PERLU KAMU TAHU BAHWA KELINCI ITU TIDAK BUTUH MINUM

Beberapa tahun yang lalu ada perdebatan ini disosial media, ternak kelinci itu sebenarnya butuh minum enggak sih..?? Kelompok A menjawab : “ ternak Kelinci itu ya harus minum, kita aja manusia kalo habismakan ya juga harus minum, kalo kita makan soto, nasi goreng, pasti lengkap dengan minumnya, begitu juga dengan ternak Kelinci , ya harus minum juga”.( aduh.. soto sama nasi goreng segala dibawa- bawa..wkwk, mungkin si dia  jualan nipple untuk minum kelinci, jadi tetep keukeh berpendapat ternak Kelinci tetap butuh minum.)

 
KEGIATAN DONOR DARAH MERCY
 
Kemudian kelompok B : “terna kelinci itu gak butuh minum, orang ternak Kelinci saya makan hijauan , gak dikasih minum  selama 3 bulan juga gak apa 2 kok,, sehat- sehat aja..”


 
Udah jangan debat terusss Brooo….!!!!!
nah… coba sekarang kita membuktikan apa yg di utarakan diatas …. yg memperdebatkan apakah kelinci perlu diberi minum ??? padahal secara umum teorinya :”semua mahluk hidup perlu minum”…. tapi ada bantahan dari kelompok B :”saya ternak Kelinci udah tiga bulan ngga dikasih minum koq ya ngga apa-apa”…

nah ini yang disebut praktek tidak sesuai dengan teori…. Jadi… bagaimana kita harus menjawab masalah ini? Adakah teori lain selain “semua mahluk hidup perlu minum” yg bisa menjawab kenyataan bahwa kelinci saya ngga dikasih minum koq ngga apa-apa… sehat sehat saja ????
Maka statement “semua mahluk hidup butuh minum” menjadi kurang tepat… dan yang benar adalah “semua mahluk hidup butuh air”…. artinya ada kebutuhan cairan untuk kelangsungan hidup dan untuk memenuhi kebutuhan air tadi bisa melalui mekanisme “minum”… ataupun melalui mekanisme “makan”.

Lalu makanan yg bagaimana yg bisa memenuhi kebutuhan airnya ? … tentunya makanan yg banyak mengandung air, dalam hal ini tentunya berbentuk hijauan. Jadi kalau ada pertanyaan kelinci butuh minum atau tidak … maka jawaban yg tepat adalah “tergantung pakan yg diberikan dalam kesehariannya”….



kalau pakannya berupa pelet ya otomatis dia butuh minum, karena melalui mekanisme minumlah kelinci bisa memenuhi kebutuhan air untuk hidupnya. Kalau konsumsi pakannya berupa full rumput maka bisa saja dia tidak butuh minum… karena untuk memenuhi kebutuhan airnya dia bisa melalui mekanisme makan rumput yg notabene banyak mengandung air tadi.
Jadi inilah teori-teori yg harus kita pahami agar dalam menjawab pertanyaan seperti diatas dan tidak menimbulkan kebinggungan dan perdebatan. Air ini juga sangat berpengaruh pada penyerapan kalsium, dibanyak kasus terjadi kelinci lumpuh karena kekuranga air minum.. Absorpsi calsium itu terjadi dibagian usus halus dan banyak faktor yg mempengaruhi absorpsi ini. Yg utama adalah calsium harus dalam bentuk larut air. Oleh sebab itu ketersediaan air minum sangatlah berpengaruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *