MENGOBATI LUKA PADA KAKI KELINCI BERIKUT INI TIPSNYA

Sebenarnya mendiagnosa penyakit ternak kelinci itu susah2 gampang.

tapi jika kita berhasil mendiagnosa penyakit ternak kelinci ini karena apa? maka pengobatannya akan lebih gampang, bahkan tanpa harus menggunakan obat.


 
Jika kelinci sakit bukan karena devisiensi nutrisi maka berarti dia sakit karena masalah habit. Bisa juga karena stress kurang sandang pangan papan.. cinta tidak direstui…banyak hutang ..citacita tidak kesampaian…kredit belum lunas – lunas..pujaan hati dilamar orang , pacar selingkuh hahahaa  
 
lho bisa jadi kalo ownernya lagi stress dan galu berat. Kelinci kagak diurus kagak dikasih makan dan minum ya kelincinya ikutan stress…jomblo kelamaan juga bisa bikin stress…wkwkw sudah2 kembali kelaptop…
 
 
Jika karena masalah habit maka ini yang harus kita cari penyebabnya. Emang sih kalo cuman ngomong doang gampang, karena menterjemahkan habit ini butuh kecerdasan pemikiran.
 
 
Coba  kita lihat pola ternak kelinci dialam liar, apa pijakan kaki kelinci dialam liar. Yang jelas adalah tanah. Tapi ini kurang tepat yang benar adalah pijakan kaki kelinci itu rumput. Jadi kaki kelinci berpijak pada rumput diatas tanah yang membal dan empuk.
 
 
Jadi jikalau mau mengobati sorehock pada kaki ternak kelinci gampang saja. Kasih jerami kering sebagai alas kandang, jika sudah kotor dan basah tambah lagi jeraminya agar tetap kering. Lakukan terus sampai kira kira 2 minggu. Jika sudah menumpuk buang dan ganti dengan yang baru.
 
 
 Setelah kira2 2 minggu maka akan sembuh sendiri tanpa obat. Setelah itu lakukan perubahan alas kandang, jika tidak dirubah ya percuma, akan kembali terkena sorehock lagi. 
 
 
Biasanya ini disebabkan bilah bamboo yang terlalu lebar..punggung bamboo yang lebih membulat menyebabkan pijakan kaki kelinci yang tidak rata, lha inilah yang menyebabkan ternak kelinci kena sorehock. Lebar bilah bamboo sebaiknya hanya max 2cm saja dengan demikian kaki yang menapak pada bilah bamboo bisa rata….


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *