Jual Mesin Giling Pakan Ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci

Mesin Giling dan Cacah Multifungsi – Bisa untuk berbagai kegunaan Petani dan Peternak

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak

Jual Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Jual Mesin Pellet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Posts tagged kiat sukses ternak kelinci pedaging

KISAH SUKSES DIINDUSTRI KELINCI YANG WAJIB KITA TIRU

Dulu ketika saya awal mula beternak kelinci, juga karena sebuah blog kelinci, blog yang sungguh luar biasa, artikel- artikelnya sangat unik dan menarik. Tapi setelah dikunjungi nyatanya berbeda jauh dari isi blog haha… aku kecewa

Tidak hanya ane aja yang kecewa, ada TKI daru Brunei yang bela-belain pulang untuk ternakkelinci, begitu berkunjung ke alamat blog itu, haduh kok begitu .. hahaha..
 Tapi ya sudahlah itu masa lalu.. kami yang dulu gak kenal sekarang jadi teman akrab, kami bertiga jatuh bangun di peternakankelinci. Kelinci malam sehat, pagi2 udah kaku..pas dibedah , kita cuman bengong plonga-plongo kagak paham kenape dia bisa mati, sampai kekuatan dari alam gaibpun kita bawa-bawa, menjadi kambing hitam pada kematian ternak kelincikita. Haha… koplak… biasa mbiyen urung ngaji jadi masih gampang diapusi dari hal2 yang berbau mistis.


Dah gak ngitung lagi berapa biaya untuk ikut pelatihan dan seminar kelinci, kunjungan ke peternak kelinci dari yang satu ke yang lain, berapa rupiah yang sudah di keluarkan untuk kuota internet. Begadang siang malam, dan ane yang paling banyak diskusi disosmed tentang kelinci,   dan yang paling banyak dicaci maki, di bilang wong edan…haha… maaf karena dulu ane gaya diskusinya kurang sopan dan santun serta kurang lemah lembut…sampai sekarang kayaknya masih seperti itu..jadi maaf ya jika dalam penyampaian materi ternak kelinci ini ada yang kurang berkenan di hati saudara-saudara.


Itulah sedikit cerita masa lalu. Dan lihatlah sekarang. Dulu yang blognya gak sesuai kenyataan sekarang sudah punya brand sendiri kebunkelinci dot com. Yang satu lagi temen ane yang mantan TKI sebentar lagi akan launching resto sate kelincinya.

 
KESUKSESAN DI DUNIA KELINCI
Dalam proses bangkit dari kebangkrutan saya ketemu dengan buku yang bagus sekali, bukunya mas dewa. Beliau bilang” jika kamu ingin dibantu Alloh maka bantulah orang lain”, didalam hati kecil pasti bergejolak kalo lagi bangkrut bagaimana mungkin bisa bantu orang. Justru inilah Alloh sedang menguji ane, apakah saya yakin denganNYA atau tidak. Kalo yakin ya bantu orang sebanyak mungkin dengan cara yang saya bisa, sampai nanti Alloh melihat kesungguhanmu bahwa kamupun ingin dibantu olehnya.


“bantu orang lain, dibantu Alloh kemudian”.Barang siapa yang memudahkan urusan saudaranya didunia, niscaya ALLOH  akan memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat (HR. Muslim).

KESUKSESAN MERAWAT KELINCI OLEH SEORANG BEKAS PENGGUNA N4RKOBA

Pada siang kala itu, tepatnya hari Jumat, panas terik matahari yang menerangi laki-laki bercelana pendek dan telanjang dada. Itulah jenis pakaian yang sehari hari dia gunakan. Bukan dia tak bisa membeli baju, tetapi memang cuaca di Jakarta yang sungguh panas sekali.

kelinci himalayan

kelinci himalayan

Pria dengan senyuman khas itu mengangkat kandang burung peliharaannya. Seraya menggantung kandang itu dan mengambil kandang yang lain untuk dibersihkan ia berucap, “Ambil minum saja sendiri. Anggap saja rumah loe sendiri . Hehehehe,” candaan seperti ini selalu dilakukan. Karena ia menganggap semua orang yang telah masuk atau bertamu ke rumahnya adalah saudara.

Usai membersihkan semua kandang peliharaannya, dia, Pria itu duduk menyandarkan badannya, menaruh tengkuknya di ujung bangku yang tidak banyak mempunyai busa. “Aduh cape ya. Padahal hanya begitu doang, pinggang gue kayak ingin meledak,” keluhnya.

Kediaman yang memiliki lebar halaman dua puluh m dan panjang delapan puluh m, dihiasi dengan pohon jambu, belimbing wuluh, bonsai, dan berbagai macam  tanaman lain. Panasnya mentari sedang dirasakan juga oleh kelinci-kelinci lucu di dalam kandang. Terlihat juga banyak kandang kosong di sana. Kandang yang dibuat dengan bahan dasar kawat galvanis ini mempunyai jumlah sekitar 54 kandang dan berisikan 40 ekor kelinci. Usaha inilah yang dijalankan Kang Edwyn selama sembilan tahun terakhir.

 

Awal mula ia beternak kelinci ialah saat ia membeli kelinci lokal yang harganya cuma sekitar 15,000 rupiah. kelincinya semakin banyak dan dia mulai menjualnya ke tukang-tukang pinggir jalan atau dia sendiri yang menjualnya secara langsung, sedikit Hasil dari penjualan tersebut dia kumpulkan untuk membuat kandang.

 

Setiap bulan ia mulai mendapatkan hasil yang meningkat,akhirnya  dia mulai mencari tahu apa dan seperti apa berternak kelinci yang betul. Ia mulai belajar dan akhirnya tahu bahwa yang dia lakukan merupakan kesalahan. Sebab ia beternak dan menjual kelinci yang asal usul atau ras-nya tidak jelas.

“Kelinci yang saya beli saat tersebut banyak sekali. Dari mulai Dutch, Himalayan, Satin, Rex, English Anggora, dan Fuzzy Lop. Wah, pokoknya tidak sedikit. Sampai 13 ras semuanya gue punya. Sampai akhirnya aku kepikiran membuat Daniels Rabbit ini menjadi rabbitry yang lebih spesialisasi. Dokter saja ada spesialisnya, masa tukang kelinci enggak ada,” candanya.

Akhirnya ia mencari 4 ras yang kira-kira akan menjadi ladang emasnya Daniels Rabbit. Daniels Rabbit sendiri adalah nama peternakan kelinci miliknya. Nama Daniel diambil dari nama anak pertamanya. “Anak yang bandel, anak yang susah pokoknya,” tegasnya. Jadi ia berharap bahwa rabbitry-nya pun bandel dan susah untuk dilengserkan atau bangkrut.

Ras yang dijadikan spesialis merupakan Rex, Rexa, English Anggora, dan Fuzzy Lop. Dengan tekun peternakan ini dijalankan dimulai dari empat jenis itulah saya hingga menjadi peternakan kelinci terbesar di DKI Jakarta. Perawatan kelinci yang betul kepada setiap pembelinya disosialisasikan dan melakukan jual beli sekaligus.

Lambat laun ia mulai menjalankan usahanya itu. Ia mendapatkan bantuan dari tempat yang bisa dibilang telah menyelamatkan hidupnya dari n4rkob4. Ketika tersebut direhabilitasi, Tempat tersebut memberikan uang sekitar 15 juta untuk membantu usahanya. “Memang seluruh orang yang telah lulus rehab bakal dikasih bantuan, Om. Ada yang usahanya bengkel, macam-macamlah usaha yang dibantu. Alhamdulillah, pas kala itu saya langsung impor kelinci 2 ekor seharga dua belas juta. Dan dari hasil usaha itu bisa buat tambahan jajannya Daniel,” tandasnya.

 

Pada 2014, tahun titik kesuksesan tertingginya sedikit lagi bisa dia gapai dengan membuka peternakan di daerah Cipanas, tepatnya di Baliti. Kelinci jenis New Zealand diternakkan oleh dia bersama kawannya. Demi melancarkan keinginannya, mencari investor merupakan langkah pertama yang ia lakukan Sasaran ia dan sahabatnya dikenal sebagai menjadikan peternakan tersebut menjadi peternakan kelinci terbesar se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.

Jadi kita penginnya daging kelinci ada di semua rumah sakit di seluruh Indonesia. Sebab daging kelinci tidak memliki lemak dan  memiliki serat, mineral, dan protein saja. Jadi sangat sehat banget buat orang-orang yang sakit. Dan juga, daging kelinci ini juga bisa sebagai pengganti daging sapi sebagai bahan baku pembuatan bakso dan macam macam,” tekannya.

 

“Tidak sedikit memang pertanyaan kenapa pilih kelinci yang dijadikan usaha atau dipilih untuk diternakkan? Jawabnya, ya memang rezekinya di situ. Padahal peluang usaha yang gede itu justru kelinci. Orang jarang ada yang bisa berternak dan memelihara kelinci. Nah, kita baca pasarnya dari situ saja. Coba bayangkan, 1 ekor anakan di setiap ras tersebut berbeda. Contohnya Rex anakan impor atau pure breed dengan kualitas show (untuk kontes) harganya sekitar 1-1,5 juta, Fuzzy Lop anakan harganya 150-200 ribu, English Angora 250-500 ribu, Rexa harganya 300-400 ribu, dan Holland Lop harganya 1,5-2,5 juta rupiah. Semua itu harga anakan per ekornya, anakan cuma satu dilahirkan oleh dan jarang kelinci. sangat Minimal 3 atau 4 ekor setiap melahirkan,” lanjutnya.

 

“Hitung sendiri saja harga anakannya di setiap kelahiran. Kita jual anakan di umur dua bulan atau lebih, tak bakal kurang dari tersebut sebab itu umur yang baik untuk lepas sapih. Dan daya tahan tubuhnya juga telah kuat. Kalau harga New Zealand yang pure breed hampir sama seperti harga Rex. Tapi kita jualnya tidak sampai segitu, dan juga tidak kita kawinkan dengan yang pure breed. Biaya juga bisa ditekan jadi kita mainkan genetiknya sehingga. Sehingga bisa dijual di harga sekitar 300-400 ribu. Tergantung bobot anakan kelinci saat di umur 3 bulan,” terangnya.

“Jadi, telah tahu kan mengapa aku pilih kelinci? Sudah tahu juga mengapa saya masih bertahan untuk ternak kelinci?” Begitulah pertanyaan yang seakan meyakinkan bahwa dirinya tidak bakal pindah ke lain hati dan terus bakal berternak kelinci.

SIMAK TIPS BERIKUT AGAR TIDAK TERJADI KEGAGALAN DALAM BETERNAK KELINCI

 

 

KENAPA ANDA BISA GAGAL DALAM BETERNAK KELINCI

 

Artikel yang saya tulis ini adalah pengalaman dikomunitas kami,  dari sekian post di group mercy saya ambil yang penting saja , jika tulisan ini tidak sesuai atau tidak cocok dengan yang anda alami,saya mohon maaf sebelumnya, dan mohon kritik dan sarannya dikomentar..atau dimana artikel ini dishare nantinya.. untuk perbaikan blog ini kedepannya agar lebih bermanfaat bagi para pembaca .

 

 

1.     Buta  Tentang ternak kelinci.

 

 

SILAHTURAHMI PETERNAK KELINCI

Seperti slogan di komunitas kami slogan yang sering dibahas di group mercy yaitu “GET INTO THE RABBIT HABIT”, kembalikan kelinci kekehidupan/ kebiasanya dialam liar. Ini adalah pelajaran paling dasar dalam ternak kelinci

, pelajaran yang menurut kami paling sulit, dan ruwet. Butuh kecerdasan dalam berfikir, yaitu

mengembalikan ternak kelinci ke habitnya dialam liar.yaitu ketika kita ternak kelinci, apa yang dibutuhkan ternak kelinci dialam liar, kita pindahkan kedalam kandang.Apakah mungkin?? Ya inilah yang saya maksud pelajaran yang paling njlimet,tapi kunci dari budidaya ini adalah  ketika  kita berhasil menterjemahkan habit ini, karena semuanya mulai dari pakan, bentuk kandan, model saung, bahkan pengankutan ternak kelinci pun semuanya harus sesuai dnangan habit ini.

 

Sebagai contoh :

Kelinci itu dialam liarnya bebas bisa belari- lari dan sembunyi dan mencari makan sendiri, nah ketika mau ternak kelinci

, pakan dan minum sudah kita sediakan , lalu bagaimana dengan habit lari2 dan sembunyi,apakah kita harus menyediakan lahan yang luas?? Tentulah ini butuh biaya yang sangat besar. Nah disinilah kita dituntut untuk menterjemahkan habit ternak kelinci, nah ketika pakan dan minumnya sudah kita sediakan didalam kandang, nah bagaimana dengan lari dan sembunyi.

Kelinci dialam liar, mereka diberi kemampuan berlari dengan cepat, zig-zag, kemudian bersembunyi semuanya dilakukan untuk menghindari predator, nah ketika ternak kelinci

  masuk kedalam kandang,dia sudah tidak bisa lari dan sembunyi lagi, maka predatornyalah yang kita hilangkan. Ketika dikandang dia  tidak bisa lari dan sembunyi tapi yang dianggap predator masih ada, tentunya akan membuat stress  pada ternak kelinci dan pada akhirnya mati., yang termasuk predator banyak sekali tidak hanya hewan pemangsa,salah satu contohnya yang dianggap predator dan membuat ternak kelinci stress adalah petasan, seperti post sebelumnya

2.     Asal action

 

Saya dulu mengawaali ternak kelinci

  juga asal action… ah.. beternak aja dulu.. action aja dulu…sambil belajar….

Banyak action itu bagus, tapi jikalau langsung eksekusi tanpa dasar keilmuan ternak kelinci

 sama saja gantung diri. Banyak terjadi kegagalan sama dengan banyak sekali pelajaran yang bisa diambil atau kata orang pastilah ada hikmahnya.. itu betul sekali…!!! Tapi supaya anda tidak gagal terus-terusan maka belajarlah dulu.

 

 

3.     Asal ikut-ikutan

 

Saya dulu ternak kelinci

 juga Karena ikut2tan, mebaca sebuat blog, punya ratusan ekorternak kelinci, kepengin jadi pengusaha, kepengen bebas financial, dll

Saya sudah lakukan, saya sudah action seperti yang beliau lakukan dalam ternak kelinci

, ATP ( amati , tiru, plek), tapi kenapa masih gagal?? Beliau ternak kelinci bisa sukses dan benar2 benar sukses karena  sangat berhasrat dengan ternak kelinci, mimpi2 yang besar dengan ternak kelinci, totalitas perjuangan yang sangat luar biasa. Nah kalo saya ternak trowelu  hanya karna ikut-ikutan. Gak punya hasrat dan totalitas.. jadi sekarang cek niat masing- masing ya…

 

4.     Tidak punya laporan keuangan.

 

Dulu ketika habis panen, jaul anakan atau jual pedaging, ah rasanya senang sekali…, tapi uangnya gak ada hanya mampir sebentar ditangan, dibelanjakan pakan, dan kebutuhan operasional selanjutnya sudah habis. Berapa jumlah pakan, berapa total pengeluaran, berapa total pemasukan, berapa keuntungan, semua tidak ada catatannya, jadi ya amblas akhirnya .

Jadi mulai sekarang jangan lupa membuat laporan keuangan( neraca,, aruskas , labarugi). Jika yang sudah ada laporan keungannya ya.. Alhamdulillah…,jika belum ..ayo segera. Beternak itu berbeda dengan memelihara.

 

5.     Campur- campur uang

 

Mana uang yang untuk bisnis (kelinci), mana yang uang pribadi sebaiknya memang  harusnya dipisah.  Ketika bisnis ternak kelinci 

kita mendapat keuntungan.. nah keuntungan itulah yang masuk kantong dan jadi milik kita. Yang uang bisnis sebetulnya bukan milik kita. Sebetulnya itu adalah uang jatah untuk ternak kelinci, untuk operasional ternak kelinci, untuk beli pakan, obat2an dsbnya.

 

Ini ada cerita, sedikit pengalaman, Karena seringnya campur-campur uang, habis panen kelinci langsung ajak  pacar jalan2, makan ini itu traktir pacar, lha habis pulang sampai rumah duit dah habis, jatah pakan ternak kelinci

 juga udah habis, duit buat beli pakannya pun dah habis buat jajan traktir pacar. Wkwkw…. Bingung deh kelimpungan, akhirnya utang temen…

 

Tapi sekarang udah taubat..udah kagak pacaran…jomblo sampai halal…hidup jomblooo… hidup Jones ( jomblo happiness) wkwkwkw.. semoga sang mantan gak baca artikel ini wkwkwkw

 


Yang sekarang ternak kelinci

 tapi masih pacaran, pacarnya segera dinikah, nanti nasibnya seperti temen kita yang dari nganjuk,ternak kelinci gagal melulu, akhirnya patah semangat. Ditanya camer kapan mau melamar anaknya malah gak bisa ngasih kepastian , dan akhirnya pacarnya dilamar orang, aduh nelongso tenan nasibmu broo.. hahaha.. pish broo… moga 2 dia gak baca tulisan ini wkwkwk..

 


6.     Mengawali dengan berhutang

 

 

Bisnisternak kelinci

 diawali dengan berhutang, biasanya mau ternak kelinci tapi gak ada modal, banyak yang melakukan alternative hutang, berhutang itu boleh2 aja, tapi biasanya jadi masalah, ternak kelinci itu jika masih awal2 penuh ketidak pastian, semua serba tidak pasti jika diawal2, dan hutang itu bayarnya wajib (pasti), perbulan ada cicilan, ada denda jika telat dan sebagainya..

 

7.     Gampang percaya

 

 Bukan maksud saya membuka luka lama, tapi supaya ini menjadi pelajaran  rekan rekan semuanya  agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

 Tahun 2013 dikomunitas kami ada  kemitraan kelinci yang sangat luar biasa konsepnya ( konsep abal-abal maksudnya). Vocal orang tersebut sangat luar biasa.. sama seperti leader leader MLM kalo lagi ngomong.., sehingga banyak sekali yang menjadi korban penipuan dengan harus menyetor sejumlah uang. Kamipun yang guyub rukun sesama peternak kelinci akhirnya terjadi perpecahan, saling caci maki dan saling benci, tapi sekarang insyaaloh silahturahmi sudah baik lagi, komunikasi sudah baik lagi,

 

 Program kemitraan abal- abalnya kira kira seperti ini :

 

 

POINT 1 BREEDING TIME
Kandang dan perlengkapannya.
Sebenarnya kalau memungkinkan saya maunya memakai kontainer 40 feet bekas yg telah dimodifikasi utk kandang saung. Kandang ternak kelinci

 akan dibuat dari kayu jati jika aluminium tidak sempat dg kawat galvanis. Peralatan kandang berupa nipel selang, nipel botol, tandon air, pipa paralon, selang, mesin air, tempat pakan, tempat feses dan urine, jerigen, lampu emergency, exhaust fan, desinfektan, tandon pelet, papan tulis putih, dll

POINT 2 BREEDING TIME
Jatah pelet selama 12 bulan.
Pelet akan didistribusikan ke mitra tiap 1 bulan. Pelet tidak perlu disimpan dg tumpukan karung, ketika pelet datang maka pelet tsb langsung disimpan di dalam sebuah tandon anti jamur dan lumut, dan di dalam tandon tsb akan diberikan silica untuk menyerap kelembaban yg bisa saja terjadi, ketika mitra ingin memberi makan ternak kelinci

 tidak perlu repot krn secara otomatis sudah diatur jadi bisa ditinggal pergi tanpa khawatir ternak kelinci akan kelaparan

POINT 3 BREEDING TIME
Kamera CCTV dengan recording box dan monitor
Tujuannya adalah mitra dapat memantau yg terjadi dg ternak kelinci

 pakan, kandang, pemangsa, dan semua hal yg akan dicatat dalam buku data. Rekaman adalah data penting jika terjadi kesulitan pada mitra utk berkonsultasi dg MTI.

POINT 4 BREEDING TIME
Probiotik dan obat-obatan
Penggunaan probiotik adalah wajib untuk mencegah penyakit pembunuh no 1 ternak kelinci

yaitu kembung, di samping itu juga memperlancar pencernaan kelinci dg adanya bakteri baik menekan populasi bakteri jahat di usus, dan menambah nafsu makan serta manfaat lainnya. Air minum dari tandon akan dicampur probiotik. Untuk obat-obatan hanya sebagai jaga-jaga dan akan kecil sekali penggunaannya apabila sistem peternakan ditata sesuai manajemen kandang yg baik.

POINT 5 BREEDING TIME
Plang dan logo peternakan
Plang dan logo peternakan akan dibuat oleh MTI. Diharapkan para mitra sudah memiliki nama dan logo peternakan sbg identitas nama perusahaan mitra di masa depan. Pilihlah nama dengan bahasa Indonesia karena jika memakai bahasa asing akan dianggap perusahaan investor asing dan makin mempersulit proses legalisasi pendirian perusahaan kelak. Pilihlah logo sederhana agar mudah membuat stempel dan administrasi surat nantinya.

POINT 6 BREEDING TIME
Blackberry OS 10
Kegunaan para mitra memakai blackberry agar tidak ketinggalan berita dan bisa komunikasi dg pusat MTI, dengan saya, dengan sesama mitra dalam satu area dan seluruh mitra dapat serentak dan mudah. Menggunakan blackberry OS 10 karena jika menggunakan blackberry ini tidak perlu lagi berlangganan paket blackberry, cukup berlangganan paket data saja maka komunikasi melalui blackberry messenger sudah tersedia, jika menggunakan OS 10 ke bawah repot daftar paket. Yang diberikan ke mitra adalah:
1. Kandang Saung, Kandang Galvanis aluminium atau kayu jati beserta semua peralatannya.
2. Stock pelet selama 12 bulan.
3. Kamera CCTV beserta Recording Box dan Monitor.
4. Probiotik dan obat-obatan.
5. Plang dan logo nama peternakan.
6. Handphone Blackberry OS 10.
7. Tunjangan 5,5 juta tiap bulan selama 12 bulan.
8. Asuransi kesehatan untuk mitra.
9. AC Plasma Cluster 2 buah.
10. Indukan kelinci (jumlah menunggu kabar lebih lanjut).

POINT 7 BREEDING TIME
Tunjangan operasional 5,5 juta selama 12 bulan
Tunjangan ini hanya diberikan di tahap 1 agar para mitra fokus breeding. Sebagian bisa dipakai untuk biaya operasional listrik, gaji anak kandang – kalau bisa calon submitra secara bergantian sbg anak kandang untuk training- untuk langganan paket data penggunaan blackberry dan telepon, biaya sewa lahan jika diperlukan dan sebagainya. Tunjangan operasional akan ditransfer setiap bulan sesuai tgl yg ditentukan nanti.

POINT 8 BREEDING TIME
Asuransi kesehatan untuk mitra
Asuransi kesehatan diberikan untuk menjaga mitra dari dimiskinkannya mitra karena sakit atau penyakit kritis. Asuransi kesehatan ini dibayarkan gratis preminya selama 2 tahun. Utk premi tahun ketiga hingga tahun kesepuluh mitra sendiri yg meneruskan pembayaran preminya dan di tahun kesebelas dst tidak perlu membayar lagi seumur hidup tetapi asuransi tetap berlaku utk seumur hidup. Penjelasan rinci mengenai ini akan dijelaskan langsung nanti.

POINT 9 BREEDING TIME
AC Plasmacluster 2 buah
AC Plasmacluster di dalam kandang tujuan utamanya bukan hanya utk membuat sejuk kandang, meskipun utk ternak kelinci

 yg diambil bulu dan kulit kandang wajib sejuk, tapi utk menstabilkan suhu di kondisi cuaca tak menentu dan yg utama adalah fungsi ion plasmacluster tsb membunuh virus, bakteri di udara serta menetralkan bau amoniak kotoran meskipun bau tsb sudah teratasi oleh probiotik. Kandang yg super bersih akan meminimalkan biaya pengobatan ternak kelinci

POINT 10 BREEDING TIME

Mitra diberikan indukan REX betina 35 ekor bulan pertama dan keempat. Indukan NZW di tahap 2. Menurut kep. menteri pertanian no 404/kpts/OT.210/6/2002 ternak kelinci dg populasi 1.500 ekor harus memiliki ijin maka mitra harus menjaga populasi kurang dari aturan tsb yaitu dg mulai dibeli di tahap 1 hasil panen oleh MTI, diberi ke submitra, dijual sbg kuliner dan membentuk wadah penampung ternak kelinci afkir di area sesama mitra. Tahap 2 ijin akan diurus ke dinas setempat.

 

8.     Udah sampai 7 aja ya.. gua capek ngetiknya kalo ada yang mau nambahi silahkan…