganya dan membayar uang sekolah untuk anak-anaknya yang bersekolah di sekolah swasta.

 

Beberapa tahun yang lalu, dia bisa membeli beberapa bidang tanah di Nairobi (ibu kota Kenya) dan baru saja membeli sebuah mobil dan tanah seluas 12 hektar di mana dia berencana mendirikan peternakan kelinci yang jauh lebih besar. Joss pak….

3 Alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan peternakan kelinci secara serius..baca ini mbloo….

 

Kisah sukses para peternak kelinci ini membuktikan potensi bisnis peternakan kelinci yang besar dan sebagian besar belum dimanfaatkan di Afrika. Opo meneh di Indonesia sangat amat belum sekali dimanfaatkan hanya sedikit sekali..bisa dihitung jari.. Pada bagian ini, saya akan mengungkapkan tiga alasan utama mengapa kita harus mempertimbangkan peluang bisnis peternakan kelinci secara serius.

 

Ada peluang pasar yang besar untuk kelinci

Tingkat pertumbuhan penyakit jantung dan penyakit terkait telah meningkatkan kesadaran akan efek berbahaya kolesterol dalam makanan kita. Lebih banyak orang sekarang mencari daging ‘putih’ yang mengandung kolesterol dalam jumlah rendah. Tidak seperti ‘daging merah’ (terutama daging sapi dan kambing), daging putih seperti burung unta , unggas , ikan dan daging kelinci mengandung lebih sedikit lemak dan kolesterol dan memiliki manfaat kesehatan yang lebih tinggi.

Selain ikan, daging kelinci memiliki jumlah protein tertinggi dan mengandung lemak terendah dibanding semua jenis daging lainnya. Dagingnya mengandung sedikit kalori dan sodium daripada daging lainnya namun mengandung lebih banyak kalsium dan fosfor (yang sangat bagus).

 

 

Sebagai hasil dari sifat ini, daging kelinci telah menjadi ‘daging super’ bagi orang yang ingin makan daging yang sehat dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Daging kelinci juga sangat banyak diolah dan dimasak. Tidak seperti babi dan sapi (dibali)  , hampir tidak ada  agama atau budaya yang melarang tentang mengkonsumsi daging kelinci.

Lebih dari 700 juta kelinci disembelih di seluruh dunia setiap tahun, menghasilkan sekitar 1 juta metrik ton daging kelinci. Pemimpin dunia dalam produksi daging kelinci adalah China, mewakili lebih dari 30% dari total produksi global.

Daging kelinci sangat populer di negara-negara seperti Italia, Spanyol, Prancis dan China.negara timur tenga seperti arab juga. Negara-negara ini mengkonsumsi kelinci terbanyak per orang (sekitar 8kg per orang) dan merupakan pasar ekspor terbaik untuk daging kelinci.

Kelinci menghasilkan kulit berkualitas tinggi yang digunakan untuk membuat pakaian bulu (seperti pakaian, topi dan sepatu ), dan lain-lain. Kegunaan penting lainnya adalah di laboratorium penelitian kosmetik, medis dan farmasi. Ato biasane disebut kelinci percobaan. Kelinci juga dibeli oleh orang yang ingin menjadikannya hewan peliharaan.

 

Peternakan  kelinci sangat menguntungkan karena kelinci berkembang biak dengan sangat cepat

 

Seekor kelinci betina bisa melahirkan  hingga 40 bayi kelinci dalam satu tahun. Ini berarti Anda bisa memulai dengan dua kelinci pengembangbiakan sepasang kelinci dan menghasilkan  lebih dari 40 kelinci dalam waktu kurang dari 12 bulan. Itu karena kelinci bisa berkembang biak sepanjang tahun dan dibutuhkan sekitar satu bulan (30-33 hari) untuk hamil dan melahirkan bisa langsung kawin lagi.

Setelah mereka lahir, kelinci tumbuh sangat cepat dan bisa mencapai kematangan dan ukuran potong dalam waktu kurang dari 6 bulan. Salah satu alasan tingkat pertumbuhan cepat ini adalah kelinci adalah konverter efisien dari makanan yang mereka makan. Artinya makanan yang dimakan ceopet jadi daging .Dibandingkan hewan ternak lainnya (unggas, sapi, babi dll), kelinci mengubah hingga 20 persen protein yang mereka makan menjadi berat badan, lebih tinggi dari binatang lainnya!

 

Seekor kelinci potong  yang siap dipasarkan bisa menjual hingga $ 22 (tergantung lokasi dan pelanggannya). Namun, biaya untuk memelihara kelinci mencapai sekitar $ 1 per bulan. Menurut pak  Moses Mutua (CEO Rabbit Republic), sumber daya dan biaya yang dikeluarkan untuk membesarkan seekor sapi setara dengan yang Anda gunakan untuk meningkatkan 40 kelinci. Akibatnya, kelinci menawarkan potensi keuntungan lebih tinggi daripada ternak dan ternak lainnya.

Dan karena kelinci siap kawin dengan cepat dan berkembang biak dengan sangat cepat, mereka menawarkan salah satu peluang terbaik untuk segera memulihkan biaya dan investasi kita dalam waktu singkat.

Mudah untuk memulai, murah  dan mudah  dipelihara (kalo tau ilmunya)

Kelinci tidak memerlukan persiapan yang rumit atau modal besar untuk memulai. Anda bisa mulai dengan dua kelinci (jantan dan betina) dengan menggunakan kandang dasar yang terbuat dari kayu dan kawat ram.

Tidak seperti ayam, sapi , kelinci bukan binatang yang ribut. Mereka adalah hewan yang sangat bersih dan tidak mudah terserang penyakit. (kalo ngerti ilmunya lagi)

Yang terpenting, kelinci tidak membutuhkan banyak tempat seperti ternak lainnya; Ini adalah hewan yang ideal untuk dibesarkan di halaman belakang rumah kita atau tempat manapun dengan sedikit ruang.

Membesarkan kelinci tidak sesibuk seperti ternak dan unggas. Kelinci sangat doyan makan dan seringkali tidak perlu banyak perhatian. Akibatnya, bisnis peternakan kelinci bisa dijalankan secara paruh waktu.

 

Beberapa limbah dapur, rumput, daun tanaman dll merupakan makanan favorit kelinci. Padahal, kelinci tunggal membutuhkan sekitar 120 gram makanan setiap hari. Anda bisa memberi makan di pagi hari sebelum Anda pergi bekerja dan kemudian di malam hari saat Anda kembali. Enak kan sambil kerj bisa pelihara kelinci

Jadi, dalam hal modal, waktu, kebutuhan ruang dan tenaga kerja, peternakan kelinci mengalahkan unggas, peternakan kambing, dan peternakan sapi.

Siap memulai peternakan kelinci Anda sendiri? Berikut ini adalah dua tips penting.

Belajarlah…

Ikut pelatihan kelinci atau membayar seseorang untuk mengajari Anda cara memelihara kelinci. Gak usah….. Orang-orang seperti pak  Moses Mutua (Rabbit Republic) belajar segala hal tentang peternakan kelinci di internet.

Ada banyak panduan gratis dan video online yang akan membantu kita. Saya telah mengerjakan beberapa artikel untuk Anda dan menemukan blog terbaik di internet yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari semua hal yang perlu Anda ketahui tentang peternakan kelinci. Di mana ya diblog ini..industri kelinci

Blog ini yang  paling komprehensif mengenai peternakan kelinci yang pernah Anda temukan. Ini berisi semua yang perlu Anda ketahui tentang kelinci termasuk pembiakan, penyembelihan dan pengemasan(yang ini belum hehe). Saya sangat merekomendasikannya.

Blog yang bagus untuk mempelajari segala hal tentang peternakan kelinci. Blog ini ditulis dalam bahasa yang sangat sederhana yang membuatnya mudah dimengerti. Ini mencakup banyak topik termasuk bagaimana membangun kandang kelinci dan penyakit umum yang mempengaruhi kelinci. Anda pasti akan senang membacanya.

Yang kedua.. pikirkan mau ternak kelinci berapa ekor..lihar diri temen2 sendiri.. sudah sampai mana belajarnya.Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, modal  minimum yang Anda butuhkan untuk memulai adalah satu ekor jantan (buck) dan satu kelinci betina (doe).

Mintalah peternak kelinci sekitar kita yang bisa menjual bibit.pilih peternak kelinci yang baik. Ya karena memang ada sebagian peternak kelinci yang nakal…hahaha  Mintalah bukti yang membuktikan jenis kelamin kelinci yang Anda beli sehingga Anda tidak tidak membeli dengan kelamin yang sama.

Perlu diingat bahwa ada beberapa jenis kelinci. Namun, beberapa breed lebih cocok untuk pertanian komersial daripada yang lain.

Generasi komersial/kelinci potong  tumbuh dalam ukuran besar dan menghasilkan lebih cepat. Ada kelinci yang seringkali lebih kecil dari breed komersial, sangat populer digunakan sebagai hewan peliharaan atau dibesarkan untuk diambil bulunya dan mungkin tidak sesuai untuk produksi daging komersial.

 

Tempat terbaik untuk menemukan peternak  kelinci adalah facebook…kalo dipasar hewan… walah nanti bisa nyesel…cari perternak kelinci di facebook dan kunjungi kandangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *