Mesin Giling dan Cacah Multifungsi – Bisa untuk berbagai kegunaan Petani dan Peternak

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Pengiriman menggunakan jasa cargo

Jual Mesin Pencacah Rumput dan Penggiling Kulit Kacang2an

mesin pencacah rumput dan penghancur kulit kedelai

Mesin Coper Praktis Serbaguna untuk berbagai Kebutuhan Peternak

Jual Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Pakan Kelinci Nutrisi Lengkap Herbafeed

Jual Mesin Pellet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Mesin Pencetak Pelet Pakan Ternak

Jual Pupuk Organik Cair Urine Kelinci

Jual Obat Kembung Kelinci

Prolinci obat kembung kelinci manjur

Wajib ada di kotak P3K kelinci Anda

Posts tagged nafas kelinci berbunyi

tips untuk menyembuhkan kelinci pilek secara alami

DENGAN CARA MENGEMBALIKAN KELINCI KE HABITNYA 

Kalau kita ternak kelinci didalam kandang ya artinya kita akan memindahkan segala aspek kehidupannya  kedalam kandang, jadi apa apa yang tidak bisa ternak kelinci dapatkan tugas kita yang yang merekayasannya, contohnya kalo dialam liar, kelinci,bisa lari dan  sembunyi dari predator dan ini tidak bisa dia dapatkan didalam kandang karena tidak bisa lari kemana mana, maka predatornyalah yang kita hilangkan segala yang berbentuk ganguan harus kita cegah .Tapi jangan berkutet disitu saja  sesuatu yang dia tidak dapatkan dialam liar jangan kita suguhin sepanjang masa..

Tau maksud saya…..


KELINCI PILEK



·        
Dialam liarnya itu kelinci gak pernak ketemu dengan bau urine dan kotoran kelinci, tapi didalam kandang kita suguhin dia tiap hari. Dan apa yang akan terjadi jikalau seperti ini.Karena menghirup terus-terusan bau urine dan kotorannya akibatnya terjadi iritasi disaluran pernafasannya terjadi reaksi alergis akibatnya keluar sekresi akibat dari reaksi tadi, hidungnya meler, kalo sudah begitu langsung diagnose ternak kelinci
pilek/flu padahal dialam liar kelinci tidak pilek.

 Akhirnya langsung suntik antibiotic, padahal ini adalah diagnose yang salah.dan celakanya antibiotiknya tidak hanya bekerja disaluran pernafasan atas tapi juga sampai kesistem pencernaaannya, akibatnya bukan hanya bakteri jahatnya saja yang musnah tapi bakteri baiknya juga ikut bablas. Terjadi ketidakseimbangan kehidupan micriflora dalam usus ternak kelinci, bakteri baik yang  tadinya menstimulun beberapa vitamin jadi hilang, nafsu makan jadi hilang, dan akhirnya mati. Dan yang paling bikin sedih yang disalahkan pasti cuaca..padahal pengobatannya Cuma bau pesing atau bau kotorannya dihilangkan.


Jika  temen2 tidak punya waktu untuk bersih2 kandang buat saja kandang dengan kotorang yang lansung jatuh ketanah. Jika ingi menampung urine..design kadang dari awal  agar urine tidak menggenang di penampung urine..dan design kandang  dengan penampung urine menghadap kedepan agar kita tidak kerepotan dalam bersih kandang.. jika ada ada yang  posisinya mepet dengan tembok ,geser kemudian beri jarak sekitar 20 cm antara kandang dengan dinding tembok, dangan  tujuan untuk memperlancar sirkulasi udara disekitar kandang..untuk atap saung  yang paling bagus pakai genting biasa.. jika memakai asbes atau seng uap udara akan menumpuk diatas jenuh kemudian membuat saung lembab..jiak seperti ini maka perbanyak ventilasi udara / dimodel saung seperti dibalikambang solo, kandanga tetap bisa gelap dan sirkulasi udara tetep lancar..
Habit ternak kelinci ini sebernya sangat sepele tetapi menjadi kunci. Karena dalam memperlakukan ternak kelinci baik itu pembuatan kandang pakan bahkan sampai cara mengankutpun kita harus menyesuaikan dengan habit ternak kelinci.

 

ADA BENJOLAN DIBADAN KELINCI BERIKUT CARA MENGHILANGKANNYA

 DIKUTIP DARI SEBYAH DISKUSI

Lalu  ditanya oleh pak guru  diberi pakan apa? karena timbul kecurigaan , pasti masalahnya berawal dari pakan yg kelebihan lemak. Dan ternyata benar , mas iswanto  memberi pakan ampas tahu yg dicampur dengan dedak halus. Disini letak problemanya. Kandungan lemak di ampas tahu bisa berkisar 6 – 9 %, justru lebih tinggi dari tahunya sendiri. Seharusnya ampas tahu ini kita campur dgn dedak kasar ataupun polard yg kandungan lemaknya lebih rendah sehingga bisa menurunkan kadar lemak tadi sampai bisa mencapai +/- 5%. Disini memang njelimetnya kalau kita mau mendesain pakan. Tapi dengan bantuan komputer atau kalkulator kita bisa kutak katik sampai bisa mendapatkan campuran bahan2 pakan yg sesuai kita inginkan.

kelinci salju

 

Lalu kenapa dengan kelebihan lemak tadi ? Seperti kita ketahui : semua makanan yg diserap oleh usus dan masuk kedalam peredaran darah, baik itu asam amino, lemak yg berupa lipida ataupun glucosa kesemuanya akan didistribusikan oleh hati. Jadi hatilah yg bekerja membagi-bagikan asam amino kemasing-masing jaringan dengan identitynya dan begitu juga dengan lemak.

 

Lemak akan didistribusikan sesuai tempat2 yg membutuhkan dengan identitas tertentu.

Apabila serapan lemak ini berlebihan, maka lemak yg menerobos melalui hati tadi tanpa di beri identitas maka akan masuk kedalam jaringan sel, dan celakanya karena tanpa identitas tadi maka si lemak akan dianggap sebagai benda asing oleh zat anti body.

Akan terjadi penyerangan oleh darah putih karena dianggap benda asing tadi. Hasil sekresinya akan berupa nanah.Apabila hal ini berlangsung terus menerus maka akan terjadi abses/pembengkakan jaring dan ini yg tadi dikatakan sebagai bisul…jadi harus hati2 dalam mendesign pakan kelinci…terutama untuk produsen2 pelet….

KAKI MELEBAR PADA KELINCI DIKARENAKAN RENDAHNYA NILAI NUTRISI PADA PELET BERIKUT PENJELASANYA

KELINCI KAKI KURA- KURA

Mantaf  bener judulnya pakai kata-kata genetic udak kayak peneliti aja. Apa bener kelinci yang seperti itu karaena kelainan genetic. Ane gak punya fotonya, dilu pernah ngalami tapi udah terlanjur mati dan belum sempat difoto.
Dari kecil udah kaki kura2, makannya  kelinci itu normal, sehat kayak ternak kelinci umumnya. Pengobatan untuk kasus ini belum ada. Ya Cuma bisa disembelih.

Kembali ke laptop… apa betul ternak kelinci dengankaki melebar terjadi karena genetic. Kaki melebar itu akabat dari kandang yang licin dan kurangnya asupan kalsium pada masa pertumbuhan.
Jadi sebaiknya lanyai kandang yang pakai alas bambulebar bilah bamboo max hanya 2 cm saja, dengan demikian kaki ternak kelinci yang menapak pada bilah bamboo bisa rata dan bisa mendapatkan celah yang lebih banyak sebahgai penahan.
Kalau bilah terlalau lebar, maka kaki ternak kelinci akan menapak pada punggung bilah bamboo karena bilah bamboo lebih membulat. Bilah bambau yang seperti inipun jika dipaku sesah karena sering pecah, bahkan bilah bamboo yang  terlalu bulat dan tidak rata bisa menimbulkan sorehock pada kakai ternaka kelinci kita.
bilah bambu yang menghadap kedepan

Arah bilah bambau juga bisa mempengaruhi kemungkinan kelinci terpeleset. Jadi arah bilah bamboo sebaiknya mengarah kedepan sehingga pada waktu kelinci melompat kaki akan tertahan oleh celah bamboo dan tidak terpeleset kearah samping yang bisa mengakibatakankeluarnya bonggol dari tempurungnya.

 Kemudian penyerapan kalsium >>> pada tahap pembentukan, janin dibentuk matriks sebagai cikal bakal tulang tumbuh. Bentuknya sama dengan tulang tapi masih lunak dan lentur, karena sepertiga tulang ini terdiri dariserabut yang terbuat dari protein kolagen dan diselubungi oleh gelatin. Keadan ini berlangsung sampai beberapa hari setelah ternak kelinci  dilahirkan.
Gak percaya…ya pegang aja…lunak apa keras…pikiranmu ojo ngeres mbloo….cindil kelinci maksudnya…….!!!
Kemudian secara berangsur-angsur matrik tulang akan menguat  melalui proses kalsifikasi yaitu terbentuknya Kristal mineral yang terdiri dari kalsium fosfat dan akalsium hidroksida yang dinamakan hidroksiapatit rumus kimianya [(3Ca3(PO4)2.Ca(OH)2]. Pada fase inilah jika asupan kalsium dan fosfor kurang  atau tergangu maka proses pengerasan tulanag akan lebih lama.
Lagi-lagi ke ilmu nutrisi..memang ini bagian yang paling sulit..kira dulu butuh waktu 4 tahun untuk bisa memahami tenta nutrisi kelinci..mka dari itu formulasi pellet kelinci itu gak boleh ngawur..sak penek’e udel…..

Lha tadi tulangnya masih lunak karena asupan kalsiumnya kurang…eh kelincinya malah udah belajar jalan dan lompat-lompat. Trus lantai kandangnyalicin pisan,trus bilah bambunya dipasang menyamping. Kelinci akan berdiri dengan kondisi yang kurang sempurna, yaa… akibatnya tadi pas tulang masih lunak dan mau terbentuk menjadi keras, posisi tulang sudah tidak sempurnakarena lantai licin tadi.

 

MENGOBATI LUKA PADA KAKI KELINCI BERIKUT INI TIPSNYA

Sebenarnya mendiagnosa penyakit ternak kelinci itu susah2 gampang.

tapi jika kita berhasil mendiagnosa penyakit ternak kelinci ini karena apa? maka pengobatannya akan lebih gampang, bahkan tanpa harus menggunakan obat.


 
Jika kelinci sakit bukan karena devisiensi nutrisi maka berarti dia sakit karena masalah habit. Bisa juga karena stress kurang sandang pangan papan.. cinta tidak direstui…banyak hutang ..citacita tidak kesampaian…kredit belum lunas – lunas..pujaan hati dilamar orang , pacar selingkuh hahahaa  
 
lho bisa jadi kalo ownernya lagi stress dan galu berat. Kelinci kagak diurus kagak dikasih makan dan minum ya kelincinya ikutan stress…jomblo kelamaan juga bisa bikin stress…wkwkw sudah2 kembali kelaptop…
 
 
Jika karena masalah habit maka ini yang harus kita cari penyebabnya. Emang sih kalo cuman ngomong doang gampang, karena menterjemahkan habit ini butuh kecerdasan pemikiran.
 
 
Coba  kita lihat pola ternak kelinci dialam liar, apa pijakan kaki kelinci dialam liar. Yang jelas adalah tanah. Tapi ini kurang tepat yang benar adalah pijakan kaki kelinci itu rumput. Jadi kaki kelinci berpijak pada rumput diatas tanah yang membal dan empuk.
 
 
Jadi jikalau mau mengobati sorehock pada kaki ternak kelinci gampang saja. Kasih jerami kering sebagai alas kandang, jika sudah kotor dan basah tambah lagi jeraminya agar tetap kering. Lakukan terus sampai kira kira 2 minggu. Jika sudah menumpuk buang dan ganti dengan yang baru.
 
 
 Setelah kira2 2 minggu maka akan sembuh sendiri tanpa obat. Setelah itu lakukan perubahan alas kandang, jika tidak dirubah ya percuma, akan kembali terkena sorehock lagi. 
 
 
Biasanya ini disebabkan bilah bamboo yang terlalu lebar..punggung bamboo yang lebih membulat menyebabkan pijakan kaki kelinci yang tidak rata, lha inilah yang menyebabkan ternak kelinci kena sorehock. Lebar bilah bamboo sebaiknya hanya max 2cm saja dengan demikian kaki yang menapak pada bilah bamboo bisa rata….





Jual Indukan Kelinci Pedaging

Jual Indukan Kelinci Pedaging

Halaman Facebook

Jual Obat Khusus Kelinci Lengkap

Alamat Perusahaan

Kebun Kelinci
Desa Bukur rt.12 rw.04
Kec. Jiwan Kab.Madiun 63161
Jawa Timur. Indonesia

Hp.085649561319 (sms/whatsapp)
Email : kebunkelinci@gmail.com

Jam kerja :
Senin-Sabtu
07.00-16.00

Jual Mesin Giling Pakan Ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual mesin giling kacang-kacangan untuk pakan ternak

Jual Probiotik Kesehatan Kelinci

Bionci probiotik kesehatan kelinci

Solusi cerdas memelihara kelinci